Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
161
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6c7b8b10d29541ab33f8ec/wow-ternyata-begini-cara-mengindentifikasi-mayat-ini-ciri-ciri-biologisnya
Setelah kematian, ada perubahan tertentu yang terjadi pada tubuh si mayat, perubahan ini dibagi menjadi perubahan awal dan perubahan selanjutnya. Perubahan awal seperti perubahan warna kulit, perubahan mata, penurunan suhu tubuh, rigor mortis / rigid corpse dan livor mortis / corpse memar. Perubahan lebih lanjutnya melibatkan suatu proses pembusukan.
Lapor Hansip
24-09-2020 17:57

WOW Ternyata begini cara mengindentifikasi mayat, ini ciri-ciri biologisnya

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Secara biologis, kematian diartikan sebagai berhentinya semua fungsi vital tubuh termasuk detak jantung, aktivitas otak, dan pernapasan.

WOW Ternyata begini cara mengindentifikasi mayat, ini ciri-ciri biologisnya
Foto: pexels.com

Kematian dikatakan terjadi ketika pernapasan dan detak jantung seseorang berhenti untuk beberapa waktu yang signifikan atau ketika semua aktivitas saraf di otak telah berhenti bekerja. Kematian juga didefinisikan sebagai hilangnya fungsi yang tidak dapat diubah sebagai organisme dan secara keseluruhan.

Setelah kematian, ada perubahan tertentu yang terjadi pada tubuh si mayat, perubahan ini dibagi menjadi perubahan awal dan perubahan selanjutnya. Perubahan awal seperti perubahan warna kulit, perubahan mata, penurunan suhu tubuh, rigor mortis / rigid corpse dan livor mortis / corpse memar. Perubahan lebih lanjutnya melibatkan suatu proses pembusukan.

Berikut ciri-ciri khusus untuk dapat di identifikasi.


1. Perubahan Pada Kulit

WOW Ternyata begini cara mengindentifikasi mayat, ini ciri-ciri biologisnya
Foto: thriller film The Autopsi dari youtube.com

Saat kematian terjadi, perubahan pertama yang terlihat pada kulit mayat, dimana tekstur kulit berangsur-angsur menjadi keras dan warna kulit menjadi pucat.

Baca juga: [Bodoh], ingin video tiktok-nya viral, pemuda ini menghina Islam pada konten videonya

2. Perubahan Di Mata Perubahan Awal Pada Orang Mati Setelah Kematian

WOW Ternyata begini cara mengindentifikasi mayat, ini ciri-ciri biologisnya
Foto: medicinestuffs.com

Perubahan pada mata dapat dilihat dengan menguji refleks pupil dan kornea, setelah kematian terjadi, refleks pupil tidak lagi menyala dan refleks kornea juga menghilang. Kornea akan menjadi keruh setelah 2 jam kematian. Tekanan di mata mulai berkurang, bola mata berangsur-angsur menjadi lembek dan tenggelam ke dalam tulang lingkaran mata.

3. Algor Mortis

WOW Ternyata begini cara mengindentifikasi mayat, ini ciri-ciri biologisnya
Foto: pexels.com

Saat kematian terjadi, suhu tubuh akan mulai turun dan kondisi ini disebut algoritma mortis. Penurunan suhu tubuh ini melalui radiasi, konduksi dan konveksi. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi laju penurunan suhu tubuh mayat seperti usia, kondisi kesehatan mayat sebelumya, cara kematian seperti sakit, kecelakaan, bunuh diri dengan racun dan dibunuh, suhu lingkungan sangat berpengaruh besar pada perubahan kulit serta kondisi lingkungan tempat terjadinya kematian.

Baca itu:::Kejadian Langkah Ular Laut vs Ikan Batu, sama-sama memiliki bisa mematikan di dunia

Penurunan suhu tubuh terjadi pada jenazah anak-anak dan orang tua karena memiliki permukaan tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan besar tubuhnya. Pakaian juga mempengaruhi algoritma mortis ini, jika mayat berpakaian tebal, laju penurunan suhu lebih lambat daripada mayat yang bertelanjang dada atau kurus.

Selain itu, bentuk tubuh seseorang juga mempengaruhi penurunan suhu tubuh pada mayat. Mereka yang mengalami obesitas akan mengalami penurunan suhu yang lebih lambat karena lemak yang menumpuk lebih tinggi dari pada orang kurus.

Perbedaan besar antara suhu lingkungan dan suhu tubuh mayat mempercepat proses penurunan suhu tubuh mayat. Untuk mayat yang ditemukan di air, penurunan suhu tubuh dipengaruhi oleh kondisi air, suhu air bahkan aliran air. Air kotor menyebabkan suhu tubuh turun lebih lambat karena aktivitas bakteri di dalam air mampu menaikkan suhu tubuh mayat.

4. Rigor Mortis

WOW Ternyata begini cara mengindentifikasi mayat, ini ciri-ciri biologisnya
Foto: frezy.com

Selain algoritma mortis, jenazah juga akan melalui fase rigor mortis, merupakan suatu kondisi di mana seluruh tubuh secara bertahap menjadi kaku setelah meninggal.

Baca juga: Pernikahan Busana Creepy Banyak Tuai Hujatan Negatif dari Netizen

Kondisi ini biasanya dimulai dalam 1-2 jam setelah kematian dan biasanya kekakuan pada jenazah berangsur-angsur hilang dan berakhir setelah 48 jam. Kekakuan ini terjadi karena reaksi kimia di otot ketika glikogen menurun dalam produksi Adenosine Tri Phosphate (ATP) yang menyebabkan akumulasi Adenosine In Phosphate (ADP) dan pada gilirannya menyebabkan kontraksi otot.

Diantara faktor-faktor yang mempengaruhi kekakuan tubuh antara lain usia mayat, aktivitas yang dilakukan mayat sesaat sebelum meninggal, suhu lingkungan saat meninggal dan juga bentuk tubuh mayat.

Tapi kekakuan dingin itulah yang akan terjadi. Semakin tinggi suhu lingkungan, semakin cepat jenazah menjadi kaku dan semakin cepat jenazah menjadi kaku.

Di sisi lain, suhu lingkungan yang rendah memperlambat proses kaku terjadinya mayat dan berangsur-angsur menghilang. Jika mayat sebelum kematian terjadi misalnya dalam kasus mati ketika sedang olahraga dalam arti kata tidak serangan jantung, maka proses kaku jenazah terjadi lebih cepat karena hilangnya ATP yang melimpah selama aktivitas olahraga.


5. Livor Mortis

WOW Ternyata begini cara mengindentifikasi mayat, ini ciri-ciri biologisnya
Foto: wikipedia.com (Posterior hypostasis)

Livor mortis atau disebut juga dengan corpse bruises atau postmortem hypostasis terjadi karena terhentinya peredaran darah yang menyebabkan darah turun ke dasar pembuluh darah paling bawah pada jenazah. Livor mortis ini dapat dikenali dari warna ungu kebiruan atau merah kebiruan pada bagian tubuh yang terkena.

Letak memar ini tergantung dari posisi tubuh mayat, jika mayat dalam posisi terlentang maka akan terbentuk memar di bagian belakang tubuh kecuali bagian yang tertekan di permukaan seperti punggung dan tulang belikat (bahu).

WOW Ternyata begini cara mengindentifikasi mayat, ini ciri-ciri biologisnya
Foto: hetanews.com

Warna memar pada mayat juga dapat memberikan informasi tentang kematian mayat pada kematian akibat keracunan sianida, warna memar pada mayat berwarna biru tua-merah muda, sedangkan pada kematian akibat karbondioksida warna memar pada mayat berwarna merah muda ceri.

Memar ini mulai terjadi setelah 1-3 jam kematian. Pentingnya livor mortis dalam kasus medikolegal meliputi dalam penentuan waktu kematian, pemberian informasi posisi terakhir jenazah pada saat meninggal, serta penegasan bahwa telah terjadi kematian.

Perubahan awal yang terjadi setelah kematian sangat berguna karena konfirmasi kematian telah terjadi selain dapat memperkirakan waktu kematian. Perubahan ini juga dapat membantu dalam penyelidikan penyebab kematian dan memberikan gambaran tentang posisi terakhir mayat sebelum kematian.

Setelah perubahan awal ini selesai, perubahan lebih lanjut setelah kematian seperti pembusukan, pembentukan adipocere dan mumifikasi akan dimulai.

Untuk lebih paham tentang forensik mayat sebaiknya nonton film barat deh Gan judulnya:

1. The Autopsy of Jane Doe (2016)
2. Forensic 2020 film sebenarnya lebih kepada pemecahan kasus (Film India)
3. Corpses and Skeletons: The Science of Forensic

Referensi:
1. https://oatext.com/determination....php#gsc.tab=0

2. http://m.forensicmed.webnode.com/...rtem-interval/

Diubah oleh Sambelterasi052
profile-picture
profile-picture
profile-picture
UriNami dan 47 lainnya memberi reputasi
48
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
WOW Ternyata begini cara mengindentifikasi mayat, ini ciri-ciri biologisnya
24-09-2020 18:05
Langsung keinget sherlock ane emoticon-Matabelo. Ilmu forensik emang mantep benee
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
WOW Ternyata begini cara mengindentifikasi mayat, ini ciri-ciri biologisnya
24-09-2020 18:26
Ngerih emoticon-Takut (S)
profile-picture
profile-picture
fauziiaraxii dan Sambelterasi052 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
WOW Ternyata begini cara mengindentifikasi mayat, ini ciri-ciri biologisnya
24-09-2020 18:29
Nice thread nih... kalo gw owner kaskus, gw jadiin thread lu Hate seumur idup emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan 3 lainnya memberi reputasi
2 2
0
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
WOW Ternyata begini cara mengindentifikasi mayat, ini ciri-ciri biologisnya
24-09-2020 18:39
klo bau2 mayat auto sumon penghuni dp nihh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darck91 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
WOW Ternyata begini cara mengindentifikasi mayat, ini ciri-ciri biologisnya
24-09-2020 19:07
Ritual of summoning
Target : Penghuni DP

emoticon-angelemoticon-angelemoticon-angel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darck91 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
WOW Ternyata begini cara mengindentifikasi mayat, ini ciri-ciri biologisnya
24-09-2020 19:42
Thread bagus nih... emoticon-Keep Posting Gan

RT 15 udah pada ngumpul.. emoticon-Takut
Diubah oleh variolikes
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darck91 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
WOW Ternyata begini cara mengindentifikasi mayat, ini ciri-ciri biologisnya
24-09-2020 19:47
maljum ngomongin mayit emang greget emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
WOW Ternyata begini cara mengindentifikasi mayat, ini ciri-ciri biologisnya
24-09-2020 19:59
Pengetahuan banget nih threadnya..datail..ane sambil baca sambil ngebayangin wow...ada perasaan ngeri..sangat sadar..cepat atau lambat kita semua pasti mengalami yang namanya kematian..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
WOW Ternyata begini cara mengindentifikasi mayat, ini ciri-ciri biologisnya
24-09-2020 20:14
Hoooooo ilmu bgt nih ane baru paham sedetail ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
WOW Ternyata begini cara mengindentifikasi mayat, ini ciri-ciri biologisnya
24-09-2020 21:04
ga kuat liat darah2 emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
WOW Ternyata begini cara mengindentifikasi mayat, ini ciri-ciri biologisnya
24-09-2020 21:12
Quote:Original Posted By orgbekasi67
Langsung keinget sherlock ane emoticon-Matabelo. Ilmu forensik emang mantep benee
film kesukaan juga tu Sherlock Holmes karena pemecahan kasusnya.

Quote:Original Posted By Vandisk
Ngerih emoticon-Takut (S)
emoticon-Takut

Quote:Original Posted By kafir.resistant
Nice thread nih... kalo gw owner kaskus, gw jadiin thread lu Hate seumur idup emoticon-Cool
terimakasih Baginda Raja emoticon-Maaf Aganwati

Quote:Original Posted By dedyman19
klo bau2 mayat auto sumon penghuni dp nihh
emoticon-Takut

Quote:Original Posted By .Kadrun.Onta.
Ritual of summoning
Target : Penghuni DP

emoticon-angelemoticon-angelemoticon-angel
emoticon-Takut emoticon-Takut

Quote:Original Posted By variolikes
Thread bagus nih... emoticon-Keep Posting Gan

RT 15 udah pada ngumpul.. emoticon-Takut
terimakasih emoticon-Maaf Aganwati

Quote:Original Posted By superandik
maljum ngomongin mayit emang greget emoticon-Traveller
emoticon-Ngacir2

Quote:Original Posted By margareth23
Pengetahuan banget nih threadnya..datail..ane sambil baca sambil ngebayangin wow...ada perasaan ngeri..sangat sadar..cepat atau lambat kita semua pasti mengalami yang namanya kematian..
terimakasih Gan emoticon-Nyepi

Quote:Original Posted By limo23
Hoooooo ilmu bgt nih ane baru paham sedetail ini
terimakasih Agan emoticon-Nyepi

Quote:Original Posted By Harlequinz
ga kuat liat darah2 emoticon-Ngakak
emoticon-Ngacir2

profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan kafir.resistant memberi reputasi
2 0
2
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
WOW Ternyata begini cara mengindentifikasi mayat, ini ciri-ciri biologisnya
24-09-2020 21:15
silence of the lamb...masuuup gaa bree..
profile-picture
profile-picture
kafir.resistant dan Sambelterasi052 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
WOW Ternyata begini cara mengindentifikasi mayat, ini ciri-ciri biologisnya
24-09-2020 22:02
Wah pengetahuan baru nih, ane kalo otopsi-otopsi begini nontonnya malah Sherlock Holmes sih, yang series
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan kafir.resistant memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
WOW Ternyata begini cara mengindentifikasi mayat, ini ciri-ciri biologisnya
24-09-2020 22:42
Kalo ane jd inget conan
profile-picture
profile-picture
kafir.resistant dan Sambelterasi052 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
WOW Ternyata begini cara mengindentifikasi mayat, ini ciri-ciri biologisnya
24-09-2020 22:56
Singkat padat jelas. Besok ane dongdot itu pilem semua
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan kafir.resistant memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
WOW Ternyata begini cara mengindentifikasi mayat, ini ciri-ciri biologisnya
25-09-2020 00:06
Nice thread...

Kalau yang fenomena keluarnya kotoran pada tubuh yang gantung diri itu apa gan? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
WOW Ternyata begini cara mengindentifikasi mayat, ini ciri-ciri biologisnya
25-09-2020 00:34
Baca gini hari sendirian di balkon bikin merinding emoticon-Takut
Diubah oleh dieq41
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan kafir.resistant memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
WOW Ternyata begini cara mengindentifikasi mayat, ini ciri-ciri biologisnya
25-09-2020 02:03
Thread Keren Gan emoticon-Sundul
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan kafir.resistant memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
WOW Ternyata begini cara mengindentifikasi mayat, ini ciri-ciri biologisnya
25-09-2020 04:59
Gue pernah nemu mayat "org sakit" pas dipegang dingin banget loh badan nya dan karena doi jatoh tertelungkup jadi posisi matinya ya kayak gitu.. Waktu kita balikin dan mau dibenerin tangan kakinya keras mantul lagi loh ke posisi semula. Katanya dah mati lebih dari 5 jam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
WOW Ternyata begini cara mengindentifikasi mayat, ini ciri-ciri biologisnya
25-09-2020 06:01
Kita semuanya ini adalah calon mayat gan, jadi kita harus menyadari semua itu dan selalu ingat. Tidak muda, tidak tua, tidak bayi, dan lainnya adalah antri mati saja. Siapkan bekal kehidupan yang lebih panjang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
KASKUS Theater
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia