News
Batal
KATEGORI
link has been copied
23
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f7170b3337f93212b3d7157/puluhan-konfederasi-dan-federasi-serikat-pekerja-bakal-mogok-nasional
Puluhan pimpinan Konfederasi dan Federasi Serikat Pekerja menyepakati untuk melakukan mogok nasional sebagai bentuk penolakan terhadap omnibus law RUU Cipta Kerja. Kesepakatan ini diambil setelah mendengarkan pandangan dari masing-masing serikat pekerja, dalam rapat bersama di Jakarta, Minggu (28/9). Di mana Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menjelaskan, bahwa rapat
Lapor Hansip
28-09-2020 12:12

Puluhan Konfederasi dan Federasi Serikat Pekerja Bakal Mogok Nasional

Puluhan pimpinan Konfederasi dan Federasi Serikat Pekerja menyepakati untuk melakukan mogok nasional sebagai bentuk penolakan terhadap omnibus law RUU Cipta Kerja.

Kesepakatan ini diambil setelah mendengarkan pandangan dari masing-masing serikat pekerja, dalam rapat bersama di Jakarta, Minggu (28/9). Di mana Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menjelaskan, bahwa rapat bersama ini dihadiri pimpinan KSPI, KSPSI AGN, serta perwakilan 32 federasi serikat pekerja. Di antaranya beberapa federasi yang tergabung dalam KSPSI pimpinan Yorrys seperti SP LEM. Termasuk aliansi serikat pekerja seperti GEKANAS (Gerakan Kesejahteraan Nasional) yang beranggotakan 17 federasi.

Mogok nasional akan dilakukan secara konstitusional dengan tertib dan damai, direncanakan akan dilakukan selama tiga hari berturut-turut, dimulai pada tanggal 6 Oktober 2020 dan diakhiri pada saat sidang paripurna yang membahas RUU Cipta Kerja tanggal 8 Oktober 2020.

“Dalam mogok nasional nanti, kami akan menghentikan proses produksi. Di mana para buruh akan keluar dari lokasi produksi dan berkumpul di lokasi yang ditentukan masing-masing serikat pekerja di tingkat perusahaan,” ujar Said Iqbal dalam siaran persnya, Senin (28/9/2020).

“Dasar hukum secara konstitusional mogok nasional ini adalah menggunakan dua undang-undang, yaitu UU No 9 tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum (Demonstrasi) dan UU No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Para buruh tentu akan mengikuti prosedur dari dua undang-undang tersebut,” lanjutnya.

Mogok nasional dengan menyetop produksi ini akan diikuti kurang lebih 5 juta buruh di ribuan perusahaan di 25 provinsi dan 300 kabupaten/kota. Melibatkan beberapa sektor industri seperti kimia, energi, pertambangan, tekstil, garmen, sepatu, otomotif dan komponen, elektronik dan komponen, industri besi dan baja, farmasi dan kesehatan, percetakan dan penerbitan, industri pariwisata, industri semen, telekomunikasi, pekerja transportasi, pekerja pelabuhan, logistik, perbankan, dan lain-lain.

Mogok nasional ini dilakukan sebagai bentuk protes buruh Indonesia terhadap pembahasan RUU Cipta Kerja yang dinilai lebih menguntungkan pengusaha. Misalnya dibebaskannya penggunaan buruh kontrak dan outsourcing di semua jenis pekerjaan dan tanpa batasan waktu, dihilangkannya UMSK, hingga pengurangan nilai pesangon.

“Sejak awal kami meminta agar pelindungan minimal kaum buruh yang ada di Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan jangan dikurangi. Tetapi faktanya omnibus law mengurangi hak-hak buruh yang ada di dalam undang-undang eksisting,” kata Said Iqbal.

Sebagai pra mogok nasional, buruh Indonesia juga berencana melakukan aksi unjuk rasa setiap hari yang pelaksanaannya direncanakan akan dimulai tanggal 29 September hingga 8 Oktober 2020. Selain itu, bersama dengan elemen yang lain, buruh juga akan melakukan aksi nasional serentak di seluruh Indonesia yang direncanakan tanggal 1 Oktober dan 8 Oktober. Di Ibukota, sasaran aksi buruh adalah Istana Negara, Kantor Menko Perekonomian, Kantor Menteri Ketenagakerjaan, dan DPR RI. Sedangkan di daerah, aksi akan dipusatkan di kantor Gubernur atau DPRD setempat.

“Ketika aksi-aksi yang kami lakukan tidak ditanggapi, puncaknya kami akan melakukan mogok nasional yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia sebagaimana kami jelaskan di atas,” tegasnya.

Secara bersamaan, saat sidang paripurna untuk mengesahkan RUU Cipta Kerja tanggal 8 Oktober 2020, selain mogok nasional menghentikan proses produksi di tingkat pabrik, puluhan ribu buruh se-Jawa juga akan melakukan demonstrasi di Gedung DPR RI selama berlangsungnya sidang paripurna.

Lebih lanjut dia menyampaikan, bahwa pihaknya akan mengajak elemen-elemen lain untuk bergabung dalam pemogokan umum ini. Faktanya mayoritas buruh Indonesia menolak omnibus law. Karena itu, pihaknya optimis seruan mogok nasional ini akan diikuti oleh hampir semua serikat pekerja di Indonesia. Bahkan tidak menutup kemungkinan buruh yang tidak berserikat pun akan ikut melakukan pemogokan.

“Selain dari buruh, berbagai elemen juga siap untuk melakukan aksi bersama untuk menolak omnibus law RUU Cipta Kerja adalah mahasiswa, petani, nelayan, masyarakat sipil, masyarakat adat, penggiat lingkungan hidup, penggiat HAM, dan lain-lain,” pungkasnya.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Puluhan Konfederasi dan Federasi Serikat Pekerja Bakal Mogok Nasional
28-09-2020 12:18
nasib buruh diujung tanduk, sekalian bawa sebanyak mungkin org untuk senasib. mantep n lanjutkeun.
0 0
0
Puluhan Konfederasi dan Federasi Serikat Pekerja Bakal Mogok Nasional
28-09-2020 12:24
pengangguran sih gampang mau mogok kerja
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Puluhan Konfederasi dan Federasi Serikat Pekerja Bakal Mogok Nasional
28-09-2020 12:25
Apa ? emoticon-Bingung mogok ??
Emang pandemik ginih klean kerja ?,
emoticon-Blue Guy Bata (L) klean kudu mogok, bgsd !
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Puluhan Konfederasi dan Federasi Serikat Pekerja Bakal Mogok Nasional
28-09-2020 12:25
Dalam masa pandemi harusnya saling pengertian bre. Antara pekerja dan pengusaha. Kasihan lah ini negara dah mau masuk resesi. Jgn dibikin pusing lagi. Nt pakdhe jokowi jadi bingung. Phk makin banyak, pengangguran bejibun. Padahal beliau janji berjuta" lapangan pekerjaan akan tersedia.

Turunkan ego. Ini msh pandemi. Wayaje prihatin bos. Rak wayahe foya" tur berboros-boros. Tengok kebawah jgn keatas. Rak nyampe bos.


profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan dogot memberi reputasi
2 0
2
Puluhan Konfederasi dan Federasi Serikat Pekerja Bakal Mogok Nasional
28-09-2020 12:27
Udah pada ke singapore atau malaysia atau ke luar jawa?
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Puluhan Konfederasi dan Federasi Serikat Pekerja Bakal Mogok Nasional
28-09-2020 12:27
Pecat jalah, ganti fresh graduate yg semangat kerja dan tidak terikat organisasi manapun alias profesional.
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Puluhan Konfederasi dan Federasi Serikat Pekerja Bakal Mogok Nasional
28-09-2020 12:29
Pendemi kayak gini msh ribut aja

Tuh pengusaha byk yg stressemoticon-Hammer2
Gara gara pendemiemoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Puluhan Konfederasi dan Federasi Serikat Pekerja Bakal Mogok Nasional
28-09-2020 12:37
cari makan udah susah mau di suruh mogok kerja? mau bayarin mereka pake apa bang
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan wen12691 memberi reputasi
3 -2
5
Puluhan Konfederasi dan Federasi Serikat Pekerja Bakal Mogok Nasional
28-09-2020 12:39
Phk massal
Ganti pake robot emoticon-Smilie
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Puluhan Konfederasi dan Federasi Serikat Pekerja Bakal Mogok Nasional
28-09-2020 12:44
Tanpa demo2 dunguk aja phk udah banyak...perushaan bedarah2...lah ini kok goblok sih...saeddd saeddd.. emoticon-No Hope
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Puluhan Konfederasi dan Federasi Serikat Pekerja Bakal Mogok Nasional
28-09-2020 12:46
Silakan mogok

Tapi jangan nuntut gaji

Hati2 koronak

emoticon-Cool
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Puluhan Konfederasi dan Federasi Serikat Pekerja Bakal Mogok Nasional
28-09-2020 12:54
sumber e ndi iki?

emoticon-Big Grin emoticon-coffee
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1 0
1
Puluhan Konfederasi dan Federasi Serikat Pekerja Bakal Mogok Nasional
28-09-2020 13:25
Lagi-lagi Said Iqbal emoticon-Embarrassment

Mau mogok? Ya silahkan....lha wong satu-persatu tumbang kok emoticon-Big Grin

Puluhan Konfederasi dan Federasi Serikat Pekerja Bakal Mogok Nasional
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Puluhan Konfederasi dan Federasi Serikat Pekerja Bakal Mogok Nasional
28-09-2020 13:29
Kata perusahaan lumayanlah ada alasan tuk pecat banyak karyawan.emoticon-Leh Uga
profile-picture
screamo37 memberi reputasi
1 0
1
Puluhan Konfederasi dan Federasi Serikat Pekerja Bakal Mogok Nasional
28-09-2020 13:41
abis ini banyak pengangguran emoticon-Leh Uga
0 0
0
Puluhan Konfederasi dan Federasi Serikat Pekerja Bakal Mogok Nasional
28-09-2020 14:31
silahkan mogok saja... hari gini nyari kerja sulit setengah mati
profile-picture
Rendykkuya memberi reputasi
1 0
1
Puluhan Konfederasi dan Federasi Serikat Pekerja Bakal Mogok Nasional
28-09-2020 15:11
mogok aja lah kalian , sekalian saja nambah kacau wong udah gak ada yg bisa di kerjakan gara2 covid emoticon-Ngacir
0 0
0
Puluhan Konfederasi dan Federasi Serikat Pekerja Bakal Mogok Nasional
28-09-2020 18:15
gpp mogok, emang lg ga ada kerjaan juga. pabrik2 lagi minim orderan.... emoticon-Hammer2
0 0
0
Puluhan Konfederasi dan Federasi Serikat Pekerja Bakal Mogok Nasional
28-09-2020 23:45
Buruh mogok otomatis perusahaan berhenti kegiatannya.
Ngga usah pake acara mogok, saat ini aja sdh luar biasa beratnya bagi perusahaan.
Silahkan mogok, nanti kl perusahaan jadi berhenti & rugi silahkan minta makan sama si iqbal aja...done.
0 0
0
Puluhan Konfederasi dan Federasi Serikat Pekerja Bakal Mogok Nasional
29-09-2020 03:46
udh mau d phk mogok emoticon-Leh Uga aneh
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia