News
Batal
KATEGORI
link has been copied
288
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6af60f7e3a7269d3327ae2/perjuangan-wuhan-lawan-corona-dulu-lockdown-kini-bebas-berpesta
Kelab malam juga sudah dipadati muda-mudi yang berbulan-bulan menahan diri untuk berdansa. Salah satu kelab malam yang disebut Hepburn, sudah memutar musik Mandopop dan American rap, yang mengajak pengunjung menikmati kemenangan mereka atas Corona.
Lapor Hansip
23-09-2020 14:15

Perjuangan Wuhan Lawan Corona: Dulu Lockdown, Kini Bebas Berpesta

Past Hot Thread
Quote:
Perjuangan Wuhan Lawan Corona: Dulu Lockdown, Kini Bebas Berpesta


Wuhan yang dulu bukanlah Wuhan yang sekarang. Kota yang sempat lockdown itu kini sudah bebas Corona. Masyarakatnya pun sudah bisa berpesta.

Masih segar dalam ingatan pada awal tahun 2020, dunia digegerkan dengan virus Corona. Kala itu, media mengabarkan bahwa virus yang menyerang saluran pernapasan ini pertama muncul dari Wuhan, tepatnya pasar hewan Wuhan yang merupakan salah satu kota tersibuk di China.

Media memberitakan virus ini diduga menular dari kelelawar yang dijual di pasar. Masyarakat di sana memang gemar menyantap satwa liar namun kasus ini baru terjadi kali ini. Namun pemerintah China menegaskan bahwa virus ini bukan lagi transmisi antara hewan dan manusia tetapi sudah menular dari manusia ke manusia.

Negara-negara kemudian berbondong-bondong menutup akses transportasi menuju Wuhan. Wuhan juga mengambil langkah untuk lockdown.

Diwartakan BBC, Wuhan mulai mengambil keputusan itu pada 23 Januari 2020. Saat itu, Corona sudah menginfeksi lebih dari 400 orang dan menewaskan 17 orang.

Perjuangan Wuhan Lawan Corona: Dulu Lockdown, Kini Bebas Berpesta
Wuhan saat lockdown. Foto: Chinatopix via AP

Oleh sebab itu, Wuhan yang memiliki 11 juta penduduk itu mengambil langkah cepat dengan mewajibkan karantina mandiri pada warganya. Sebanyak ribuan orang lebih dikarantina selama beberapa bulan setelah dites. Semua kegiatan yang menjadi wadah berkumpulnya orang banyak dibatalkan. Berbagai pertemuan juga dilarang.

Memasuki bulan Maret 2020, Wuhan sudah mulai melonggarkan lockdown. Aturannya, satu orang dari masing-masing rumah tangga diizinkan untuk meninggalkan rumah selama maksimal dua jam per hari.

Pusat perbelanjaan mulai dibuka. Transportasi publik juga mulai beroperasi. Orang-orang pun mulai diizinkan bepergian dengan tetap menerapkan jaga jarak dan memakai masker.

Perjuangan Wuhan Lawan Corona: Dulu Lockdown, Kini Bebas Berpesta
Suasana haru saat lockdown Wuhan dicabut. Foto: AP

Sebulan kemudian, tepatnya 8 April 2020, Wuhan resmi mencabut aturan lockdown. Kita dapat melihat melalui foto yang beredar bahwa orang-orang sudah mulai kembali beraktivitas. Pernikahan digelar, sekolah kembali buka, dan kegiatan bisnis kembali menggeliat.

Sayangnya, pada 12 Mei dilaporkan ditemukan kembali virus Corona di sana. Tercatat ada 6 kasus Corona baru. Kota itu pun segera melakukan tes massal pada seluruh penduduk yang berjumlah 11 juta orang. Akhirnya, penularan Corona dapat kembali dikontrol.

Perjuangan Wuhan Lawan Corona: Dulu Lockdown, Kini Bebas Berpesta
Suasana saat lockdown Wuhan dicabut. Foto: AP

Berlanjut ke bulan Juni, pasar malam yang biasanya menjual makanan kaki lima, diizinkan buka. Di bulan Juli, fasilitas hiburan juga kembali menyambut pengunjung.

Bioskop di sejumlah tempat sudah buka. Taman-taman boleh didatangi. Sementara perpustakaan dan museum boleh menerima pengunjung setengah dari kapasitas. Pertemuan orang dalam jumlah besar juga diizinkan dilakukan.

Memasuki bulan Agustus, dunia dibuat kaget karena Wuhan sudah melangsungkan pesta di kolam renang. Ratusan orang memadati HOHA Water Electrical Musical Festival tanpa jaga jarak dan tanpa masker.

Kelab malam juga sudah dipadati muda-mudi yang berbulan-bulan menahan diri untuk berdansa. Salah satu kelab malam yang disebut Hepburn, sudah memutar musik Mandopop dan American rap, yang mengajak pengunjung menikmati kemenangan mereka atas Corona.

Wuhan yang dulu dicibir pun akhirnya menjadi yang pertama tertawa sekarang. Tak ada lagi kasus Corona di sana selama 33 hari terakhir.

Sementara berbagai negara di dunia masih berjuang saat ini. Misalnya di Indonesia, angka penularan Corona terus meningkat setiap hari. Sampai Selasa (22/9/2020), kasusnya sudah mencapai 253.000 dengan korban meninggal nyaris 10.000 orang.


SUMBER











TIDAK MUNGKIN!!! INI PASTI HOAX


Perjuangan Wuhan Lawan Corona: Dulu Lockdown, Kini Bebas Berpesta


emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raliakbarrr dan 40 lainnya memberi reputasi
39
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Perjuangan Wuhan Lawan Corona: Dulu Lockdown, Kini Bebas Berpesta
23-09-2020 14:15
Wuhan no jiayou






emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
b42l4t4k dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Perjuangan Wuhan Lawan Corona: Dulu Lockdown, Kini Bebas Berpesta
23-09-2020 14:21
flash news... mereka udah pake vaksinnya... semua negara udah ketipu... emoticon-Shutup




. emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 22 lainnya memberi reputasi
22 1
21
Perjuangan Wuhan Lawan Corona: Dulu Lockdown, Kini Bebas Berpesta
23-09-2020 14:23
lokdon kok bisa jalan2....^^^
.
.
banyak yg gak tau...PSBB itu yah lokdon juga...!!!

bahasanya aja yang gak pakek lokdon...!!!.
.
karena efeknya bisa panic buying...!!!
.
.
ostrali, singapur (negara maju), filipin aja pada rush supermarket kok...!!!
.
.
gak kebayang kalo kemaren indonesia pake disksi lokdonn...^^^^
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lsenseyel dan 15 lainnya memberi reputasi
14 2
12
Lihat 68 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 68 balasan
Perjuangan Wuhan Lawan Corona: Dulu Lockdown, Kini Bebas Berpesta
23-09-2020 14:23
Memang hama dunia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 11 lainnya memberi reputasi
10 2
8
Perjuangan Wuhan Lawan Corona: Dulu Lockdown, Kini Bebas Berpesta
23-09-2020 14:26
meanwhile.......

Perjuangan Wuhan Lawan Corona: Dulu Lockdown, Kini Bebas Berpesta

salah pemerintah kalok psbb kagak selesai-selesai emoticon-Maaf Agan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 20 lainnya memberi reputasi
19 2
17
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Perjuangan Wuhan Lawan Corona: Dulu Lockdown, Kini Bebas Berpesta
23-09-2020 14:29
hidup cinak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Perjuangan Wuhan Lawan Corona: Dulu Lockdown, Kini Bebas Berpesta
23-09-2020 14:32
Perjuangan Wuhan Lawan Corona: Dulu Lockdown, Kini Bebas Berpesta


Perjuangan Wuhan Lawan Corona: Dulu Lockdown, Kini Bebas Berpesta


Perjuangan Wuhan Lawan Corona: Dulu Lockdown, Kini Bebas Berpesta




Terima kasih bapak jokowi dan bapak luhut sudah tidak membiarkan jakarta seperti wuhan emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perjuangan Wuhan Lawan Corona: Dulu Lockdown, Kini Bebas Berpesta
23-09-2020 14:33
Hmm..sepertinya suda pakai vaksin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Barysaja94 dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Perjuangan Wuhan Lawan Corona: Dulu Lockdown, Kini Bebas Berpesta
23-09-2020 14:36
Apresiasi buat pemerintahan Presiden Xi, sigap, ngak planga plongo dalam menanggulangi penyevaran virus corona. Ngak ada usaha yang sia².
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Lihat 29 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 29 balasan
Perjuangan Wuhan Lawan Corona: Dulu Lockdown, Kini Bebas Berpesta
23-09-2020 14:36
vaksin nya berhasil.. kapan nih kita vaksin?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perjuangan Wuhan Lawan Corona: Dulu Lockdown, Kini Bebas Berpesta
23-09-2020 14:39
Kalo indonesia sih habis lokdon bukan pesta.

Yang ada sibuk cari pinjaman untuk bayar pinjaman yang dipake untuk bayar pinjaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 11 lainnya memberi reputasi
11 1
10
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Perjuangan Wuhan Lawan Corona: Dulu Lockdown, Kini Bebas Berpesta
23-09-2020 14:46
Ngurus negara disamakan dengan ngurus Toko Meubel, ya hasilnya plonga-plongo bre.

:ngajak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davinof dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Perjuangan Wuhan Lawan Corona: Dulu Lockdown, Kini Bebas Berpesta
23-09-2020 14:47
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Barysaja94 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Perjuangan Wuhan Lawan Corona: Dulu Lockdown, Kini Bebas Berpesta
23-09-2020 14:47
jgn abaikan sifat sama perilaku orang2nya
disana nurut
lah disini??

emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Perjuangan Wuhan Lawan Corona: Dulu Lockdown, Kini Bebas Berpesta
23-09-2020 14:48
Subannalloh emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Barysaja94 dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Perjuangan Wuhan Lawan Corona: Dulu Lockdown, Kini Bebas Berpesta
23-09-2020 14:52
haha komunis
tau sendiri pencitraannya kyk gimana, kyk kodok.

yg tampil dimedia udah diatur ccp
disana masih banyak yg mati karena covid pastinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 13 lainnya memberi reputasi
13 1
12
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perjuangan Wuhan Lawan Corona: Dulu Lockdown, Kini Bebas Berpesta
23-09-2020 14:53
jadi kesimpulannya apa nih?indo harus niru cina gitu?emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Perjuangan Wuhan Lawan Corona: Dulu Lockdown, Kini Bebas Berpesta
23-09-2020 15:02
Ti ha ti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Barysaja94 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Perjuangan Wuhan Lawan Corona: Dulu Lockdown, Kini Bebas Berpesta
23-09-2020 15:09
ini bemeran ya? baca beritanya di vice
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Barysaja94 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Perjuangan Wuhan Lawan Corona: Dulu Lockdown, Kini Bebas Berpesta
23-09-2020 15:12
kayaknya pada lupa yah kalo tiongkok itu negara komunis emoticon-Hammer2

jangan lupa ada pembungkaman fakta disana emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 12 lainnya memberi reputasi
12 1
11
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia