Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
7
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f70a55b263772677d36f9d1/meditasi-pemula
Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang untuk membantu menenangkan pikiran. Meditasi merupakan kegiatan melatih fokus pikiran agar merasa tetap tenang. Meditasi sendiri, bisa dilakukan dimana saja, selama itu nyaman. Hal ini bisa dilakukan dengan hanya duduk tenang dan mengatur pernapasan selama 15 menit. Ketika seseorang mengalami stres, maka tubuh akan melepaskan hormon yang menyebabkan detak
Lapor Hansip
27-09-2020 21:44

MEDITASI PEMULA

MEDITASI PEMULA


Meditasi bisa dipelajari oleh setiap orang untuk membantu menenangkan pikiran. Meditasi merupakan kegiatan melatih fokus pikiran agar merasa tetap tenang.

Meditasi sendiri, bisa dilakukan dimana saja, selama itu nyaman. Hal ini bisa dilakukan dengan hanya duduk tenang dan mengatur pernapasan selama 15 menit.
Ketika seseorang mengalami stres, maka tubuh akan melepaskan hormon yang menyebabkan detak jantung, aliran darah, dan tekanan darah meningkat. Dengan melakukan meditasi, maka detak jantung dan aliran darah akan menjadi normal kembali.

Selain itu, meditasi juga efektif untuk mengaktifkan gelombang di otak yang berperan untuk konsentrasi, ingatan, dan kesadaran. Meditasi juga dipercaya mampu menghasilkan emosi positif yang merangsang efek bahagia.

Ada beberapa jenis meditasi yang bisa dilakukan, yang paling familiar yaitu yoga. Secara umum, meditasi dibagi menjadi dua berdasarkan tekniknya. Meditasi konsentrasi, dimana kita akan fokus pada satu suara,tarikan napas, atau kata-kata yang diucapkan. Dan meditasi kesadaran, dimana kita akan sadar dengan perasaan, pikiran, atau suara yang melintas pada pikiran.

Berikut, beberapa tahapan cara meditasi untuk pemula :

1. Cari Posisi Ternyaman

Pilih posisi dan tempat paling nyaman untuk melakukan meditasi. Pastikan kita bisa berkonsentrasi dengan baik. Jika berada di ruangan untuk membuat tubuh lebih rileks kita bisa menyalakan lilin dengan aroma terapi, dan matikan lampu agar lebih bisa berkonsentrasi.
Gunakan juga bantal untuk duduk di lantai. Dengan menggunakan bantal maka akan menjaga tubuh kita tetap tegak dan tidak membungkuk.

2. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Pakailah pakaian yang nyaman,
saran : jangan gunakan pakaian dengan bahan jeans dan ketat.

3. Buat Tubuh Rileks

Tutup kedua mata dan ambil nafas lewat hidung, lalu hembuskan berlahan. Lakukan hal ini selama beberapa menit sampai tubuh benar-benar rileks. Rasakan energi positif masuk ke dalam tubuh dan saat menghela nafas bayangkan semua stres atau pikiran yang mengganggu ikut terbuang.

4. Buang semua pikiran negatif

Sembari mengatur nafas, buang jauh-jauh juga semua pikiran negatif yang ada. Maka, alam bawah sadar kita secara tidak langsung membantu melepaskan semua energi negatif yang ada di kepala.

5. Fokuskan Perhatian Pada Nafas

Fokuskan perhatian pada hal-hal positif. Dengan berkonsentrasi penuh dengan tarikan dan hembusan nafas. Cobalah berkonsentrasi pada nafas dengan cara yang nyaman, misal dengan suara nafas.

6. Amati nafas kita

Fokus dan amati setiap hembusan nafas kita sadari nafas dengan merasakannya.

Konsentrasi

Selama proses meditasi pasti ada masa dimana kita memikirkan hal-hal lain. amati saja pikiran-pikiran itu namun jangan tenggelam bersama pikiran itu..
Perlahan-lahan akan menghilang dengan sendirinya.

Meditasi memberikan ketenangan jiwa dan pikiran, sehingga membuat emosi menjadi lebih stabil. Manfaat ini bisa didapatkan dalam aktivitas sehari-hari apabila kita rutin melakukan meditasi.
Meditasi juga dapat meningkatkan imun ditubuh kita.

Untuk kesehatan emosional meditasi juga bermanfaat untuk :
- Mendukung kemampuan fokus
- Mengurangi emosi
- Mengurangi pikiran negatif
- Meningkatkan kesadaran diri
- Meningkatkan kualitas tidur
- Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
- Melatih diri untuk mengelola stres

Tips Melakukan Meditasi
- Matikan lampu sebelum memulai meditasi agar lebih konsentrasi.
- Lakukan meditasi rutin sebelum tidur agar lebih rileks dan bersemangat saat bangun tidur
- Dengarkan musik yang lembut untuk membantu agar lebih rileks
- Jangan makan makanan yg berat 1-2 jam sebelum Meditasi.
- Lakukan Pernafasan Yoga/Pernafasan Perut
- Minum segelas air mineral sesudah meditasi.

Semoga bermanfaat, Semoga Anda Sehat selalu πŸ˜ŠπŸ™
-Soundar
Diubah oleh soundaraakhen
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan eaexpertist memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
MEDITASI PEMULA
28-09-2020 02:08

Meditasi Pemula

Mantap πŸ‘
Diubah oleh eaexpertist
0 0
0
MEDITASI PEMULA
28-09-2020 02:36

WAKTU TERBAIK UNTUK MELAKUKAN YOGA DAN MEDITASI

MEDITASI PEMULA

T: Sadhguru, apa pentingnya melakukan latihan tertentu sebelum matahari terbit atau setelah matahari terbenam?

Sadhguru: Latihan seperti Surya Namaskar dan Shiva Namaskar harus dilakukan pada masa transisi ini, di zona senja/twilight zone antara malam dan siang. Selama sandhya Kalas, sekitar saat matahari terbit dan terbenam, semuanya dalam keadaan perubahan yang terus menerus (flux). Jika engkau berlatih pada waktu itu, kemampuan untuk melampaui keterbatasan tubuh akan lebih baik karena energi hidupmu dalam keadaan berubah-ubah. Itulah salah satu aspeknya.

APAKAH SAAT PANAS? BUKAN WAKTU TERBAIK!

Aspek lain adalah bahwa semua latihan ini menghasilkan sejumlah ushna. Tidak ada padanan untuk kata β€œushna” dalam bahasa Inggris, tetapi biasanya diterjemahkan sebagai panas. Panas, bukan dari segi suhu tetapi sebagai salah satu dari tiga aspek - yang lain adalah sheeta dan pitta - yang mengendalikan berbagai fungsi dalam sistem manusia. Jika engkau memiliki ushna berlebih, atau dengan kata lain, jika samat prana mu tinggi, engkau merasa tubuhmu panas, tetapi jika engkau mengukur suhu tubuh, itu normal. Ushna tidak seperti demam - ini adalah pengalaman panas.

Karena yoga berkembang di daerah beriklim tropis di India, kami selalu mengatakan bahwa semua latihan yoga harus dilakukan sebelum jam 8:30 pagi atau setelah jam 4:00 atau 4:30 sore.

Samat prana atau samana vayu bertugas menjaga kehangatan tubuh. Seorang yogi selalu ingin menjaga tubuh sedikit di sisi yang lebih hangat karena panas juga menunjukkan intensitas dan dinamisme. Jika tubuh mendingin di bawah titik tertentu, itu menciptakan kelembaman dalam sistem. Hampir semua latihan dirancang untuk membawamu ke kondisi yang agak lebih tinggi daripada orang biasa. Ranah yang lebih tinggi tidak berarti tingkat metabolisme yang lebih tinggi. Jika metabolisme menjadi tinggi, engkau akan kelelahan secara fisik.

Ketika energimu berada di ranah yang lebih tinggi, tubuhmu akan berfungsi pada kecepatan yang lebih lambat. Kita dapat membuktikan ini kepadamu dalam waktu tiga hingga enam minggu - jika engkau melakukan latihan tertentu dan mendapatkan energimu ke tingkat tertentu, faktor fisiologismu akan tenang dan bergerak dengan kecepatan yang lebih lambat. Ketika energimu rendah, tubuhmu cenderung bergerak dengan kecepatan yang lebih tinggi untuk menjaga proses kehidupan berjalan, yang akan menguras sistem. Jika fungsi tubuhmu berjalan pada kecepatan tertentu, pikiranmu akan menjadi gila, dan yang terpenting, itu akan mengurangi umurmu.

Kita sadar bahwa melakukan latihan-latihan akan meningkatkan ushna dalam sistem. Jika suhu di luar tinggi dan ushna naik melampaui titik tertentu, itu akan menyebabkan kerusakan sel. Itulah sebabnya praktek yoga selalu dilakukan pada jam-jam yang lebih sejuk. Antara siang dan malam, ada transisi yang mengurangi gesekan dalam sistem, dan oleh karena itu, latihan akan menghasilkan lebih sedikit ushna. Karena yoga berkembang di daerah beriklim tropis di India, kami selalu mengatakan bahwa semua praktik yoga harus terjadi sebelum jam 8:30 pagi atau setelah jam 4:00 atau 4:30 sore.

WAKTU TRANSISI DALAM YOGA DAN MEDITASI

Dengan latihan yoga, engkau mencoba membentuk kembali dirimu. Engkau mungkin sangat menghormati dan menghargai orang tuamu, tetapi engkau tidak ingin berakhir hanya dengan bagaimana mereka telah membuatmu, atau hanya seperti apa adanya mereka. Engkau ingin menjadi sesuatu yang berbeda atau lebih. Jika engkau hanya membentuk kembali dirimu secara psikologis dan emosional, pada suatu titik dalam hidupmu, engkau akan jatuh kembali. Ada banyak orang yang, ketika mereka berusia 18 tahun, mengatakan "Tidak mungkin!" dan memberontak terhadap orang tua mereka, tetapi pada saat mereka berusia 45 tahun, mereka berjalan, duduk, berbicara, dan bersikap seperti mereka, karena perubahan mental hanya akan sejauh itu.

Jika engkau ingin menjadi makhluk masa depan, perlu untuk membentuk kembali dasar-dasar siapa dirimu. Itulah yang kita coba lakukan dengan latihan-latihan yoga - kita ingin mengubah diri kita menjadi sesuatu yang sama sekali berbeda.

Perubahan sikap tidak akan bertahan lama. Setelah beberapa waktu, ketika situasi kehidupan berubah dan engkau menjadi kurang sadar, engkau akan jatuh kembali. Jika engkau mengatakan dirimu memang seperti itu karena ayahmu seperti itu atau karena itu ada dalam gen mu, berarti engkau adalah makhluk masa lalu. Jika engkau ingin menjadi makhluk masa depan, perlu untuk membentuk kembali dasar-dasar siapa dirimu. Itulah yang kita coba lakukan dengan latihan-latihan yoga - kita ingin mengubah diri menjadi sesuatu yang sama sekali berbeda.

Waktu terbaik untuk melakukan ini adalah selalu saat sandhya ketika energi di planet ini mengalami transisi tertentu dan gesekan dalam sistem sangat berkurang, yang memungkinkan penataan ulang terjadi dengan lebih mudah. Ada aspek-aspek lain untuk itu, tetapi ini adalah dua alasan paling mendasar mengapa yoga dilakukan pagi dan sore.

BRAHMA MUHURTA - WAKTU TERBAIK UNTUK KEMAJUAN SPIRITUAL

Jika engkau mencari kemajuan spiritual yang dramatis, engkau harus melakukan latihan yoga sebelum matahari terbit, yang biasanya berarti memulai latihan di Brahma Muhurta, yang merupakan kuartal terakhir malam - di mana saja antara pukul 3:30 pagi hingga 5:30 atau 6:00 pagi, atau kapanpun pun saat matahari terbit. Pada saat itu, ada proses tertentu yang secara alamiah engkau sadari jika engkau melakukan latihan dengan cara tertentu. Jika engkau melakukan yoga asanas, setelah biologimu menyesuaikan diri dengan biologi planet ini, setiap pagi, engkau akan bangun sendiri antara 3:20 dan 3:40.

Brahma Muhurta adalah waktu terbaik bagi dirimu untuk melakukan latihan jika engkau ingin melampaui sifat fisikmu atau mengetahui dimensi yang kita sebut sebagai dimensi spiritual.

Ini bukan pengakuan, tapi itu seharusnya menjadi kebanggaan bagiku - ketika aku masih kecil, dan bahkan ketika diriku menjadi sedikit lebih dewasa, aku tidak bisa bangun di pagi hari, tidak peduli apa yang terjadi. Butuh upaya selama satu jam dari semua anggota keluarga untuk membangunkanku. Setelah beberapa waktu, mereka menyerah memanggilku karena aku tetap tidur meskipun telah dilakukan semua panggilan. Karena dengan cara mengguncang tubuhku juga tidak berhasil, mereka akan membuat diriku duduk - aku akan duduk dan tertidur lagi.
Lalu mereka akan menyeretku keluar dari tempat tidur. Ibuku akan menempelkan pasta gigi pada sikat dan memberikannya kepadaku. Aku akan menempelkannya di mulutku dan tidur. Setelah aku menyikat gigi, dia akan berkata, "Mandi sebelum engkau pergi ke sekolah." Aku akan pergi ke kamar mandi, duduk di sana, dan tertidur. Begitu aku bangun, engkau tidak bisa menghentikanku, tetapi membangunkanku adalah sesuatu yang lain. Jika tidak ada yang membangunkanku, aku akan tidur sampai tengah hari. Hanya ketika aku terlalu lapar, aku akan bangun - jika tidak, tidak ada lagi yang akan membangunkanku.

Aku mulai berlatih yoga pada usia 11, dan setelah sekitar 12 hingga 18 bulan, itu mulai terjadi, dan telah terjadi sejak saat itu, sehingga ketika aku pertama kali bangun dan memeriksa waktu, selalu sebelum jam 3:40. Aku dapat memilih untuk bangun atau berbaring lagi tergantung pada jam berapa aku pergi tidur, tetapi setiap hari, tidak peduli di zona waktu mana diriku berada, untuk setidaknya satu saat, aku bangun pada waktu itu, karena begitu engkau melakukan hal-hal tertentu dengan sistemmu, biologimu selaras dengan biologi planet ini. 3:40 bukan waktu yang ditemukan seseorang - ada sesuatu di dalam sistem manusia yang terhubung ke planet ini dan akan membuatmu bangun.
Brahma Muhurta adalah waktu terbaik bagimu untuk melakukan latihan jika engkau ingin melampaui sifat fisikmu atau mengetahui dimensi yang kita sebut spiritual. Tetapi jika engkau hanya mencari kesehatan fisik, maka sandhya kala di sekitar matahari terbit adalah waktu terbaik untuk melakukan latihan.

~ Sadhguru ❀️

Waktu Terbaik untuk Berlatih Yoga

Waktu-waktu tertentu dalam sehari mendukung seorang pencari
dengan cara tertentu. Lima waktu paling signifikan adalah empat sandhyas (transisi), dan
dini hari Brahma Muhurtam.

Brahma Muhurtam
3:40 - 3:50 pagi

Matahari terbit
5:40 pagi - 6:20 pagi

Tengah hari
11:40 - 12:20 siang

Matahari terbenam
17:40 - 18:20

Tengah malam
11:40 - 12:20 pagi

Sandhyas: 20 menit sebelum dan sesudah matahari terbit, matahari terbenam,siang hari dan tengah malam. Sandhya adalah masa transisi
ketika ada kesempatan untuk melakukan proses balancing.
Jika Anda mencari kesehatan fisik, sandhya kala sekitar saat matahari terbit adalah waktu terbaik.

Brahma Muhurtam: Ini adalah saat yang tepat untuk memulai sadhana yang anda telah mendapatkan inisiasinya. Itu berlangsung dari
3:40 hingga 3:50 pagi. Ini waktu untuk melakukan latihan jika anda mencari kemajuan spiritual yang dramatis dan ingin mengetahui dimensi yang disebut spiritual.

-KYN
@soundaraakhen
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
MEDITASI PEMULA
02-10-2020 19:32
Aku coba dulu
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Komik & Ilustrasi
wisanggeni-lahir
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia