News
Batal
KATEGORI
link has been copied
94
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6e645de83c722fa01283d0/jokowi-tolak-pilkada-2020-ditunda-juru-wabah-katanya-kesehatan-nomor-satu
Ahli epidemiologi dari Universitas Griffith, Dicky Budiman, meminta agar pemerintah menunda Pilkada 2020 yang direncanakan berlangsung pada 9 Desember 2020. Menurutnya, pesta demokrasi tersebut berpotensi menciptakan klaster penularan virus corona baru, mengingat Indonesia saat ini diklaim masih berada dalam masa krisis pandemi. Menurut Dicky, Pilkada 2020 perlu ditunda setidaknya hingga tiga bula
Lapor Hansip
26-09-2020 04:42

Jokowi Tolak Pilkada 2020 Ditunda, Juru Wabah: Katanya Kesehatan Nomor Satu?

Jokowi Tolak Pilkada 2020 Ditunda, Juru Wabah: Katanya Kesehatan Nomor Satu?

Ahli epidemiologi dari Universitas Griffith, Dicky Budiman, meminta agar pemerintah menunda Pilkada 2020 yang direncanakan berlangsung pada 9 Desember 2020. Menurutnya, pesta demokrasi tersebut berpotensi menciptakan klaster penularan virus corona baru, mengingat Indonesia saat ini diklaim masih berada dalam masa krisis pandemi.

Menurut Dicky, Pilkada 2020 perlu ditunda setidaknya hingga tiga bulan, atau ketika Indonesia telah berhasil mengendalikan pandemi corona. Dengan kondisi terkendali, Indonesia tak hanya bisa melangsungkan Pilkada 2020, tetapi juga aktivitas lain secara aman.

"Jadi, saya sih mengajukannya begitu. Kita kendalikan. Ini, kalau betul-betul sungguh-sungguh sebetulnya dalam waktu setidaknya 2-3 bulan, pandemi ini bisa terkendali, misalnya, di Jawa saja, 3 bulan. Bisa, asal strateginya dijalankan betul-betul dan tepat," kata Dicky kepada kumparanSAINS, Senin (21/9).

Di tengah desakan berbagai pihak untuk pemerintah menunda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, Presiden Jokowi bersikukuh bahwa pesta demokrasi tersebut tetap berlangsung sesuai jadwal.

Menurut Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman, Jokowi menolak agar Pilkada 2020 ditunda dan tetap digelar Desember mendatang. Sebab, menurut Jokowi, Pilkada 2020 tak bisa menunggu kepastian kapan pandemi berakhir.

"Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 tetap sesuai jadwal, 9 Desember 2020, demi menjaga hak konstitusi rakyat, hak dipilih dan hak memilih," kata Fadjroel dalam keterangan yang diterima kumparan, Senin (21/9).
"Presiden Joko Widodo menegaskan penyelenggaraan Pilkada tidak bisa menunggu pandemi berakhir, karena tidak satu negara tahu kapan pandemi COVID-19 akan berakhir," ujarnya.

Lebih lanjut, Fadjroel mengatakan bahwa banyak negara lain di dunia yang tetap menjalankan pemilu di tengah pandemi corona. Menurut dia, Indonesia bisa menjadikan hal ini sebagai contoh.
Ia pun mengingatkan, yang terpenting protokol kesehatan harus dijalankan secara ketat di dalam tiap tahapan Pilkada 2020. Hal ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan terjadi lonjakan penyebaran atau klaster saat pilkada digelar.

Kondisi pandemi corona di Indonesia sendiri saat ini belum terkendali. Hal ini ditandai dengan gagalnya capaian sejumlah indikator epidemiologi, mulai dari tes yang minim hingga positivity rate yang tinggi.

Berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan, misalnya, Indonesia baru memeriksa tes swab PCR 1.743.000 orang. Jumlah tersebut membuat Indonesia hanya punya rasio tes swab PCR 6.455 orang per satu juta penduduk, di mana kita jadi salah satu negara terendah dalam kategori ini. Dari jumlah tes swab PCR tersebut, sebanyak 832.772 orang di antaranya (47,77 persen dari total nasional) hanya berasal dari Jakarta.

Selain itu, Indonesia dalam sepekan terakhir mencatat positivity rate tes swab PCR sebesar 15,8 persen. Jumlah tersebut 3 kali lebih besar ketimbang batas minimum yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mensyaratkan suatu wilayah memiliki positivity rate di bawah 5 persen.

Dengan rapor merah tersebut, Dicky ragu imbauan protokol kesehatan cukup untuk mencegah jatuhnya korban jiwa dari Pilkada 2020 akibat COVID-19.
"Bukan hanya Pilkada itu berpotensi menjadi klaster-klaster, yang artinya akan memakan korban kematian. Potensi kematian ada ya dalam klaster-klaster ini, yang artinya orang-orang akan menjadi korban," kata Dicky.

"Walaupun memastikan adanya protokol, ya protokol ini dilakukan di atas kondisi yang belum terkendali. Jadi, yang namanya protokol kesehatan itu akan efektif ketika strategi utamanya sudah dilakukan dengan optimal. Ketika itu belum terkendali ya tetap akan terjadi," sambungnya.


Dicky menjelaskan, setidaknya ada dua contoh negara yang bisa menjalankan pemilu di tengah pandemi corona. Kedua negara tersebut adalah Korea Selatan dan Sri Lanka.
Namun Dicky menekankan, kedua negara tersebut telah berhasil mengontrol kondisi pandemi di wilayah mereka, tidak seperti Indonesia. Dengan demikian, Indonesia tidak bisa serta-merta merujuk kesiapan Pilkada di tengah pandemi seperti negara lain.

"Kondisi kedua negara itu ketika melakukan pemilu jauh lebih terkendali dari kondisi Indonesia saat ini," kata Dicky. "Ini artinya tidak sama kondisinya dengan kondisi Indonesia saat ini."

Senada dengan Dicky, epidemiolog dari Universitas Indonesia, Pandu Riono, juga menganggap bahwa penundaan Pilkada 2020 adalah solusi terbaik ketimbang dijalankan sesuai rencana. Pandu pun mempertanyakan komitmen Jokowi yang, pada awal September lalu, menyebut kalau kesehatan jadi fokus nomor satu pemerintah saat ini.

"Hebat Pak Jokowi, katanya mau menomorsatukan kesehatan?" kata Pandu kepada kumparanSAINS, Senin (21/9).

Pandu menilai, masalah Pilkada 2020 di tengah pandemi corona terletak pada cara pemilihan yang mengharuskan adanya kerumunan orang, mulai dari kampanye hingga pendaftaran saat pemilihan.
Ia pun menekankan bahwa, jika Pilkada gagal untuk mencegah adanya kerumunan orang, jumlah kasus COVID-19 di Indonesia bakal melonjak dari yang diprediksi oleh Tim FKM UI.

"Jadi boleh aja kalau mau Pilkada, tapi nggak boleh ngumpulin massa sama sekali. Yang bikin masalah kan proses Pilkada di Indonesia itu harus pakai kerumunan orang, dari pendaftaran, rombongan orang-orang, nanti kampanye juga gitu," kata Pandu.

"Nanti kalau ada Pilkada, ada kerumunan, itu bisa tinggi sekali (kenaikan kasus), karena itu masyarakat berkumpul kan," sambungnya.

Indonesia sendiri saat ini telah mencapai tambahan kasus harian corona sebanyak lebih dari 4.000 kasus, dalam dua hari berturut-turut. Jumlah ini sesuai dengan salah satu skenario prediksi Tim FKM UI pada Juli 2020, yang memprediksi bahwa Indonesia akan mencapai 4.000 kasus COVID-19 per hari pada September 2020.

Skenario prediksi ini, yang ternyata telah menjadi fakta, merupakan skenario terburuk yang dibuat oleh Tim FKM UI. Menurut mereka, skenario terburuk ini bakal terjadi jika pemerintah tidak serius dalam menjalankan tes, lacak, isolasi, serta masyarakat tidak disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan

https://m.kumparan.com/kumparansains...FBNZRsuxG/full

Suara anda dibutuhkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Jokowi Tolak Pilkada 2020 Ditunda, Juru Wabah: Katanya Kesehatan Nomor Satu?
26-09-2020 04:45
nomor 1 setelah pilkadaemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoshitake dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Jokowi Tolak Pilkada 2020 Ditunda, Juru Wabah: Katanya Kesehatan Nomor Satu?
26-09-2020 04:48
telah lahir pahlawan ekonomi dan pariwisata lebih 10 ribu jiwa ... mau melahirkan berapa puluh ribu lagi pahlawan konstitusi jok?
Diubah oleh yosiyahu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Jokowi Tolak Pilkada 2020 Ditunda, Juru Wabah: Katanya Kesehatan Nomor Satu?
26-09-2020 05:02
Hahahaha . Ngak usah heran .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shotgunBlues dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Jokowi Tolak Pilkada 2020 Ditunda, Juru Wabah: Katanya Kesehatan Nomor Satu?
26-09-2020 05:27
Jokowi konsisten kok emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoshitake dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jokowi Tolak Pilkada 2020 Ditunda, Juru Wabah: Katanya Kesehatan Nomor Satu?
26-09-2020 05:29
hahahaha ngomong kesehatan no 1 ujungnya ngibul deui... bohong lagi... gak bosen2 cebong2 dikibulin...

makanya pas dulu si masker Dagu ini ngomong di media katanya kesehatan harus diprioritaskan.... Gw dah feeling pasti ujungnya NGIBUL lagi dan cebong2 tetep belain as usual
emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
octrisany dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Jokowi Tolak Pilkada 2020 Ditunda, Juru Wabah: Katanya Kesehatan Nomor Satu?
26-09-2020 05:30
Ibadah haji ditunda, libur lebaran IdulFitri jg di tunda, orang mw mudik jg dilarang

Pilkadal tidak ada tunda2

Taik lah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
octrisany dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Jokowi Tolak Pilkada 2020 Ditunda, Juru Wabah: Katanya Kesehatan Nomor Satu?
26-09-2020 05:31
Kena prank lage emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak



Jokowi Tolak Pilkada 2020 Ditunda, Juru Wabah: Katanya Kesehatan Nomor Satu?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
octrisany dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jokowi Tolak Pilkada 2020 Ditunda, Juru Wabah: Katanya Kesehatan Nomor Satu?
26-09-2020 05:38
Waduh ya bener lah jgn di tunda. Orang dikit lagi anak ama mantu bakal resmi jadi kok. Duit udh keluar, pendukung udh dibayar, laskar cebong siap nyoblos. Masa ditunda. Nanti dulu kalau mau orasi kesehatan, menang sulu tenang dulu. Baru fokus kesehatan lagi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
devi.jon dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Jokowi Tolak Pilkada 2020 Ditunda, Juru Wabah: Katanya Kesehatan Nomor Satu?
26-09-2020 05:50
asal bisa menjamin tegaknya protokol kesehatan saja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harsontol dan 4 lainnya memberi reputasi
1 4
-3
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Jokowi Tolak Pilkada 2020 Ditunda, Juru Wabah: Katanya Kesehatan Nomor Satu?
26-09-2020 06:01
Calon2 kepala daerah pdip udah dikondisikan kali

Makanya jangan sampe ditunda2 emoticon-Leh Uga
profile-picture
Gailham memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Tolak Pilkada 2020 Ditunda, Juru Wabah: Katanya Kesehatan Nomor Satu?
26-09-2020 06:04
Ternyata... Ekonomi lebih penting...
Melalui pilkada emoticon-Hammer2
0 0
0
Jokowi Tolak Pilkada 2020 Ditunda, Juru Wabah: Katanya Kesehatan Nomor Satu?
26-09-2020 06:05
Ngena juga tuh 😂
0 0
0
Jokowi Tolak Pilkada 2020 Ditunda, Juru Wabah: Katanya Kesehatan Nomor Satu?
26-09-2020 06:15
Ya geblek aja kalau kalian masih mau nyoblos nanti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
masfuad2015 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Jokowi Tolak Pilkada 2020 Ditunda, Juru Wabah: Katanya Kesehatan Nomor Satu?
26-09-2020 06:28
Demi pembentukan pondasi yg di solo dan Medan, mumpung belum 2024
profile-picture
Gailham memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Tolak Pilkada 2020 Ditunda, Juru Wabah: Katanya Kesehatan Nomor Satu?
26-09-2020 06:35
pak presiden yang suka prank rakyatnya sendiri...


gpp lah itung2 ngurangin populasi ya...



emoticon-Leh Uga
profile-picture
vangoz memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Tolak Pilkada 2020 Ditunda, Juru Wabah: Katanya Kesehatan Nomor Satu?
26-09-2020 06:53
kan pas ngomong kesehatan yg nyuruh ngomong beda emoticon-Big Grin
gitu aja kok g ngerti lho jangan tanya saya emoticon-Big Grin
namanya juga man of contradiction kebanyakan yg ngendaliin emoticon-Ngacir
0 0
0
Jokowi Tolak Pilkada 2020 Ditunda, Juru Wabah: Katanya Kesehatan Nomor Satu?
26-09-2020 07:01
tutorial nyoblos jarak jauh...
GIF
emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoshitake dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Jokowi Tolak Pilkada 2020 Ditunda, Juru Wabah: Katanya Kesehatan Nomor Satu?
26-09-2020 07:09
Quote:Original Posted By syekh.puji.69
kan udah ada obat corona dari ustad adi hidayat

apakah antum meragukan riset uah obat corona dari hadis ?

istigfar nak


Oya, ya udah antum pakai aja tu obat
profile-picture
rizaldi.sarpin memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Tolak Pilkada 2020 Ditunda, Juru Wabah: Katanya Kesehatan Nomor Satu?
26-09-2020 07:14
Quote:Original Posted By syekh.puji.69
kan udah ada obat corona dari ustad adi hidayat

apakah antum meragukan riset uah obat corona dari hadis ?

istigfar nak


Kalo ente kaga suka ama obat corona dari adi hidayat , silahkan di laforin ke fak fulisi

gitu aje kok refootttt

Kaga ferlu ente samfe mewek terkaing2 disini

Situ sehat ??

Kebanyakan makan mecin ye Om ??

Jokowi Tolak Pilkada 2020 Ditunda, Juru Wabah: Katanya Kesehatan Nomor Satu?

profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoshitake dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia