Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
189
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f7345604601cf0c80737181/sejarah-dibalik-bus-sahabat-yang-terkadang-tidak-bersahabat
Sudah lama TS tidak membahas sejarah suatu PO bus, pada kesempatan kali ini ane mau membahas bus legend dari Kota Udang. Nama busnya adalah Sahabat, bus ini biasanya melayani trayek dari Cirebon menuju Jakarta.
Lapor Hansip
29-09-2020 21:32

Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Sudah lama TS tidak membahas sejarah suatu PO bus, pada kesempatan kali ini ane mau membahas bus legend dari Kota Udang. Nama busnya adalah Sahabat,bus ini biasanya melayani trayek dari Cirebon menuju Jakarta.

Pada awalnya bus ini didirikan oleh Bapak Ade Wiyana di Cirebon pada awal 1970 (cmiiw). Dari beberapa sumber tidak disebutkan pasti kapan tahun berdirinya, tapi kemungkinan bus ini mulai beroperasi diawal 1970.

Awalnya bus ini bernama Pedoman, kemudian namanya berganti menjadi Kesatuan. Bus satu ini dilihat dari sejarahnya sering berganti nama, setelah memakai nama Kesatuan, terjadi perpecahan dalam manajemen. Sehingga melahirkan PO baru dengan nama Sahabat. Selain itu muncul juga PO Bhineka dari perpecahan tersebut.


Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'

Dalam kenangan bus Mitsubishi BM milik PO Sahabat.

Sumber Ilustrasi Foto


Dari beberapa sumber di internet menyebutkan bahwa PO Bhineka Sangkuriang masih ada hubungan keluarga dengan pemilik PO Sahabat, namun mereka menjalankan usahanya sendiri dengan manajemen yang berbeda.

Awalnya Sahabat melayani trayek dari Cirebon-Kuningan-Jakarta, kemudian pada tahun 1970 mereka juga membuka trayek menuju Merak. Selain itu mereka juga melayani trayek dari Cirebon menuju daerah Jogja dan Jawa Tengah (Purworejo, Semarang, Solo.)

Pada masanya, mereka juga memiliki armada bus Patas dengan trayek Bandung-Semarang. Sepertinya trayek ini sudah tidak beroperasi gan sist (cmiiw), yang sering TS lihat adalah bus kelas ekonomi mereka yang melayani trayek Semarang-Cirebon PP.


Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'

Sumber Foto Ilustrasi


Pada masa kejayaan transportasi bus, Sahabat juga mencoba peruntungan dengan membuka trayek menuju pulau Sumatera. Mengisi trayek dari Pati sampai Pekanbaru, trayek ke Sumatera ini sudah tidak beroperasi lagi. Berikut ini beberapa trayek yang pernah dilayani:

●Pati-Kudus-Semarang-Bandung-Jakarta-Lampung-Jambi-Palembang-Pekanbaru.

●Bandung-Cirebon-Tegal-Pemalang-Pekalongan-Batang-Semarang.

●Bandung-Cirebon-Semarang-Salatiga-Nguter-Solo-Wonogiri.

●Jakarta-Cirebon.

●Merak-Cirebon.

●Merak-Kuningan via Cilimus dan Sindang Laut.

●Bandung-Cirebon-Purwokerto-Gombong-Kebumen-Jogja.


Kebanyakan trayek sudah off, yang masih aktif adalah trayek Cirebon-Kuningan-Jakarta, Cirebon Merak, serta Semarang-Cirebon (cmiiw). Untuk bus AKAP Ekonomi dulu masih non AC, tapi sekarang kelas Ekonomi sudah mulai beralih ke AC.

Untuk garasi utama ada di Cirebon didaerah Plered, berisi bus yang digunakan untuk rute AKAP dan Pariwisata. Selain itu mereka juga punya garasi di Bekasi (Cibitung), disini berisi bus yang digunakan untuk keperluan antar jemput karyawan.

Sedangkan dua garasi lain ada di Cikopo serta Soreang berisi unit bus Pariwisata, bus Priwisatanya bernama Sahabat Kita. Sesuai aturan pemerintah, PO bus ini juga sudah memiliki badan hukum dan sudah berada dibawah naungan PT Sahabat Prima Abadi.


Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'

Kelas Ekonomi PO Sahabat.

Sumber Ilustrasi Foto


Untuk livery busnya identik dengan warna abu-abu, putih dengan striping warna biru, pada masanya bus ini memakai berbagai jenis chasis bus. Mulai dari Mercedes Benz 1518 (King), Mercedes Benz 1521 (Kuler Jahat), Hino sampai Mitsubishi. Tapi saat ini mereka lebih banyak memakai bus bermesin Hino.

Untuk karoseri yang dipakai mulai dari karoseri Trijaya Union, Laksana serta Adiputro. Untuk saat ini mereka kebanyakan memakai body bus buatan karoseri Laksana dan Adiputro untuk bus AKAP dan Pariwisatanya.




Sahabat yang Terkadang Tidak Bersahabat


Bukan tanpa alasan TS memberi judul tersebut pada thread ini, jika kalian search nama PO Sahabat di google maka hasil yang muncul justru berita negatif. Salah satunya adalah penumpang yang sering dioper ke bus lain ditengah perjalanan, hal ini banyak ditulis dibeberapa media.

Dulu ada agan yang membuat thread tentang pengalaman buruk naik bus ini di Kaskus juga, mungkin agan TS-nya ada disini ? Ini dia threadnya, bisa baca disini, tinggal klik.

Bukan bermaksud menjelekan bus asal Cirebon gan sist, berdasar dari pengalaman teman TS juga. Sebenarnya bus asli Cirebon itu banyak yang suka mengoper penumpang ke bus lain ditengah jalan, termasuk bus Sahabat ini. Sehingga para penumpang gak sampai tujuan, pasti dongkol kan kalau kita naik bus harus dioper-oper gitu ? (Lah kayak main bola aja, padahal kita lagi naik bus emoticon-Hammer (S))


Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'

PO Sahabat dengan baju Discovery dari Laksana.

Sumber Ilustrasi Foto


Kejadian oper-mengoper penumpang ini biasanya terjadi dibus yang hendak menuju Cirebon atau Semarang atau arah Jakarta dan sebaliknya, kadang penumpang pun diturunkan ditengah jalan atau dioper ke bus lain. Selain suka oper penumpang, bus Cirebonan juga dikenal dengan kecepatannya.

Hal ini yang menyebabkan citra bus Sahabat ini jelek dimata masyarakat, selain itu meski sudah berbentuk PT. Untuk bus AKAP-nya kebanyakan masih mengadopsi sistem setoran, dimana krunya dituntut bisa mendapat penghasilan yang banyak.

Dilansir dari detik.com (26/05/2016), ada juga seseorang yang naik PO Sahabat dari Cirebon. Sesampainya Cikampek, orang tersebut bersama seluruh penumpang dalam bus Sahabat dioper ke bus Setia Negara yang dalam kondisi penuh. Untuk versi lengkapnya gan sist bisa baca disini.


Semoga ada pembenahan dari pihak manejemen PO, karena dijalur tersebut kini sudah masuk bus asal Jawa Timur yaitu Sugeng Rahayu dengan kelas Patas. Dengan trayek Surabaya-Madiun-Solo-Semarang-Cirebon-Kuningan.

Bukan tidak mungkin kedepannya eksistensi Sahabat dijalur Semarang-Cirebon akan segera menghilang jika tak ada pembenahan, padahal jalur ini tergolong gemuk. Tapi penumpangnya tidak mendapat pelayanan maksimal.


Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'

Sumber Ilustrasi Foto


Jika bus ekonomi mereka bermasalah, maka divisi Pariwisatanya justru kelihatan lebih baik dengan terus menghadirkan bus dengan body baru seperti Jetbus atau SR2.

Untuk livery bus Pariwisata mereka kini identik dengan warna putih strip hijau serta warna biru, sementara bus AKAP-nya kini identik dengan warna hijau daun. Meski kini mereka sudah mulai membenahi armadanya dengan body baru, kedepannya manajemen juga diharapkan terus memberikan inovasi baru untuk bus AKAP-nya. Agar kejadian oper-mengoper tidak akan terjadi lagi.


Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'

PO sahabat dengan baju SR2, Kuningan-Jakarta.

Sumber Ilustrasi Foto


Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'

PO Sahabat Pariwisata, Hino RK 8 dengan baju Jetbus 3+ dari Adiputro.


Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'

Pariwisata PO Sahabat, Hino RK 8 dengan baju Legacy SR 1 buatan Laksana.

Sumber Ilustrasi Foto


Sebagai salah satu bus legend dari Kota Udang, sudah seharusnya Sahabat terus memperbaiki layanan dan armadanya agar tetap terus bertahan dijalurnya. Semoga PO satu ini bisa lebih baik lagi kedepannya, terutama dilayanan kepada penumpang.

Gan sist ada pengalaman seru, lucu atau bahkan menyebalkan dengan bus ini. Silakan nanti ikut berkomentar dibawah, sekian dulu ulasan dari TS, semoga bisa menambah wawasan baru buat kita semua. Sampai jumpa lagi dan tetap enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer


Referensi: 1.2.3.4.5
Ilustrasi: google image
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rieruphie dan 32 lainnya memberi reputasi
33
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'
29-09-2020 21:32
Shabat yang kadang tidak bersahabat emoticon-Sorry

Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'


Komentar para juragan emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Ternyata banyak yang punya pengalaman seru, lucu sampai tidak mengenakan dengan Sahabat kita ini emoticon-Ngakak

Terimakasih sudah berbagi disini emoticon-Nyepi


Quote:Original Posted By ayhix
bdg-smg dturunin di tegal, gw tampolin kenekny,, dpisahin n dtolongin ma preman trmnal,, thx mr preman 🤗


Quote:Original Posted By pannotia.server
Oper oper penumpang sih biasanya dilakukan oleh supir yang malas. Mau enaknya aja... eehhh bdw itu setia negara coba di ulas, kan ada si mr gaplex sang idola disanaemoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By jlamp
Pool nya dulu Deket empal gentong enak Om di Plered.

Tapi emang bus Cirebonan image nya buruk, oper di jalanan, banyak pengaman, asongan maksa, tarif seenaknya.. kalo pulkam ane lebih suka naik kereta cirex atau bawa mobil sendiri.


Quote:Original Posted By indrag057
sering ngalamin sih naik bus dioper oper gitu di era '90an. dan rasanya emang dongkol banget. apalagi kalau bawa bawaan banyak


Quote:Original Posted By dieq41
Dulu pernah naik sekali nih pas mau balik ke jkt, tp naiknya jurusan cirebon - merak


Quote:Original Posted By jagotorpedo
dulu waktu masi rame Cerbon-Bandung, pernah ada kejadian konyol...

kehabisan solar di daerah Tomo...emoticon-Ngakak
..nongkrong lama dah..emoticon-Cape d...


Quote:Original Posted By coens1982
kalau bicara sahabat ane jadi teringat alm mertua yang kerja di sahabat dari mulai di pool soreang sampai terakhir di pool plered. terakhir ane ke pool plered waktu ngurus uang pensiun dan bpjs, kondisinya udah lumayan tertata busnya lumayan banyak yang baru terutama untuk bus pariwisata


Quote:Original Posted By Henahito
Gilakk bus taun berapa nih gan 😂


Quote:Original Posted By orgbekasi67
Ane nggak pernah engeh ada armada ini deh


Quote:Original Posted By vigojinggo
bus besar UHD sekalian aja dipakai khusus buat patas AKAP , kalau kelas ekonomi AKAP busnya SHD tarif biasa pasti males sopirnya


Quote:Original Posted By vixitev
Sudah sangat lama tidak naik bis gan, dan untuk sahabat belum pernah naik. Saat ini kota menjadi tempat yang cukup tidak nyaman dengan kondisi saat ini. Jadi kembali ke desa saja dengan baik.


Quote:Original Posted By sukhhoi
Sahabat kalo yang ke Kuningan hidup segan mati gak mau gan!

Orang-orang lebih pilih anak, cucu, keponakan, kakek, nenek, paman & bibi Luragung jaya


Quote:Original Posted By madezero
Waktu kecil sering naik bus ini dari Terminal Kalideres ke Rajagaluh, soalnya Nenek tinggal di Leuwimunding. Klo sekarang lebih suka naik kereta dari Gambir ke Cirebon trus lanjut naik elef ke Rajagaluh, soalnya bisa jalan2 dulu di Cirebon.


Quote:Original Posted By mingkki
Pernah naik sekali, langsung ga pengen lagi


Quote:Original Posted By ridwanhabibilah
pantesan primajasa mulai masuk Kuningan
siap siap deh .....
secara manajemen bus ( juragan) tasik rata rata lebih baik terutama Budiman dan primajasa


Quote:Original Posted By christyas1994
Baca thread ginian tu jadi kangen naik bissss tapi corona bikin ane takut ey


Quote:Original Posted By vigojinggo
kasih strobo banyak kalo bus itu gede UHD , orang pikir udah kayak dugeman berjalan aja lihat bus gede lampunya warna warni kelap kelip


Quote:Original Posted By langkasenenge
Dulu sprinter juga ni bre.. cuma kayaknya sekarang udah rada santun emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By TuanLi
hahaha Sahabat yang ini sering ngajak berantem, makanya tidak punya penggemar fanatik kaya Luragung Group. secara umum dianggap masuk jajaran angkot pantura sajah.


Quote:Original Posted By Ahong79
bus Sahabat, kadang ga bersahabat emoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By yugeel
baru tau ane mengenai bus sahabat yang tidak bersahabat dan kudu bersabar selama perjalanan sampai tujuan hehehe


Quote:Original Posted By langkasenenge
Dulu sprinter juga ni bre.. cuma kayaknya sekarang udah rada santun emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By TuanLi
hahaha Sahabat yang ini sering ngajak berantem, makanya tidak punya penggemar fanatik kaya Luragung Group. secara umum dianggap masuk jajaran angkot pantura sajah.


Quote:Original Posted By yugeel
baru tau ane mengenai bus sahabat yang tidak bersahabat dan kudu bersabar selama perjalanan sampai tujuan hehehe


Quote:Original Posted By MirrorBoy
Yg bumel isinya copet thok bro emoticon-Wakaka
Kmrn sempat lihat sahabat punya OSOOR
Apa itu cm beli merk dagang aja? emoticon-Bingung (S)
Entahlah emoticon-Bingung (S)


Quote:Original Posted By minhakim20
kayanya nih po bus masa depannya abu abu deh.. trayeknya kaga banyak.. disisi lain kalah saing ama pesaing pesaingnya yg lebih kompetitif.. kalo gak ada pembenahan bisa bener bener bangkrut sih..


Quote:Original Posted By bimshartanto
Garasi utamanya yang di plered deket rumah ane nih 😁
Dulu pas SMA ampir tiap hari naik ini bus yang berangkat dari garasi utama ke terminal cirebon , kebetulan jalurnya lewat SMA ane , cuma bayar 100 perak doang jaman dulu emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By thebavarian.90
Mobilnya bnyk yg tdk terurus skrng


Quote:Original Posted By moek...moek
kampung ane kuningan, dulu sih termasuk legend ini sahabat. tapi ane lebih sering naek luragung sih. ane sih ga pernah ngalamin di oper ya, kecuali kalo rusak (sekali doang, itupun bisnya bukan sahabat). beberapa kali naek sahabat executive enak kok. mobilnya nyaman. tapi itu dulu banget sih. akhir 90an sama awal 2000an, makin ke sini ane milih kereta atau mobil pribadi, kadang motor soalnya lebih santai dan nikmatin jalur. dulu sih panturan kalo ga hari libur atau lebaran, enak bgt jalurnya buat motor. au dah sekarang


Quote:Original Posted By albafica02
Pernah sekali dua kali naik nih bus, trus gamau lagi wkwkwkwk


Quote:Original Posted By aithings
faktanya memang banyak sahabat yang tidak bersahabat yaa


Quote:Original Posted By margareth23
naik bus ini minum antimo aja udah tidurrr, kalo ga tiap detik deg2an karna ga bersahabatnya itu kwkwk btw nice thread gan!


Quote:Original Posted By 22indrag
semenjak primajasa buka trayek ke cirebon sekarang makin sepi penumpang nya. pelayanan nya musti ditingkatin kalo kagak mau makin tenggelam.


Quote:Original Posted By rojabmaulana
Idola ane si gagah ortega....😍


Quote:Original Posted By misteryap
Bersahabat, tapi kadang tidak bersahabat hahahahh


Quote:Original Posted By aquarian95
Betul banget ini gan sering papasan dengan bus ini ternyata tidak selalu bersahabat gan haha


Quote:Original Posted By chevfu
kalo ngebut nya mah belum ngalahin bus luragung emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By Yudasa98
Eh, dulu emak ane sering banget naek bus sahabat, dioper-oper emng udh ciri khasnya nih armada :v


Quote:Original Posted By UriNami
Nama busnua dulu Persatuan, tapi pecah, sekarang identik ngoper penumpang, semoga aja segera ada perbaikan
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 18 balasan
Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'
29-09-2020 21:35
FYI gan sist, ane lupa nulis diatas. Kebanyakan bus bekas PO Sahabat dibeli oleh PO lain untuk dipakai ditrayek jarak dekat.

Salah satu yang membeli bus bekas mereka adalah PO Rela dengan trayek Solo-Purwodadi. Serta PO Setia Usaha dengan trayek Solo-Karangpandan-Tawangmangu emoticon-Om Telolet Om!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'
29-09-2020 21:41
Oper oper penumpang sih biasanya dilakukan oleh supir yang malas. Mau enaknya aja... eehhh bdw itu setia negara coba di ulas, kan ada si mr gaplex sang idola disanaemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'
29-09-2020 21:50
Pool nya dulu Deket empal gentong enak Om di Plered.

Tapi emang bus Cirebonan image nya buruk, oper di jalanan, banyak pengaman, asongan maksa, tarif seenaknya.. kalo pulkam ane lebih suka naik kereta cirex atau bawa mobil sendiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'
29-09-2020 22:04
sering ngalamin sih naik bus dioper oper gitu di era '90an. dan rasanya emang dongkol banget. apalagi kalau bawa bawaan banyak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'
29-09-2020 22:09
Dulu pernah naik sekali nih pas mau balik ke jkt, tp naiknya jurusan cirebon - merak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'
29-09-2020 22:38
dulu waktu masi rame Cerbon-Bandung, pernah ada kejadian konyol...

kehabisan solar di daerah Tomo...emoticon-Ngakak
..nongkrong lama dah..emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'
29-09-2020 23:58
kalau bicara sahabat ane jadi teringat alm mertua yang kerja di sahabat dari mulai di pool soreang sampai terakhir di pool plered. terakhir ane ke pool plered waktu ngurus uang pensiun dan bpjs, kondisinya udah lumayan tertata busnya lumayan banyak yang baru terutama untuk bus pariwisata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'
30-09-2020 01:13
Gilakk bus taun berapa nih gan 😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'
30-09-2020 01:27
Ane nggak pernah engeh ada armada ini deh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'
30-09-2020 05:04
bus besar UHD sekalian aja dipakai khusus buat patas AKAP , kalau kelas ekonomi AKAP busnya SHD tarif biasa pasti males sopirnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'
30-09-2020 06:06
Sudah sangat lama tidak naik bis gan, dan untuk sahabat belum pernah naik. Saat ini kota menjadi tempat yang cukup tidak nyaman dengan kondisi saat ini. Jadi kembali ke desa saja dengan baik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'
30-09-2020 06:52
Sahabat kalo yang ke Kuningan hidup segan mati gak mau gan!

Orang-orang lebih pilih anak, cucu, keponakan, kakek, nenek, paman & bibi Luragung jaya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'
30-09-2020 07:09
Waktu kecil sering naik bus ini dari Terminal Kalideres ke Rajagaluh, soalnya Nenek tinggal di Leuwimunding. Klo sekarang lebih suka naik kereta dari Gambir ke Cirebon trus lanjut naik elef ke Rajagaluh, soalnya bisa jalan2 dulu di Cirebon.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pecong3 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'
30-09-2020 09:38
Pernah naik sekali, langsung ga pengen lagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'
30-09-2020 10:32
pantesan primajasa mulai masuk Kuningan
siap siap deh .....
secara manajemen bus ( juragan) tasik rata rata lebih baik terutama Budiman dan primajasa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'
30-09-2020 10:37
Baca thread ginian tu jadi kangen naik bissss tapi corona bikin ane takut ey
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'
30-09-2020 10:45
Quote:Original Posted By pannotia.server
Oper oper penumpang sih biasanya dilakukan oleh supir yang malas. Mau enaknya aja... eehhh bdw itu setia negara coba di ulas, kan ada si mr gaplex sang idola disanaemoticon-Big Grin


coba nanti ane ulas gan, masih cari referensi emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By jlamp
Pool nya dulu Deket empal gentong enak Om di Plered.

Tapi emang bus Cirebonan image nya buruk, oper di jalanan, banyak pengaman, asongan maksa, tarif seenaknya.. kalo pulkam ane lebih suka naik kereta cirex atau bawa mobil sendiri.


terkenal kecepatannya juga ya gan, sempat viral juga tuh. tapi ane ngelihatnya malah ngeri




Quote:Original Posted By indrag057
sering ngalamin sih naik bus dioper oper gitu di era '90an. dan rasanya emang dongkol banget. apalagi kalau bawa bawaan banyak


yang lebih kasihan kalau yang dioper itu wanita atau ibu2 yang bawa anaknya gan


Quote:Original Posted By dieq41
Dulu pernah naik sekali nih pas mau balik ke jkt, tp naiknya jurusan cirebon - merak



dioper gak waktu itu gan ?


Quote:Original Posted By jagotorpedo
dulu waktu masi rame Cerbon-Bandung, pernah ada kejadian konyol...

kehabisan solar di daerah Tomo...emoticon-Ngakak
..nongkrong lama dah..emoticon-Cape d...


waduh, dongkol banget pasti gan. apalagi kalau lagi dikejar waktu emoticon-Hammer (S)



Quote:Original Posted By coens1982
kalau bicara sahabat ane jadi teringat alm mertua yang kerja di sahabat dari mulai di pool soreang sampai terakhir di pool plered. terakhir ane ke pool plered waktu ngurus uang pensiun dan bpjs, kondisinya udah lumayan tertata busnya lumayan banyak yang baru terutama untuk bus pariwisata


alm mertua bekerja sebagai staffnya kah gan ?

sekarang divisi pariwisatanya lebih baik, untuk akapnya kok ane belum begitu yakin emoticon-Hammer (S)



Quote:Original Posted By Henahito
Gilakk bus taun berapa nih gan 😂


70-an gan tapi masih eksis emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By orgbekasi67
Ane nggak pernah engeh ada armada ini deh


di Bekasi ada gan garasinya, kata temen deket pabrik co** c**a, untuk antar jemput karyawan. cmiiw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'
30-09-2020 10:56
Quote:Original Posted By vigojinggo
bus besar UHD sekalian aja dipakai khusus buat patas AKAP , kalau kelas ekonomi AKAP busnya SHD tarif biasa pasti males sopirnya


UHD setahu ane masuknya eksekutif gan, riskan kalau dibuat patas. cmiiw

tapi di sumatera banyak bus shd yang dijadikan ekonomi, dengan kursi 2-2 dan toilet. ekonomoi luxury kalau gak salah ingat kelasnya, beda daerah beda selera mungkin. cmiiw



Quote:Original Posted By vixitev
Sudah sangat lama tidak naik bis gan, dan untuk sahabat belum pernah naik. Saat ini kota menjadi tempat yang cukup tidak nyaman dengan kondisi saat ini. Jadi kembali ke desa saja dengan baik.


lebih adem ya gan, gak ribet emoticon-linux2



Quote:Original Posted By sukhhoi
Sahabat kalo yang ke Kuningan hidup segan mati gak mau gan!

Orang-orang lebih pilih anak, cucu, keponakan, kakek, nenek, paman & bibi Luragung jaya


luragung legend juga tuh gan emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By madezero
Waktu kecil sering naik bus ini dari Terminal Kalideres ke Rajagaluh, soalnya Nenek tinggal di Leuwimunding. Klo sekarang lebih suka naik kereta dari Gambir ke Cirebon trus lanjut naik elef ke Rajagaluh, soalnya bisa jalan2 dulu di Cirebon.


paling enak kalau naik kereta ya gan emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By mingkki
Pernah naik sekali, langsung ga pengen lagi


ada pengalaman buruk apa nih gan ? emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By ridwanhabibilah
pantesan primajasa mulai masuk Kuningan
siap siap deh .....
secara manajemen bus ( juragan) tasik rata rata lebih baik terutama Budiman dan primajasa


betul lebih bagus manajemen primjas sama budiman gan, profesional menurut ane mereka.



Quote:Original Posted By christyas1994
Baca thread ginian tu jadi kangen naik bissss tapi corona bikin ane takut ey


yang penting tetap mentaati protokol kesehatan gan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'
30-09-2020 10:56
Ane gembok ya, silakan pindah ke belakang emoticon-Shakehand2
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia