si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Sejarah Dibalik Bus Sahabat, 'yang Terkadang Tidak Bersahabat'
Sudah lama TS tidak membahas sejarah suatu PO bus, pada kesempatan kali ini ane mau membahas bus legend dari Kota Udang. Nama busnya adalah Sahabat,bus ini biasanya melayani trayek dari Cirebon menuju Jakarta.

Pada awalnya bus ini didirikan oleh Bapak Ade Wiyana di Cirebon pada awal 1970 (cmiiw). Dari beberapa sumber tidak disebutkan pasti kapan tahun berdirinya, tapi kemungkinan bus ini mulai beroperasi diawal 1970.

Awalnya bus ini bernama Pedoman, kemudian namanya berganti menjadi Kesatuan. Bus satu ini dilihat dari sejarahnya sering berganti nama, setelah memakai nama Kesatuan, terjadi perpecahan dalam manajemen. Sehingga melahirkan PO baru dengan nama Sahabat. Selain itu muncul juga PO Bhineka dari perpecahan tersebut.




Dalam kenangan bus Mitsubishi BM milik PO Sahabat.

Sumber Ilustrasi Foto


Dari beberapa sumber di internet menyebutkan bahwa PO Bhineka Sangkuriang masih ada hubungan keluarga dengan pemilik PO Sahabat, namun mereka menjalankan usahanya sendiri dengan manajemen yang berbeda.

Awalnya Sahabat melayani trayek dari Cirebon-Kuningan-Jakarta, kemudian pada tahun 1970 mereka juga membuka trayek menuju Merak. Selain itu mereka juga melayani trayek dari Cirebon menuju daerah Jogja dan Jawa Tengah (Purworejo, Semarang, Solo.)

Pada masanya, mereka juga memiliki armada bus Patas dengan trayek Bandung-Semarang. Sepertinya trayek ini sudah tidak beroperasi gan sist (cmiiw), yang sering TS lihat adalah bus kelas ekonomi mereka yang melayani trayek Semarang-Cirebon PP.




Sumber Foto Ilustrasi


Pada masa kejayaan transportasi bus, Sahabat juga mencoba peruntungan dengan membuka trayek menuju pulau Sumatera. Mengisi trayek dari Pati sampai Pekanbaru, trayek ke Sumatera ini sudah tidak beroperasi lagi. Berikut ini beberapa trayek yang pernah dilayani:

●Pati-Kudus-Semarang-Bandung-Jakarta-Lampung-Jambi-Palembang-Pekanbaru.

●Bandung-Cirebon-Tegal-Pemalang-Pekalongan-Batang-Semarang.

●Bandung-Cirebon-Semarang-Salatiga-Nguter-Solo-Wonogiri.

●Jakarta-Cirebon.

●Merak-Cirebon.

●Merak-Kuningan via Cilimus dan Sindang Laut.

●Bandung-Cirebon-Purwokerto-Gombong-Kebumen-Jogja.


Kebanyakan trayek sudah off, yang masih aktif adalah trayek Cirebon-Kuningan-Jakarta, Cirebon Merak, serta Semarang-Cirebon (cmiiw). Untuk bus AKAP Ekonomi dulu masih non AC, tapi sekarang kelas Ekonomi sudah mulai beralih ke AC.

Untuk garasi utama ada di Cirebon didaerah Plered, berisi bus yang digunakan untuk rute AKAP dan Pariwisata. Selain itu mereka juga punya garasi di Bekasi (Cibitung), disini berisi bus yang digunakan untuk keperluan antar jemput karyawan.

Sedangkan dua garasi lain ada di Cikopo serta Soreang berisi unit bus Pariwisata, bus Priwisatanya bernama Sahabat Kita. Sesuai aturan pemerintah, PO bus ini juga sudah memiliki badan hukum dan sudah berada dibawah naungan PT Sahabat Prima Abadi.




Kelas Ekonomi PO Sahabat.

Sumber Ilustrasi Foto


Untuk livery busnya identik dengan warna abu-abu, putih dengan striping warna biru, pada masanya bus ini memakai berbagai jenis chasis bus. Mulai dari Mercedes Benz 1518 (King), Mercedes Benz 1521 (Kuler Jahat), Hino sampai Mitsubishi. Tapi saat ini mereka lebih banyak memakai bus bermesin Hino.

Untuk karoseri yang dipakai mulai dari karoseri Trijaya Union, Laksana serta Adiputro. Untuk saat ini mereka kebanyakan memakai body bus buatan karoseri Laksana dan Adiputro untuk bus AKAP dan Pariwisatanya.




Sahabat yang Terkadang Tidak Bersahabat


Bukan tanpa alasan TS memberi judul tersebut pada thread ini, jika kalian search nama PO Sahabat di google maka hasil yang muncul justru berita negatif. Salah satunya adalah penumpang yang sering dioper ke bus lain ditengah perjalanan, hal ini banyak ditulis dibeberapa media.

Dulu ada agan yang membuat thread tentang pengalaman buruk naik bus ini di Kaskus juga, mungkin agan TS-nya ada disini ? Ini dia threadnya, bisa baca disini, tinggal klik.

Bukan bermaksud menjelekan bus asal Cirebon gan sist, berdasar dari pengalaman teman TS juga. Sebenarnya bus asli Cirebon itu banyak yang suka mengoper penumpang ke bus lain ditengah jalan, termasuk bus Sahabat ini. Sehingga para penumpang gak sampai tujuan, pasti dongkol kan kalau kita naik bus harus dioper-oper gitu ? (Lah kayak main bola aja, padahal kita lagi naik bus emoticon-Hammer (S))




PO Sahabat dengan baju Discovery dari Laksana.

Sumber Ilustrasi Foto


Kejadian oper-mengoper penumpang ini biasanya terjadi dibus yang hendak menuju Cirebon atau Semarang atau arah Jakarta dan sebaliknya, kadang penumpang pun diturunkan ditengah jalan atau dioper ke bus lain. Selain suka oper penumpang, bus Cirebonan juga dikenal dengan kecepatannya.

Hal ini yang menyebabkan citra bus Sahabat ini jelek dimata masyarakat, selain itu meski sudah berbentuk PT. Untuk bus AKAP-nya kebanyakan masih mengadopsi sistem setoran, dimana krunya dituntut bisa mendapat penghasilan yang banyak.

Dilansir dari detik.com (26/05/2016), ada juga seseorang yang naik PO Sahabat dari Cirebon. Sesampainya Cikampek, orang tersebut bersama seluruh penumpang dalam bus Sahabat dioper ke bus Setia Negara yang dalam kondisi penuh. Untuk versi lengkapnya gan sist bisa baca disini.


Semoga ada pembenahan dari pihak manejemen PO, karena dijalur tersebut kini sudah masuk bus asal Jawa Timur yaitu Sugeng Rahayu dengan kelas Patas. Dengan trayek Surabaya-Madiun-Solo-Semarang-Cirebon-Kuningan.

Bukan tidak mungkin kedepannya eksistensi Sahabat dijalur Semarang-Cirebon akan segera menghilang jika tak ada pembenahan, padahal jalur ini tergolong gemuk. Tapi penumpangnya tidak mendapat pelayanan maksimal.




Sumber Ilustrasi Foto


Jika bus ekonomi mereka bermasalah, maka divisi Pariwisatanya justru kelihatan lebih baik dengan terus menghadirkan bus dengan body baru seperti Jetbus atau SR2.

Untuk livery bus Pariwisata mereka kini identik dengan warna putih strip hijau serta warna biru, sementara bus AKAP-nya kini identik dengan warna hijau daun. Meski kini mereka sudah mulai membenahi armadanya dengan body baru, kedepannya manajemen juga diharapkan terus memberikan inovasi baru untuk bus AKAP-nya. Agar kejadian oper-mengoper tidak akan terjadi lagi.




PO sahabat dengan baju SR2, Kuningan-Jakarta.

Sumber Ilustrasi Foto




PO Sahabat Pariwisata, Hino RK 8 dengan baju Jetbus 3+ dari Adiputro.




Pariwisata PO Sahabat, Hino RK 8 dengan baju Legacy SR 1 buatan Laksana.

Sumber Ilustrasi Foto


Sebagai salah satu bus legend dari Kota Udang, sudah seharusnya Sahabat terus memperbaiki layanan dan armadanya agar tetap terus bertahan dijalurnya. Semoga PO satu ini bisa lebih baik lagi kedepannya, terutama dilayanan kepada penumpang.

Gan sist ada pengalaman seru, lucu atau bahkan menyebalkan dengan bus ini. Silakan nanti ikut berkomentar dibawah, sekian dulu ulasan dari TS, semoga bisa menambah wawasan baru buat kita semua. Sampai jumpa lagi dan tetap enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer


Referensi: 1.2.3.4.5
Ilustrasi: google image
Diubah oleh si.matamalaikat 30-09-2020 03:37
nowbitoolemineminnarieruphie
rieruphie dan 32 lainnya memberi reputasi
33
15.2K
197
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.