Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
85
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f706ade7414f5021a79e9e1/konstruksi-rel-riggenbach-cara-belanda-mengakali-lembah-di-sumatera-barat
Selamat pagi, siang, malam dimanapun agansis berada  :welcome :welcome :welcome Agansis semua pasti sudah tidak asing lagi mendengar kereta api, kebanyakan rel kereta api yang kita temui selama ini pasti kebanyakan datar kayak dibawah ini... Sumber: Dokumen Pribadi Tapi tau gak agansis, di Indonesia terdapat rel kereta yang konstruksinya bergerigi. ah yang bener gan, masa iya :rolleyes:rolleyes
Lapor Hansip
27-09-2020 17:35

Konstruksi Rel Riggenbach, Cara Belanda Mengakali Lembah di Sumatera Barat

icon-verified-thread
Konstruksi Rel Riggenbach, Cara Belanda Mengakali Lembah di Sumatera Barat
Selamat pagi, siang, malam dimanapun agansis berada 

emoticon-welcomeemoticon-welcome emoticon-welcome

Agansis semua pasti sudah tidak asing lagi mendengar kereta api, kebanyakan rel kereta api yang kita temui selama ini pasti kebanyakan datar kayak dibawah ini...
Rel Kereta Api Datar

Tapi tau gak agansis, di Indonesia terdapat rel kereta yang konstruksinya bergerigi. ah yang bener gan, masa iya emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)


Konstruksi Rel Riggenbach, Cara Belanda Mengakali Lembah di Sumatera Barat

Kondisi daerah Sumatera Barat yang berupa lembah dan perbukitan membuat pemerintah Belanda menggunakan teknologi yang sedikit berbeda daripada biasanya, yaitu menggunakan Konstruksi Riggenbach, Konstruksi Riggencah sendiri yaitu sistem rel kereta gerigi yang dikembangkan oleh konstruktir  asal Swiss Niklaus Riggenbach pada tahun 1817-1899. Rel kereta bergerigi ini hanya terdapat 2 di Indonesia, di Ambarawa dan Sumatera Barat. Rel ini dapat kita jumpai di atas jalan Raya Padang-Bukittinggi.

Pada zaman pemerintahan Belanda, setidaknya di Sumatera Barat terdapat 2 model jenis rel kereta yang digunakan yaitu rel biasa (adhesi ban)dan rel bergerigi (tandrad ban).  Pada jalur kereta api di Sumatera Barat, setidaknya ada total 33,8 km rel bergerigi yang membelah lembah anai sampai Danau Singkarak. 
Rel Bergerigi





Rel tersebut dilalui oleh salah satu jembatan yang terkenal di Sumatera Barat yaitu Jembatan Lembah Anai, bagian bawah jembatan dengan konstruksi beton ini memiliki bentuk setengah lingkaran yang berfungsi sebagai penampang.

Jembatan sudah terdaftar sebagai salah tinggalan cagar budaya ini memiliki panjang 85 meter, tinggi 14,75 meter dan lebar bagian bawah sepanjang 5 meter.
Jembatan Lembah Anai

 
Namun rel kereta tersebut pada saat ini sudah tidak aktif lagi, karena jalur kereta api tersebut sudah lama tidak aktif, disamping itu kondisi gerigi yang sudah tidak layak untuk digunakan. 

Masyarakat Sumatera Barat banyak berharap rel ini dapat diaktifkan kembali, selain dapat menjadi destinasi wisata karena alam nya yang indah, rel ini juga dapat diharapkan dapat menyambung antar satu kota dengan kota lainnya di Sumatera Barat.

Terimakasih sudah mampir

Jangan lupa

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star



Diubah oleh aldo.salam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Konstruksi Rel Riggenbach, Cara Belanda Mengakali Lembah di Sumatera Barat
27-09-2020 17:39
Drpd nganggur dikilo aja bre emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gojek24jam dan 2 lainnya memberi reputasi
0 3
-3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Konstruksi Rel Riggenbach, Cara Belanda Mengakali Lembah di Sumatera Barat
27-09-2020 17:39
Indah ya emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gojek24jam dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Konstruksi Rel Riggenbach, Cara Belanda Mengakali Lembah di Sumatera Barat
27-09-2020 17:43
Awak acok lalu disiko kalau nio ka Padang emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gojek24jam dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Konstruksi Rel Riggenbach, Cara Belanda Mengakali Lembah di Sumatera Barat
27-09-2020 17:44
Sumbar ini alamnya bagus y.. Daerah pegunungan terus bawahnya pantai emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
oikos80 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Konstruksi Rel Riggenbach, Cara Belanda Mengakali Lembah di Sumatera Barat
27-09-2020 17:45
Sering lewat, apalagi dekat lembah anai emoticon-Matabelo
profile-picture
gojek24jam memberi reputasi
0 1
-1
Konstruksi Rel Riggenbach, Cara Belanda Mengakali Lembah di Sumatera Barat
27-09-2020 17:47
Emang keren ya kolonial, kondisi daerah kayak gitu bisa bangun rel emoticon-Matabelo
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Konstruksi Rel Riggenbach, Cara Belanda Mengakali Lembah di Sumatera Barat
27-09-2020 17:56
Masih kalah sama yg maskerin patung sama bikin peti mati buat lawan korona..
eh iya 1 lago belo toa buat ngatasin banjir emoticon-Leh Uga
profile-picture
aldo.salam memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Konstruksi Rel Riggenbach, Cara Belanda Mengakali Lembah di Sumatera Barat
27-09-2020 20:55
udah ngga terawat ya.. padahal ada potensi pariwisata..
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan aldo.salam memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Konstruksi Rel Riggenbach, Cara Belanda Mengakali Lembah di Sumatera Barat
27-09-2020 21:20
Ane pernah liat gan, tapi cuma lewat aja gak singgah 😅
profile-picture
aldo.salam memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Konstruksi Rel Riggenbach, Cara Belanda Mengakali Lembah di Sumatera Barat
27-09-2020 21:51
Ketemu orang Madura, habis tu besi dikiloin
profile-picture
aldo.salam memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Konstruksi Rel Riggenbach, Cara Belanda Mengakali Lembah di Sumatera Barat
28-09-2020 00:56
blanda bangun infrastruktur kualitas dunia

Gk pakek ngutang
emoticon-Ngakak
profile-picture
pulaukapok memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Konstruksi Rel Riggenbach, Cara Belanda Mengakali Lembah di Sumatera Barat
28-09-2020 02:10
The power of teknologi, the best emoticon-Ngakak
profile-picture
aldo.salam memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Konstruksi Rel Riggenbach, Cara Belanda Mengakali Lembah di Sumatera Barat
28-09-2020 03:34
Ini trek sama ndak ya kaya di jalur Ambarawa Bedono. Nail trun bukit2.

Sekarang kaya'e masih jalan tp u/ kereta wisata.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Konstruksi Rel Riggenbach, Cara Belanda Mengakali Lembah di Sumatera Barat
28-09-2020 06:30
Bisa direparasi kembali gan agar bisa dimanfaatkan kembali dengan baik. Berhubung memang saat ini negeri ini banyak membangun rel dan jalan tol, tapi tampaknya ke depan sudah tidak lagi.
profile-picture
profile-picture
katsuragi.ngrho dan aldo.salam memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Konstruksi Rel Riggenbach, Cara Belanda Mengakali Lembah di Sumatera Barat
28-09-2020 10:05
Semoga bisa difungsikan lg..
Naek kereta jarak jauh enak ya..
Cuman pernah ngerasain jkt-bdg aja..
Kalo KRL sih udah bosen..
profile-picture
katsuragi.ngrho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Konstruksi Rel Riggenbach, Cara Belanda Mengakali Lembah di Sumatera Barat
28-09-2020 16:59
Sangat disayangkan relnya udah ga aktif, padahal kalau aktif pasti keren banget
0 0
0
Konstruksi Rel Riggenbach, Cara Belanda Mengakali Lembah di Sumatera Barat
28-09-2020 17:20
Kalau bisa banyakit trit ttg Sumatera barat gan aldo
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Konstruksi Rel Riggenbach, Cara Belanda Mengakali Lembah di Sumatera Barat
28-09-2020 22:28
Pengen maen ke sana sekaligus nemuin calon mama mertuaemoticon-Mewek
profile-picture
aldo.salam memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Konstruksi Rel Riggenbach, Cara Belanda Mengakali Lembah di Sumatera Barat
28-09-2020 23:28
Jaman dulu orang luar negeri tuh emang udah berpikiran visioner yaa soal bangunan-bangunan, bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan
profile-picture
aldo.salam memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia