Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
137
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f8bc5a6b840885a05151ea2/rekomendasi-6-novel-indonesia-terbaik-sepanjang-masa-untuk-agan-baca-versi-ane
Sebaliknya ada beberapa novel Indonesia yang sangat layak untuk dibaca karena ceritanya yang bagus dan juga mengandung makna yang cukup mendalam. Nah, berikut ini adalah beberapa novel Indonesia terbaik versi ane, dan ane rekomendasikan untuk agan baca.
Lapor Hansip
18-10-2020 11:33

Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Selamat datang kembali di thread ane.

Sebagai orang yang hobi membaca buku ane ingin sekali share tentang novel-novel terbaik yang sebaiknya agan baca. Manfaat membaca novel memang benar adanya tapi novel seperti apa dulu yang sebaiknya dibaca dan dihindari. Novel yang penuh adegan vulgar tentu saja kurang baik untuk dibaca, begitu juga dengan novel mainstream yang ceritanya tentang gadis miskin yang bertemu dengan pria kaya raya. Itu hanya untuk memuaskan hasrat manusia saja.

Sebaliknya ada beberapa novel Indonesia yang sangat layak untuk dibaca karena ceritanya yang bagus dan juga mengandung makna yang cukup mendalam. Nah, berikut ini adalah beberapa novel Indonesia terbaik versi ane, dan ane rekomendasikan untuk agan baca.

Quote:1. Laskar Pelangi (Andrea Hirata)
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
Sebelum adanya Dilan, Laskar Pelangi adalah novel Indonesia yang paling banyak dicari dan laris manis di toko buku. Novel karya Andrea Hirata ini menceritakan tentang sepuluh anak SD di pulau Belitung di era akhir 80an dalam menempuh dan berjuang dalam mendapatkan pendidikan di tengah ekonomi yang serba kurang. Novel ini sangat inspiratif dan patut dibaca oleh anak muda terutama bagi yang sedang dalam menempuh pendidikan. Filmnya juga sempat menjadi film Indonesia terlaris sepanjang masa. Laskar Pelangi adalah buku pertama dari empat buku Tetralogi Laskar Pelangi.


Quote:2. Bumi Manusia (Pramoedya Ananta)
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
Salah satu novel Indonesia yang cukup kontroversial yang peredarannya sempat dilarang di era orde baru. Novel ini mempunyai alur dan plot yang padat sehingga pembaca seperti merasa ikut masuk ke dalam cerita yang berlatar di era kolonialisme tersebut. Minke, tokoh utama dalam novel ini adalah seorang pribumi dari kelas atas dan menempuh pendidikan layaknya kaum Indo (blasteran) dia bersekolah di HBS yang pada waktu itu adalah sekolah khusus kaum elit. Cerita mulai menarik ketika Minke bertemu dengan Nyai Ontosoroh. Bumi Manusia merupakan buku pertama dari Tetralogi Buru.


Quote:3. Atheis (Achdiat Karta Mihardja)
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
Salah satu novel Indonesia terbaik dan menjadi salah satu karya sastra yang paling terkenal dalam sejarah sastra Indonesia. Atheis adalah novel karya Achdiat Karta Mihardja yang terbit pada tahun 1949. Novel ini menceritakan Hasan, seorang yang dibesarkan dalam berpegang pada Agama yang kuat. Namun dia mulai berubah semenjak bersahabat dengan penganut Marxisme-Leninisme dan penulis berpaham nihilisme. Hasan lantas mulai meragukan agamanya sendiri. Sama seperti Bumi Manusia, novel ini juga cukup kontroversial.


Quote:4. Supernova (Dee Lestari)
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
Jika agan ingin membaca novel yang isinya terdapat banyak tema kehidupan maka seri Supernova karya Dee Lestari adalah pilihan yang tepat. Terdiri atas enam buku, seri Supernova terdapat jalinan cerita dan tokoh yang lumayan banyak yang akhirnya bermuara pada buku keenam. Ane suka dengan gaya penceritaan yang disampaikan oleh Dee Lestari yang mengalir dengan pas, tidak cepat tapi juga tidak lambat. Adapun keenam seri ini adalah "Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh", "Akar", "Petir", "Partikel", "Gelombang", dan Intelejensi Embun Pagi". Yang paling ane suka adalah buku kedua (Akar).


Quote:5. Sitti Nurbaya (Marah Rusli)
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
Buku ini merupakan novel angkatan Balai Pustaka yang paling terkenal dan dicetak berulang kali sejak penerbitannya pada tahun 1922. Sebagaimana diketahui novel Sitti Nurbaya merupakan roman yang bertema tragedi. Mengisahkan Samsubahri yang merupakan pemuda asal Sumatra Barat di era kolonalisme dan merantau ke Batavia untuk pendidikan dan meninggalkan kekasihnya, Sitti Nurbaya. Kemudian suatu saat Nurbaya menawarkan diri dinikahi oleh pria kaya raya dan kasar, Datuk Maringgih. Sebagai upaya agar orang tuanya terbebas dari hutang. Novel dianggap punya pengaruh yang cukup besar pada karya-karya lain setelahnya.


Quote:6. Negeri Para Bedebah (Tere Liye)
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
Ada banyak novel karya Tere Liye dan salah satu yang paling terkenal adalah Negeri Para Bedebah terbitan tahun 2012. Novel ini bergenre realis dan mengisahkan tentang usaha penyelamatan Bank Semesta oleh Thomas, konsultan keuangan profesional. Bank tersebut hendak ditutup karena suatu kasus. Pesan yang disampaikan dalam novel ini adalah betapa tamak dan rakusnya manusia.

Nah, ada novel Indonesia lainnya yang bagus dan disejajarkan sama novel-novel di atas enggak gan? emoticon-Big Grin

Quote:Referensi:
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Atheis_(novel)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ziont dan 36 lainnya memberi reputasi
37
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
18-10-2020 14:58
bumi manusia paling wajib pokoknya apalagi buat orang blora
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yus.mnrg dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
18-10-2020 15:07
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
18-10-2020 16:35
Wah beberapa belum baca nih, masuk list deh yaa
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
18-10-2020 17:04
Ane suka "edensor" dr tetralogi laskar pelangi
bacany berulang ulang nggk pernah bosan
Emang bener kykny andrea hirata sdng "mabuk" pas bikinny....
luar biasa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jalan Cinta dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
18-10-2020 17:53
Kalau novel Indonesia, ane paling sering baca tere liye sama ahmad fuadi.bagus2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Diannf dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 11:03
Aku paling Cinta Bertasbih hehehe. Lumayan bagus.
profile-picture
klepon.xxx memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 11:06
menurut ane diantara tersebut paling seru terbitan ENI ERO... yg setuju angak tangan.... hihihihi
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 11:15
negeri para bedebah sepertinya terinspirasi dari kisah nyata.. wkwk
emoticon-Betty
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 11:17
Trilogi roro mendut karya YB Mangunwijaya
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 11:19
Pram is lejen bre emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
skull18 dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 11:20
Tetralogi laskar pelangi... Selain itu karya2 Andrea Hirata yg lain bagus-bagus kok...

Yang laij belum baca...
Yg Bumi manusia kontroversial karena rejim Orba aja.. Padahal Bu Tien sendiri selaku ratu dari Raja Orba aja bilang tuh buku bagus. Banyak pejabat lain yg akhirnya bilang tuh buku bagus... Cuman karena udah kepala keluar SK larangan yah udah kepalang tanggung...

Sisanya yg lain belum...
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan namaku374 memberi reputasi
2 0
2
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 11:22
Novel nya enny arrow gan bagus2
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 11:23
ga ada si legendaris eni arrow, hmmph! emoticon-Mad
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 11:25
Dari list di atas, gw cuman udah selesai baca seri Supernova karya Dee Lestari. Sayang, penutupnya IEP (Inteligensi Embun Pagi) agak 'kurang nendang' emoticon-Ngakak
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 11:25
paling baru baca yang laskar pelangi
novel indo gk ada yang genre sains fiction, fantasy, crime, atau psychologi yang bagus ya?
kebanyakan novel nya itu kalo gk percintaan ya kisah hidup novelisnya
profile-picture
mboenn memberi reputasi
1 0
1
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 11:28
Kisah dua kamar sama Sepasang Kaos Kaki Hitam. emoticon-Hammer2 Untuk novel komedi ada Drop Out
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sycupucupu dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 11:29

Ahmad Tohari


Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 11:30
ane prefer Burung-burung Manyar (Y.B. Mangunwijaya)
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan theresiaeguchi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 11:32
Baca novel cuma novel ketika cinta bertasbih doank
emoticon-Leh Uga
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Rekomendasi 6 Novel Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Untuk Agan Baca Versi Ane
19-10-2020 11:35
Ane rada ngeri kalau dah liat kata "terbaik" dan "sepanjang masa".

emoticon-Ngakak
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia