others
Batal
link has been copied
80
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f8bdd9228c9910f8b6ba1d1/coc-reg-mojokerto-wisata-petirtaan-jolotundo-airnya-terbaik-kedua-di-dunia
Mojokerto memiliki banyak berbagai tempat wisata khususnya wisata sejarah. Berada di provinsi Jawa Timur yang dahulu menjadi wilayah dari berbagai kerajaan besar di Nusantara, sehingga saat ini banyak ditemukan berbagai situs kuno bersejarah. Salah satunya adalah Petirtaan Jolotundo yang berada di lereng gunung Penanggungan.
Lapor Hansip
18-10-2020 13:15

[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!
Sumber


[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!

Hai Agan Sista
emoticon-Hai
Mojokerto memiliki banyak berbagai tempat wisata khususnya wisata sejarah. Berada di provinsi Jawa Timur yang dahulu menjadi wilayah dari berbagai kerajaan besar di Nusantara, sehingga saat ini banyak ditemukan berbagai situs kuno bersejarah. Salah satunya adalah Petirtaan Jolotundo yang berada di lereng gunung Penanggungan.


[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!
Sumber

Petirtaan Jolotundo apabila dilihat dari jauh mirip seperti candi, namun setelah didekati pengunjung akan melihat kolam air bertingkat dengan setidaknya ada 52 pancuran air. Pemberian nama Jolotundo inipun memiliki makna, Jolo berarti air dan Tundo berarti bertingkat sehingga digabungkan menjadi kolam air yang memiliki pancuran air bertingkat.


Quote:
Sejarah Pembangunan Jolotundo

Menelisik kembali sejarah pembangunan kolam ini yang sudah berusia seribu tahun lebih. Berada di wilayah kerajaan Medang namun yang memprakasai pembangunan Jolotundo adalah Raja Udayana dari kerajaan Bedahulu Bali. Saat itu Raja Udayana menikah dengan Putri Gunapriya Dharmapatni dari kerajaan Medang.

[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!
Ilustrasi patung Raja Udayana / Sumber

Dari pernikahan tersebut pada tahun 990 masehi lahirlah anak mereka yang bernama Airlangga. Atas kecintaan dan bentuk rasa syukur untuk kelahiran putranya, Raja Udayana membangun Jolotundo yang diselesaikan pada tahun 997. Airlangga inilah yang nantinya mendirikan kerajaan Kahuripan di daerah tersebut pada tahun 1009.

Dahulu tempat ini digunakan untuk pemandian keluarga kerajaan dan selanjutnya sebagai sumber air untuk kehidupan masyarakat sekitar.



Sarana Ibadah Umat Hindu

emoticon-Nyepi

[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!
Ritual oleh umat Hindu / Sumber

[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!
Suasana saat upacara Melasti / Sumber


Sebagai tempat wisata religi, Petirtaan Jolotundo banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Walaupun agak jauh, masyarakat Bali juga sering datang ke tempat ini untuk melakukan ritual mensucikan diri dan memandikan benda pusaka terutama saat Hari Raya Nyepi. Bangunan yang terbuat dari batu andesit ini memang bergaya arsitektur Hindu dan Jawa. Beberapa pohon di sekitarnya juga tampak dibalut kain Poleng, kain khas Bali berbentuk kotak hitam putih.

Pangunjung lain yang datang juga sering membawa galon atau tempat wadah air untuk mengambil air yang dipercaya memiliki khasiat menyembuhkan penyakit dan membuat awet muda. Uniknya air tersebut tidak pernah habis walaupun saat musim kemarau. Disamping itu airnya memiliki kandungan mineral yang sangat baik, bahkan terbaik kedua di dunia setelah air zam-zam.


[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!
Pengunjung mengambil air dari pancuran / Sumber

Selain bisa berendam di kolam, pengunjung juga bisa melihat banyaknya ikan yang terdapat di kolam paling bawah. Ikan-ikan tersebut tidak boleh diambil. Bagi yang ingin memberi makan ikan tersebut sudah banyak pedagang yang menawarkan pakan ikan di pintu masuk Petirtaan Jolotundo.


[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!

[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!
Pintu masuk Petirtaan Jolotundo / Sumber

Berwisata di tempat ini juga bisa menjadi pilihan menarik saat berkunjung ke Mojokerto. Suasana alam yang asri dan kesejukan udaranya membuat wisatawan bisa merasakan ketenangan diri dari hiruk pikuk perkotaan.
Lokasi : Biting, Desa Seloliman, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.
Buka : Setiap hari, 24 jam.
Tiket : Dewasa Rp10.000, Anak-anak Rp7.500


*****

Demikian thread dari ane, semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan Agan Sista.
Terima kasih sudah membaca.

emoticon-terimakasih

[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!


[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!
18 Oktober 2020
Sumber Tulisan: Wikipedia dan Sumber lainnya

[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!
Diubah oleh anjaultras
profile-picture
profile-picture
profile-picture
siapika dan 32 lainnya memberi reputasi
33
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!
18-10-2020 13:17
Kalau haus langsung bisa diminum
emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!
18-10-2020 13:47
Banyak ikannyaemoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!
18-10-2020 22:24
Blm pernah wisata ke mojokerto, cm lewat & mampir paling isoma doang...
Kirain di mojokerto cuma ada kerajaan majapahit aja
Diubah oleh dieq41
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anjaultras dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!
19-10-2020 12:03
trawas, jadi inget kenangan "anget2" dipemandian air anget nya emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anjaultras dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!
19-10-2020 12:03
Mari kita jaga mata air ini jangan sampe kering emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anjaultras dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!
19-10-2020 12:05
Kok Aqua dkk gak bikin pabrik disitu, malah di Pandaan?
profile-picture
profile-picture
anjaultras dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!
19-10-2020 12:25
heran gw ama pertirtaan... bisa awet sumber nya.. bahkan bening airnya..

biasanya kl ada pertirtaan ada kedaton / kampung2 kuno..
profile-picture
profile-picture
anjaultras dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!
19-10-2020 12:26
Ikutan bangga walau tinggal cuma sebentar di moxer
profile-picture
anjaultras memberi reputasi
1 0
1
[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!
19-10-2020 12:26
terbaik kedua di dunia versi siapa gan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
milzam25 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!
19-10-2020 12:27
Sayang kurang luas tempat istirahat pengunjungnya. Kamar mandi pun cuma 2. Banyak yang masih pakai sandal&sepatu naik ke Candi, padahal sudah ada tulisannya. Semoga suatu saat nanti ada petugasnya yang bisa menegur. Airnya emang sangat segar gan. Ada yang sampai bawa galon lho.
profile-picture
profile-picture
anjaultras dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!
19-10-2020 12:28
Wahhhh ini wisataa berserjarah
profile-picture
profile-picture
anjaultras dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!
19-10-2020 12:29
Kerenn deh gann wisata terbaik di dunia keren lahh
profile-picture
profile-picture
anjaultras dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!
19-10-2020 12:29
Kerenn abiss gannn mantab abiss dehh
profile-picture
profile-picture
anjaultras dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!
19-10-2020 12:29
Aku sering ke sana. Kalo mau dateng y motor di servis dulu. Jalannya nanjak euy
profile-picture
profile-picture
anjaultras dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!
19-10-2020 12:29
Tempat wisataa nusantara emanglah keren gann
profile-picture
anjaultras memberi reputasi
1 0
1
[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!
19-10-2020 12:30
Sering ninggal jejak ini gannn mantab abisss gannn
profile-picture
profile-picture
anjaultras dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!
19-10-2020 12:37
Kerenn parah ni gannn sejarah banget
profile-picture
profile-picture
anjaultras dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!
19-10-2020 12:37
Bisa di abadikan ini gann tempat seperti ini
profile-picture
profile-picture
anjaultras dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!
19-10-2020 12:37
Seangat mendandung sejarah dan pastinya banyak unsur peninggalan jaman
profile-picture
profile-picture
anjaultras dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
[COC Reg. Mojokerto] Wisata Petirtaan Jolotundo, Airnya Terbaik Kedua di Dunia!
19-10-2020 12:38
Jaman sejarah di indonesiaa gan ini termasuknyaa
profile-picture
profile-picture
anjaultras dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia