News
Batal
KATEGORI
link has been copied
220
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f83dcd4f4d6955d2a7dbc5e/tidak-mau-indonesia-jadi-bangsa-kacung-lakukan-hal-hal-berikut
Kalau baca trit ini saja tidak mampu, atau malas. Bagaimana mau ngomong Omnibus Law yang tebalnya hampir 1000 halaman dan isinya penuh dengan pasal-pasal hukum yang bahasanya bikin ngantuk dan harus dibaca dengan jeli?
Lapor Hansip
12-10-2020 11:34

Tidak Mau Indonesia Jadi Bangsa Kacung!? Lakukan Hal-Hal Berikut!

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Quote:Peringatan, trit ini isinya tulisan yang panjang. Minim ilustrasi. Jadi harap baca sebelum komentar.

Kalau baca trit ini saja tidak mampu, atau malas. Bagaimana mau ngomong Omnibus Law yang tebalnya hampir 1000 halaman dan isinya penuh dengan pasal-pasal hukum yang bahasanya bikin ngantuk dan harus dibaca dengan jeli?

Cmn berdasar kata orang terkenal?





Sumber berita asli


Peringatan, ancaman, atau usaha memanas-manaskan rakyat Indonesia? Tergantung dari sudut pandang siapa yang melihat, ucapan tentang resiko Indonesia akan jadi bangsa kacung itu bisa dimaknai berbeda-beda pula.


TS bukan politikus, tidak tergabung pada partai politik tertentu dan juga bukan bagian dari fans tokoh politik tertentu. Kagum dengan tokoh tertentu pasti ada, tapi tidak fanatik. Benci dengan tokoh politik tertentu juga pasti ada, tapi sekali lagi tidak sampai fanatik. (Moga-moda dihindarkan dari fanatisme pada tokoh tertentu).


Jadi TS ingin membahas tentang bahaya akan kemungkinan Indonesia menjadi bangsa kacung se-obyektif mungkin.


1. Definisi bangsa kacung itu sebenarnya bangsa yang bagaimana?
Definisi bangsa kacung itu yang bagaimana sih? Kadang yang mengesalkan dari politikus itu kan begitu itu, melempar jargon yang definisi dan kriteria-nya tidak jelas.

Jarang (atau mungkin malah tidak ada) ada politikus yang melempar jargon seperti seorang ilmuwan melemparkan sebuah teori. Jelas definisi dan kriteria-kriterianya.


Kapan disebut bangsa kacung?


Apakah seperti Thailand, Vietnam, India dan Cina bisa disebut bangsa kacung? Karena seperti kita ketahui banyak perusahaan-perusahaan Eropa dan Amerika yang melemparkan proses produksi barang buatan mereka ke negara-negara lain seperti Cina, Vietnam, dll.


Kenapa?


Karena biaya produksi yang lebih murah.


Alhasil negara-negara itu pun, rakyatnya bekerja jadi buruh di pabrik-pabrik perusahaan Eropa dan Amerika Serikat, dengan bayaran yang lebih murah jika dibandingkan dengan buruh-buruh di Eropa dan Amerika Serikat.


Apa karena itu kemudian mereka disebut bangsa kacung?


Atau yang dilihat dari persentase kepemilikan usaha-usaha di dalam negeri? Sekarang berapa perbandingannya antara investasi dari luar, dengan investasi dari dalam negeri, sebelum menjadi bangsa kacung?


Atau definisi bangsa kacung itu dilihat dari berapa persentase rakyat yang bekerja sebagai buruh, sebagai karyawan, dibandingkan dengan persentase rakyat yang menjadi pemilik usaha? Gitu?


Tolong para politikus yang mengancam Indonesia jadi bangsa kacung, berilah definisi yang jelas.


Jangan juga baca puisi. Kalau ngomong mall-mall itu bukan punya si tole, bro, emang dipikir orang-orang top macam Jusuf Kalla, Luhut, Megawati, dll itu bukan orang pribumi?


Jadi silahkan melontarkan jargon, tapi tolong diperjelas definisi dan kriterianya. Kapan bisa dikatakan bukan bangsa kacung.


Apalagi seorang profesor, tentu mengerti apa itu konsep teori ilmiah, salah satunya adalah falsifiabilitas, artinya pernyataan atau teori itu punya parameter-parameter yang jelas, sehingga bisa dibuktikan benar atau tidak benar.

Karena belum ada definisi yang jelas, maka saya terpaksa menggunakan definisi saya sendiri tentang bangsa kacung.

Bangsa kacung ya artinya, kalau bangsa itu mayoritas, cuma menjadi kacung bagi bangsa luar. Anggaplah begini, kalau 80% rakyatnya bekerja untuk perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki orang asing, maka bangsa itu jadi bangsa kacung.

TS yakin, banyak yang tidak setuju dengan definisi ini, tapi kalau tidak ada definisi yang jelas, sulit untuk meneruskan tulisan ini. Jadi ya terpaksa, TS pakai definisi ini, karena mereka yang melontarkan jargon-jargon ini, kebanyakan tidak punya definisi yng jelas.



2. Apakah Indonesia menjadi bangsa kacung itu sesuatu kemungkinan yang nyata?

Menurut TS kemungkinan itu bisa saja terjadi.

Bukan sesuatu yang tidak mungkin. TS memang bukan ekonom dan tidak memiliki data-data yang lengkap.

Namun, dalam kondisi di mana orang asing bisa ikut membeli saham perusahaan Indonesia, secara teori, kemungkinan itu ya dimungkinkan untuk terjadi. Apalagi dengan situasi Indonesia yang tertinggal dalam hal teknologi dan inovasi. Rasanya cukup besar kemungkinan situasi di atas akan terjadi.

Gampangnya saja bayangkan, apa mungkin kalau yang menemukan teknologinya itu orang Amerika, yang memiliki inovasi tentang sebuah produk itu orang Amerika, lalu tiba-tiba perusahaannya jadi milik orang Indonesia? Iya mungkin kalau negaranya itu kekurangan modal, sehingga harus "menjual" orang-orang pandai dan berbakatnya keluar negeri.

Jadi agak sulit untuk kemudian kita untuk menghindar dari menjadi bangsa konsumen, yang ujung-ujungnya bisa berhasil jadi bangsa kacung (menurut definisi di atas).

3. Sekarang masuk ke bagian terakhir dari trit, yaitu yang menjadi judul dari trit.

Kalau memang kemungkinan itu nyata, maka bagaimana caranya supaya kita terhindar dan tidak menjadi bangsa kacung?

Dalam bayangan saya, kalau saya jadi pemerintah, caranya adalah dengan mendorong agar rakyat bangsa ini jangan menjadi buruh.

- Berikan pelatihan-pelatihan dan bimbingan gratis (program pemerintah) bagi mereka yang ingin memulai UMKM.
- Berikan insentif yang lebih besar bagi masyarakat yang ingin membuka usaha sendiri, menjadi enterpreneur, dll.
- Permudah syarat-syarat membuka usaha.
- Perbaiki tingkat pendidikan.
- Beri insentif untuk riset-riset yang mengejar ketinggalan kita dalam sisi teknologi.

Yang bukan menjadi cara untuk menghindar dari nasib menjadi bangsa kacung adalah : memberi insentif pada masyarakat untuk menjadi buruh. Semakin enak kehidupan jadi buruh, artinya semakin banyak orang yang akan memilih untuk hidup jadi buruh.

Kalau jadi enterpreneur dengan segala resiko dan stress yang dihadapi, hasilnya sama atau cuma sedikit lebih baik daripada jadi buruh, ya orang milih jadi buruh.

------------

TS bukan politikus, bukan orang yang ngerti ekonomi, dsb; jadi bisa saja banyak salah dalam melempar opini.

Silahkan dikritik habis-habisan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 44 lainnya memberi reputasi
43
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Tidak Mau Indonesia Jadi Bangsa Kacung!? Lakukan Hal-Hal Berikut!
12-10-2020 11:37
bknnya ga mau tp memeang sudah dirasakanemoticon-I Love Indonesia
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tidak Mau Indonesia Jadi Bangsa Kacung!? Lakukan Hal-Hal Berikut!
12-10-2020 11:38
Jadi orng jangan egois bro, mari perjuangkan nasib mereka
Tidak Mau Indonesia Jadi Bangsa Kacung!? Lakukan Hal-Hal Berikut!
Tidak Mau Indonesia Jadi Bangsa Kacung!? Lakukan Hal-Hal Berikut!
Tidak Mau Indonesia Jadi Bangsa Kacung!? Lakukan Hal-Hal Berikut!
Tidak Mau Indonesia Jadi Bangsa Kacung!? Lakukan Hal-Hal Berikut!
Tidak Mau Indonesia Jadi Bangsa Kacung!? Lakukan Hal-Hal Berikut!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
666fapfap dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Tidak Mau Indonesia Jadi Bangsa Kacung!? Lakukan Hal-Hal Berikut!
12-10-2020 11:40
betul. daripada teriak-teriak demo dan demo saya lebih menyukai tingkatkan skill.
beri bantuan kepada UKM, beri pelatihan, tingkatkan kedisiplinan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bagashadi36 dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Tidak Mau Indonesia Jadi Bangsa Kacung!? Lakukan Hal-Hal Berikut!
12-10-2020 11:45
jangan salah jepang dan amerika serikat juga cuma bisa beli dan rakyatnya banyak yang jadi kacung untuk perusahaan asing. Keadaan berubah setelah mereka menemukan inovasi dan menjadi kreatif. Dengan menjadi kacung china mengetahui rahasia produk perusahaan yang beroperasi di negara mereka. Lalu membuat imitasi produk tersebut dan menjualnya. Sekarang china memiliki perusahaan teknologi terbesar di dunia. Yang bahaya itu kalo indonesia jadi bangsa kadrun yang masih berkutat dengan pengetahuan dan teknologi zaman kegelapan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
setiapmenit dan 19 lainnya memberi reputasi
20 0
20
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 20 balasan
Tidak Mau Indonesia Jadi Bangsa Kacung!? Lakukan Hal-Hal Berikut!
12-10-2020 11:47
Tidak Mau Indonesia Jadi Bangsa Kacung!? Lakukan Hal-Hal Berikut!
Tidak Mau Indonesia Jadi Bangsa Kacung!? Lakukan Hal-Hal Berikut!
Tidak Mau Indonesia Jadi Bangsa Kacung!? Lakukan Hal-Hal Berikut!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Tidak Mau Indonesia Jadi Bangsa Kacung!? Lakukan Hal-Hal Berikut!
12-10-2020 12:25
Tapi kadrun bangga kalau bangsa ini jadi kacung Arab.Yang cewek modal ngangkang di villa yang cowok jaga parkiran villa.Tak perlu pemikiran apalagi tenaga langsung cuan mengalir dan bonus kunci surga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bauasemloe dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Tidak Mau Indonesia Jadi Bangsa Kacung!? Lakukan Hal-Hal Berikut!
12-10-2020 17:32
Saya ngerasain buruh yang kerja pagi siang malam tapi mereka dapat lemburan kok dan itu yg katanya bikin semangat 😁. Kalo gak ada lemburan mlhn mrka ngeluh gaji UMK doank 😆.
Paling enak jadi PNS emg bnyk tunjangan atau jadi sultan yutuber aja wkkwkw
Diubah oleh Richy211
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bewox19 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Tidak Mau Indonesia Jadi Bangsa Kacung!? Lakukan Hal-Hal Berikut!
12-10-2020 18:52
Thailand kok bangsa kacung, dijajah aja belum pernah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Tidak Mau Indonesia Jadi Bangsa Kacung!? Lakukan Hal-Hal Berikut!
13-10-2020 09:05
Makanya jd pns
profile-picture
profile-picture
profile-picture
konodioda dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Tidak Mau Indonesia Jadi Bangsa Kacung!? Lakukan Hal-Hal Berikut!
20-10-2020 10:02
Selama bersebrangan pendapat sama Amin rais = udh benar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bagashadi36 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tidak Mau Indonesia Jadi Bangsa Kacung!? Lakukan Hal-Hal Berikut!
20-10-2020 10:04
Kacung itu kalo lo cuma manggut2 apa kata majikan, yg penting lo dibayar. Gak perlu mikir kalo jadi kacung. Persis apa kata ustad felix, sebagai muslim, gak perlu mikir, cukup iman saja. Percaya aja kalo HRS itu titisan nabi, ga usa banyak tanya. Kalo disuruh demo, ya lu demo, kalo disuruh ribut ya ribut, nanti abis itu lu dapet jatah nasi bungkus.

Begitulah bangsa kacung yg baik emoticon-Maaf Agan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 23 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 23 balasan
Tidak Mau Indonesia Jadi Bangsa Kacung!? Lakukan Hal-Hal Berikut!
20-10-2020 10:04
Lbh pnting tingkatkan skill bacot kalian hhe
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Tidak Mau Indonesia Jadi Bangsa Kacung!? Lakukan Hal-Hal Berikut!
20-10-2020 10:05
omongan gelandangan politik yg udah bau tanah mah gak usah dianggep. sampah semua pikiran dan omongannya
emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wojciecszczesny dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Tidak Mau Indonesia Jadi Bangsa Kacung!? Lakukan Hal-Hal Berikut!
20-10-2020 10:06
Anak dia kasian banget. Habis tabrakan beruntun yang nabrak malah lari. Kasian bener.

Bapaknya yang rusuh anaknya yang kena getahnya. Kasian dah. Moga cepet sadar
Diubah oleh Make.Sense
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Tidak Mau Indonesia Jadi Bangsa Kacung!? Lakukan Hal-Hal Berikut!
20-10-2020 10:07
sekarang jadi kacung besok produksi sendiri
lumayan timbang nganggur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tidak Mau Indonesia Jadi Bangsa Kacung!? Lakukan Hal-Hal Berikut!
20-10-2020 10:08
mending jadi kacung asing daripada diisi pribumi korup.
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Tidak Mau Indonesia Jadi Bangsa Kacung!? Lakukan Hal-Hal Berikut!
20-10-2020 10:09
Koq terjemahan di otak gw buat yg ngak setuju ini omnibuslaw, mereka mau selama2nya jadi buruh, dan seterusnya sampai cucu cicit mereka. 🤔🤔🤔
Diubah oleh verify
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Tidak Mau Indonesia Jadi Bangsa Kacung!? Lakukan Hal-Hal Berikut!
20-10-2020 10:11
Coba deh si mbah itu produknya beliau yang bisa dinikmati anak bangsa kayak gimana? emoticon-Ngakak dari jaman pak harto ngerush teroooosss emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Tidak Mau Indonesia Jadi Bangsa Kacung!? Lakukan Hal-Hal Berikut!
20-10-2020 10:14
Ane ngga bisa komentar banyak soal omnibus law atau soal dunia perkacungan, tapi kalo memang omnibus law ini tujuannya demi rakyat, kok banyak ditolak sampe ada demo di dibanyak tempat, sementara yang setuju kebanyakan para pengusaha2, termasuk dari luar negeri yang kata bang LBP banyak dapet telfon dari luar katanya berterima kasih dengan adanya omnibus law ini emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
momod..bianca90 dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Tidak Mau Indonesia Jadi Bangsa Kacung!? Lakukan Hal-Hal Berikut!
20-10-2020 10:15
Si rais justru mau bangsa kita jadi kacung dia. Dengan dicabutnya omnibus lawa, otomatis kita selalu ada di bawah kaum dia. Itu tujuan dia dan anteknya. Gue sih berharap semiga UU cipta kerja ini segera dibeber sehingga bisa membungkam orang2 kayak dia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cadelistomark2 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia