Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
143
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f8da84f7e3a723e8f3b2825/dilema-beli-baju-dan-lingkungan
Dimulai dari maraknya industri fashion di Indonesia, gaya hidup komsumtif masyarakat terhadap fashion, ditambah lagi dengan banyaknya promo di toko online, jadi deh, arus jual beli pakaian semakin meningkat. Sebenarnya hal itu nggak jadi masalah besar. Yang bermasalah adalah sebagian dari kita memiliki pola beli, pakai, buang. Kegiatan membuang produk tekstil inilah yang menimbulkan penumpukan
Lapor Hansip
19-10-2020 21:53

Dilema Beli Baju dan Lingkungan

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Halo Gan Sis, ketemu lagi
Setelah kemarin ngomongin sampah organik, thread ane kali ini ngebahas seputar sampah tekstil.

Jujur, ane baru tau kalau sekarang sampah tekstil ternyata jadi masalah yang cukup serius.

Dilema Beli Baju dan Lingkungan
Dilema Beli Baju dan Lingkungan

Dari dua situs berita itu intinya saat ini limbah tekstil sudah mencemari lingkungan Gas Sis.

Dimulai dari maraknya industri fashion di Indonesia, gaya hidup komsumtif masyarakat terhadap fashion, ditambah lagi dengan banyaknya promo di toko online, jadi deh, arus jual beli pakaian semakin meningkat. Sebenarnya hal itu nggak jadi masalah besar. Yang bermasalah adalah sebagian dari kita memiliki pola beli, pakai, buang. Kegiatan membuang produk tekstil inilah yang menimbulkan penumpukan sampah tekstil.

Wacana yang mengejutkan dari situs berita yang ane paparkan di atas adalah jumlah sampah tekstil lebih banyak daripada sampah plastik. Hemmm, perlu diingat ya Gan, Sis, selama ini permasalahan sampah plastik sudah cukup pelik di planet kita.


Quote:Katanya dibuat dari benang, masa nggak bisa diuraikan?



Ternyata sebagian serat kain saat ini dibuat dari bahan sintetis. Menurut pengetahuan ane, bahan sintetis itu lebih mudah diolah, dan menghasilkan barang yang lebih bagus daripada barang yang berbahan nonsintetis. Mikroba mana bisa menguraikan itu coba.

Nah, berhubung ane juga belum tau gimana caranya menanggulangi itu semua, ada baiknya kita kurangi sampah tekstil dari sumbernya. Caranya gimana?

Pertama, belanja kebutuhan fashion sesuai kebutuhan aja ya. Kalau modal pengen aja, mending tahan dulu Gan Sis. Lumayan, itung-itung hemat.

Kedua, jangan gampang buang-buang baju ke lingkungan, contohnya ke sungai. Kalau udah nggak dipake dan masih layak dipake, dikasih aja ke siapa aja yang membutuhkan. Ingat, untuk pakaian yang masih layak aja ya Gan Sis.

Ketiga, untuk pakaian yang udah nggak layak pakai, baiknya dijual atau dikasih ke pengepul kain perca. Mau didaur ulang tuh kayaknya.

Sekian thread ane kali ini, semoga bermanfaat.

Terimakasih sudah mampir.

Salam,,,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 39 lainnya memberi reputasi
40
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Dilema Beli Baju dan Lingkungan
22-10-2020 04:26
budayakan beli baju setahun sekali wkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
devi.jon dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 21 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 21 balasan
Dilema Beli Baju dan Lingkungan
24-10-2020 19:11
Ane jarang beli baju...
Dilema Beli Baju dan Lingkungan
Dilema Beli Baju dan Lingkungan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
buburstroberi dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Dilema Beli Baju dan Lingkungan
24-10-2020 18:29
trit kek gini pasti dibenci produsen / pedagang di industri tekstil dan anak2 hypebeast emoticon-Ngakak.

Ane setuju dengan isi tri ini, sekarang sedikit2 belajar hidup minimalis. Dimulai dr gk beli barang2 gk guna, terutama tekstil.
profile-picture
profile-picture
titisrahma dan richardus96 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Dilema Beli Baju dan Lingkungan
24-10-2020 14:36
Kalo dipikir2 betul juga yah, limbah pakaian dari sekian milyar orang didunia...
Haduh.
profile-picture
profile-picture
skyler68 dan titisrahma memberi reputasi
2 0
2
Dilema Beli Baju dan Lingkungan
24-10-2020 12:23
Selama ini ane sering dikatakan seperti gembel. baju udah buluk tetap dipakai. lebaran juga ga pernah beli baju baru. dalam 1 tahun beli 1 helai pakaian sudah bisa dikatakan terlalu banyak. lebih banyak baju didapatkan dari baju gratisan promosi produk. selama masih pantas kalau tidak sampai benar2 rusak sayang. budget buat baju mending saya tabung untuk hobi yg lain. lagipula sebenarnya siapa juga yg benar2 memperhatikan baju apa yg dipakai bulan lalu? Minggu lalu? Kemarin? Itu cuma perasaan kita sendiri. Sederhananya jika bajunya bersih dan pantas tidak ada masalah. Kalaupun ada acara resmi, sekalipun kita menggunakan baju yg sama terus menerus juga tidak ada yg memperhatikan, selama baju tersebut bersih. Hanya memiliki sedikit baju membuat usia pakai baju lebih cepat habis karena lebih sering digunakan, tapi memiliki banyak baju juga tidak lebih baik, karena baju yg disimpan juga bisa mengalami kerusakan saat disimpan, ujung2nya baju baru rusak hanya menjadi pajangan, meh...

Ditambah lagi pemilihan bahan baju, jika untuk kaos, bahan sintetik memang lebih awet, tapi tidak nyaman, juga lebih mudah bau, walaupun bahan katun menyerap keringat, tapi tidak langsung menyebar seperti pada bahan sintetis, maka pilihlah kaos dengan bahan katun yg lebih ramah lingkungan dan nyaman digunakan. Untuk baju2 acara resmi dan lain2, karena tidak digunakan terlalu sering, teorinya juga akan lebih tahan lama, lalu untuk apa beli yg baru lagi dan lagi, sedangkan model baju tiap tahun tiap bulan berubah, melewatkan 2 atau 3 model untuk beli model berikutnya masih lebih baik daripada harus membeli semua model yg sebenarnya perubahannya juga tidak significan, apalagi sebenarnya menggelikan jika hanya beli baju karena model terbaru, jika dalam 1 acara ada beberapa orang dengan pemikiran yg sama, siap2 agan atau sista merasa seperti pakai seragam sekolah, hihihi
profile-picture
profile-picture
crofttized41 dan titisrahma memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Dilema Beli Baju dan Lingkungan
22-10-2020 10:14
sekarang emang lebih konsumtif sih, apalagi didukung dengan harga baju miring ato sering diskon, kemudahan belanja dirumah dg online, marketplace yg aman untuk berbelanja jadi gak heran klo belanja jadi makin menjadi kebutuhan wajib
profile-picture
profile-picture
cakrawala.senja dan titisrahma memberi reputasi
2 0
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Dilema Beli Baju dan Lingkungan
26-10-2020 17:38
Industri fashion ngaruh banget dong gan buat pencemaran lingkungan, gak kepikiran sejauh itu, huhuhu
profile-picture
titisrahma memberi reputasi
1 0
1
Dilema Beli Baju dan Lingkungan
26-10-2020 08:36
Wah jadi pengin ngurangin belanja baju deh, biar bisa ikut membantu mengurangi pencemaran lingkungan meski cuma dikit
profile-picture
titisrahma memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Dilema Beli Baju dan Lingkungan
25-10-2020 23:19
bener nih... mulai banyak yang konsen juga ama "limbah" pakaian tak terpakai ini, ada juga kampanye beli pakaian bekas aja hehehe emoticon-Shakehand2
profile-picture
titisrahma memberi reputasi
1 0
1
Dilema Beli Baju dan Lingkungan
25-10-2020 09:21
Melawan keinginan demi kebutuhan itu yang sulit, Gan😐
profile-picture
titisrahma memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia