Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
50
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6c46e710d29539ee17bc97/sistem-pembelajaran-daring-butuh-kerjasama-guru-dan-wali-murid-setuju-atau-tidak
Sumber gambar Akhir-akhir ini Bunda sering dibuat ribet dengan aneka tugas sekolah anak? Tos yuk, karena TS juga merasakan hal serupa. Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang diterapkan pemerintah setelah adanya pandemi, memang benar-benar membuat dunia emak-emak terasa runyam. Tidak sedikit ibu rumah tangga yang tiap pagi harus kelabakan, membagi waktu antara menyelesaikan pekerjaan rumah dan m
Lapor Hansip
24-09-2020 14:12

Sistem Pembelajaran Daring, Butuh Kerjasama Guru dan Wali Murid! Setuju atau Tidak?

icon-verified-thread
Sistem Pembelajaran Daring, Butuh Kerjasama Guru dan Wali Murid! Setuju atau Tidak?Sumber gambar

Akhir-akhir ini Bunda sering dibuat ribet dengan aneka tugas sekolah anak? Tos yuk, karena TS juga merasakan hal serupa. Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang diterapkan pemerintah setelah adanya pandemi, memang benar-benar membuat dunia emak-emak terasa runyam. Tidak sedikit ibu rumah tangga yang tiap pagi harus kelabakan, membagi waktu antara menyelesaikan pekerjaan rumah dan menemani anak belajar.


Sistem Pembelajaran Daring, Butuh Kerjasama Guru dan Wali Murid! Setuju atau Tidak?Sumber gambar

Masih mending jika guru memiliki pengertian, dengan memberi waktu sedikit longgar pada anak didiknya dalam mengumpulkan tugas. Karena sejauh pengamatan saya, ada sebagian guru yang mengharuskan para wali murid mengumpulkan tugas hari itu juga, dengan tenggang waktu hanya sekitar 2-3 jam. Bayangkan! betapa orang tua harus montang-manting seperti kipas angin, apalagi bagi yang memiliki bayi? Disamping itu, orang tua juga menjadi tidak leluasa menjelaskan materi pada anak karena waktu yang terbatas.

Sistem Pembelajaran Daring, Butuh Kerjasama Guru dan Wali Murid! Setuju atau Tidak?Sumber gambar


Belum lagi materi-materi pelajaran yang terkadang tidak dikuasai oleh orang tua, membuat para 'guru dadakan' ini sulit menjelaskan pada sang buah hati. Mungkin akan sedikit lebih baik, jika wali murid yang mengajar memiliki pengertian dengan kesulitan para orang tua. Namun sayangnya, tidak sedikit tenaga pengajar seolah acuh. Alih-alih mendengar keluhan orang tua dan memberi solusi bagi kebaikan bersama, beberapa oknum guru justru seolah menyepelekan saran dan kritik dari wali murid, dengan tidak menanggapi pertanyaan atau komentar dari wali murid. Giliran menanggapi, sang guru justru meminta pengertian dan kerjasama dari para wali murid terkait keadaan saat ini.


Sistem Pembelajaran Daring, Butuh Kerjasama Guru dan Wali Murid! Setuju atau Tidak?Sumber gambar

Memang benar, guru mungkin juga kerepotan dengan situasi baru yang harus dihadapi. Namun bukankah sistem pembelajaran yang ada sekarang tidak pernah terduga oleh siapapun? Sehingga baik guru, orang tua, dan juga anak didik sama-sama merasakan efek tidak enaknya. Oleh karena itu dalam sistem pembelajaran daring harus ada kerjasama antara kedua belah pihak, wali murid dan orang tua. Bukan cuma menuntut kerjasama dari satu pihak saja.



Sedangkan dari pihak pemerintah, mungkin akan lebih baik jika kedepannya membuat aturan yang jelas terkait tata cara pengumpulan tugas harian. Karena jika diperhatikan, saat ini antara sekolah satu dan lain memiliki mekanisme pengumpulan tugas dengan cara berbeda. Bahkan dalam satu sekolah saja, ada guru yang juga memiliki cara berbeda tentang tata cara pengumpulan tugas yang diberikan pada anak didiknya.



Sekian celoteh siang hari ini, jika ada perbedaan pandangan dan pendapat, mohon maaf yang sebesar-besarnya. Thread ini dibuat tanpa ada maksud menyudutkan siapa pun, hanya saja saya berusaha melupakan kegalauan --yang mungkin juga dirasakan para orang tua lain di luar sana--melalui sebuah tulisan.


Daripada jadi ajang ngegosip di warung ya kan? Walaupun saya sendiri sudah tidak punya waktu untuk ngegosip di warung sih. Akhir kata, TS ucapkan terimakasih bagi yang sudah meluangkan waktu membaca thread ini


Wassalam.






Sistem Pembelajaran Daring, Butuh Kerjasama Guru dan Wali Murid! Setuju atau Tidak?


Cilacap, 22 September 2020
Penulis: Tara Anggara
Narasi: opini pribadi
Diubah oleh TaraAnggara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raliakbarrr dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Sistem Pembelajaran Daring, Butuh Kerjasama Guru dan Wali Murid! Setuju atau Tidak?
24-09-2020 14:14
Setujuuu
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
1 0
1
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Sistem Pembelajaran Daring, Butuh Kerjasama Guru dan Wali Murid! Setuju atau Tidak?
24-09-2020 14:15
Ya bwt anak kecil.
SMA mah harusnya dah punya kesadaran.
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sistem Pembelajaran Daring, Butuh Kerjasama Guru dan Wali Murid! Setuju atau Tidak?
24-09-2020 14:19
Perlu juga sih
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
1 0
1
Sistem Pembelajaran Daring, Butuh Kerjasama Guru dan Wali Murid! Setuju atau Tidak?
24-09-2020 14:27
Iya gan bener
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
1 0
1
Sistem Pembelajaran Daring, Butuh Kerjasama Guru dan Wali Murid! Setuju atau Tidak?
24-09-2020 14:31
Setuju..peran orang tua / wali anak betul-betul penting..karena menjadi perpanjangan tangan guru selama sekolah online.
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
1 0
1
Sistem Pembelajaran Daring, Butuh Kerjasama Guru dan Wali Murid! Setuju atau Tidak?
24-09-2020 15:13
yah namanya juga darurat gan emoticon-Mewek
mungkin kedepannya pasti bakal diperbaiki metodenya biar makin efektif
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
1 0
1
Sistem Pembelajaran Daring, Butuh Kerjasama Guru dan Wali Murid! Setuju atau Tidak?
24-09-2020 15:17
Perlu di sosialisasikan
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
1 0
1
Sistem Pembelajaran Daring, Butuh Kerjasama Guru dan Wali Murid! Setuju atau Tidak?
24-09-2020 16:05
itu gede banget emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
TaraAnggara dan NecroTorture memberi reputasi
2 0
2
Sistem Pembelajaran Daring, Butuh Kerjasama Guru dan Wali Murid! Setuju atau Tidak?
24-09-2020 17:28
Quote:Original Posted By all_4_jc
Setuju..peran orang tua / wali anak betul-betul penting..karena menjadi perpanjangan tangan guru selama sekolah online.


Asal ada pengertian aja sih dari pihak guru. Kalau kasih tugas waktunya agak longgar

Quote:Original Posted By gridseeker
yah namanya juga darurat gan emoticon-Mewek
mungkin kedepannya pasti bakal diperbaiki metodenya biar makin efektif


Aamiin, semoga ada perbaikan ke depannya

Quote:Original Posted By adescreamo
Perlu di sosialisasikan


Harus, Gan. Kasihan emak2😅

Quote:Original Posted By cemenk...
itu gede banget emoticon-Ngakak


Apanya yang gede, Ganemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
Sistem Pembelajaran Daring, Butuh Kerjasama Guru dan Wali Murid! Setuju atau Tidak?
24-09-2020 17:35
kaga kuat liat foto pertama, pepayaemoticon-Leh Uga
itu guru apa orang tua murid?

BATA!emoticon-Bata (S)
0 0
0
Sistem Pembelajaran Daring, Butuh Kerjasama Guru dan Wali Murid! Setuju atau Tidak?
24-09-2020 17:55
Ane setuju banget ini. Karena semuanya pusing, mulai dari guru, anak, orangtua. Harus ada sinergi yang bagus dari keduanya.
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sistem Pembelajaran Daring, Butuh Kerjasama Guru dan Wali Murid! Setuju atau Tidak?
24-09-2020 18:21
Dengan adanya belajar jarak jauh gini sebenarnya ortu juga jadi paham kemampuan anak seperti apa
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sistem Pembelajaran Daring, Butuh Kerjasama Guru dan Wali Murid! Setuju atau Tidak?
24-09-2020 18:32
yaaa harus saling pengertian dan respek aja sih emoticon-Shakehand2
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sistem Pembelajaran Daring, Butuh Kerjasama Guru dan Wali Murid! Setuju atau Tidak?
24-09-2020 18:43
orang tua pasti jg kikuk sih dan kaget sama yang kayak gini. tapi semuanya tanpa terkecuali harus adaptasi sm keadaan kayak gini, semoga kolaborasi terus pihak sekolah dan wali murid yaaa
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Sistem Pembelajaran Daring, Butuh Kerjasama Guru dan Wali Murid! Setuju atau Tidak?
24-09-2020 18:49
Quote:Original Posted By red.bezos
kaga kuat liat foto pertama, pepayaemoticon-Leh Uga
itu guru apa orang tua murid?

BATA!emoticon-Bata (S)


Jangan liat bagian itu, Gan. Bahaya!emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By orgbekasi67
Ane setuju banget ini. Karena semuanya pusing, mulai dari guru, anak, orangtua. Harus ada sinergi yang bagus dari keduanya.


Iya Gan, biar sama2 enak dan anak gak jadi korban

Quote:Original Posted By vegashin_ryu
Dengan adanya belajar jarak jauh gini sebenarnya ortu juga jadi paham kemampuan anak seperti apa


Kalau ini sih emang iya. Cuma kalau pas ngasih tugas waktunya cuma dikit, orang tua jadi nggak leluasa nerangin materi ke anak.

Apalagi untuk anak kelas 1-2 yang emang baru belajar membaca. Kan perlu juga tuh, pas ngerjain tugas anaknya disuruh baca soal biar bacaannya semakin lancar. Lah, kalau waktu dikit, mana bisa?

Quote:Original Posted By sedotninja
yaaa harus saling pengertian dan respek aja sih emoticon-Shakehand2


Harusnya sih gitu
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sistem Pembelajaran Daring, Butuh Kerjasama Guru dan Wali Murid! Setuju atau Tidak?
24-09-2020 20:13
Betul bgt nih, dan emang nggak gampang. Emak ane guru aja ini masih adaptasi bgt
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sistem Pembelajaran Daring, Butuh Kerjasama Guru dan Wali Murid! Setuju atau Tidak?
24-09-2020 21:47
Sebenarnya w ga setuju metode pembelajaran daring tp kondisi mengharuskan itu
0 0
0
Sistem Pembelajaran Daring, Butuh Kerjasama Guru dan Wali Murid! Setuju atau Tidak?
24-09-2020 22:18
hmmm ane sih yes...
0 0
0
Sistem Pembelajaran Daring, Butuh Kerjasama Guru dan Wali Murid! Setuju atau Tidak?
24-09-2020 22:26
Setuju, emang banyak orang tua yang kewalahan semenjak sekolah online ini, butuh solusi terbaik untuk pembelajaran online ini sih, bisa dibilang anak sekolah udah libur 6 bulan
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sistem Pembelajaran Daring, Butuh Kerjasama Guru dan Wali Murid! Setuju atau Tidak?
24-09-2020 22:31
Bukan yang baik bener tuh bre. Tapi disaat sekarang yang terbaik menurut gw
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia