News
Batal
KATEGORI
link has been copied
209
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6b1b61af7e937d071ee3d1/mt-haryono-pahlawan-revolusi-korban-g30s-pki-sebelum-dibunuh-sempat-minta
Satu di antara beberapa korban dari peristiwa G30S/PKI atau Gerakan 30 September adalah Mayor Jenderal MT Haryono. Pada 1 Oktober 1965 dini hari, MT Haryono sedang berada di rumahnya di Jalan Prambanan, Jakarta. Dia yang sedang terlelap tidur kemudian bangun karena mendengar suara sekelompok orang mendatangi rumahnya. Dilansir TribunJabar.id dari TribunWow.com, ada 18 anggota Resimen Tjakrabirawa
Lapor Hansip
23-09-2020 16:54

MT Haryono, Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI, Sebelum Dibunuh Sempat Minta

Satu di antara beberapa korban dari peristiwa G30S/PKI atau Gerakan 30 September adalah Mayor Jenderal MT Haryono.

Pada 1 Oktober 1965 dini hari, MT Haryono sedang berada di rumahnya di Jalan Prambanan, Jakarta.

Dia yang sedang terlelap tidur kemudian bangun karena mendengar suara sekelompok orang mendatangi rumahnya.

Dilansir TribunJabar.id dari TribunWow.com, ada 18 anggota Resimen Tjakrabirawa yang mendatangi rumah MT Haryono.

Pasukan itu dipimpin oleh Seran Kepala (Serja) Boengkoes.

MT Haryono punya firasat buruk, ia lalu meminta istri dan anaknya untuk menyembunyikan diri di belakang rumah.

Sesaat setelah itu, Sersan Boengkoes mengetuk pintu.

Namun, dari dalam rumah MT Haryono meminta agar tamunya tersebut datang keesokan paginya saja di kantor.

MT Haryono pun tak membukakan pintu rumahnya.

Meski sudah diminta tak masuk, Sersan Boengkoes tetap mendobrak pintu hingga rusak.

MT Haryono memang sengaja mematikan semua lampu di rumahnya.

Nahasnya, di dalam rumah MT Haryono sempat melewati Sersan Boengkoes.

Boengkoes yang melihat ada sekelebat bayangan langsung menembak.

MT Hartono pun tertembak.

Dia langsung tersungkur di rumahnya.

Jenazah MT Haryono kemudian dibawa oleh pasukan yang dipimpin Boengkoes untuk dibuang ke Lubang Buaya.

Jasad MT Haryono dan enam jenderal lainnya ditemukan di Lubang Buaya berselang 75 jam dari pembunuhan.

Pada tanggal 4 Oktober 1965, sekitar pukul 16.30 WIB, atas perintah Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) selaku panglima Operasi Pemulihan Keamanan dan Ketertiban (Pangkopkamtib), sejumlah dokter diinstruksikan untuk melakukan pemeriksaan jenazah

Hasil autopsi menunjukkan bahwa MT Haryono tewas dengan luka tusuk di bagian punggung, namun tak menembus dada

Nama-nama Pahlawan Revolusi

Tak bisa dipungkiri, Indonesia punya sejarah kelam, yaitu peristiwa Gerakan 30 September atau G30S.

Peristiwa tersebut terjadi pada 30 September 1965 di sejumlah daerah, yang mana disebut-sebut merupakan upaya kudeta dari PKI.

Namun, kebenaran mengenai kejadian tersebut, terutama soal siapa dalangnya, masih jadi perdebatan sampai sekarang.

Yang jelas, dalam perisitwa itu, ada sejumlah perwira tinggi militer Indonesia yang gugur dalam tragedi pada tanggal 30 September 1965 malam dan 1 Oktober 1965 dini hari.

Sebagian besar dari mereka, disebut dibantai dan dibuang ke sebuah tempat yang kini bernama Monumen Lubang Buaya.

Para perwira tinggi militer yang terbunuh dalam peristiwa mencekam itu akhirnya dianugerahi gelar Pahlawan Revolusi.

Monumen Pahlawan Revolusi di Lubang Buaya bahkan dibangun sebagai tanda jasa mereka.

https://jabar.tribunnews.com/amp/202...embunyi?page=3

Diabadikan jadi nama jalan di jkt
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 10 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 44 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 44 balasan
MT Haryono, Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI, Sebelum Dibunuh Sempat Minta
23-09-2020 16:56
jadi demo gak nih?sepi amatemoticon-Malu
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
1 0
1
MT Haryono, Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI, Sebelum Dibunuh Sempat Minta
23-09-2020 16:56
Jd tewas ditembak atau ditusuk?
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan jerrystreamer1 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
MT Haryono, Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI, Sebelum Dibunuh Sempat Minta
23-09-2020 17:00
Jangan lupa pesan bendera ya:

MT Haryono, Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI, Sebelum Dibunuh Sempat Minta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arnoldarief dan 12 lainnya memberi reputasi
12 1
11
Post ini telah dihapus oleh KS06
MT Haryono, Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI, Sebelum Dibunuh Sempat Minta
23-09-2020 17:01
kudeta merangkakemoticon-Big Grin
0 0
0
MT Haryono, Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI, Sebelum Dibunuh Sempat Minta
23-09-2020 17:02
MT Haryono, Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI, Sebelum Dibunuh Sempat Minta

pantes rajin sablon sendiri, bakar sendiri, teriak-teriak sendiri emoticon-Imlek

inget, ini september ceria, waktunya goreng pekaih...yaken drun? emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joesan1899 dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
MT Haryono, Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI, Sebelum Dibunuh Sempat Minta
23-09-2020 17:02
komunis dulu dijauhi sekarang dipuja karna agen2 komunis dari cina udah mencuci otak sebagian masyarakat disini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jaguarxj220 dan 5 lainnya memberi reputasi
3 3
0
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 20 balasan
MT Haryono, Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI, Sebelum Dibunuh Sempat Minta
23-09-2020 17:02
si asu-harto sebagai dalang , diusut ga tuh emoticon-Amazed
mosok semua jenderal yg pegang pasukan kena babat, cuman dia yg aman tenteram lohjinawi? emoticon-Amazed
profile-picture
profile-picture
profile-picture
smogal dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
MT Haryono, Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI, Sebelum Dibunuh Sempat Minta
23-09-2020 17:09
. Peristiwa tersebut terjadi pada 30 September 1965 di sejumlah daerah, yang mana disebut-sebut merupakan upaya kudeta dari PKI.


Sampe skrng gw gak mudeng gimana partai sipil ,apalagi cm partai para buruh dan petani bs melakukan kudera dgn menculik para jendral.
Operasi 30 September itu operasi militer ,kok bisa3nya d kaitkan ke PKI

emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 73 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 73 balasan
MT Haryono, Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI, Sebelum Dibunuh Sempat Minta
23-09-2020 17:12
Poin inti yg gw tangkap d berita ini.. kalo bibib rizieq mau namanya d abadikan sbg nama jalan.. mesti mati dulu.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itkgid dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
MT Haryono, Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI, Sebelum Dibunuh Sempat Minta
23-09-2020 17:34
Gw masih bingung kenapa habis g30 langsung harto yg naek.padahl masih ada nasution,en jendral2 ad yg laen.masih ada juga tiga mentri angkatan laen.anehnya lagi sukarno keknya tak berbuat apa2 buat mencegah harto bikin kudeta merangkak.
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 15 balasan
MT Haryono, Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI, Sebelum Dibunuh Sempat Minta
23-09-2020 17:34
Kelam juga ceritanya... 😢
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
MT Haryono, Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI, Sebelum Dibunuh Sempat Minta
23-09-2020 17:40
Kejem bener ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
MT Haryono, Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI, Sebelum Dibunuh Sempat Minta
23-09-2020 17:46
Kekedjaman pki emang njata adanja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
MT Haryono, Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI, Sebelum Dibunuh Sempat Minta
23-09-2020 17:55
Eyang harto. Sekali gerakan habis semuanya
profile-picture
silicon_atn memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
MT Haryono, Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI, Sebelum Dibunuh Sempat Minta
23-09-2020 18:16
jihad apa kagak neh?
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan Judess memberi reputasi
2 0
2
MT Haryono, Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI, Sebelum Dibunuh Sempat Minta
23-09-2020 18:33
Tgl 30-09-2020

Gw mau nonton film Jagal dan Senyap. Ditemanin 50 tusuk sate. Penasaran euy emoticon-army
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
MT Haryono, Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI, Sebelum Dibunuh Sempat Minta
23-09-2020 18:35
Propaganda orba bukanya dibuka boroknya malah dijadikan kanker bagi indon. Kejahatan kemanusiaan yang luar biasa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
MT Haryono, Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI, Sebelum Dibunuh Sempat Minta
23-09-2020 18:40
Astajim, sekarang PKI nya udah hijrah ke Palestina, dan selalu aktif dan disupport oleh ummat, kotak amal utk PKI di palestina selalu penuh tiap abis jumatan emoticon-Kagets

MT Haryono, Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI, Sebelum Dibunuh Sempat Minta
Diubah oleh jedotinpala
profile-picture
profile-picture
profile-picture
slider88 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia