others
Batal
link has been copied
141
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6fe8a7af7e9345c937b6c9/coc-reg-cirebon-uniknya-masjid-di-kota-udang
Selain keraton-keraton yang kental dengan akulturasi budaya Jawa, ada beberapa bangunan masjid dengan nuansa berbeda dan unik dari kebanyakan masjid yang ada. Nah, kali ini ane mau mengajak GanSist berwisata literasi ke masjid-masjid unik yang ada di Cirebon, dan kental dengan sejarah. Masjid apa sajakah itu? Yuk, lanjut.
Lapor Hansip
27-09-2020 08:19

[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Assalamu'alaikum GanSist. Selamat datang di thread ane.


Bagaimana nih, kondisi di daerah kalian setelah sekian lama PSBB dan mulai memasuki masa new normal? Ane do'akan, semoga GanSist semua selalu sehat wal 'afiat ya.

Ngomong-ngomong soal new normal, nih, beberapa fasilitas umum sudah mulai dibuka dan masyarakat sudah mulai banyak yang menggunakannya. Meski demikian, protokol kesehatan tetap harus diterapkan, ya, GanSist.

Nah, kalian gimana? sudah berencana jalan-jalan atau pergi berwisata belum? Bagi kalian yang di wilayah Jawa Barat atau Jawa Tengah, dan sedang mencari rekomendasi objek wisata bangunan bersejarah, ane punya usul, nih. Kalian bisa banget berkunjung ke kota Cirebon.

Kota Cirebon, selain terkenal terasi udang juga empal gentongnya, juga terkenal dengan bangunan-bangunan yang bersejarah. Di Cirebon terdapat keraton-keraton peninggalan Walisongo, yang dahulunya tempat beliau-beliau yang berjasa pada penyebaran agama Islam ini bermeditasi.

Jangan heran kalau kalian melihat bangunannya, GanSist. Karena, meskipun sudah berumur ratusan tahun, tetapi bangunan masih terawat dengan apik.

Selain keraton-keraton yang kental dengan akulturasi budaya Jawa, ada beberapa bangunan masjid dengan nuansa berbeda dan unik dari kebanyakan masjid yang ada.

Nah, kali ini ane mau mengajak GanSist berwisata literasi ke masjid-masjid unik yang ada di Cirebon, dan kental dengan sejarah. Masjid apa sajakah itu? Yuk, lanjut.


Quote:
1. Masjid Al Athyah (Masjid Merah Panjunan)

[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
kompasiana

Masjid ini terletak di kelurahan Panjunan, kecamatan Lemahwungkuk, Cirebon. Tepatnya di Kampung Arab. Disebut Kampung Arab karena mayoritas penduduknya adalah keturunan Arab yang sudah menetap sejak lama di Indonesia, dan tinggal di Cirebon.

Sesuai dengan namanya, masjid ini memiliki ornamen berwarna merah. Bangunannya terbuat dari batu bata merah, juga hiasan interior dinding yang di dominasi warna merah.

[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
ruangan dalam masjid Panjunan

Secara fisik, bangunan ini tidak terlihat seperti masjid kebanyakan, melainkan lebih mirip dengan rumah khas Jawa yang bernuansa Hindu. Hal tersebut bukan tanpa alasan. Sebelum Walisongo menyebarkan agama Islam, Penduduk Cirebon merupakan pemeluk agama Hindu. Para wali Allah menggunakan pendekatan tersebut untuk mengenalkan Islam, agar Islam dapat diterima secara luwes oleh penduduknya.

Selain bentuk keseluruhan, ornamen dindingnya pun menggunakan piring-piring kecil khas Tiongkok. Hal ini yang menjadikan masjid merah ini sebagai simbol akulturasi budaya.

[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
ornamen piring kecil khas Tiongkok

Masjid yang didirikan oleh Sunan Gunung Jati pada tahun 1480 ini memiliki pintu utama yang unik dan filosofis. Saat memasuki pintu utama, kita harus menundukkan kepala karena ukuran pintu yang rendah. Konon, hal ini dimaksudkan sebagai pengingat terhadap jama'ah sholat, agar senantiasa tawadhu. Hmm, masuk akal juga ya, GanSist.

Nama merah sendiri, bukan semata-mata karena warna dari bangunan tersebut. Namun, ada histori di balik ini. Konon, salat Jum'at dilaksanakan di Masjid ini, tetapi suatu ketika, ada larangan untuk melakukan salat Jum'at di sana. Hingga saat ini, kita tidak akan menemukan jama'ah salat Jum'at di masjid ini. Sebagai gantinya, jama'ah dialihkan ke masjid Agung Sang Cipta Rasa. Sejak saat itu, masjid ini disebut masjid merah, GanSist. Unik juga ya sejarah namanya.


Quote:
2. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
Gerbang masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid kedua adalah masjid Agung Sang Cipta Rasa yang merupakan masjid tertua kedua di Cirebon setelah masjid merah Panjunan. Pembangunannya dilakukan pada tahun yang sama, yaitu 1480 Masehi hanya berbeda beberapa bulan saja.

[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
ukiran unik pada batu pualam di mihrab masjid

Sunan Kalijaga sendiri yang mendesign arsitekturnya, beliau menggandeng Raden Sepat yang saat itu tengah menjadi tawanan perang antara Demak-Majapahit.

[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
ornamen bagian dalam yang unik

Konon, bangunannya dikerjakan oleh 500 orang prajurit Demak, Majapahit, dan Cirebon dalam waktu 1 malam. Luar biasanya, bangunan tersebut masih tetap berdiri kokoh hingga saat ini.

[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
ukiran unik pada gerbang

Masjid yang terletak di jalan keraton kasepuhan 43 ini, memiliki keunikan yang membuat pengunjung takjub. Setiap azan sholat Jum'at, dilakukan oleh tujuh Muadzin.
[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
Azan pitu


Ada cerita yang melatarbelakangi hal tersebut. Suatu hari ba'da sholat subuh di hari Jum'at, masjid diserang Aji Menjangan Wulung, kemudian untuk menghalaunya, dilakukanlah azan bersamaan dari tujuh muadzin, yang berdampak pula pada berpindahnya ku'bah ke masjid Banten.

Sejak saat itu, setiap akan sholat Jum'at selalu dikumandangkan azan bersamaan dari tujuh orang muadzin.


[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
interior yang kental nuansa jawa


Di sebelah utara beranda masjid terdapat dua kolam air. Di tempat inilah, konon wali songo mengambil air wudhu. Warga mempercayainya sebagai sumur keramat dan airnya berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Warga sekitar menyebutnya dengan banyu ci/sumur ci

[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
Air zam-zam Cirebon

Sumber mata air ini juga disebut-sebut sebagai zam-zam Cirebon. Karena kondisi airnya yang begitu jernih dan sumber yang tidak pernah kering



Quote:

3. Masjid Bambu As Shomad

[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
Masjid As Shomad tampak depan

GanSist, setelah kita berkeliling dan bercengkerama dengan keunikan kedua masjid di atas, ane masih punya satu lagi nih, masjid yang nggak kalah unik.

[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
ornamen bebatuan pada mimbar dan hiasan kerang pada dinding sisi mihrab memberi kesan mewah di bagian dalam.

Kalo masjid merah material bangunannya dari batu bata merah, kemudian masjid Agung Sang Cipta Rasa terbuat dari kayu, masjid yang satu ini terbuat dari bambu, GanSist.

[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
susunan bambu yang sedemikian rupa pada dinding membuat sirkulasi udara lancar dan menyejukkan juga menambah kental suasana pedesaan.

Gimana, sudah terbayang kan, betapa sejuknya saat kaki melangkah ke dalamnya?

Bukan hanya itu saja, suasana alamnya pun diperkuat dengan banyak pohon besar yang menaungi masjid dari berbagai sisi. Arsitekturnya sengaja dibuat sealami mungkin, untuk menciptakan suasana pedesaan di Cirebon.

[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
masjid dikelilingi dengan pohon besar yang rindang

Masjid yang tiang-tiangnya terbuat dari bambu ini dibangun pada tahun 2015 Wah, lumayan baru juga ya, GanSist.

Meski kota Cirebon terkenal panas, masjid bambu sejuk di tengah kota ini bisa mengobati gerah ya, GanSist. Pasti akan semakin nyaman dan khusyu' menjalankan ibadah.

[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
sambungan antar bambu disatukan menggunakan tali ijuk menambah kesan tradisional dan klasik

Keseluruhan arsitekturnya terbuat dari bambu. Plafon yang merupakan anyaman bambu, dan ditutup dengan ijuk sebagai atapnya, juga dinding-dinding yang terbuka, membuat sirkulasi udara bebas keluar masuk, sehingga udara di dalamnya begitu sejuk, membuat pengunjung dan jama'ah sholat betah berlama-lama melakukan ibadah.


Itulah ketiga masjid unik di kota Cirebon versi ane, GanSist. Bagaimana, tertarik untuk mampir sholat atau ingin merencanakan waktu untuk berkunjung ke sana?

Sekian thread ane kali ini, semoga bermanfaat dan menambah kecintaan terhadap kekayaan budaya Indonesia, provinsi Jawa Barat, dan kota Cirebon khususnya.

Jangan lupa rate, cendol, dan ceritakan pengalaman GanSist berkunjung ke masjid unik di kolom komentar ya.

Terima kasih

Belajar Bersama Bisa.


🌼🌼🌼




Sumber :

Opini pribadi
Detik.com
Kompasiana
Kumparan
Diubah oleh detyry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
japarina dan 28 lainnya memberi reputasi
29
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
27-09-2020 08:33
Pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
27-09-2020 08:33
Singgahnya sahabat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
27-09-2020 08:33
Yuk share pengalaman kalian berkunjung ke masjid unik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andrabedy dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
27-09-2020 09:03
Wah, bener" masjid yg unik ini. Misalkan wisata religi bisa jadi referensi ini. Keren.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andrabedy dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
27-09-2020 10:00
Subhanallah Masjidnya luar biasa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andrabedy dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
27-09-2020 11:34
Semoga masjidnya tetap berdiri kokoh selamanya.amin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andrabedy dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
27-09-2020 12:19
Masjidnya unik-unik ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andrabedy dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
27-09-2020 17:49
Quote:Original Posted By miniadila
Wah, bener" masjid yg unik ini. Misalkan wisata religi bisa jadi referensi ini. Keren.


Banget, harus mampir kalo ke Cirebon.

Quote:Original Posted By trifatoyah
Subhanallah Masjidnya luar biasa


Masya Allah ya Bunda, mengingatkan perjuangan para pendahulu dalam syi'ar Islam.

Quote:Original Posted By gustiarny
Semoga masjidnya tetap berdiri kokoh selamanya.amin


Aamiin ya Rabb. Terima kasih hadirnya, Sist.

Quote:Original Posted By Anna471
Masjidnya unik-unik ya


Betul. Terima kasih hadirnya, Sist.

profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
28-09-2020 16:01
Manjing ning masjid SCR bener2 gawe merinding yakin emoticon-Takut
Kaya ana aura2 kang sejen kah emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andrabedy dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
28-09-2020 16:02
Cirebon emang dr dulu dikenal sbg pusat persebaran agama islamnya, dan ya unik2 bgt masjidnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andrabedy dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
28-09-2020 16:09
oh ini pernah denger juga pembahasannya di tv lokal.
profile-picture
profile-picture
andrabedy dan detyry memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
28-09-2020 16:13
Quote:Original Posted By MirrorBoy
Manjing ning masjid SCR bener2 gawe merinding yakin emoticon-Takut
Kaya ana aura2 kang sejen kah emoticon-Takut

bokat ana arwah siluman Menjangan Wulung liwat...emoticon-Big Grin
profile-picture
detyry memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
28-09-2020 16:59
keren banget. contoh nyata akulturasi nih
profile-picture
detyry memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
28-09-2020 17:13
Sunan Abu Daud meriwayatkan , Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Abdullah Al Khuza’i telah menceritakan kepada kami Hammad bin Salamah dari Ayyub dari Abu Qilabah dari Anas dan Qatadah dari Anas bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Tidak akan tiba Hari Kiamat sampai manusia bermegah-megahan dalam membangun Masjid.”


Banyak masjid mewah, tapi isinya kebanyakan foto2 doang
Atau masjid besar tapi isinya dikit
Diubah oleh MAQ375
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan detyry memberi reputasi
2 0
2
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
28-09-2020 17:15
keren banget sih ini arsitekturnya, dari depannya aja udah unik banget ternyata dalemnya juga, keliatan adem banget
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan detyry memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
28-09-2020 17:19
Masjidnya bangunannya unik, sama kaya akan cerita sejarah. Keren. Jadi pengen main kesana emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan detyry memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
28-09-2020 17:53
kangen cirebonn jadinya gannnnn emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan detyry memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
28-09-2020 18:18
keren ya gan.. doadin ane bs jalan2 kesana
profile-picture
profile-picture
detyry dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
28-09-2020 18:28
Arsitekturnya mindblown banget.
Apalagi pas liat tiang tiang bertumpuk di dalam masjidnya emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
detyry dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[Coc. Reg. Cirebon] Uniknya Masjid di Kota Udang
28-09-2020 18:43
Wah ane pernah tuh ke Masjid Agung SCR sekalian masuk keratonnya. Btw ane dari jogja :v kayaknya kayukayu yg malang melintang di dalam masjid pada awal dibangun tidak ada, namun sekarang sengaja dibuat untuk mencegah roboh karena usia. Cmiiw
profile-picture
detyry memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
B-Log Collections
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia