Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
76
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f7138fc349d0f28a2027530/help-cara-nolak-ketika-sodara-sendiri-minta-pinjem-uang
Langsung aja gan ane punya sodara parasit gan doyan ngutang, ibunya juga doyan ngutang udah banyak utang kredit sampe asset nya itu ludes ratusan juta cuma buat bayar cicilan. Sodara ane juga gitu gan gaji pas pasan tapi doyan ngutang, terakhir dia punya cicilan motor sport pdhl gaji dia umr dan punya bini akhirnya motornya nunggak dan ditarik leasing. adik sepupu ane aja yg lulusan stm kerja dipa
Lapor Hansip
28-09-2020 08:14

HELP cara nolak ketika sodara sendiri minta pinjem uang

Langsung aja gan ane punya sodara parasit gan doyan ngutang, ibunya juga doyan ngutang udah banyak utang kredit sampe asset nya itu ludes ratusan juta cuma buat bayar cicilan.

Sodara ane juga gitu gan gaji pas pasan tapi doyan ngutang, terakhir dia punya cicilan motor sport pdhl gaji dia umr dan punya bini akhirnya motornya nunggak dan ditarik leasing.

adik sepupu ane aja yg lulusan stm kerja dipabrik berani dihutangin ama sodara ane berkali kali gan, bayangin aja lulusan kuliah S1 sering ngutang ke buruh pabrik lulusan stm, dan sampe skrg utangnya dia ke sepupu ane ini blm lunas.

ini dia ga punya self control terhadap financial jadi dia ga punya saving money walopun dia dah punya anak 2 gan.

waktu ane dahulu nih belum kerja aja dia berani nelpon minta pinjem duit apalagi sekarang nih ane dah kerja gan, bayangin aja orang yg dah kerja disebuah perusahaan minta pinjem duit ke orang yg masih kuliah belum kerja sama sekali.

Ane pengen banget gan bahagia dengan gaji ane semisal ane jalan2 ato beli2 asset, dan barang2 kesukaan kek skrg ane lagi ngumpulin duit buat beli iphone xr dan ipad 7/mini 5 tp nanti kalo dia tau ane punya barang bagus pasti dia gatel dan minta pinjem ke gw gan, apalagi kalo tau gw belinya cash semua.

kalo temen yg pinjem sih gw berani nolak secara terang terangan ato kasar tp kalo sodara sendiri sih ane agak gimana gitu gan kalo mo nolak terang2an apalagi keliatan banget ane punya gaji lumayan gede dan berada gan.

Ane udah punya pengalaman buruk ama utang piutang jadi ane pengen hidup tenang dg menghindari utang piutang gan, duit ane pernah kagak balik dipinjemin temen.

Menurut agan gimana ya cara nolaknya biar sodara ane bisa memaklumi setidaknya?

masalahnya ane ama sodara ane ini bisa dibilang deket banget gan sering maen bareng gitu tapi habbit dia yg ane ga suka itu "pengen terlihat kaya" padahal aslinya kere gan sampe rela ambil utang cicilan dan ngutang ke mana mana juga.

masa iya ane harus pura2 miskin terus sih gan biar sodara ane maklumin ane ga bisa minjemin, ane juga pengen bahagia dengan penghasilan ane sendiri tanpa ada parasit, pengen beli gadget terbaru, ipad, beli emas, beli saham perusahaan, beli ini itu juga tapi kalo sodara ane tau ane ini punya barang bagus bahkan punya tabungan banyak pasti dia jadi kucing garong yg dateng kelaparan minta ikan.

Ane sih tetep keukeuh apapun yang terjadi misal dia lg kesusahan apapun ga mau ngasih pinjem krn pengalaman orang lain yg nolongin ngasih pinjem sodaranya yg puluhan juta karena anaknya sakit aja tetep ga balik tuh duit, toh dia juga punya bokap ama nyokapnya koq.

Ane sih orangnya sangat malu kalo sampe minjem duit maka dari itu ane sih harus punya tabungan yg cukup biar hidup anw ga nyusahin orang dengan minta pinjem duit.


yang punya sodara/sanak keluarga doyan ngutang bisa share dimari juga gan emoticon-Cendol Gan
Diubah oleh maizsa
profile-picture
delia.adel memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
HELP cara nolak ketika sodara sendiri minta pinjem uang
28-09-2020 09:16
Klo kasus ane sih ane tolak..

Tp ga tau sih, mungkin kondisi kita beda...

Sepupu : minjem uangnya dong, 100rb aja
Me : bilang mama ku dulu sana, aku kan msh biayain mereka

Gajadi minjem emoticon-Ngacir
0 0
0
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
HELP cara nolak ketika sodara sendiri minta pinjem uang
28-09-2020 09:58
hmm...
mungkin bisa bilang ke sodaranya, uangnya mau dipake.

atau tolak, dan maki maki sodara ente, contoh: eh sukijan ngutang mulu lo, jangan ngutang kalo bayarnya cuma pake janji, lo kira cari duit gampan...dst.

niscaya sodara ente gak akan ngutang, dan resikonya sodara ente menjauh dengan perasaan dendam yang menggelora di dalam dada.

emoticon-Ngacir
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
HELP cara nolak ketika sodara sendiri minta pinjem uang
28-09-2020 11:10
banyak koq alesan utk menolak pinjemin duit dgn cara halus gan,
misalnya blg aja lagi engga ada uang, bilang agan lagi butuh duit jg, blg duitnya udh kepake dan banyak alesan lainnya
tp yg paling sih jgn bergaul sama type parasit seperti itu gan,
jadi org yg suka menolong memang baik tp harus memikirkan masa depan utk lebih baik itu lebih penting
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
HELP cara nolak ketika sodara sendiri minta pinjem uang
28-09-2020 11:32
Tolak langsung. Apalagi udah tau tabiatnya begitu. Kalau hubungan persaudaraan sampai renggang atau rusak, bukan salah ente tapi salah saudara ente yang anggap ente cuma obyek yang bisa diutangin dan dijauhin saat ga mau kasih utangan.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
HELP cara nolak ketika sodara sendiri minta pinjem uang
28-09-2020 12:06
Pertama, mau apresisasi dulu sama agan yang beli apa2 sudah bisa cash, karena dengan segala kemudahan mencicil jaman sekarang, jarang orang yg masih mau bayar cash, lebih milih nyicil sana sini.

Kedua, masalah hutang, lebih baik jujur aja, apa adanya. Selama cara penyampaian agan bagus, harusnya mereka mengerti, dan jika mereka tidak mengerti juga, maka itu semua diluar tanggung jawab agan sebagai saudara. Kecuali mereka butuh hutang untuk biaya yg urgent seperti biaya rumah sakit atau apa.

Bilang saja agan baru saja kerja, agan lagi menabung untuk bisa membeli rumah misalnya, dan kebutuhan jangka panjang di masa depan.

Tapi kalo strategi saya adalah, jika saya memang tidak suka dengan seseorang yg selalu hutang dan ga dibalikin, jika lagi ada duit saya selalu tetap meminjamkan orang tersebut TAPI maksimal hanya 1/4 dari nominal yang diminta.

Contoh : Si A yg tukang ngutang mau minjem 1jt, karena ane tau dia tukang ngutang dan gabakal dibayar ni utangnya, jadi saya hanya pinjamkan 250rb, dengan alasan diatas seperti ada rencana jangka panjang, dll. Nah duit 250rb itu sudah saya anggap ikhlaskan, karena kemungkinan dia balikinnya kecil.

Jadi, besok2 saat dia mau utang lagi, dia pasti mikir kalo utang kemarin aja belom dia bayar, dan jika dia tetap datang lagi untuk minjem duit, tinggal minta maaf aja kalo lu gabisa dan sebutin aja utang dia kemarin yg belom dibayar
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
HELP cara nolak ketika sodara sendiri minta pinjem uang
28-09-2020 12:37
Jangan kasih gan
Mending ngasih pinjem ke ane emoticon-Betty
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
HELP cara nolak ketika sodara sendiri minta pinjem uang
28-09-2020 13:37
Klo lu dekat sering sama dia itu cuma masalah perasaan
Tapi klo menyangkut duit anak sama orng tua bs saling gugat
Jd sebenarnya ente bs ceplas ceplos ngomongny
Klo dia mo minjam lg blg aja Tidak...

Semangkin byk ente buat alasan Semangkin susah nolakny
Jd katakan tidaaaaak no alasan

Begitu dia ngomong mo ngutang
Bilang aja tidak..
Diubah oleh Jonchan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
HELP cara nolak ketika sodara sendiri minta pinjem uang
28-09-2020 16:42
Hayyyyyy
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
HELP cara nolak ketika sodara sendiri minta pinjem uang
28-09-2020 17:07
Tipikal dia menurut saya,
Lu kasih sekali.. dia akan terus nyari lu...

Lu kasih dikit,dia bilang duit segitu buat lu yg penghasilanya gedhe pasti gak berarti.
Dia akan terus dan terus jadi parasit..apalagi lu gak enakan.


To the point aja sama dia.

"Ini gua kasih lu sekian...gua bisa bantu sekian...gua ikhlasnya sekian... gak usah dibalikin..karena kita masih sodara..
Tapi gua minta ini yg terakhir buat lu ngomong duit ke gua...

Gua gak mau duit jadi pemutus atau bikin kita kaya orang yang gak kenal..lu pasti tau juga kan,duit gak kenal sodara.
Gua gak mau kita kaya begitu..duit ya duit..sodara ya sodara..



Gituin gan..


Kalau dia masih jadi parasit ke lu, bilang yang di atas lagi..

Gua tau lu butuh duit sekarang,
Tapi dulu gua udah pernah bilang,jgn ngomong duit ke gua.

Bukan gua gak percaya sama lu , atau lu gak balikin duit gua ntar.

Tapi,lu tau duit gak kenal saudara. Gua gak mau kita kaya gini.

Paham.


Cobain gan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
HELP cara nolak ketika sodara sendiri minta pinjem uang
28-09-2020 20:13
aye jugaan lemah kalau masalah enih...selalu nyasih walaupun kaga dibayar dah..karena aye mikir masih saudaraan dah
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
HELP cara nolak ketika sodara sendiri minta pinjem uang
28-09-2020 21:07
Kl ane biasanya gni gan, ada orang (temen, kenalan, saudara) siapalah.. Mau pinjem uang 1jt, karena alesan ini itu, ane bilang kl sejuta g ada, nih ada 300rb buat ente aja sklian bantu2. Jadi bukan minjem, tp ane ngasih ke mereka sesuai dengan kemampuan ane.

Jadi ane g usah pusing2 nagih, atau mikir kapan dibalikin.
Next, kl mau minjem lg lebih simpel. Kemarin kan dah dikasih uangnya. Jadi mereka gak enak kl misalkan dah dkasih tp masih mau minjem atau bahkan hutang.

Dan sejauh ini hidup malah aman dan tentram gan, daripada minjemin tp g balik2.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
HELP cara nolak ketika sodara sendiri minta pinjem uang
28-09-2020 21:18
Jangan lembek gan, duid gak kenal sodara, jadi susah sendiri ente
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
HELP cara nolak ketika sodara sendiri minta pinjem uang
28-09-2020 23:17
Kalo pengalaman pribadi ane, pinjemin dulu sodara agan barang 500 ribu aja. Kalo kasus ane kaga balik tu duit walaupun udah ane tagih sekali. Tapi dengan begitu, sepupu aneh jadi gak pinjem ane lagi karena masih punya utang yang belom dibayar. Solusinya pinjemin dulu dikit tapi diem2 relain, jadi buat tameng utang2 berikutnya gitu lho
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
HELP cara nolak ketika sodara sendiri minta pinjem uang
29-09-2020 02:21
Pinjemin aj, trus bilang mo balikin
tgl dan bln brp

Klo gk di balikin iklasin ja
and jgn ksi pinjem lgi,

Klo dia mw pinjem lgi bilang ja yg kmaren ja lom bayar
0 0
0
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
HELP cara nolak ketika sodara sendiri minta pinjem uang
29-09-2020 12:05
Kalo mo beli barang y beli aja. Klo dy tau trus mo pinjem uang bilang aja uangnya udah kepake bwt beli. Besok2 klo dy mo minjem bilang uangnya kepake bwt bayar cicilan. Walaupun beli cash bilang aja nyicil.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
HELP cara nolak ketika sodara sendiri minta pinjem uang
29-09-2020 15:12
Ya udah bilang aja gak bisa, ngak usah banyak alesan

Itu lebih baek, jangan kasih alesan walo dia nanya alesannya, senyumin aja,
0 0
0
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
HELP cara nolak ketika sodara sendiri minta pinjem uang
29-09-2020 16:01
bilang aja lagi byk kebutuhan
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
HELP cara nolak ketika sodara sendiri minta pinjem uang
29-09-2020 16:47
ane juga paling males klo di utangin
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
HELP cara nolak ketika sodara sendiri minta pinjem uang
29-09-2020 16:59
(1) gausa posting foto2 glamor kek orang berduit
(2) jawab aja ga ada uang. toh isi kantongmu ga ada yang tau selama kamu ga posting macem2 mereka ga bisa suuzon beneran kamu ga ada.
(3) kalo tepaksa kasi aja 100 tapi gausa ditagih
profile-picture
wisudajuni memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
HELP cara nolak ketika sodara sendiri minta pinjem uang
29-09-2020 19:41
Pengalaman gw sih gini bray.. misal dia butuh 2 juta, kita pinjemin aja sejuta, dan gak usah di tagih,( dalam hati anggap hilang aja itu duit, ikhlasin), tapi sama dia biarkan saja di hitung sebagai utang..
Setelah itu biasanya dia gak akan berani utang lagi, klo pun masih nekat mau utang nte tinggal jawab waduh gak ada duit lagi cuy.. eh utang lu yg kemaren kek mana ? Gw lagi butuh nih Sambil lu senyum licik..
Intinya harus rela berkorban dikit.. jadi gak ada bahan omongan sodara, bahwa kita itu pelit sodara susah gak mau bantu.. (pengalaman gw pribadi yg gw jalanin dan ternyata sukses)
profile-picture
wisudajuni memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
teruntuk-aku-dan-kamu
Stories from the Heart
langit-pun-bisa-gelap
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Heart to Heart
Heart to Heart
sedih
Stories from the Heart
suatu-saat-akun-offline
B-Log Collections
Stories from the Heart
nasi-goreng-kampung
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia