News
Batal
KATEGORI
link has been copied
155
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6bf583a72768272f42f82a/salim-said-tentara-ngeluh-kok-negara-kepolisian-republik-indonesia
Guru besar Universitas Pertahanan yang juga pengamat politik senior, Prof, Salim Said membeberkan akar masalah bentrok TNI-Polri yang terjadi lagi dengan insiden penyerangan markas Polres Ciracas. Salim menduga bentrok TNI Polri ini tak jauh dari masalah kesejahteraan dan faktor psikologi Polri yang memegang kendali ketertiban masyarakat. Menurutnya, hal ini perlu telusuri supaya insiden kedua apa
Lapor Hansip
24-09-2020 08:25

Salim Said: Tentara Ngeluh Kok `Negara Kepolisian Republik Indonesia`?

Guru besar Universitas Pertahanan yang juga pengamat politik senior, Prof, Salim Said membeberkan akar masalah bentrok TNI-Polri yang terjadi lagi dengan insiden penyerangan markas Polres Ciracas.

Salim menduga bentrok TNI Polri ini tak jauh dari masalah kesejahteraan dan faktor psikologi Polri yang memegang kendali ketertiban masyarakat.

Menurutnya, hal ini perlu telusuri supaya insiden kedua aparat ini tak terjadi kembali.

Salim berpesan jangan sampai petinggi TNI Polri saling berpelukan, tapi anak buah mereka saling tembak-tembakan.

Kecemburuan

Menurut Salim, perlu dicari akar persoalan bentrok aparat tersebut. Profesor ilmu politik Universitas Pertahanan itu menyinggung soal isu kesejahteraan antara prajurit TNI dan Polisi. Cari apakah memang ada persoalan.

Soal kesejahteraan ini, kata Salim, menyangkut soal siapa yang kini terlibat mengatur ketertiban masyarakat.

Dulu TNI masih punya peran dalam tata tertib masyarakat, namun setelah reformasi peran tersebut dicabut dari TNI. Tentara fokus pada pertahanan dan keamanan negara.

Dia mengatakan, saat dulu ramai pembahasan penghapusan dwi fungsi, ada wacana tentara tak lagi terlibat dalam masyarakat seperti mengurusi soal perizinan dan keramaian, yang mana rawan melibatkan uang.

Gagasan Dwi Fungsi disetujui, dan TNI tak terlibat izin. Sebaliknya yang dapat kesempatan itu polisi. Itulah timbulkan kecemburuan. Ini menunjukkan arah persoalan,” kata Salim seperti melansir hops.id, 1 September 2020 lalu.

Negara Kepolisian Republik Indonesia

Selain soal kecemburuan, Salim mengatakan kemungkinan ada faktor psikologis. Dulu bertahun-tahun ABRI, nama sebelum TNI, menjadi sentral dalam penegakan hukum masyarakat. Malah ada sebutan kala itu, polisi saat itu adalah partner junior.

Namun setelah penghapusan Dwi Fungsi, peran kini cuma dijalankan oleh kepolisian.

Salim mengaku soal suara prajurit TNI yang ia ajar di kampus, nuansa batinnya mempertanyakan peran kepolisian.

“Mereka mengeluh kepada saya. Bagaimana NKRI kok sekarang begini ya, kata mereka NKRI itu NegaraKepolisian Republik Indonesia. Ya saya jawab, itu kan keputusan pemerintah. Jenderal polisi jadi dubes itu keputusan politik,” kata dia.

Wajib diatasi

Melihat dua faktor tersebut, Salim meminta agar akar persoalan konflik TNI Polri harus diusut dan dicarikan solusinya.

Salim yakin, tanpa penyelesaian akar persoalan ini, maka bentrokan bakal terjadi di masa mendatang.

“Ini akan terjadi terus. Beribu poster dipasang. Tapi di bawah persepsinya lain oleh keadaan dan mudah dipicu (bentrok)” jelasnya.

Salim tak membayangkan apa yang akan terjadi jika bentrokan itu melibatkan antarangkatan di TNI. Bakal lebih mengerikan dan membuat was-was.

Untuk itu, dia meminta pemerintah dan pihak terkait mencari akar persoalan ini.

https://www.law-justice.co/artikel/9...lik-indonesia/

Harus saling berpelukan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adrian wibisono dan 7 lainnya memberi reputasi
6
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Salim Said: Tentara Ngeluh Kok `Negara Kepolisian Republik Indonesia`?
24-09-2020 08:30
Rawan adu domba. Ane monitor dulu emoticon-army
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Salim Said: Tentara Ngeluh Kok `Negara Kepolisian Republik Indonesia`?
24-09-2020 08:32
Padahal saya punya ide tentara itu dibubarkan..... Toh kata pemerintah 20th lagi kita tidak berperang. Buat apa melihara sesuatu yg gak berguna.

Ada kok negara makmur tanpa tentara.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 56 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 56 balasan
Salim Said: Tentara Ngeluh Kok `Negara Kepolisian Republik Indonesia`?
24-09-2020 08:38
kalo bawa bawa kesejahteraan, bukannya udah jelas ya pendapatan tiap aparat?


kalo ngungkit masalah "pasar", ya jelas menang wereng.


dulu loreng masih bisa main kayu, minyak dll, skrg cuma mentok backup preman pasar

intinya, berebut "lahan basah", masyarakat cuma jadi atm.

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Salim Said: Tentara Ngeluh Kok `Negara Kepolisian Republik Indonesia`?
24-09-2020 08:49
Ya jelas aja ada rasa tersingkirkan. Selama 32 tahun TNI terutama AD jadi anak emas mendadak dipreteli kekuasaannya, Presiden yg sekarang jg keliatan condongnya ke wereng.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Altair_079 dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Salim Said: Tentara Ngeluh Kok `Negara Kepolisian Republik Indonesia`?
24-09-2020 08:49
Kalau tau polisi lbh sejahtera, kenapa dari awal milih jadi TNI?
Kalau masalah iri2an duit ya perlu dipertanyakan materi/kurikulum pendidikannya.

Lagian ini lebih ke oknum, gak bs digeneralisir.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Salim Said: Tentara Ngeluh Kok `Negara Kepolisian Republik Indonesia`?
24-09-2020 08:52
Ink dari kemarin yang gw tunggu tunggu, sekarang banyakan pejabat yang jebolan polri, lah bukane jebolan TNI banyak? Itu orang rawan adu domba itu
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Salim Said: Tentara Ngeluh Kok `Negara Kepolisian Republik Indonesia`?
24-09-2020 08:53
Quote:Original Posted By entecavir
Kalau tau polisi lbh sejahtera, kenapa dari awal milih jadi TNI?
Kalau masalah iri2an duit ya perlu dipertanyakan materi/kurikulum pendidikannya.

Lagian ini lebih ke oknum, gak bs digeneralisir.


Sepertinya UUD sih emoticon-Embarrassment, Kepolisian itu dapet anggaran paling gede sendiri. Dibanding TNI yang harus dibagi jadi 5 dari anggaran pertahanan emoticon-Big Grin
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Salim Said: Tentara Ngeluh Kok `Negara Kepolisian Republik Indonesia`?
24-09-2020 08:54
Salim Said: Tentara Ngeluh Kok `Negara Kepolisian Republik Indonesia`?
harus nyontoh ini
tentara sama polisi akur olah ranjang (kasusnya briptu rani) emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan xneakerz memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Salim Said: Tentara Ngeluh Kok `Negara Kepolisian Republik Indonesia`?
24-09-2020 08:57
Ini masalahnya terletak pada gobloknya masyarakat indonesia.

Tentara itu bukan pekerjaan, tapi pengabdian.

Dan menjadi tentara di dunia ini kesejahteraannya akan 11 12 dengan kesejahteraan rata rata warganya alias gak akan jauh jauh dari UMR. Di atas UMR sedikit saja menjadi tentara harusnya sudah bersyukur.

Memangnya di negara mana tentara sejahtera ? Di amerika saja gaji tamtama hanya $1700. Itu gak jauh jauh sama yang kuli kerja kerja kasar. Cuman bedanya uangnya bisa di keep krn tinggal di base. Duit ini biasa mereka pake nantinya buat kuliah. Untuk mengejar masa depan yg lebih jelas.

Dan biasanya juga mereka cuman serve 5 sd 10 th. Abis itu keluar, jadi postur tentara juga tidak terlalu "gemuk" dan tidak terbeban sama biaya ngurus sampe tua.

Masalahnya di indo elu mau sejahtera tapi elu jadi tentara. Dah gitu tentara cuman duduk2 alias non jabatan maupun spesialis. Tapi elu mau kaya ? Dan elu mau enak sampe tua ?? Otak lu dimana ???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 28 lainnya memberi reputasi
29 0
29
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Salim Said: Tentara Ngeluh Kok `Negara Kepolisian Republik Indonesia`?
24-09-2020 08:59
Betul..
Banyak kalangan prajurit sampai perwira tentra yg mengeluhkan betapa wereng coklat menjadi anak emas selama 2 periode kepemimpinan jokowi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 6 lainnya memberi reputasi
2 5
-3
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 15 balasan
Salim Said: Tentara Ngeluh Kok `Negara Kepolisian Republik Indonesia`?
24-09-2020 09:00
Berpelukan........














Telegamblis
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan gendhu89 memberi reputasi
1 1
0
Salim Said: Tentara Ngeluh Kok `Negara Kepolisian Republik Indonesia`?
24-09-2020 09:01
Mungkin ditingkatkan pengiriman misi pbb ke luar negeri
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Salim Said: Tentara Ngeluh Kok `Negara Kepolisian Republik Indonesia`?
24-09-2020 09:07
Tentara jg masih bisa nyambi jd bekingan tempat hiburan dan usaha ky restoran. Bnyk oknum tentara yg lindungi tukang parkir jg kaya kasus d monas..

Intinya bukan kesejahteraan aja tp mental hajar dulu mikir belakangan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Salim Said: Tentara Ngeluh Kok `Negara Kepolisian Republik Indonesia`?
24-09-2020 09:08
said...nama panjangnya Saidtonirojim emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
109arnold dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Salim Said: Tentara Ngeluh Kok `Negara Kepolisian Republik Indonesia`?
24-09-2020 09:21
napoleon bonaparte contohnya....emoticon-Leh Uga bukti NKRI.. negara kepolisian republik indonesia..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan 2 lainnya memberi reputasi
1 2
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Salim Said: Tentara Ngeluh Kok `Negara Kepolisian Republik Indonesia`?
24-09-2020 10:06
Gak setuju sih klo NKRI di plesetin bgtu, tapi kalo liat kasus napoleon, ya iya juga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 1
0
Salim Said: Tentara Ngeluh Kok `Negara Kepolisian Republik Indonesia`?
24-09-2020 10:19
Sudah 20 tahun lebih reformasi, masih belum bisa lupa dengan orbakah? Kalau merasa tugas polisi lebih enak, kenapa gak daftar jadi polisi aja?
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan ekasatya87 memberi reputasi
2 0
2
Salim Said: Tentara Ngeluh Kok `Negara Kepolisian Republik Indonesia`?
24-09-2020 10:20
Quote:“Mereka mengeluh kepada saya. Bagaimana NKRI kok sekarang begini ya, kata mereka NKRI itu Negara Kepolisian Republik Indonesia. Ya saya jawab, itu kan keputusan pemerintah. Jenderal polisi jadi dubes itu keputusan politik,” kata dia.


entah kenapa, kalimat ini agak2 gimana gitu.. terasa berbumbu... emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Salim Said: Tentara Ngeluh Kok `Negara Kepolisian Republik Indonesia`?
24-09-2020 10:29
Rejim ini aja yg geblek, pas jaman SBY ga ada kepolisian diistimewakan spt ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
amitod dan 3 lainnya memberi reputasi
0 4
-4
Salim Said: Tentara Ngeluh Kok `Negara Kepolisian Republik Indonesia`?
24-09-2020 10:37
loh, kan abdi negara.
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia