News
Batal
KATEGORI
link has been copied
365
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f74b5fd68cc9543124463ee/dianggap-sarkas-soal-wawancara-bangku-kosong-menkes-terawan-najwa-shihab-buka-suara
Dituding melakukan tindakan sarkasme dan melakukan wawancara imajiner. Najwa Shihab langsung angkat bicara dan menegaskan apa yang telah dilakukan. Menurutnya treatment menghadirkan bangku kosong, adalah hal yang wajar, terlebih di negara demokrasi seperti yang berlaku di Tanah Air.
Lapor Hansip
30-09-2020 23:44

Dianggap Sarkas soal Wawancara Bangku Kosong Menkes Terawan, Najwa Shihab Buka Suara

Past Hot Thread
Dianggap Sarkas soal Wawancara Bangku Kosong Menkes Terawan, Najwa Shihab Buka Suara

 | 30 September 2020 | 
Dianggap Sarkas soal Wawancara Bangku Kosong Menkes Terawan, Najwa Shihab Buka Suara

Jurnalis sekaligus presenter Najwa Shihab (Sumber: Instagram/najwashihab


JAKARTA, KOMPAS.TV - Mata Najwa baru-baru menjadi perbincangan lantaran mewawancara kursi kosong di acaranya. Wawancara imajiner yang terjadi, sejatinya mengundang Menkes Terawan, namun sang menteri berhalangan hadir.


Dituding melakukan tindakan sarkasme dan melakukan wawancara imajiner. Najwa Shihab langsung angkat bicara dan menegaskan apa yang telah dilakukan. 


Menurutnya treatment menghadirkan bangku kosong, adalah hal yang wajar, terlebih di negara demokrasi seperti yang berlaku di Tanah Air.



"Sejujurnya, ini bukan ide yang baru2 amat. Di negara dgn tradisi demokrasi dan debat yang lebih panjang dan kuat, misalnya Inggris atau Amerika, menghadirkan bangku kosong yang mestinya diisi pejabat publik sudah biasa," ujarnya melalui akun Instagramnya pada Selasa (29/9/2020), 


"Treatment ini juga berbeda dengan format wawancara imajiner," ujarnya.


"Pertama, pada dasarnya saya tidak sedang melakukan wawancara, saya hanya sedang mengajukan pertanyaan, Pertanyaan kan, tidak harus diajukan secara tatap muka. Bisa dilakukan secara jarak jauh dengan perantara macam-macam medium,"



"Ini juga tidak imajiner karena (a) pertanyaan yang saya ajukan memang bukan imajiner dan saya juga tidak mengarang atau membuatkan jawaban2 fiktif seolah-olah saya sudah berdialog dengan Pak Terawan."


"(b) Pak Terawan juga sosok yang eksis dan hidup, sehingga Pak Terawan bisa menjawabnya kapan saja, bahkan sejujurnya boleh menjawabnya di mana saja," terangnya.


"Sebagai pengampu Mata Najwa, tentu saya berharap ia bersedia hadir di program saya."


"Namun, sebagai bagian dari komunitas pers lebih luas dan juga seorang warga negara, saya sudah cukup senang jika Pak Menteri menjawab kegelisahan publik walau itu tidak dilakukan di #MataNajwa,"


"Sebab kerja-kerja mengawasi proses politik dan pengambilan kebijakan adalah tugas bersama, dan saya percaya @Narasi.tv tidak sendirian melakukannya," ujarnya.


Ya, Najwa Shihab bahkan telah memikirkan berbagai resiko atas tindakannya melayangkan undangan secara terbuka itu.


"Saya memikirkan dengan cukup masak saat menghadirkan bangku kosong ini, termasuk risiko dituduh melakukan persekusi atau bullying."


"Saya berkeyakinan, elite pejabat, apalagi eksekutif tertinggi setelah presiden, bukanlah pihak yang less power -- aspek penting yang menjadi prasyarat sebuah tindakan bisa disebut persekusi atau bullying. Sulit menganggap pejabat elite adalah pihak yang lemah," jelasnya.


Editor : Ade Indra Kusuma  

© 2020 KOMPASTV. A Subsidiary of KG Media.


Versi aslinya,

https://www.kompas.tv/article/112382...suara?page=all
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DuaLapanSatu dan 32 lainnya memberi reputasi
31
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 8
Dianggap Sarkas soal Wawancara Bangku Kosong Menkes Terawan, Najwa Shihab Buka Suara
30-09-2020 23:47
Kepikiran juga kan

Makanya jangan lupa posisi, anda itu juga publik figur bersikaplah yang bijak walau lawan membuat anda kecewa
Diubah oleh pakulidi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
meowzie dan 26 lainnya memberi reputasi
8 19
-11
Lihat 33 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 33 balasan
Dianggap Sarkas soal Wawancara Bangku Kosong Menkes Terawan, Najwa Shihab Buka Suara
30-09-2020 23:48
Kepingin juga lihat negara mana yang sudah seperti itu , ingin baca juga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ogeess dan 11 lainnya memberi reputasi
2 10
-8
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Dianggap Sarkas soal Wawancara Bangku Kosong Menkes Terawan, Najwa Shihab Buka Suara
30-09-2020 23:48
Resiko jurnalis emoticon-Big Grin ati ati ah takut ada tukang nasgor lewat emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
meowzie dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Dianggap Sarkas soal Wawancara Bangku Kosong Menkes Terawan, Najwa Shihab Buka Suara
30-09-2020 23:51
Oh Amerika...
Ini masih Indonesia kan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sastram dan 10 lainnya memberi reputasi
2 9
-7
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Dianggap Sarkas soal Wawancara Bangku Kosong Menkes Terawan, Najwa Shihab Buka Suara
01-10-2020 00:03
jgn takut mbak nana...
masyarakat luas mendukung aksi anda.

terawan skrg sedang kebingungan dan malu, makanya menggiring opini agar og menuduh mbak nana sedang bullying.

dulu si terawan itu malah sering memberikan jawaban ngaco utk rakyat yg sangat ketakutan thdp virus kofit

skrg kena ajab jadi mentri paling menjijikkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adrianfuzagame dan 49 lainnya memberi reputasi
49 1
48
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Dianggap Sarkas soal Wawancara Bangku Kosong Menkes Terawan, Najwa Shihab Buka Suara
01-10-2020 00:04
wew.. keberanian anda patut di acungi ...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Dianggap Sarkas soal Wawancara Bangku Kosong Menkes Terawan, Najwa Shihab Buka Suara
01-10-2020 00:05
"Sejujurnya, ini bukan ide yang baru2 amat. Di negara dgn tradisi demokrasi dan debat yang lebih panjang dan kuat, misalnya Inggris atau Amerika, menghadirkan bangku kosong yang mestinya diisi pejabat publik sudah biasa," ujarnya melalui akun Instagramnya pada Selasa (29/9/2020),

Mana buktinya ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bd0l dan 25 lainnya memberi reputasi
3 23
-20
Lihat 25 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 25 balasan
Dianggap Sarkas soal Wawancara Bangku Kosong Menkes Terawan, Najwa Shihab Buka Suara
01-10-2020 00:07
ASLIi makin mirip sampah nih acara mata najwa ????

ngga dapet info, narsum kok malah main dagelan wawancara kursi kosong ???

pantesan dilepas sama metrotv nih, formatnya lama2 kaya OVJ
emoticon-DP

jurnalisme taik kekinian ini ga dapet narsum ngambek

ga sekalian aja ganti nama jadi mata parto

asli ga mutu TVnya Chairul Taiknjung emoticon-Betty emoticon-Tai emoticon-Tai


Diubah oleh fightclub2020
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DuaLapanSatu dan 65 lainnya memberi reputasi
13 53
-40
Lihat 25 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 25 balasan
Dianggap Sarkas soal Wawancara Bangku Kosong Menkes Terawan, Najwa Shihab Buka Suara
01-10-2020 00:11
Sudah biasa acara format bangku kosong..

Tak perlu playing victim, ga mau datang jg gpp, datang jg gpp, merasa tidak diundang jg gpp.

Nyelipin mata najwa ah versi Bu Susi ga bs datang, sudah ga jadi menteri.

Diubah oleh lupis.manis.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ogeess dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Dianggap Sarkas soal Wawancara Bangku Kosong Menkes Terawan, Najwa Shihab Buka Suara
01-10-2020 00:25
terlepas kasar jg gayanya..

tapi dari awal najwa udah tau gak bakalan wawancara terawan..
najwa emang.. smart salut...

emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Dianggap Sarkas soal Wawancara Bangku Kosong Menkes Terawan, Najwa Shihab Buka Suara
01-10-2020 00:26
Hormati hak lah
Emang harus bisa di jam dan tanggal sekian?
Bukan acara resmi kenegaraan juga kan....
Toh udah kirim utusan juga
Soal teknis dirjen juga gak kalah menguasai
Kalau soal kebijakan... Di situasi yg sekarang ini
Sangat kompleks!
Terus ente mau ngebully?
Nyalah2in?
Kalau gk setuju kebijakan
Mending hadirkan dua kubu yg pro dan kontra
Lebih pas
Gak ada kebijakan yg bisa memuaskan semua pihak di situasi covid-19 skrg ini
Diubah oleh xrm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
noekoe19 dan 19 lainnya memberi reputasi
12 8
4
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Dianggap Sarkas soal Wawancara Bangku Kosong Menkes Terawan, Najwa Shihab Buka Suara
01-10-2020 00:37
Nasibmu Ibu Pertiwi,
Semenjak reformasi makin lama makin semakin ngenes.
Pilihan pemilu kalau bukan kadrun yg berpotensi bakal ngejadiin negara ini kyk Suriah, Somalia, Sudan, dll
ya cebong yg gak bisa apa2 selain planga plongo dan menggunakan jasa buzzer utk mendongkrak citranya yg di-backingi oleh partai mafia pdipret.

Bagaikan milih antara diterkam singa atau diterkam buaya.
Sama2 gak beres.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 15 lainnya memberi reputasi
15 1
14
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Dianggap Sarkas soal Wawancara Bangku Kosong Menkes Terawan, Najwa Shihab Buka Suara
01-10-2020 00:56
Klarifikasinya kok nambahi bingung.
Jadi maksudnya kursi 'kosong' Terawan itu sudah diskenario terlebih dahulu?
Seolah-olah menghadirkan seseorang padahal cuma ingin melakukan monolog. Merangkai pertanyaan dan pernyataan pada pihak tertentu yang sebenarnya tidak berada dalam setting yang sama.

Model seperti itu belum waktunya diberlakukan di sini. Kemampuan bernarasi masyarakat kita bahkan 'penggemar' Najwa pun belum sampai ke titik itu. Ujungnya adalah serapah dan stigmatisasi pada pihak yang dilambangkan oleh 'kursi kosong' itu.
Diubah oleh sant1908
profile-picture
profile-picture
profile-picture
majorminor666 dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Dianggap Sarkas soal Wawancara Bangku Kosong Menkes Terawan, Najwa Shihab Buka Suara
01-10-2020 01:19
yang pasti gw dukung terawan buat ga jawab si najwa,karena congornya si terawan itu bocor parah cok.....tambelan pun ga ada guna...itu terawan udah layaknya diganti pokoknya....menteri macam apa yang kalau ngomong blundernya setiap saat..kan gila...emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kamikaze118 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Dianggap Sarkas soal Wawancara Bangku Kosong Menkes Terawan, Najwa Shihab Buka Suara
01-10-2020 01:31
Lucu, org gak mau dtg malah ber-monolog,,,
Gw tahu mata dajjal pengen naikin rate, tapi gak gini juga kali caranya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
noekoe19 dan 9 lainnya memberi reputasi
3 7
-4
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Dianggap Sarkas soal Wawancara Bangku Kosong Menkes Terawan, Najwa Shihab Buka Suara
01-10-2020 01:38
lagian ngapain sih punya ide gini malah dipermasalahkan... heran gw Ama para bazzer APBN yg nongkrong di mari... pake dianggap bullying segala... kalo gak mau Dateng terus disindir pake wawancara kursi kosong ya itu ide kreatif gak usah dibatasin... salah sendiri jadi pejabat kok gak becus... kalo gak becus jadi pejabat ya mundur... jangan nyalahin wartawan atwpun jurnalis kritis kaya najwa. itu sudah standar di negara manapun


sampe bayar ahli psikolog abal2 da buzzer2 dengan pasal bullying... makin sinting aja nih lembaga negara

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Nevareth dan 22 lainnya memberi reputasi
23 0
23
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Dianggap Sarkas soal Wawancara Bangku Kosong Menkes Terawan, Najwa Shihab Buka Suara
01-10-2020 01:58
tanya aja ke jurnalis asli & dosen ilmu jurnalistik apa tindakan itu etis atau nggak. yang saya baca dari komentar2 mereka, itu nggak etis & tunjukkan nana harus belajar lagi soal dasar2 jurnalistik. dia kan SH, nalurinya menuntut & menghakimi, beda dengan prinsip jurnalistik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 11 lainnya memberi reputasi
10 2
8
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 20 balasan
Dianggap Sarkas soal Wawancara Bangku Kosong Menkes Terawan, Najwa Shihab Buka Suara
01-10-2020 01:59
Gw support mbak Nana
Maju terus mbak jangan takut untuk memberikan kebenaran dan fakta, mereka2 yg kontra itu kebanyakan penjilat mbak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Dianggap Sarkas soal Wawancara Bangku Kosong Menkes Terawan, Najwa Shihab Buka Suara
01-10-2020 02:11
dah mulai gerak nih..emoticon-Big Grin
semoga mbak najwa tetep diberikan keselamatan dan kesabaran
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kamikaze118 dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Dianggap Sarkas soal Wawancara Bangku Kosong Menkes Terawan, Najwa Shihab Buka Suara
01-10-2020 02:14
klo mau tinggal jawab aja
kn bebas tuh mau jawab dimana aja
dan itu pertanyaan masyarakat loh terutama para nakes (dokter, perawat, bidan dll)
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kamikaze118 dan 12 lainnya memberi reputasi
12 1
11
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia