others
Batal
link has been copied
138
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f8e2a24af7e936d6c60dd8f/coc-reg-kalsel-misteri-kota-gaib-saranjana-kota-modern-berpenghuni-jin-halimun
Kisah mistis kota ghaib Saranjana, kota modern tak kasat mata di Kalimantan Selatan! Masyarakat Indonesia, adalah masyarakat yang tidak pernah dapat dipisahkan dengan sebuah kepercayaan akan cerita-cerita luhur, mistis, mitos dan legenda-legenda terbentuknya sebuah wilayah. Di daerah manapun, kepercayaan ini tetap berkembang dan diyakini oleh para warganya. Pasti Agan dan Sista di sini adalah sala
Lapor Hansip
20-10-2020 07:07

[COC Reg. KalSel] Misteri Kota Gaib Saranjana, Kota Modern Berpenghuni Jin Halimun

icon-verified-thread
[COC Reg. KalSel] Misteri Kota Gaib Saranjana, Kota Modern Berpenghuni Jin Halimun

Kisah mistis kota ghaib Saranjana, kota modern tak kasat mata di Kalimantan Selatan!
Quote:
[COC Reg. KalSel] Misteri Kota Gaib Saranjana, Kota Modern Berpenghuni Jin Halimun


Masyarakat Indonesia, adalah masyarakat yang tidak pernah dapat dipisahkan dengan sebuah kepercayaan akan cerita-cerita luhur, mistis, mitos dan legenda-legenda terbentuknya sebuah wilayah. Di daerah manapun, kepercayaan ini tetap berkembang dan diyakini oleh para warganya.

Pasti Agan dan Sista di sini adalah salah satu dari banyak anggota masyarakat yang tumbuh besar di atas rasa kepercayaan terhadap hal-hal yang telah ane sebutkan di atas!

Percaya tidak percaya terhadap sebuah kepercayaan yang telah tumbuh secara turun temurun, kita sebagai masyarakat yang memiliki unggah-ungguh atau sopan santun, harus menghormati segala kepercayaan yang ada dan berkembang di suatu wilayah, apa lagi jika kita menganggap diri kita sebagai makhluk sosial, maka bersikap sosial itu sudah menjadi sebuah kewajiban.

Membahas tentang kepercayaan atau mitos, kali ini ane akan membahas sebuah mitos tentang sebuah kota ghaib bernama Saranjana, yang konon katanya terletak di daerah Kalimantan Selatan. Cerita ini sudah tersebar luas dan diketahui banyak orang, karena memang sudah ada yang pernah diundang ke tempat tersebut.

Seperti apa ceritanya, dan siapa yang pernah melihat penampakan kota Saranjana secara langsung?
Simak ceritanya selengkapnya di bawah ini!

[COC Reg. KalSel] Misteri Kota Gaib Saranjana, Kota Modern Berpenghuni Jin Halimun

Quote:
Misteri Kota Gaib Saranjana
Kota Ghaib Saranjana


Membahas tentang cerita ghaib, memang susah untuk dibuktikan. Namun percaya atau tidak percaya, memang manusia hidup di dunia ini tidak hanya sendirian. Selain ada tumbuhan dan hewan, ada juga makhluk lain yang mengisi dunia ini.

Salah satu cerita yang paling terkenal dan banyak diketahui orang, adalah misteri keberadaan Kota Saranjana.

Secara administratif Kota Saranjana terletak di bagian selatan Pulau Laut, Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan. Namun secara fisik, kita tidak menemukan sebuah kota atau pemukiman penduduk di tempat tersebut, dan hanya nampak tanah lapang yang luas tanpa ada bangunan sama sekali. Hal inilah yang membuat Kota Saranjana ini terkenal kemistisannya!


Kota Saranjana


Konon menurut warga sekitar, Kota Saranjana ini benar-benar ada. Hal itu dibuktikan dari beberapa keanehan-keanehan yang terjadi di lokasi yang diduga sebagai tempat keberadaan Kota Saranjana.

Sesuai cerita yang beredar di masyarakat, Kota Saranjana adalah sebuah kota mewah dan megah yang kemewahannya melebihi kota-kota maju yang ada di dunia nyata. Bahkan saking majunya kota Saranjana, menurut penuturan orang yang pernah melihat secara langsung keberadaan dan keadaan Kota Saranjana, masyarakat Kota Saranjana tidak ada yang miskin, semua mempunyai rumah mewah, perhiasan, mobil mewah bahkan banyak yang memiliki pesawat pribadi.

Uniknya lagi, masyarakat dari Kota Saranjana ini memiliki bentuk fisik yang sama dengan manusia di dunia nyata, yang membedakan adalah mereka mempunyai bentuk wajah yang lebih sempurna dibandingkan manusia. Kecantikan dan kegagahan dari penghuni Kota Saranjana, dapat dikatakan sempurna untuk sebuah makhluk ciptaan. Hidung mancung, badan langsing untuk perempuan dan gagah untuk laki-laki, wajah putih bercahaya, dan tidak memiliki belahan tengah bibir dan hidung, adalah ciri-ciri fisik yang khas dari masyarakat Kota Saranjana. Dan mayoritas masyarakat Kota Saranjana adalah muslim!

Masyarakat Saranjana dikenal dengan sebutan Warga Halimun, jin islam yang meninggali satu wilayah di daratan yaitu Kota Saranjana ini.


Letak Geografis Kota Saranjana


Kepercayaan akan adanya Kota Saranjana ini, diperkuat dengan sering dilihatnya masyarakat Kota Saranjana yang ikut berbaur bersama manusia. Keberadaan mereka sering ditemukan di pasar tradisional yang dibuktikan dengan berubahnya uang yang mereka gunakan untuk beli, yaitu berubah menjadi sebuah kunyit.

Selain itu, banyak berdatangan mobil mewah dan alat-alat berat dari daerah Surabaya yang didatangkan ke Kotabaru, sedangkan masyarakat sekitar tidak ada yang memesan alat-alat berat tersebut, dan diduga alat-alat tersebut adalah pesanan dari orang-orang Halimun penduduk Kota Saranjana.

Keberadaan Kota Saranjana juga pernah dilihat sendiri oleh dua artis kenamaan Indonesia, yaitu Haji Rhoma Irama dan Arie Lasso. Mereka mengaku pernah konser di sebuah Kota mewah dan maju, namun setelah mereka datang ke dua kali ke wilayah Kalimantan Selatan, tidak ada kota seperti yang mereka pernah lihat di konser pertama kali!
Diduga mereka konser di Kota Saranjana dengan penonton orang-orang Halimun.

Menurut warga sekitar Kotabaru, memang mereka sering sekali mendengar suara musik dan suara kendaraan yang berlalu lalang di tempat keberadaan Kota Saranjana, kejadian tersebut sering didengar pada waktu malam hari.


Kota Saranjana

[COC Reg. KalSel] Misteri Kota Gaib Saranjana, Kota Modern Berpenghuni Jin Halimun


Seperti itulah GanSis, cerita tentang Kota Ghaib Saranjana yang merupakan sebuah kota maju dan mewah dengan berpenghunikan orang-orang Halimun.

Benar-benar sebuah kisah mistis yang sangat menarik ditelusuri lebih jauh untuk mengetahui kebenarannya!

Tapi memang menurut ane pribadi, tidak menutup kemungkinan memang Kota Saranjana itu ada. Sebab Jin dan manusia itu hidup berdampingan di satu tempat, namun kita semua tidak dapat melihatnya, kecuali bagi mereka yang dikaruniai sebuah kemampuan untuk melihat dimensi lain, yaitu dimensi makhluk ghaib.

Bagaimana, apakah Agan dan Sista percaya dengan keberadaan dari Kota Saranjana, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan ini?
Atau mungkin GanSis yang tinggal di Kalimantan Selatan mempunyai informasi lebih terhadap Kota Saranjana?
Silakan berikan tanggapan Agan dan Sista seputar Kota Saranjana dengan meninggalkan jejak pendapat di bawah!

Terima kasih telah singgah, dan salam mistis dari ane.


Quote:
Pulau Laut


Penulis: @masnukho©2020
Narasi: opini pribadi
Referensi dan gambar:
1, 2, 3, 4, 5



emoticon-Cendol Ganemoticon-Rate 5 Staremoticon-Keep Posting Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
[COC Reg. KalSel] Misteri Kota Gaib Saranjana, Kota Modern Berpenghuni Jin Halimun
20-10-2020 07:07
emoticon-Matabelo ada yang pernah dengar ceritanya?
profile-picture
muyasy memberi reputasi
1 0
1
[COC Reg. KalSel] Misteri Kota Gaib Saranjana, Kota Modern Berpenghuni Jin Halimun
20-10-2020 07:07
emoticon-Takut Serem, tapi pengen kesana
profile-picture
muyasy memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. KalSel] Misteri Kota Gaib Saranjana, Kota Modern Berpenghuni Jin Halimun
20-10-2020 07:33
emoticon-Cool ghaib juga gan
profile-picture
profile-picture
muyasy dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. KalSel] Misteri Kota Gaib Saranjana, Kota Modern Berpenghuni Jin Halimun
20-10-2020 07:41
Btw kotanya kok bagus yak emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
muyasy dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
[COC Reg. KalSel] Misteri Kota Gaib Saranjana, Kota Modern Berpenghuni Jin Halimun
20-10-2020 08:18
@anna1812
Beneran, aku pingin ke sini. Ikut yuk,
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 46 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 46 balasan
[COC Reg. KalSel] Misteri Kota Gaib Saranjana, Kota Modern Berpenghuni Jin Halimun
20-10-2020 09:53
baru pertama denger ceritanya nih, bikin merinnding juga
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. KalSel] Misteri Kota Gaib Saranjana, Kota Modern Berpenghuni Jin Halimun
20-10-2020 10:27
ceritanya mirip banget dengan kota Wentira - Sulawesi ya gan?
apakah kedua kota ini saling berhubungan?
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
[COC Reg. KalSel] Misteri Kota Gaib Saranjana, Kota Modern Berpenghuni Jin Halimun
20-10-2020 11:52
Yaiyalah mewah ,wong lahan gede. Batu akik kecil atau kendi aja Jin yang nghuni ampe ribuan...emoticon-Ngakak gimana kalo lahan gede Kalimantan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
[COC Reg. KalSel] Misteri Kota Gaib Saranjana, Kota Modern Berpenghuni Jin Halimun
20-10-2020 11:57
Quote:Original Posted By indrastrid
ceritanya mirip banget dengan kota Wentira - Sulawesi ya gan?
apakah kedua kota ini saling berhubungan?

emoticon-Matabelo iya gan, ada beberapa Kota ghaib yang memang ceritanya mirip. Mungkin memang saling berhubungan gan

Quote:Original Posted By adriol43
Yaiyalah mewah ,wong lahan gede. Batu akik kecil atau kendi aja Jin yang nghuni ampe ribuan...emoticon-Ngakak gimana kalo lahan gede Kalimantan

emoticon-Matabeloiya juga ya Gan, gak mustahil terjadi ya berarti kemewahan ada disana
0 0
0
[COC Reg. KalSel] Misteri Kota Gaib Saranjana, Kota Modern Berpenghuni Jin Halimun
20-10-2020 12:30
Jika bisa di lihat mungkin bisa jd percontohan untuk kota2 lain ya...
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
[COC Reg. KalSel] Misteri Kota Gaib Saranjana, Kota Modern Berpenghuni Jin Halimun
20-10-2020 14:20
Ogah ke sana deh
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[COC Reg. KalSel] Misteri Kota Gaib Saranjana, Kota Modern Berpenghuni Jin Halimun
20-10-2020 15:51
Mengerikan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. KalSel] Misteri Kota Gaib Saranjana, Kota Modern Berpenghuni Jin Halimun
20-10-2020 16:29
Kota gaib, kota yang ramai dan penuh dengan cerita
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
[COC Reg. KalSel] Misteri Kota Gaib Saranjana, Kota Modern Berpenghuni Jin Halimun
20-10-2020 21:12
Asal nama Saranjana yang paling mendekati kebenaran adalah Sambu Ranjana.

Quote:https://m.tribunnews.com/amp/regiona...innya?page=all
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
[COC Reg. KalSel] Misteri Kota Gaib Saranjana, Kota Modern Berpenghuni Jin Halimun
20-10-2020 23:46
Ini emang ada. Dulu ada kaskuser yg pernah cerita soal ini. Dan temennya yg ngalamin sendiri.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. KalSel] Misteri Kota Gaib Saranjana, Kota Modern Berpenghuni Jin Halimun
21-10-2020 06:02
Oh jd gtu to crtanya gan. Wow sngat menambah wawasan ini emoticon-Smilie
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. KalSel] Misteri Kota Gaib Saranjana, Kota Modern Berpenghuni Jin Halimun
21-10-2020 10:41
Ane pernah dengar kalau kota mahluk gaib lebih canggih daripada dunia nyata, antara percaya sama engkk sih🤔
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 30 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 30 balasan
[COC Reg. KalSel] Misteri Kota Gaib Saranjana, Kota Modern Berpenghuni Jin Halimun
26-10-2020 11:46
Keren kotanya, kapan2 ke sana yuk gan...emoticon-Big Grin
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
B-Log Collections
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia