News
Batal
KATEGORI
link has been copied
286
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f71867cb8408818b6307309/tulis-dalang-g30s-belum-jelas-ruangguru-diancam-dilaporkan-polisi
PT Ruang Raya Indonesia atau Ruangguru diancam dipolisikan oleh warga bernama Irvan Noviandana. Hal itu dilakukan kalau Ruangguru tak menyampaikan permohonan maaf dan mengubah isi kontennya yang dianggap telah melakukan pengaburan sejarah tentang Gerakan 30S PKI.
Lapor Hansip
28-09-2020 13:45

Tulis Dalang G30S Belum Jelas, Ruangguru Diancam Dilaporkan Polisi

Past Hot Thread
Tulis Dalang G30S Belum Jelas, Ruangguru Diancam Dilaporkan PolisiSuara.com - PT Ruang Raya Indonesia atau Ruangguru diancam dipolisikan oleh warga bernama Irvan Noviandana.

Hal itu dilakukan kalau Ruangguru tak menyampaikan permohonan maaf dan mengubah isi kontennya yang dianggap telah melakukan pengaburan sejarah tentang Gerakan 30S PKI.

Sumadi Admadja, kuasa hukum Irvan, sebelumnya telah melayangkan somasi kepada Ruangguru di kantornya di Kawasan Tebet, Jakarta Selatan, pada Senin (28/9/2020) pagi.

Ia mengatakan, pihaknya memberikan batas waktu 3 hari atau 3 x 24 jam untuk Ruangguru merespons somasi yang telah dilayangkan.

Irvan juga menuntut agar Ruangguru mengubah isi konten dan menyampaikan permohonan maaf.

"Apabila tidak ada itikad baik atau tidak ada komunikasi, kita akan mengambil langkah hukum yang tegas melaporkan hal ini ke pihak kepolisian," kata Sumadi ditemui Suara.com di lokasi, Senin (28/9).

Sementara itu, adapun konten yang dipermasalahkan Irvan dan pihaknya yakni materi berjudul Sejarah Kelas 9 I Bentuk-Bentuk Ancaman Disintegrasi Bangsa Indonesia.

Materi itu memunyai tautan https://blog.ruangguru.com/ancaman-d...tegrasi-bangsa yang di tulis oleh Fahri Abdillah pada tanggal 6 Februari 2020.

Dalam konten tersebut, terdapat kalimat yang dianggap Irvan dan kuasa hukumnya telah melenceng dari sejarah.

Penggalan kalimat tersebut yakni “Nah untuk Konflik G30S PKI sendiri, sampai saat ini masih belum jelas siapakah yang salah dan siapa yang menjadi korbannya”.

"Dalam artikel pertama tadi itu ada kalimat yang menyebut 'Nah untuk konflik G30S PKI sendiri sampai saat ini masih belum jelas siapa kah yang salah dan siapa yang menjadi korban'. Di situ disebut belum jelas," ungkapnya.

Padahal, Sumadi mengklaim, G30S PKI didalangi oleh Partai Komunis Indonesia atau PKI.

Sementara itu dalam konten lain berjudul Sejarah Kelas 12 I Apa yang Terjadi pada 30 September Hingga 1 Oktober 1965 dari Berbagai Sudut Pandang, dengan link: https://blog.ruangguru.com/g30s yang ditulis oleh Kresnoadi pada tanggal 30 September 2019 terdapat komentar yang dianggap menyesatkan.

"Dalam komentar ditulis admin Ruangguru seperti ini kalimatnya 'Nah, kamu yakin enggak film itu berisi hal yang sebenarnya? Kira-kira kenapa di artikel ini enggak ada tulisan G30S/PKI'," tutur Sumadi.

Lebih lanjut, Sumadi dan pihaknya berharap, pelajaran sejarah apalagi mengenai komunis di Indonesia harus diajarkan dengan baik dan benar kepada generasi bangsa.

"Jangan sampai ada pengaburan atau penghilangan sejarah sebenarnya."

https://www.suara.com/news/2020/09/2...-polisi?page=2

Bawa aja ke ranah hukum...emoticon-Leh Uga

Biar tuh yg ngelaporkan mempersiapkan materi kebenaran versi dia.
Kalau cuman film yaa maap tidak bisa jadi pembenaran karn film bisa di rekayasa.emoticon-Leh Uga

profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusrezapratam4 dan 64 lainnya memberi reputasi
57
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Tulis Dalang G30S Belum Jelas, Ruangguru Diancam Dilaporkan Polisi
28-09-2020 13:46
Siapakah yg sadis?
a. Pembunuh jenderal
b. Pembantai 500rb manusia


Apakah jawabanmu?
a. jawaban a
b. jawaban b
c. Tidak ada yang sadis
d. Sadis semuanya
Diubah oleh xrm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusrezapratam4 dan 27 lainnya memberi reputasi
26 2
24
Lihat 37 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 37 balasan
Tulis Dalang G30S Belum Jelas, Ruangguru Diancam Dilaporkan Polisi
28-09-2020 13:48
kadal orba berusaha mempertahankan propaganda usang dengan lapor plokis. emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
46awang dan 18 lainnya memberi reputasi
18 1
17
Tulis Dalang G30S Belum Jelas, Ruangguru Diancam Dilaporkan Polisi
28-09-2020 13:48
pak kumis lagi pak kumis lagi.....

pak kumis indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
46awang dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Tulis Dalang G30S Belum Jelas, Ruangguru Diancam Dilaporkan Polisi
28-09-2020 13:50
hmmmmmm......
paling jg perkara d NO kan.....

emoticon-Cool

sulit membuktikan sapa dalang ny.....
kalo versi orba emank pki......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agus774 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tulis Dalang G30S Belum Jelas, Ruangguru Diancam Dilaporkan Polisi
28-09-2020 13:52
PKI mah gak ada apa apa nya dibandingkan yg ngijinin pilkada serentak, dijamin ratusan ribu orang bakalan kena covid dan amsyong, TPU bakalan full semua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
46awang dan 15 lainnya memberi reputasi
15 1
14
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Tulis Dalang G30S Belum Jelas, Ruangguru Diancam Dilaporkan Polisi
28-09-2020 13:58
memang gak jelas banget, coba pikir PKI mengkudeta Bung Karno, PKI kalah dan pada saat yang sama BK juga jatuh, apa masuk akal hal tsb ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
46awang dan 23 lainnya memberi reputasi
24 0
24
Lihat 24 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 24 balasan
Tulis Dalang G30S Belum Jelas, Ruangguru Diancam Dilaporkan Polisi
28-09-2020 14:06
nama peristiwa aja sudah salah, yang benar itu gestok bukan g30s. dalangnya siapa? memang nggak jelas, yang disidang cuma yang diduga operator. yang dituduh sebagai dalang dieksekusi tanpa pengadilan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
46awang dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Tulis Dalang G30S Belum Jelas, Ruangguru Diancam Dilaporkan Polisi
28-09-2020 14:08
Mereka cuman nonton pilem nya doank, gak lihat kultur gaya bahasa.
Seperti nya ada rahasia dibalik pilem emoticon-Ngakak padahal sudah dijabarkan dengan jelas.
Klo bingung, paling gampang klean nonton nya sambil ngantuk, itu malah jelas dan tidak keliru tafsir. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Tulis Dalang G30S Belum Jelas, Ruangguru Diancam Dilaporkan Polisi
28-09-2020 14:16
karena itu jaman engkong jadi sampe sekarang byk jg yang meragukan sebetulnya dalang yang benernya siapa
apa lagi jaman nya si engkong itu, jadi pasti byk yg mikir itu adalah sejarah yang di buat karena saat itu si engkong yang berkuasa, tapi bukan fakta sebenarnya
tapi mau tau fakta sebenarnya jg gmn caranya .. supersemar aja ga jelas ada dmn .. klo ketemu jadi byk tanda tanya keasliannya juga
ga mau ikut campur, males ngurusin sejarah jg..mending mikiri gmn masa depan, sejarah jg ga bakal bs di ubah sekalipun fakta sebenarnya terungkap, karena semua uda lewat dan orang2nya jg uda pada ga ada emoticon-Shutup
Diubah oleh Banned.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Tulis Dalang G30S Belum Jelas, Ruangguru Diancam Dilaporkan Polisi
28-09-2020 14:22
yg udah mati diributin, nih yg masih pada idup

Tulis Dalang G30S Belum Jelas, Ruangguru Diancam Dilaporkan Polisi
Tulis Dalang G30S Belum Jelas, Ruangguru Diancam Dilaporkan Polisi
Tulis Dalang G30S Belum Jelas, Ruangguru Diancam Dilaporkan Polisi
Diubah oleh kureno23q
profile-picture
profile-picture
profile-picture
46awang dan 18 lainnya memberi reputasi
19 0
19
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Tulis Dalang G30S Belum Jelas, Ruangguru Diancam Dilaporkan Polisi
28-09-2020 14:27
Yang paling mengganjal dengan peristiwa G30S PKI adalah kalau benar PKI berusaha mengkudeta Presiden Sukarno dan Suharto adalah Pimpinan TNI yang berusaha menggagalkan kudeta tersebut

Kenapa hasil akhirnya adalah Suharto menggulingkan presiden Sukarno dan Sukarno ditempatkan dalam tahanan di Istana nya dengan tuduhan bekerjasama dengan PKI ????
Kemudian Suharto menjadi presiden dan memulai regim Orde Baru
profile-picture
profile-picture
profile-picture
46awang dan 18 lainnya memberi reputasi
19 0
19
Lihat 23 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 23 balasan
Tulis Dalang G30S Belum Jelas, Ruangguru Diancam Dilaporkan Polisi
28-09-2020 14:30
buku sejarah versi Penguasa...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Rendykkuya dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Tulis Dalang G30S Belum Jelas, Ruangguru Diancam Dilaporkan Polisi
28-09-2020 14:31
Ruang guru ma cs nya pdip
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan 6 lainnya memberi reputasi
5 2
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Tulis Dalang G30S Belum Jelas, Ruangguru Diancam Dilaporkan Polisi
28-09-2020 14:46
Goreng sampe gosong...

emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Tulis Dalang G30S Belum Jelas, Ruangguru Diancam Dilaporkan Polisi
28-09-2020 14:53
Ya makanya, biar jelas, buka arsip sidang mahmillub.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Tulis Dalang G30S Belum Jelas, Ruangguru Diancam Dilaporkan Polisi
28-09-2020 14:56
Gara gara soeharto

Ribut trsemoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
renofizaldy dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tulis Dalang G30S Belum Jelas, Ruangguru Diancam Dilaporkan Polisi
28-09-2020 14:59
Jadi inget pepatah kuno dari uganda,
"sejarah ditulis oleh pemenang"




































emoticon-raining
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Tulis Dalang G30S Belum Jelas, Ruangguru Diancam Dilaporkan Polisi
28-09-2020 15:01
Dasar Komunis Atheis, Anti Islam

Diubah oleh therminust
profile-picture
profile-picture
profile-picture
renofizaldy dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Tulis Dalang G30S Belum Jelas, Ruangguru Diancam Dilaporkan Polisi
28-09-2020 15:03
Bulan depan juga udah ga ada yang bahas isu ginian lagi,
Setaun lagi baru rame gitu terus deh sampe ibukota amerika pindah ujungkulon.
Tahun ini ga terlalu panas sih isunya,orang lagi pusing mikirin kantong jebol karna covid
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tulis Dalang G30S Belum Jelas, Ruangguru Diancam Dilaporkan Polisi
28-09-2020 15:04
isu sensitif agenda tahunan yang rame dibahas setiap bulan september. ya udah laporin aja biar masing2 pihak menyediakan bukti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agus774 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia