News
Batal
KATEGORI
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6bfb41b8408823cb2f90c2/yuks-pahami-lebih-lagi-tentang-bela-negara
Wacana pendidikan militer mahasiswa yang masuk dalam program bela negara oleh Kementerian Pertahanan (Kemenhan) disoroti banyak kalangan. Banyak dari mereka yang belum memahami betul makna dari program yang dikeluarkan oleh Kemhan. Jika kita mengutip peryataan, Wamenhan Sakti Wahyu Trenggono bawah bela negara itu adalah sikap, tekad, perilaku warga negara yang menunjukkan kecintaannya kepada NKRI
Lapor Hansip
24-09-2020 08:49

Yuks! Pahami Lebih Lagi Tentang Bela Negara

Yuks! Pahami Lebih Lagi Tentang Bela Negara

Wacana pendidikan militer mahasiswa yang masuk dalam program bela negara oleh Kementerian Pertahanan (Kemenhan) disoroti banyak kalangan. Banyak dari mereka yang belum memahami betul makna dari program yang dikeluarkan oleh Kemhan.

Jika kita mengutip peryataan, Wamenhan Sakti Wahyu Trenggono bawah bela negara itu adalah sikap, tekad, perilaku warga negara yang menunjukkan kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan pada Pancasila dan UUD 1945, sehingga bela negara harus dilakukan oleh seluruh warga negara Indonesia, mulai anak-anak sampai orang tua.

Pendidikan bela negara, lanjut Trenggono, berbeda dengan komcad. Bela negara berdasarkan oleh rasa cinta dan Kemenhan telah mempersiapkan program bela negara dengan Kemendikbud.

"Khusus untuk bela negara, ini kan rasa cinta. Saya berkali-kali menyampaikan bahwa kita saya dengan Menhan sekarang ini intens berbicara dengan Kemendikbud untuk menyiapkan satu program. Bentuknya seperti apa, kita cari supaya rasa cinta itu, rasa cinta kepada bangsa, dimulai dari usia dini. Kenapa? karena tantangan kita ke depan itu adalah seperti sekarang dunia ini seperti broadband sehingga segala macam bentuk serangan dari luar bisa melalui itu, dan ini sedang kita jalankan," jelas Trenggono.

Sementara di Indonesia proses pembelaan negara sudah diatur secara formal ke dalam Undang-undang. Diantaranya sudah tersebutkan ke dalam Pancasila serta Undang-undang Dasar 1945, khususnya pasal 30. Didalam pasal tersebut, dijelaskan bahwa membela bangsa merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali.

Dengan melaksanakan kewajiban bela bangsa tersebut, merupakan bukti dan proses bagi seluruh warga negara untuk menunjukkan kesediaan mereka dalam berbakti pada nusa dan bangsa, serta kesadaran untuk mengorbankan diri guna membela negara. Pemahaman bela negara itu sendiri demikian luas, mulai dari pemahaman yang halus hingga keras.

Yuk sama-sama kita tanamkan semangat bela negara di manapun dan kapanpun
Semangaat!!


Sumber : Detik.com

Diubah oleh irsowriter
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Berita dan Politik
kiwil-nikah-siri-lagi
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia