others
Batal
link has been copied
9883
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f751457349d0f43bc5cf268/cocreg-semarang-roti-unik-dari-semarang-ya-roti-ganjel-rel
Berbicara mengenai kota Semarang, emang nggak ada habisnya, mulai dari tempat wisata dan juga kuliner yang begitu banyak jumlahnya. Ada Bandeng Presto, lunpia, wingko babat, tahu gimbal pokoknya banyak deh dan tidak lupa roti legendaris yaitu
Lapor Hansip
01-10-2020 06:27

[COC_Reg. Semarang] Roti Unik dari Semarang, Ya Roti Ganjel Rel!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
[COC_Reg. Semarang] Roti Unik dari Semarang, Ya Roti Ganjel Rel!


Berbicara mengenai kota Semarang, emang nggak ada habisnya, mulai dari tempat wisata dan juga kuliner yang begitu banyak jumlahnya. Ada Bandeng Presto, lunpia, wingko babat, tahu gimbal pokoknya banyak deh dan tidak lupa roti legendaris yaitu

Roti Ganjel Rel


Kali ini Ane ingin ngebahas Roti Ganjel Rel aja Gan Sis, mungkin juga ada yang baru denger roti jenis ini.
Wah unik banget ya namanya, kue khas dari Semarang ini. Ganjel Rel, kebayang nggak, seperti apa bentuknya.
Apakah Agan Sista pernah mendengar roti ganjel rel? Atau mungkin pernah menikmati roti Ganjel rel, apa yang ada di benak Gan Sis semuanya? Seperti apa sih ciri-cirinya, apakah bener seperti Ganjel Rel? Nggak usah bingung, apalagi ngebayangin rel kereta api, apalagi ngebayangin kerasnya roti ini, bukankah ganjel rel kereta api itu keras? Penasaran-penasaran, model apa sih rotinya?

[COC_Reg. Semarang] Roti Unik dari Semarang, Ya Roti Ganjel Rel!


Okey deh langsung aja cap cus kalau penasaran dengan oleh-oleh dari Semarang ini. Bagi warga Semarang, Roti Ganjel Rel atau lebih populer sebagai Roti Gambang mungkin tidak asing lagi. Tapi bagi warga pendatang atau para turis itu pastilah bertanya-tanya. Ganjel Rel, asing banget di telinga.

[COC_Reg. Semarang] Roti Unik dari Semarang, Ya Roti Ganjel Rel!


Mengapa disebut Ganjel Rel? Ya itu tadi Gan Sis, karena warnanya yang kecokelatan dengan taburan wijen diatasnya memang membuat tampilan roti ini mirip seperti balok pengganjel rel kereta api. Makanya roti ini di sebut Roti Ganjel Rel. Nah pada tahu sekarang kenapa roti ini disebut Ganjel rel. Dari bentulnya udah mirip ganjel rel kereta api Gan Sis, ada yang penasaran nggak nih pingin ngerasain gimana rasanya?

Ya...jalan-jalan aja ke Semarang, pergi ke Pasar Johar, ubek-ubek deh di situ sekalian shopping-shopping, jangan hanya ke Mall aja shopping nya. Karena cukup susah juga sih untuk mendapatkan roti Ganjel Rel, tapi di pasar Johar masih ada kok yang jual Roti Ganjel Rel ini.
Di pusat oleh-oleh biasanya juga masih ada, dengan inovasi yang baru lagi tentunya.

[COC_Reg. Semarang] Roti Unik dari Semarang, Ya Roti Ganjel Rel!


Roti Ganjel Rel emang berwarna coklat, akan tetapi roti ini tidak terbuat dari bahan dasar cokelat yang dominan Gan Sis, tapi karena mengandung unsur gula merah dan kayu manis yang merupakan bahan pembuatnya. Bagaimana membayangkan aroma gula merah dicampur kayu manis, hmmm kalau baru mateng tentu mengobrak-abrik indera penciuman juga dong. Memang roti Ganjel Rel ini tidak seperti roti jenis lainnya yang bertekstur lembut dan halus, kalau roti Ganjel Rel ini cenderung bertekstur kasar dan bikin seret saat dimakan. Tapi anehnya Ane justru suka banget dengan roti ini, apalagi kalau pas lagi lapar, mungkin namanya jadi ganti, bukan roti Ganjel Rel, tapi roti Ganjel perut hehehehe, karena perutnya kenyang dengan roti ini.
Lumayan misalnya dalam perjalanan pulang dari Semarang lagi laper nggak sempat mampir di warung makan, atau pas lagi males turun dari mobil, atau pas keburu, kalau udah beli roti ini, beneran lumayan bisa ganjel perut, sediain juga air mineral kenyang dah, hehehehe.

[COC_Reg. Semarang] Roti Unik dari Semarang, Ya Roti Ganjel Rel!


Jangan lupa untuk nyediain kopi atau teh hangat, ketika makan roti ini pokoknya ketika kumpul-kumpul bareng keluarga, menikmati Roti Ganjel Rel ini cocok banget deh. Harga dari roti ini juga nggak mahal kok standar saja menurut Ane ada yang 7k, 10k tergantung ukurannya sih.

[COC_Reg. Semarang] Roti Unik dari Semarang, Ya Roti Ganjel Rel!


Quote:Roti ganjel rel atau roti gambang adalah roti khas Semarang. Meskipun termasuk makanan khas Semarang, roti ini jarang ditemui dan harus blusukan ke pasar tradisional, seperti Pasar Johar. Dengan terbakarnya Pasar Johar, roti ini semakin jarang ditemui. Wikipedia


[COC_Reg. Semarang] Roti Unik dari Semarang, Ya Roti Ganjel Rel!


Gimana Gan Sis udah nggak penasaran lagi 'kan dengan roti Ganjel Rel? Kalau penasaran datang aja ke Semarang untuk beli roti ini, apalagi pas lapar belum ketemu nasi, bisa jadi Roti Ganjel Perut deh, lumayan buat ngatasi kelaparan, hehehe.

Okey deh Gan Sis, itulah salah satu kue tradisional dari Semarang. Roti Ganjel Rel. Sekali makan Roti ini akan terkenang sepanjang masa, cie ...


Quote:ada kok toko khususnya, simpang lima semarang ambil arah purwodadi, sebelum jembatabn TI kiri jalan.
@bothokp


Quote:Gambang roti kesukaan gw...... Walau textur kasar dan bikin seret 
Jangan macem2 sama gambang..... Ini roti pernah masuk daftar 50 roti terbaik di dunia (versi Cnn 2019)
@cedric.diggory




Opini pribadi
Sumber gambar, referensi
ini
ini
Diubah oleh trifatoyah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 54 lainnya memberi reputasi
49
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
[COC_Reg. Semarang] Roti Unik dari Semarang, Ya Roti Ganjel Rel!
01-10-2020 06:28
Roti ganjel rel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
[COC_Reg. Semarang] Roti Unik dari Semarang, Ya Roti Ganjel Rel!
01-10-2020 06:28
Yang unik dari Semarang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC_Reg. Semarang] Roti Unik dari Semarang, Ya Roti Ganjel Rel!
01-10-2020 06:31
Lucu namanya bund 😀
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
[COC_Reg. Semarang] Roti Unik dari Semarang, Ya Roti Ganjel Rel!
01-10-2020 07:31
Bikin lapar, lihat thread ini pagi-pagi
Hurt?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
[COC_Reg. Semarang] Roti Unik dari Semarang, Ya Roti Ganjel Rel!
01-10-2020 07:51
Kalo di tempat aku namanya roti Gambang nih. Rasa kayu manisnya terasa bgt. Cocok buat temen ngeteh atau ngopi. Tp ga terlalu byk yg jual sih sekarang, untungnya di swalayan ada iadi kalo kangen bisa beli. Mmmmmm.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 36 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 36 balasan
[COC_Reg. Semarang] Roti Unik dari Semarang, Ya Roti Ganjel Rel!
01-10-2020 07:59
Roti Gambang emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cintabening dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC_Reg. Semarang] Roti Unik dari Semarang, Ya Roti Ganjel Rel!
01-10-2020 08:10
Ane masih penasaran, pen ngerasain makan ganjel rel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[COC_Reg. Semarang] Roti Unik dari Semarang, Ya Roti Ganjel Rel!
01-10-2020 08:20
Quote:Original Posted By trifatoyah
Beli aja di Semarang hehehe,


Jauhnyaaaaaaaaaaaaaa........
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC_Reg. Semarang] Roti Unik dari Semarang, Ya Roti Ganjel Rel!
01-10-2020 08:20
Quote:Original Posted By Rainbow555
Di tempat agan ga adakah


Nggak ada sist, baru ini denger ada roti ganjel rel atau roti gambang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
[COC_Reg. Semarang] Roti Unik dari Semarang, Ya Roti Ganjel Rel!
01-10-2020 08:22
Another odading...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC_Reg. Semarang] Roti Unik dari Semarang, Ya Roti Ganjel Rel!
01-10-2020 08:49
Quote:Original Posted By Rainbow555
Agan daerah mana


Wonogiri sist, di kaki gunung gandhul
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[COC_Reg. Semarang] Roti Unik dari Semarang, Ya Roti Ganjel Rel!
01-10-2020 08:53
bsk aku mau mbuat roti dongkrak tank
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC_Reg. Semarang] Roti Unik dari Semarang, Ya Roti Ganjel Rel!
01-10-2020 09:11
Quote:Original Posted By trifatoyah
Dari aku lewat tol 2 jam aja


Hampir sama ya dari tempat ane, sektar dua jam-an juga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC_Reg. Semarang] Roti Unik dari Semarang, Ya Roti Ganjel Rel!
01-10-2020 09:18
Quote:Original Posted By trifatoyah
Yo berarti deket lah cuma dua jam, diagendakan kalau Corona udah berlalu 😀


Hu-um sist, nanti kalau pulkam nyempetin singgah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[COC_Reg. Semarang] Roti Unik dari Semarang, Ya Roti Ganjel Rel!
01-10-2020 09:29
Ane di Semarang 4 tahun gan, baru tau ada roti buat ganjel rel kereta
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
[COC_Reg. Semarang] Roti Unik dari Semarang, Ya Roti Ganjel Rel!
01-10-2020 09:43
apa uniknya, ini dah saya makan dr kecil, kue kukus telur di kasih gula aren aja
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
[COC_Reg. Semarang] Roti Unik dari Semarang, Ya Roti Ganjel Rel!
01-10-2020 09:46
Wah dulu waktu kecil sering dibeliin eyang ni kalau pulang dari pasar dargo. Sekarang rada susah ya carinya kayanya.
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC_Reg. Semarang] Roti Unik dari Semarang, Ya Roti Ganjel Rel!
01-10-2020 09:49
namanya lucu...bikin lapar juga😂
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
[COC_Reg. Semarang] Roti Unik dari Semarang, Ya Roti Ganjel Rel!
01-10-2020 09:55
enak gann, kalo di tangerang ada jga yang jual beginiana cuman beda nama
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC_Reg. Semarang] Roti Unik dari Semarang, Ya Roti Ganjel Rel!
01-10-2020 10:13
Jadi pengen nyobaaa
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia