News
Batal
KATEGORI
link has been copied
198
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f72bc348d9b1703475decc7/menkes-terawan-dinilai-gagal-atasi-covid-19-media-asing-singgung-soal-kontroversi
Lagi-lagi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjadi buah bibir terkait kasus penanganan Covid-19 di Indonesia. Beragam kebijakan Menkes Terawan juga mendapatkan sorotan dari media asing yang dianggap tidak berjalan baik.
Lapor Hansip
29-09-2020 11:46

Menkes Terawan Dinilai Gagal Atasi Covid-19, Media Asing Singgung Soal Kontroversi

Past Hot Thread
Menkes Terawan Dinilai Gagal Atasi Covid-19, Media Asing Singgung Soal Kontroversi

Zonajakarta.com - Lagi-lagi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjadi buah bibir terkait kasus penanganan Covid-19 di Indonesia.

Hampir tujuh bulan pandemi corona belum berakhir sejak penemuan kasus pertama di Depok, Jawa Barat.

Beragam kebijakan Menkes Terawan juga mendapatkan sorotan dari media asing yang dianggap tidak berjalan baik.

Pada 22 September 2020, Asia Times mempertanyakan mengapa Presiden Joko Widodo tetap percaya pada Menkes Terawan yang sedari awal sudah menyepelekan ancaman virus Corona hingga kini seakan 'hilang' dalam aksi memerangi pandemi.

Dalam sebuah artikel berjudul 'Pria yang paling bertanggung jawab atas krisis Covid di Indonesia', Asia Times bahkan menyatakan Terawan gagal dalam caption foto berjudul 'Menteri Kesehatan Indonesia Terawan Agus Putranto sebagian besar telah gagal mengatasi epidemi Covid-19 di Indonesia'.

Selain itu, ada pula penjabaran terkait kasus corona di Kementerian Kesehatan yang merupakan rumah bagi kelompok virus terbesar di ibu kota dengan 252 kasus yang dikonfirmasi, diikuti oleh Kementerian Perhubungan (175), Komisi Pemberantasakan Korupsi (106) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan ( 89), menurut data Pemprov DKI Jakarta.

Tingginya kasus tersebut disebutkan karena kesalahan pemerintah yang sebagian besar disebabkan kurangnya disiplin di antara para pekerja yang tidak memakai masker atau mengambil tindakan pencegahan lain di kantor ber-AC, tempat virus diketahui menyebar lebih cepat.

Ditambah lagi dengan penyebaran kasus corona di kantor dan perusahaan lain yang menjadi klaster baru.

Asia Times juga menyebut jika Menkes Terawan sejak awal sudah menjadi sumber kontroversi.

Dokter militer tersebut ketika pertama kali dilantik menjadi kabinet periode kedua Jokowi pada Oktober 2020 lalu, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menunjukkan bahwa Terawan sedang dalam pemeriksaan karena pelanggaran kode etik kedokteran.

Spesialis radiologi, jenderal bintang tiga itu dituduh memperjuangkan apa yang disebut pengobatan 'pembilasan otak intra-arteri' untuk pasien stroke, yang dikenal sebagai 'pembilasan otak' atau cuci otak yang belum terbukti secara ilmiah aman.

Ketika dibentuk Satgas Covid-19 pada April 2020 lalu, Jokowi lebih memilih jenderal lain, Doni Monardo, sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional, untuk memimpin.

Hal itu menciptakan kebingungan karena semua orang mempertanyakan mengapa Terawan masih tetap di posisinya, sedangkan Jokowi mengeluh pada pertemuan Kabinet bulan Juni bahwa hanya sebagian kecil dari anggaran kesehatan tahunan sebesar 5,2 miliar dollar AS yang telah dihabiskan.

Baru-baru ini, pensiunan jenderal Luhut Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Penanaman Modal, ditugaskan menangani pandemi di Jakarta dan provinsi terparah di Jawa Barat, Tengah, dan Timur, Bali, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan. dan Papua.

Tentu saja, sebagais seorang profesional medis, rasa urgensi Terawan selalu hilang.

Ketika Covid-19 mewabah di kota Wuhan, China, hingga menyebar di Asia Tenggara pada akhir Februari, tanggapan pertama Terawan justru meminta orang Indonesia untuk berdoa.

"Jika ada negara lain yang memprotes pendekatan kami, biarkan saja. Ini adalah hak bangsa kita untuk mengandalkan Yang Mahakuasa," katanya, seraya mencatat bahwa Indonesia pada saat itu belum mencatat kasus resmi penyakit tersebut.

Yang lebih mengkhawatirkan para ilmuwan adalah komentarnya bahwa lonjakan permintaan masker wajah merupakan reaksi berlebihan dan bahwa tidak semua kasus dugaan virus korona di Indonesia telah diuji karena "efisiensi anggaran".

Ahli epidemiologi mengatakan penting bagi pemerintah untuk mengubah strategi dan memfokuskan semua sumber dayanya pada pengujian di zona merah dari sembilan provinsi yang bersama-sama telah berkontribusi pada 177.000 kasus di seluruh negeri.

Sedangkan di Indonesia, Terawan juga masih menjadi bahan perbincangan hingga dituding menghilang di masa pandemi ini.

Tagar #MataNajwaMenantiTerawan bergema di jagat Twitter pada Senin (28/9) malam. Presenter Najwa Shihab lagi-lagi melemparkan harapannya mengundang Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto untuk datang ke acaranya, Mata Najwa.

Kali ini, Najwa berhadapan dengan kursi kosong dan kembali mengundang Menkes Terawan untuk datang.

Di hadapan kursi kosong yang terlihat di video pada kanal Youtube Najwa Shihab yang dipublikasikan pada Senin (28/9), sang presenter mengutarakan beberapa kisi-kisi pertanyaan yang bakal diajukan kepada Menkes.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut dikumpulkan dari berbagai pertanyaan publik terkait penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Mengapa menghilang, Pak? Anda minim sekali muncul di depan publik memberi penjelasan selama pandemi. Rasanya Menteri Kesehatan yang paling low profile di seluruh dunia selama wabah ini hanya Menteri Kesehatan Republik Indonesia," tanya Najwa berhadapan dengan kursi kosong, seperti dikutip Zonajakarta.com dari kanal Youtube Najwa Shihab, Senin (28/9).

"Atau kehadiran Menteri Kesehatan di muka publik ada rasa tidak terlalu penting?" lanjutnya.



Lebih lanjut, Najwa melontarkan beberapa pertanyaan terkait pernyataan Menkes soal pandemi corona yang dianggap bukan ancaman besar.

Najwa menilai apakah Indonesia juga kecolongan atas pandemi corona ini di awal yang seharusnya bisa ditangani lebih tanggap.

Ada pula pertanyaan berupa bagaimana klarifikasi informasi soal usulan Menkes Terawan bahwa Indonesia tidak perlu melakukan karantina wilayah.

Najwa juga mempertanyakan kenapa Indonesia bisa tertinggal dari negara lain dalam penanganan Covid-19.

Ia juga menyinggung sikap Presiden Joko Widodo yang sempat menegur Terawan di hadapan publik hingga soal perlindungan tenaga kesehatan yang belum maksimal.

"Pak Terawan ada banyak menteri kesehatan yang mundur karena penanganan Covid-19. Misalnya Menteri Kesehatan New Zealand, Ceko, Polandia, Brazil, Chile, Pakistan, Israel, Kanada. Apakah penanganan kita lebih baik dari negara-negara yang Menkes-nya mundur?

"Yang jelas bukan hanya desakan ke Presiden tetapi juga publik di antaranya lewat petisi meminta kebesaran hati anda untuk mundur saja. Siap mundur, Pak? Atau bagaimana anda bisa meyakinkan publik bahwa memang masih layak menjalankan atau menduduki posisi yang berat ini?" tanyanya.

Selain itu, Najwa juga mengunggah potret sederet pertanyaan di akun Instagramnya. *(ZJ)



Sumber :
https://zonajakarta.pikiran-rakyat.c...er-kontroversi
Menkes Terawan Dinilai Gagal Atasi Covid-19, Media Asing Singgung Soal Kontroversi
Diam itu emas.
Tanya ke presiden dong gimana kinerja pak menkes.
emoticon-Big Grin

gimana pendapat agan soal menkes ? gagal gak ?
atau netizen tau pandemi ini lebih butuh seorang ahli epidemiologi,
makanya menkes nya minta diganti ?
emoticon-Big Grin


Diubah oleh aiqing
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusrezapratam4 dan 34 lainnya memberi reputasi
35
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Menkes Terawan Dinilai Gagal Atasi Covid-19, Media Asing Singgung Soal Kontroversi
29-09-2020 11:55
itu media aseng gak sadar napa kalo militer itu mahir operasi senyap emoticon-Blue Guy Bata (L)











































emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
biawakman dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Menkes Terawan Dinilai Gagal Atasi Covid-19, Media Asing Singgung Soal Kontroversi
29-09-2020 11:57
sudah sangat layak diganti emoticon-Mad
bahkan klo masih punya rasa malu ya harusnya mengundurkan diri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Barcelonists dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Menkes Terawan Dinilai Gagal Atasi Covid-19, Media Asing Singgung Soal Kontroversi
29-09-2020 12:10
mengundurkan diri aja Pak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Menkes Terawan Dinilai Gagal Atasi Covid-19, Media Asing Singgung Soal Kontroversi
29-09-2020 12:11
Terawan susah diganti,

Karena dia adalah figur menkes yang masih bisa diterima pihak oposisi/koalisi?(gerindra maksudnya. Gw bingung oposisi ato koalisi)
Karena beliau dokter pribadi pak prabowo, pak prabowo suka cuci otak di dia.

Koalisi kalo kegemukan memang begini, jadi banyak titipan kiri kanan.

Solusinya?

Tunjuk opung luhut sebagai plt menteri kemaritiman kesehatan dan investasi asing.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joscelin17 dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Menkes Terawan Dinilai Gagal Atasi Covid-19, Media Asing Singgung Soal Kontroversi
29-09-2020 12:13
ibarat main bola, ganti pemain kalo blunder terus.. emoticon-Bola
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dwiepenyu dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menkes Terawan Dinilai Gagal Atasi Covid-19, Media Asing Singgung Soal Kontroversi
29-09-2020 12:30
mungkin udah mati dia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Menkes Terawan Dinilai Gagal Atasi Covid-19, Media Asing Singgung Soal Kontroversi
29-09-2020 12:32
die kalo ikut perang pasti ngumpet paling duluan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Spartan King dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menkes Terawan Dinilai Gagal Atasi Covid-19, Media Asing Singgung Soal Kontroversi
29-09-2020 12:35
kalau menurut gw kenapa pak terawan belum mundut ini ya selain blm ada desakan kuat untuk mundur di internal jg mungkin ada rasa tanggung jawab untuk selesaikan masalah covid ini dulu sebelum akhirnya mundur

tapi ini sdh lewat berapa bulan tanpa progress yg bagus, baik terawan dan pemerintah mesti evaluasi ulang untuk pembenahan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Menkes Terawan Dinilai Gagal Atasi Covid-19, Media Asing Singgung Soal Kontroversi
29-09-2020 12:36
Yang angkat ama.yang bs berhentiin lagi mojok, jalan mundur. Krn keki lihat mr. Cloud yang strong muke gile.
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan aiqing memberi reputasi
2 0
2
Menkes Terawan Dinilai Gagal Atasi Covid-19, Media Asing Singgung Soal Kontroversi
29-09-2020 12:42
TerCloud lagi di Vent
Menkes Terawan Dinilai Gagal Atasi Covid-19, Media Asing Singgung Soal Kontroversi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Menkes Terawan Dinilai Gagal Atasi Covid-19, Media Asing Singgung Soal Kontroversi
29-09-2020 12:52
Awal pengangkatan aja udh masalah si terawan..
Doi kan bentrok sama idi..
Gak tau apa mau melumat organisasi idi yg aegoan apa gmn..

Emg lg apes terawan..pas kbetulan ada covid lagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Menkes Terawan Dinilai Gagal Atasi Covid-19, Media Asing Singgung Soal Kontroversi
29-09-2020 12:55
ini ngapain aseng ikut2an.. berisik.... dimana langit dipijak, disitu bumi dijunjung.... emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Lhionk dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Menkes Terawan Dinilai Gagal Atasi Covid-19, Media Asing Singgung Soal Kontroversi
29-09-2020 12:56
menteri sekarang kebanyakan pelawak dan orang tua

&t=146s
profile-picture
profile-picture
profile-picture
biawakman dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Menkes Terawan Dinilai Gagal Atasi Covid-19, Media Asing Singgung Soal Kontroversi
29-09-2020 13:03
yg menilai netizen?
njir emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menkes Terawan Dinilai Gagal Atasi Covid-19, Media Asing Singgung Soal Kontroversi
29-09-2020 13:10
salah sendiri lah itu mah kalo sekarang jadi bahan cengan media asing emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menkes Terawan Dinilai Gagal Atasi Covid-19, Media Asing Singgung Soal Kontroversi
29-09-2020 13:29
yah..disini sih rakyat sendiri juga pada gak berani komen macem2...kita pada tiarap..takut ilang besok pagi wkkk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cruzrebirth dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Menkes Terawan Dinilai Gagal Atasi Covid-19, Media Asing Singgung Soal Kontroversi
29-09-2020 14:55
yg cocok ganti terawan siapa ? yg lebih baik dan lebih paham tentang covid selain terawan siapa ?

udah pada yakin klo terawan diganti covid bakal lebih cepat ilang dari indonesia ?

inget ga waktu pertama kali wni yg dari luar kembali dari indonesia dan ditreatmen dengan penyemprotan disinfektan yg lalu diketawai banyak orang tapi faktanya malah dipake sampe saat ini ? malah muncul bilik disinfektan, bahkan jalan2 pun disemprot dan beberapa negara luar juga meniru ?


apapun kebaikan pemerintah saat ini yg di zooming selalu yg buruknya saja ... akhirnya negeri ini besar dengan kebencian dan amarah saja...
gimana nasib anak2 kita didepan nanti, saat ini mereka sudah terbiasa menyaksikan pengkerdilan akhlak, sudah sangat normal bagi mereka melihat dan menyaksikan menghina hina pemerintah atas nama kritik, yang sampe sekarang pun kritik kritik yg dimaksud hanyalah boncengan2 kepentingan golongan2 saja...

urusan menkes diganti serahkan saja sama jokowi presiden kita, karena itu memang mutlak haknya... kita sebagai rakyat sudah patuh dan mengikuti aturan belon atau jangan2 kita masuk kedalam golongan orang2 sok pintar yang paling tahu segalanya tapi sayangnya ga punya peranan apa apa ?

jika ada kemampuan untuk memperbaiki maka lakukan tanpa perlu memakai jargon kritik yang faktanya semuanya hanya lah cerita hayalan saj a...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 22 lainnya memberi reputasi
19 4
15
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 17 balasan
Menkes Terawan Dinilai Gagal Atasi Covid-19, Media Asing Singgung Soal Kontroversi
29-09-2020 18:31
terawan itu gagal, kenapa dia belum diresuhfle? simple,, karna Jokowi punya orang buat dia jadiin KAMBING HITAM atas kegagalannya sendiri ngurus negara ini.
Diubah oleh satriagujis5
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Menkes Terawan Dinilai Gagal Atasi Covid-19, Media Asing Singgung Soal Kontroversi
29-09-2020 18:31
Penting banget ini untuk menambah informasi.

Ane bantu jadikan hot thread dulu deh, biar makin banyak yang tahu.






Processing. . .



Hot thread done!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
farisfebri0206 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menkes Terawan Dinilai Gagal Atasi Covid-19, Media Asing Singgung Soal Kontroversi
29-09-2020 18:31
Jangan lupa digembok ya. emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
inyongprimithip dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Berita dan Politik
gempa-m-7-guncang-turki
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia