Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
30
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6dcf6a2525c30aec24f1e7/hindari-kebiasaan-ini-dalam-mendidik-anak-ya-gansis
Dalam hal mendidik anak memang ga gampang ya gansis, tapi juga jangan dipersulit nanti malah stress, berpengaruh buruk pula buat si anak. Sebagai orang tua kita perlu banyak belajar, banyak baca, banyak sharing dalam mendidik anak. Semoga anak-anak kita menjadi anak sholeh/sholehah, bermanfaat untuk orang banyak dan berbakti serta membanggakan kedua orang tua.
Lapor Hansip
25-09-2020 18:07

Hindari Kebiasaan Ini dalam Mendidik Anak ya Gansis

Past Hot Thread
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Hai Gansis di seluruh nusantara. Sudah lama rasanya ane ga nulis thread. Kemarin iseng-iseng buka instagram, nemu tulisan yang ane pikir bagus nih untuk dishare di forum Kaskus. Judulnya "Hindari Kebiasaan Ini dalam Mendidik Anak". Ini untuk berbagi aja ya gansis bukan menggurui karena ane juga bukan guru hehe. Oke cekidot ya.





Sumber : parenting.dream


Dalam hal mendidik anak memang ga gampang ya gansis, tapi juga jangan dipersulit nanti malah stress, berpengaruh buruk pula buat si anak. Sebagai orang tua kita perlu banyak belajar, banyak baca, banyak sharing dalam mendidik anak. Semoga anak-anak kita menjadi anak sholeh/sholehah, bermanfaat untuk orang banyak dan berbakti serta membanggakan kedua orang tua. 




Nah, hal-hal berikut ini perlu kita hindari dalam mendidik anak nih gansis. Apa aja sih, berikut penjelasannya :

1. Menyalahkan benda mati
Hindari Kebiasaan Ini dalam Mendidik Anak ya Gansis
Sumber : gambar 1

Dulu ane sering banget dengar kalau ada anak kecil jatuh orang tuanya akan bilang, "duh kursinya nakal ya, mama pukul nih kursinya". Kursi kalau bisa ngomong protes kali ya, "lah, ngapa jadi ane yang disalahin mom". emoticon-Wink 
Pola asuh seperti ini ga baik untuk perkembangan anak karena dengan memukul benda mati akan mengajarkan pada anak bahwa ia dapat menyalahkan apapun atas kondisi yang menimpanya. Dikhawatirkan kebiasaan buruk ini terbawa hingga anak dewasa. Bahaya kan gansis kalau si anak apa-apa selalu menyalahkan orang lain, selain nyebelin hal ini juga bisa menjadi penyebab keributan antar sesama.

Lebih baik orang tua membiasakan si kecil untuk menghadapi peristiwa yang menimpanya dengan bijak. Misalnya saat anak tersandung sesuatu cukup ucapkan, "Lain kali hati-hati ya sayang supaya tidak tersandung lagi".

2. Berbohong kecil dan sering
Hindari Kebiasaan Ini dalam Mendidik Anak ya Gansis

Sumber : gambar 2

Nah, yang ini emak ane nih sering ngelakuin wkwkwk. Pas ane mau berangkat kerja anak ane kan nangis, terus si nenek bilang, "Bunda mau ngambil tas doang sebentar" (padahal mau kerja). emoticon-Ngacir
Daripada berbohong lebih baik berkata jujur pada anak dan beri pemahaman bahwa orangtua harus bekerja terlebih dahulu dan akan pulang di sore hari. Misal seperti ini, "Mama pamit kerja ya sayang nanti sore Mama pulang, supaya nanti kita bisa beli susu buat adek".

3. Menakuti anak
Hindari Kebiasaan Ini dalam Mendidik Anak ya Gansis

Sumber : gambar 3

Salah satu hal yang sering dilakukan orangtua kita jaman dahulu adalah menakuti anak. Hal ini mereka lakukan agar anak menuruti permintaannya dalam waktu singkat. Ane juga masih suka melakukan hal ini, mungkin kebiasaan dari orang tua dulu kali ya. (Ah bisa aja ane ngelesnya) emoticon-Ngakak (S)
"Kalau dede nangis terus, nanti kita ke dokter aja biar kamu disuntik." Waw, ini bikin anak takut jarum suntik dong. Sebaiknya ucapkan hal yang baik seperti, "Adek sedih ya, jangan nangis ya dek. Sini mama peluk." Anak ane kalau diginiin, langsung tenang gansis, butuh tatih tayang emang si kecil. Cuma kadang kalau ortu lagi senewen dengar anak nangis malah nakut-nakutin si anak ya biar cepat diam. Mungkin orang tua perlu menenangkan diri dulu sebelum nenangin anak. emoticon-Malu (S)

4. Memberi hadiah untuk perilaku buruk anak
Hindari Kebiasaan Ini dalam Mendidik Anak ya Gansis

Sumber : gambar 4

Seringkali anak tantrum tidak melihat tempat. Apabila sedang tantrum di tempat umum, orangtua biasanya panik dan mengalah. Misalnya saat anak merengek minta dibelikan mainan, kemudian Mama bilang jangan hari ini karena belum punya uang, maka kemungkinan anak akan menangis dan merengek.
Pada situasi ini sebaiknya Mama teguh pada pendirian meskipun akibat perilaku si Kecil orang di sekitar Mama akan memperhatikan. Hindari menuruti kemauan anak pada situasi seperti ini karena akan menimbulkan kebiasaan buruk. Anak akan mengerti bila ia menangis terus di tempat umum maka keinginannya akan terkabul. Hal ini tidak baik bagi perkembangan dirinya ke depan. Kata-kata ini bisa dicoba nih gansis, "Lain kali saja ya kita belinya. Sekarang kita ambil yang adek butuh aja dulu yaa..."

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kita hindari dalam mendidik anak. Ane juga masih belajar, kayak anak tantrum nih, ane juga belum bisa tuh tenang menghadapinya. emoticon-Nohope 

Semoga thread ini bermanfaat ya gansis buat semua, baik yang sudah jadi orang tua ataupun masih menunggu untuk jadi orang tua hehe.

Sekian, mohon maaf kalau ada salah ya...

emoticon-terimakasih

Sumber :
1. IG Parenting.dream
2. popmama


profile-picture
profile-picture
profile-picture
ujellyjello dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Hindari Kebiasaan Ini dalam Mendidik Anak ya Gansis
25-09-2020 19:56
Nambahin, pengalaman sndiri, ketika jd ortu, jgn selalu merasa benar, repot n bisa panjang urusan ny, kasian anak ny selalu dsalahkan pdhl samasekali ga salah
profile-picture
widi2685 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Hindari Kebiasaan Ini dalam Mendidik Anak ya Gansis
28-09-2020 12:24
OK terima kasih arahannya.
profile-picture
widi2685 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hindari Kebiasaan Ini dalam Mendidik Anak ya Gansis
28-09-2020 18:58
terima kasih banyak gan buat ilmunya, gua sempet takut dan ragu bisa ga ya mendidik anak gua nanti dengan benar
profile-picture
profile-picture
Shyesun.pucha dan widi2685 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Hindari Kebiasaan Ini dalam Mendidik Anak ya Gansis
28-09-2020 20:13
Sering banget tuh, kalo anak nangis diancem kasih cabe atau bilang pak polisi wkwk
profile-picture
profile-picture
Shyesun.pucha dan widi2685 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Hindari Kebiasaan Ini dalam Mendidik Anak ya Gansis
28-09-2020 20:21
nahhh!! penting si ditekenin kalo boong tuh jangan dibiasain ke anakk. dijelasin aja udh kenapa gaboleh dll kann
profile-picture
profile-picture
Shyesun.pucha dan widi2685 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Hindari Kebiasaan Ini dalam Mendidik Anak ya Gansis
28-09-2020 21:20
Iyaaa gabole nyalah2in gitu.. hmmmm
0 0
0
Hindari Kebiasaan Ini dalam Mendidik Anak ya Gansis
28-09-2020 23:51
Thanks treadny sngat membantu.
0 0
0
Hindari Kebiasaan Ini dalam Mendidik Anak ya Gansis
29-09-2020 03:08
Nyalahin benda mati nih yang secara nggak sadar sering dilakuin... 😩😩
profile-picture
widi2685 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hindari Kebiasaan Ini dalam Mendidik Anak ya Gansis
29-09-2020 10:32
Gampang gampang susah nih dalam mendidik anak...semogaanak anak selalu nurut dengan oarang tua.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hindari Kebiasaan Ini dalam Mendidik Anak ya Gansis
29-09-2020 12:11
Wah nice info, bener-bener hal diatas sering dilakukan orang tua ke anak, ternya begitu cara mengatasinya, perlu banget untuk mulai diterapkan orang tua nih
0 0
0
Hindari Kebiasaan Ini dalam Mendidik Anak ya Gansis
29-09-2020 14:36
Ya kita sama2 belajar, pasti jadi ortu ga langsung hebat, semua perlu proses belajar
0 0
0
Hindari Kebiasaan Ini dalam Mendidik Anak ya Gansis
29-09-2020 19:41
Ane setuju banget sih ini gan, salah satunya dengan menakut-nakuti menurut ane itu bukanlah hal yang baik, ane melihat tidak sedikit teman ane yang sampai sekarang taku dengan polisi karena sewaktu kecil mereka sering ditakut-takuti akan dilaporkan ke polisi dan dibawa ke kantor polisi jika tidak menurut, hal ini bisa menjadi trauma yang sangat buruk bagi anak
0 0
0
Hindari Kebiasaan Ini dalam Mendidik Anak ya Gansis
29-09-2020 20:54
wah ini hal2 yg kadang ga sadar kita lakuin sm anak karna emang udah kebiasaan dr dlu yaaaa. ternyata gabaik dan berdampak buruk buat anak
0 0
0
Hindari Kebiasaan Ini dalam Mendidik Anak ya Gansis
29-09-2020 20:55
thankyou infonya! jadi pengingat buat lebih hati2 didik anak dan menghindari hal2 kecil yg bs berdampak buruk buat anak
0 0
0
Hindari Kebiasaan Ini dalam Mendidik Anak ya Gansis
30-09-2020 13:05
kita ngedidik anak sebaik mungkin, pas di titipin ke neneknya, jadi pendidikan anak kita campur aduk wkwkwk kadang dilema juga sih. jadi curhat.
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Wedding & Family
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia