News
Batal
KATEGORI
link has been copied
181
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f8d158709b5ca224a4e0cdf/pengumuman-ump-2021-bisa-turun
Dewan Pengupahan Nasional mengusulkan beberapa poin terkait Upah Minimum Provinsi (UMP) untuk tahun depan. Dalam usulan tersebut, ada kemungkinan bahwa UMP tidak akan mengalami kenaikan pada tahun depan atau bahkan turun.
Lapor Hansip
19-10-2020 11:26

Pengumuman! UMP 2021 Bisa Turun

Past Hot Thread
Pengumuman! UMP 2021 Bisa Turun


Dewan Pengupahan Nasional mengusulkan beberapa poin terkait Upah Minimum Provinsi (UMP) untuk tahun depan. Dalam usulan tersebut, ada kemungkinan bahwa UMP tidak akan mengalami kenaikan pada tahun depan atau bahkan turun.

Wakil Ketua Dewan Pengupahan Nasional (Depenas) Adi Mahfudz mengatakan saat ini aturan yang digunakan merupakan peraturan lama yakni PP nomor 78 tahun 2015. Jika mengacu pada aturan ini maka nilai upah minimum akan mengalami penurunan karena mengacu pada pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

Adapun pertumbuhan ekonomi Indonesia diramal akan tetap minus pada akhir tahun nanti. Sedangkan angka inflasi dari Januari hingga September tahun ini saja baru mencapai 0,89% setelah tiga bulan secara berturut-turut mengalami deflasi.

Jika mengacu pada aturan tersebut atau dilihat pada Kebutuhan Hidup Layak, maka upah minimum di beberapa daerah akan mengalami penurunan. Salah satu yang mungkin terjadi adalah di DKI Jakarta dan juga Karawang.

"Saat ini tentunya masih sesuai formula PP 78/2015 maka nilai Upah Minimum (UM) akan turun karena inflasi dan pertumbuhan ekonomi yang negatif, kalau sesuai KHL ya konsekuensinya daerah seperti DKI dan Karawang ya akan turun nilainya," ujarnya saat dihubungi Okezone, Senin (19/1/2020).

Mengenai upah minimum, ada beberapa opsi sebenarnya yang diusulkan oleh Dewan Pengupahan Nasional. Misalnya, upah minimum pada tahun 2021 sama dengan sebelumnya bagi perusahaan yang terdampak pandemi.

Kemudian yang kedua adalah upah minimum 2021 bagi perusahaan yang tidak terdampak, bisa melakukan penyesuaian secara bipartit antara pengusaha dan buruh. Penyesuaian secara Bipartit ini maksudnya adalah menyesuaikan kemampuan dari keuangan perusahaan itu sendiri.

Apalagi saat ini perekonomian sedang sulit akibat adanya pandemi. Maka perusahaan juga harus melihat arus kasnya agar tetap bisa beroperasi sehingga tidak ada tenaga kerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau dirumahkan.

"Tergantung dari kemampuan perusahaan sejatinya yang dapat mengukur mampu tidak perusahaan adalah internal perusahaan itu sendiri dalam arti cashflow yang merupakan urat nadi jalan tidaknya operasional perusahaan bukan semata-mata dari inflasi atau pertumbuhan ekonomi itu sendiri yang merupakan indikator ekonomi makro," jelasnya.


Meskipun begitu lanjut Adi Mahfudz, keputusan berada di tangan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Karena pihaknya hanya sebatas mengusulkan sebagai pertimbangan penetapan upah minimum.

"Menaker segera menerbitkan Surat Edaran atau Permenaker. Depenas, Deperprop, kota dan Kabupaten hanya sebatas merekomendasikan," kata Adi.


Sumber





Pertama kali dalam sejarah nih ...

Mantab betul emoticon-Jempol emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 29 lainnya memberi reputasi
24
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Pengumuman! UMP 2021 Bisa Turun
19-10-2020 11:27
MANTAB BETUL BRAY emoticon-Ultah emoticon-Ultah emoticon-Ultah


Pengumuman! UMP 2021 Bisa Turun
Diubah oleh mr.khonthol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PenghuniNeraka. dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Pengumuman! UMP 2021 Bisa Turun
19-10-2020 11:37
Kalo turun jangan lah, seenggaknya tetap
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Lalalalala000 dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Pengumuman! UMP 2021 Bisa Turun
19-10-2020 11:38
kalo tetep sama masih masuk akal , lah , kalo turun konyol , perusahaan ngurangin upah, daya beli pegawai turun , otomatis pegawai juga makin hemat ngeluarin duit buat beli produk umkm,dll. terus ngarep produk perusahaan makin banyak yang beli gitu ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Pengumuman! UMP 2021 Bisa Turun
19-10-2020 11:40
Jangan lah kalo turun....
Harga kebutuhan pokok jg gak turun soalnya....
Ibarat kata bisnis ente sepi pembeli
Tapi sewa ruangan dan upah ya tetep dibayar segitu....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pengumuman! UMP 2021 Bisa Turun
19-10-2020 11:57
Nah ini baru fair. Sesuai dengan rumus loh ya.
profile-picture
profile-picture
Lalalalala000 dan eyefirst2 memberi reputasi
1 1
0
Pengumuman! UMP 2021 Bisa Turun
19-10-2020 12:00
Kalo turun janganlah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Lalalalala000 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pengumuman! UMP 2021 Bisa Turun
19-10-2020 12:10
Pengusaha kasih aja opsi ke karyawannya, mau gaji turun apa mau pecat emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mubafirs dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Pengumuman! UMP 2021 Bisa Turun
19-10-2020 12:11
kalau inflasi jadi pedoman penentuan upah wajar turun
inflasi sepanjang 2020 dikit
malah beberapa daerah deflasi
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pengumuman! UMP 2021 Bisa Turun
19-10-2020 12:12
Klo turun bakal lbh brutal demonya emoticon-Embarrassment

Untuk pertama kali presiden yg katanya komunis, mentingin pengusaha emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Pengumuman! UMP 2021 Bisa Turun
19-10-2020 12:13
Bisa turuni harga barang pokok gak?

Bahan bakar aja yang harganya turun didunia, di indonesia aja masih tetap harganya

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pumpupkids dan 13 lainnya memberi reputasi
13 1
12
Pengumuman! UMP 2021 Bisa Turun
19-10-2020 12:19
Kalau sampe turun bisa sebesar apa demo buruh nantinya .. tau sendiri kan maunya tiap tahun naik tapi gak jelas juga ada peningkatan kerja apa engga dari buruh2 tsb..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Lalalalala000 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Pengumuman! UMP 2021 Bisa Turun
19-10-2020 12:22
Nanti iuran buruh bisa turun, si said mana mauemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
Pengumuman! UMP 2021 Bisa Turun
19-10-2020 12:33
upah turun,tunjangan naik
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
Pengumuman! UMP 2021 Bisa Turun
19-10-2020 12:37
brarti harga sembako turun tuh, bbm jg turun listrik turun.. wah emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Lalalalala000 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pengumuman! UMP 2021 Bisa Turun
19-10-2020 12:43
gaji udah dipotong gimana berharap naik. Syukuri aja dulu emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
Pengumuman! UMP 2021 Bisa Turun
19-10-2020 13:11
siap siap buruh demo
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
Pengumuman! UMP 2021 Bisa Turun
19-10-2020 13:16
Kenyataannya masih saja ada yg menaikkan harga/tarif di tengah pandemi begini.

https://finance.detik.com/berita-eko...s-naik-di-juli
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Pengumuman! UMP 2021 Bisa Turun
19-10-2020 13:29
Bakal demo gede2an ini

Krn ga bisa bayar cicilan ninjaemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mubafirs dan 6 lainnya memberi reputasi
5 2
3
Pengumuman! UMP 2021 Bisa Turun
19-10-2020 14:15
Bisa turun beneran bos.
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Pengumuman! UMP 2021 Bisa Turun
19-10-2020 14:58
ane rasa gak mungkin kalo ampe turun walaupun kondisinya juga lagi kayak gini sih emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia