News
Batal
KATEGORI
link has been copied
159
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f72c8b1a727680ca44e58f2/calon-dokter-indonesia-di-cina-menentang-keras-menteri-luhut
“Bagaimana bisa dokter asing dipermudah, sementara dokter WNI lulusan luar negeri harus berjuang keras agar bisa praktik di Indonesia?” kata Ketua Umum Perluni China Adi Putra Korompis, Selasa 29 September 2020.
Lapor Hansip
29-09-2020 12:40

Calon Dokter Indonesia di Cina, Menentang Keras Menteri Luhut

Past Hot Thread
Calon Dokter Indonesia di Cina, Menentang Keras Menteri Luhut
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

MATA INDONESIA, JAKARTA – Rencana Menteri Luhut Panjaitan satu bulan lalu masih mengusik para dokter, kali ini dari Perhimpunan Kedokteran Luar Negeri Indonesia (Perluni) di Cina. Mereka dengan keras menentang rencana Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi itu mengizinkan dokter manca praktik demi menggalakkan wisata medis di Indonesia.

“Bagaimana bisa dokter asing dipermudah, sementara dokter WNI lulusan luar negeri harus berjuang keras agar bisa praktik di Indonesia?” kata Ketua Umum Perluni China Adi Putra Korompis, Selasa 29 September 2020.

Perluni meminta Luhut membatalkan rencananya memberi kemudahan memberi izin praktik bagi dokter manca di Indonesia.

Sementara dokter-dokter warga negara Indonesia (WNI) dari luar negeri melalui banyak tahapan agar bisa praktik di negaranya sendiri.

Berdasarkan Peraturan Konsil Kedokteran Indonesia Nomor 41 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Program Adaptasi Dokter dan Dokter Gigi Warga Negara Indonesia Lulusan Luar Negeri, dokter WNI lulusan luar negeri harus memulai proses yang dimulai dari penyetaraan ijazah di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Selanjutnya, mereka harus melakukan proses administrasi di Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia (MKKI), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Setelah melewati serangkaian proses administrasi tersebut, para lulusan luar negeri tersebut wajib mengikuti tes penempatan dengan terlebih dulu harus mendapatkan surat pengantar ke perguruan tinggi di Indonesia untuk mengikuti proses adaptasi.

Agar WNI lulusan fakultas kedokteran luar negeri setidaknya dibutuhkan waktu satu tahun untuk dokter umum dan dua tahun untuk dokter spesialis sebelum bisa praktik di negaranya sendiri.

Durasi adaptasi tersebut juga tergantung pada regulasi dari pihak kampus di Indonesia dan biaya program adaptasi ditanggung sendiri oleh para lulusan.

“Proses penyelenggaraan adaptasi yang cukup panjang dan tidak sederhana ini mengakibatkan banyak dokter lulusan luar negeri berpikir dua kali sebelum mengambil keputusan menjalankan praktik di Indonesia,” kata Adi.

Perluni, sebagai badan otonom di bawah Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok (PPIT), meminta pemerintah Indonesia peduli atas fenomena tersebut dengan memberdayakan para dokter WNI lulusan luar negeri.

Badan itu mengatakan tidak sedikit dokter WNI yang juga berprestasi di luar negeri dan ingin berbakti terhadap bangsa dan negara.

Menteri Ristek Dikti periode 2014-2019 M Nasir dalam kunjungannya ke Kedutaan Besar RI di Beijing pada 2018 mengungkapkan banyak dokter WNI lulusan Cina yang membuka praktik di Singapura dan Malaysia karena tidak terwadahi di negeri sendiri. Ironisnya, pasien mereka juga berasal dari Indonesia.

“Memang banyak dokter kita yang telah berpraktik sebagai dokter spesialis di luar negeri. Mereka ingin kembali ke Indonesia untuk mengabdi, tetapi terkendala berbagai proses adaptasi dan birokrasi di Indonesia yang memakan waktu sangat lama,” ujar Adi, yang sedang menyelesaikan pendidikan kedokterannya di Kota Jinzhou, Provinsi Liaoning.

Para mahasiswa Indonesia yang mengambil jurusan kedokteran di Cina rata-rata membutuhkan waktu enam hingga delapan tahun untuk menyelesaikan jenjang pendidikan strata 1.

Setelah lulus dari Cina, mereka harus menempuh pendidikan lagi di perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan kedokteran dalam jangka waktu satu hingga dua tahun.

Kebanyakan para mahasiswa kedokteran Indonesia di Cina mengambil jurusan kedokteran modern, hanya sedikit yang mengambil jurusan kedokteran tradisional China (TCM) karena khawatir kesulitan mendapatkan izin praktik dan legalisasi di Indonesia.

Banyak mahasiswa asing lainnya di Cina lebih menyukai TCM, yang dapat dikembangkan sebagai sarana medis alternatif pada masa-masa mendatang. Bahkan dalam pemberantasan Covid19, pemerintah Cina memberikan tempat kepada staf TCM di garda terdepan.


Sumber Disini gan !!

profile-picture
profile-picture
profile-picture
asamboigan dan 22 lainnya memberi reputasi
23
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Calon Dokter Indonesia di Cina, Menentang Keras Menteri Luhut
29-09-2020 12:49
dibilang menteri,tapi merangkap berbagai macam..
dibilang presiden,tapi posisi dia sebagai menteri...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gh20 dan 27 lainnya memberi reputasi
28 0
28
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 18 balasan
Calon Dokter Indonesia di Cina, Menentang Keras Menteri Luhut
29-09-2020 12:50
tcm dianggap atau tidak di indonesia?
org indo kan sukanya ikutin barat

emoticon-Big Grin
profile-picture
legendterra memberi reputasi
1 0
1
Calon Dokter Indonesia di Cina, Menentang Keras Menteri Luhut
29-09-2020 12:52
gw dah bilang si engkong ini suruh pensiun aja

emoticon-Mewek

pejabat indonesia banyak yang udah usia lebih dari 60 mending pensiunin aja.

indonesia kok kekurangan anak muda

emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sakaaa9393 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Calon Dokter Indonesia di Cina, Menentang Keras Menteri Luhut
29-09-2020 12:55
itulah yg bikin orang indonesia malas utk ambil jurusan kedokteran di luar negeri, butuh banyak prosedur dan waktu adaptasi sesuai aturan,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sakaaa9393 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Calon Dokter Indonesia di Cina, Menentang Keras Menteri Luhut
29-09-2020 13:01
susahnya...ada aja salahnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
malawei dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Calon Dokter Indonesia di Cina, Menentang Keras Menteri Luhut
29-09-2020 13:04
Menteri ga jelas
Segala diurus
Berbahaya saya pikir
Bisa merusak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soljin8 dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Calon Dokter Indonesia di Cina, Menentang Keras Menteri Luhut
29-09-2020 13:16
selama UU no.29/2004 nggak direvisi, maka semua rencana dokter asing masuk indonesia cuma wacana.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sakaaa9393 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Calon Dokter Indonesia di Cina, Menentang Keras Menteri Luhut
29-09-2020 13:22
kalau dilihat, masalahnya sih pada red tape yg berbelit buat dokter buka praktek dalam negeri. Terutama buat dokter lulusan luar negeri, yg susah dapat izin praktek. Bandingkan dengan malaysia yg banyak dokternya lulusan luar negeri. Industri health care berkembang pesat, sampai orang luar negeri ke malaysia buat berobat. Di sini malah kekurangan dokter. Sudah kekurangan malah dipersulit. Ibarat orang kelaparan masih milih milih makan lagi. Jadi ingat kawan lulusan dokter jerman, mau buka praktek di Indo, malah disuruh harus ke desa dulu lah dll, akhirnya dia milih praktek di singapur. Gaji besar, hidup nyaman, gak banyak pusing.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gh20 dan 16 lainnya memberi reputasi
17 0
17
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Calon Dokter Indonesia di Cina, Menentang Keras Menteri Luhut
29-09-2020 13:22
menteri bidang apa sih sampai ribut dengan dokter?? ini menteri belajar jadi dokter berapa ribu tahun?? wkk
profile-picture
profile-picture
Voor dan malawei memberi reputasi
2 0
2
Calon Dokter Indonesia di Cina, Menentang Keras Menteri Luhut
29-09-2020 13:40
kalau ane sih , selama di akui kualifikasi universitasnya sama negara lain , misal , dengan india dan amerika ,

otomatis sudah langsung bisa praktek di indonesia ,

toh nggak ada juga kedokteran di indonesia yang selevel kedokteran di amerika
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Calon Dokter Indonesia di Cina, Menentang Keras Menteri Luhut
29-09-2020 13:42
ya pasrah aja toh benefit buat sebagian orang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Calon Dokter Indonesia di Cina, Menentang Keras Menteri Luhut
29-09-2020 13:43
Tapi memang disini urusan praktek dokter susah... prosedurnya berbelit...

profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Calon Dokter Indonesia di Cina, Menentang Keras Menteri Luhut
29-09-2020 13:45
satu untuk semua... paket lengkap
profile-picture
legendterra memberi reputasi
1 0
1
Calon Dokter Indonesia di Cina, Menentang Keras Menteri Luhut
29-09-2020 13:48
Gpp, banjirin aja sama dokter2 manca, biar gak ada lagi acara nunggu dokter yg masih praktek di tempat A, jadwal praktek di tempat B jam 6 dtg jam 8. Alesan tenaga dokter kurang? Yaudah datengin dokter2 dr luat biar tenaga dokter terpenuhi. Gak perlu lagi kita nunggu dokter yg sibuk praktek di beberapa tempat, si sakit nunggu lama utk konsul dan periksa, belum lg antrian pasien yg di serobot para sales obat yg ngasih tawaran2 menggiurkan ke para dokter
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan 11 lainnya memberi reputasi
11 1
10
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Calon Dokter Indonesia di Cina, Menentang Keras Menteri Luhut
29-09-2020 13:56
Profesi laen malah udah sejak lama
Biasa aja tuh

Mungkin yg dimau calon dokter yg kuliah di luar negeri ini adalah ingin dimudahkan bila krmbali ke tanah air
Diubah oleh xrm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Calon Dokter Indonesia di Cina, Menentang Keras Menteri Luhut
29-09-2020 13:57
penyakit pejabat pemerintah indonesia dari dulu
senang solusi instan
datangkan dokter bule ke indonesia itu solusi instan, tidak ada belenggu birokrasi karena pejabat indonesia ngeliat bule itu superior dan mendatangkan devisa
datangkan dokter WNI lulusan asing ke Indonesia, ribet, dipersulit ini itu, karena terbelenggu birokrasi, diremehkan karena penampilan nya sama kek kita, karenanya dianggap tidak menguntungkan, makanya dibebani persyaratan yg njelimet kek sodara2nya yg dokter lulusan indonesia

TKA cina aja kita udah teriak gak rela job kita diambil cina
sekarang dokter aseng mau dimasukin ke indonesia juga
perasaan dokter indonesia saat ini pasti serasa kek saingan sama TKA asing, bedanya TKA nya sama sama dokter sekarang

setelah tenaga medis indonesia berjuang mati2an atasi pandemi covid sampai gugur dokter nya, ternyata cma segitu apresiasi pemerintah jokowi ke tenaga medis indonesia. pengorbanan tenaga medis indonesia kagak di anggap, karena pemerintah masih niat mau masukin dokter asing ke sini. insentif uang tenaga medis covid serasa kek uang tips atau penghinaan kalo udah kek gini jalan ceritanya. artinya dokter indonesia cuma di hargai sebatas uang tips aja, sedangkan dokter asing dihargai bak tamu agung gelar karpet merah pas masuk indonesia nanti.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bigbuncit dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Calon Dokter Indonesia di Cina, Menentang Keras Menteri Luhut
29-09-2020 14:41
Ya seperti org indonesia kebanyakan
Haus pujian tapi gk suka persaingan

Kalo elo lomba lari,harus nya sih elo minta tolong gmn biar bs lari lo lbh cepet
Bkn minta kaki lwn lo bikin pincang,atau kompetisi nya lo berangus
emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Calon Dokter Indonesia di Cina, Menentang Keras Menteri Luhut
29-09-2020 14:57
Menkes kemana coy. sudah jadi awan beneran kah?
Diubah oleh andise
profile-picture
legendterra memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Calon Dokter Indonesia di Cina, Menentang Keras Menteri Luhut
29-09-2020 15:55
Menteri lebih greget dari Presiden. Sekali gebrak, banyak yang bereaksi.

Gak kebalik jabatannya sama Presiden kah ?
0 0
0
Calon Dokter Indonesia di Cina, Menentang Keras Menteri Luhut
29-09-2020 16:06
iki opung posisinya apa sih di indonesia?

segala2 diurusin ama dia,,,

emoticon-Bingung
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia