Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
63
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f7c2e63c8393a763425210c/karyawan-kontrak-seumur-hidup-siapa-yang-mau
Akhirnya suara ketukan palu terdengar di ruang sidang RUU cipta kerja pun sudah sah menjadi sebuah Undang-Undang. Banyak buruh merasa rugi bila ternyata undang-undang itu tidak menguntungkan. Dimana Pasal 59 dalam UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan sudah dihapus, pasal ini memberikan syarat Perjanjian Kerja Waktu Tertentu atau yang biasa disebut dengan PKWT. Ok saya kutip sekilas isi d
Lapor Hansip
06-10-2020 15:44

Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?

icon-verified-thread


Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?

Akhirnya suara ketukan palu terdengar di ruang sidang RUU cipta kerja pun sudah sah menjadi sebuah Undang-Undang. Banyak buruh merasa rugi bila ternyata undang-undang itu tidak menguntungkan.

Dimana Pasal 59 dalam UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan sudah dihapus, pasal ini memberikan syarat Perjanjian Kerja Waktu Tertentu atau yang biasa disebut dengan PKWT.

Ok saya kutip sekilas isi dalam pasal tersebut,

Quote:

Di pasal tersebut, UU Ketenagakerjaan melindungi pekerja atau buruh yang bekerja di suatu perusahaan agar bisa diangkat menjadi karyawan tetap setelah bekerja dalam periode maksimal paling lama 2 tahun, dan diperpanjang 1 kali untuk 1 tahun ke depan.

sumber kutipan



Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?

Simplenya gini, bila ada karyawan kontrak pertama 2 tahun, bisa dikontrak lagi selama setahun lalu perusahaan punya pilihan bila karyawan ini loyal, baik, dan smart, serta dedikasinya untuk lancarnya perusahaan juga baik maka karyawan tersebut tidak bisa lagi dikontrak namun harus diangkat sebagai karyawan tetap karena karyawan seperti ini yang dicari oleh perusahaan.

Tapi sekarang ketika hal itu dihapus, maka karyawan bisa dikontrak seumur hidup. Apakah akan menguntungkan perusahaan? Jelas iya, tapi kalau karyawan yang smart ia tidak akan mau berlama-lama di satu perusahaan.

Bisa menjadi impostor dalam dunia bisnis, simplenya gini kamu kerja di bagian produksi sabun cuci dan sebagainya. Berapa banyak perusahaan yang bergerak di bidang itu? Di arus bawah antar karyawan dari bagian produksi hingga sales bisa saja mengambil ilmu dari perusahaan tersebut lalu menikung dari belakang ketika kontrak mereka habis.

Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?

Bisa membuat produksi ala UMKM, berwirausaha mandiri atau mengajukan lamaran pekerjaan ke pihak kompetitor dengan besaran gaji yang lumayan dibandingkan perusahaan awal.

Sudah pasti akan ada persaingan tidak sehat dimana orang terbaik dari perusahaan akan mencari keuntungan untuk dirinya sendiri sebagai jaminan di hari tua. Tidak ada lagi loyalitas tanpa batas, karyawan akan berusaha mendalami ilmunya untuk dijual ke perusahaan lain yang bisa menggaji dirinya lebih tinggi. Bila perusahaan cerdas karyawan seperti ini akan di ikat menjadi karyawan tetap, namun terkadang perusahaan juga punya strategi tersendiri dalam memainkan kebijakan, bisa saja karyawan sebelum pinter luar dalam sudah putus kontrak, iya toh?

Tapi yang jadi masalah sekarang ini bagian produksi hampir seluruhnya di kuasai oleh teknologi robot, mesin-mesin canggih banyak digunakan oleh pabrik besar alhasil tenaga kerja yang diperlukan penyerapannya semakin berkurang.

Mungkin pabrik skala middle low yang masih membutuhkan tenaga buruh dalam jumlah banyak.

Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?



Hampir 80% karyawan buruh kerjanya monoton, sekarang ini pekerjaan mereka dari hari ke hari ya hanya pencet-pencet tombol, memeriksa barang istilahnya quality control dan bagian angkat-angkat barang serta pengiriman yang masih dijalankan oleh manusia karena saat ini pekerjaan itu belum bisa dilakukan oleh robot. Namun karyawan seperti inilah yang menderita, karena skillnya memang tidak ada untuk dijual secara lebih ke perusahaan lain, kecuali di perusahaan yang serupa.

Ente mau lulusan sarjana pun kalau jadi buruh pabrik, ya akan belajar ulang mengenai pengoprasian alat di pabrik seperti mesin moulding, atau mesin jahit dan mesin-mesin pabrik lainnya.

Jadi karyawan yang bekerja seperti ini hidupnya akan pas-pasan untuk kebutuhan hidup, jangan berharap lebih pada perusahaan toh sekolah tinggi-tinggi banyak ilmu yang dipelajari tidak dipakai ketika menjadi seorang buruh, untuk itu sekolahlah yang pinter dan jadilah rakyat yang menumbangkan para cukong asing dengan mengembangkan produk dalam negeri, bukan melamar sebagai buruh.

Dengan adanya UU ini akan tercipta rasa tidak aman, hidup akan sangat kompetitif maka karyawan dituntut untuk hidup lebih mandiri untuk hari tua. Alhasil putaran keluar masuk karyawan dimasa depan akan cepat, ini yang dinamakan cipta kerja.

Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?

Lantas bagaimana menurutmu? Mau, menjadi karyawan kontrak seumur hidup? Atau ada yang salah dalam UU cipta kerja yang digagas oleh DPR?

Saya, c4punk see u next thread

emoticon-I Love Indonesia

Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star




Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
06-10-2020 15:47
Partai wong licik eh cilik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoshitake dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
06-10-2020 15:48
welcome to the jungle hahahahahaa
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
06-10-2020 15:49
Quote:Original Posted By saya.kira
Partai wong licik eh cilik


Quote:Original Posted By lintangayudy
welcome to the jungle hahahahahaa


Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pulaukapok dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
06-10-2020 16:00
Satu sih. .pabrik mana sih yang full robot ...

Terus yang dimaksud robot itu kayak apa sih om ?
Diubah oleh dewakere
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
06-10-2020 16:06
Gue heran sama pemerintah. Suer dah! Ekonomi dinyatakan naik atau enggak, kan berdasarkan gerak kurfa investasi dan saham. Makanya, mereka memilih buat mengedepankan para pengusaha dan investor ketimbang rakyat yang sebagian besar memang adalah buruh. Heran aja gue, buat apa grafik saham naik kalau di lapangan nyatanya rakyat tidaklah sejahtera?

Mana pake matiin sambungan mikro segala lagi waktu rapat pengesahan. Gak demokratis banget!
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
06-10-2020 16:26
DPR oh DPR emoticon-Cape d...
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
06-10-2020 16:33
Dopost
Diubah oleh c4punk1950...
0 0
0
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
06-10-2020 16:54
Edaaannn nyampe mati boss jadi karyawan
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
06-10-2020 17:06
Mau jadi presiden emoticon-Mewek
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
06-10-2020 17:11
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
06-10-2020 17:17
Negri ini gak lama...penduduknye abis dibikin kerja rodi... emoticon-Smilientar juragannye bginih nih mantaunye Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
Diubah oleh mocha.taufan
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
06-10-2020 17:27
Tapi yang jadi masalah sekarang ini produksi hampir seluruhnya di kuasai oleh teknologi robot, hanya karyawan tertentu yang bisa seperti itu......

klo yang pake robot kyknya banter2 10% doang ah kl d indonesia dan itupun liat produknya...

simpel sih... jadilah karyawan tertentu tersebut... jgn mau stagnan doang sambil2 belajar jg dong br kompetitif...
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan adnanami memberi reputasi
2 0
2
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
06-10-2020 17:39
Banteng oh banteng
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
06-10-2020 17:45
(cmiiw) yang UU Ketenagakerjaan aja belum semua perusahaan patuh, masih ada aja yang cari celah buat ngakalin emoticon-Sorry

sedangkan di UU Cipta Kerja ini (sejauh yang ane pahamin) semuanya dikembalikan ke pihak perusahaan dan pekerja.. peluang untuk jadi karyawan kontrak seumur hidup itu ada, apalagi kalo perusahaannya emang "cerdik" emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
06-10-2020 17:45
Kerja di pabrik gula, Pulang bikin pabrik gula.. Tapi itu dolo, Skrg dah gak bisa ya emoticon-Big Grin
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
06-10-2020 18:36
Kontrak seumur hidup. Bisa diartikan karyawan tetap ya.. kurang paham saya..
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
06-10-2020 19:05
Covid, resesi, tambah UU menjadi rakyat semakin menjadi jadi emoticon-Big Grin
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
06-10-2020 19:09
Bukan bela atau apa, tapi kalo anggap seumur hidup jadi pegawai kontrak, kenapa ga coba jadi pengusaha..

Kan namanya pengusaha ga perlu modal miliaran.. Bisa aja jadi penjual nasi uduk atau nasi goreng..

NO offense tapi tukang nasi uduk di tempat ane aja bisa kok umrah dan jalan-jalan ke luar negeri..

Ya... Yang penting ulet dan tekun aja..
profile-picture
profile-picture
bijingondoy dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
06-10-2020 19:40
Hidup kompetitif itu menggairahkan emoticon-Cool
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Karyawan Kontrak Seumur Hidup! Siapa Yang Mau?
06-10-2020 19:49
untuk sementara berita covid bakal tersaingi oleh berita demo buruh lanjut karni ilyas yang bakal bahas ini di ilc nya

kalau ane nonton aja gimana endingnya, yang mau demo, demolah dengan tertib jangan anarkis dan terprovokasi pihak pihak yang gak bertanggungjawab.
Dan ingat pandemi belum berakhir, jangan sampai karena ikut demo bawa oleh oleh covid 19 buat keluarga dirumah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia