• Beranda
  • ...
  • Tanaman
  • 2020 Masih Ada yang Tanam Kaktus? Simak Nih Cara Perawatannya..

deriandroid18Avatar border
TS
deriandroid18
2020 Masih Ada yang Tanam Kaktus? Simak Nih Cara Perawatannya..
Kaktus Gurun dan Kaktus Hutan 2 Spesies Kaktus paling populer!
Cara perawatan tanaman kaktus!



Dimasa pandemi seperti ini aktivitas orang-orang diluar rumah dikurangi guna memutus rantai mata covid-19. Bagi sebagian orang yang kehilangan pekerjaannya pengurangan aktivitas adalah hal buruk karena perekonomian keluarga harus tetap dipenuhi guna melangsungkan kehidupan. Bagi sebagian lain mungkin situasi pengurangan aktivitas diluar rumah ini adalah sebuah hal baik, artinya memiliki banyak waktu untuk berkumpul bersama keluarga dirumah. Namun, terlalu lama dirumah juga ternyata membosankan. Untuk mengatasi kebosanan otak dipaksa untuk berfikir bagaimana cara mengatasi kebosanan #dirumahaja dalam waktu yang cukup lama? Jawabannya adalah Berkebun! Ya.
 
Berkebun disini yang akan dibahas adalah berkebun tanaman hias. Lebih spesifiknya adalah kaktus! Salah satu tanaman hias yang tidak terlalu rumit perawatannya namun tetap indah untuk menghiasi rumah kamu.
Kaktus memiliki ribuan spesies didunia ini, tapi hanya 2 spesies yang umumnya dijadikan tanaman hias yaitu kaktus gurun dan kaktus hutan. Sesuai namanya kaktus gurun habitatnya adalah gurun dan kaktus hutan habitatnya hutan dengan iklim sedang hingga tropis.


Kamu tertarik untuk memiliki kaktus dirumah? Simak cara perawatannya yuk!

1.      Cahaya




Kaktus gurun akan tumbuh sehat ketika kebutuhan akan cahayanya tercukupi, cahaya yang kuat sangat disukai oleh kaktus gurun. Sementara kaktus hutan hanya memerlukan sinar matahari yang terang tapi tidak langsung.
 

2.      Tanah



Salah satu faktor untuk kaktus tumbuh sehat adalah tanah, gunakan bahan anorganik untuk meningkatkan drainase dan aerasi. Pertumbuhan kaktus memang lambat, perlu waktu untuk kaktus Cumiarkan bunga.
 

3.      Air



Penyiraman air pada kaktus tergantung pada musim. Ketika musim panas berikan penyiraman setiap kali kompos mulai kering, pastikan juga siram secara menyeluruh. Kebalikannya dari musim panas, pada saat musim dingin kaktus gurun hanya perlu disirami ketika tanaman mulai layu.  Untuk kaktus hutan pada saat musim panas berikan penyiraman secara biasa selama berbulan-bulan musim panas. Ada satu masa yang disebut masa istirahat, pada masa ini kaktus hutan hanya boleh disirami ketika tanah sudah kering jika disentuh, jika disentuh masih basah maka tidak perlu diberikan penyiraman lagi. Hal ini perlu diperhatikan karena penyiraman secara berlebih pada masa istirahat menyebabkan pembusukan pada akar.
 

4.      Suhu dan Kelembaban



Perhatikan juga suhu tempat, kaktus gurun lebih menyukai panas dan suhu kering Antara 70 F hingga lebih dari 80 F. Ketika musim dingin kaktus gurun menyukai suhu 55 F, mereka terbiasa digurun pada saat malam hari yang sangat dingin.
Untuk kaktus hutan, mereka memiliki jangkauan luas mulai dari 55 F hingga 70 F pada musim tanam.
 

5.      Pupuk



Hal terpenting dalam merawat tanaman adalah pemupukan. Sama seperti manusia tanaman pun membutuhkan nutrisi agar tetap sehat. Pada kaktus gurun gunakan pupuk selama musim tanam, gunakanlah pupuk khusus kaktus karena beberapa kejadian ketika menggunakan pupuk standard hasilnya tidak sehat.

Untuk kaktus hutan berikan pupuk standard  selama musim tanam.
 

6.      Hama Umum



Hampir semua tanaman memiliki masalah yang sama yaitu hama, meskipun jenis hamanya berbeda-beda untuk tiap tanaman. Bagi kaktus sendiri jenis hama yang mengganggu adalah kutu putih, sisik, jamur, dan tungau laba-laba. Cara mengatasinya untuk beberapa kasus cukup dengan membersihkan hama pada tanaman dengan kapas dan air.
 
Nah, itulah cara perawatan kaktus yang mudah dan sederhana agar kaktus tumbuh sehat dirumah kamu. Jauhkan juga dari jangkauan anak-anak karena duri kaktus lumayan membuat luka jika terkena kulit.

Cukup sekian pembahasan kali ini semoga bermanfaat bagi para pembaca yang budiman.


"  Sekian dan wasalam agan-agan yang tampan dan sista-sista yang cantik rupawan sampai bertemu di masa depan "



Salam Derianesia penulis tak bertuan  
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
Referensi: [url=This][/url]This



bedypopAvatar border
jiwapranaAvatar border
tien212700Avatar border
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.1K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
Tanaman
icon
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.