News
Batal
KATEGORI
link has been copied
255
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6ac665c820843ccd290e6f/perbedaan-era-sby-dan-jokowi-jk-sby-cepat-ambil-keputusan-jokowi-rapat-4-5-kali
Jusuf Kalla membongkar perbedaan karakter SBY dengan Jokowi saat mengambil keputusan. Meski pernah menjadi wakil SBY dan Jokowi, pria yang akbar disapa JK itu tidak memilih antara keduanya mana yang terbaik.
Lapor Hansip
23-09-2020 10:52

Perbedaan Era SBY dan Jokowi, JK: SBY Cepat Ambil Keputusan, Jokowi Rapat 4-5 Kali!

Past Hot Thread
Quote:

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla secara blak-blakan mengungkap perbedaan masa kepemimpinan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Joko Widodo (Jokowi).

Jusuf Kalla membongkar perbedaan karakter SBY dengan Jokowi saat mengambil keputusan. Meski pernah menjadi wakil SBY dan Jokowi, pria yang akbar disapa JK itu tidak memilih antara keduanya mana yang terbaik.

Hak tersebut disampaikan JK saat ia menjadi bintang tamu di channel YouTube Helmy Yahya Bicara pada Selasa (22/9/2020). Dalam video itu, JK hanya memaparkan perbedaan karakter SBY dan Jokowi dalam mengambil keputusan.

Berawal dari Helmy Yahya yang membahas perjalanan karir politik JK. "Yang saya baca bapak berbisnis luar biasa, tapi politik tetap ya pak," tanya Helmy.

Mendengar pertanyaan itu JK lantas menceritakan awal mula perjalanan karir politiknya yang dimulai sebagai anggota DPR.

"Politik waktu zaman dulu saya hanya anggota DPR, jadi politiknya sambil lalu sebenarnya, mewakili daerah," kata Jusuf Kalla.

Lebih lanjut JK mengatakan mulai aktif berpolitik sejak ia ditunjuk sebagai menteri oleh Gus Dur pada tahun 1999.

"Saya aktif betul di politik waktu Menteri Perindag 1999," katanya.

"Zaman Gus Dur ya pak, abis itu disuruh mundur, ada apa tuh pak?" tanya Helmy.

JK lantas mengatakan jika saat itu ia dicecar oleh Gus Dur bersama 20 menteri lainya.

"Biasa lah zaman dulu 20 menteri disuruh mundur atau dipecat, saya termasuk bagian yang keempat. Gus Dur suka begitu, ada saja alasannya, ya kita berhenti aja," jelas JK.

Lalu JK kembali ditunjuk sebagai menteri di era Megawati Soekarnoputri. "Kemudian ibu Mega panggil lagi jadi Menkokesra, naik satu tingkat," cerita JK.

Lalu Helmy melanjutkan pertanyaan terkait karir politik JK yang semakin melonjak saat menjadi Wakil Presiden SBY. Helmy lantas bertanya kepada JK perbedaan kepemimpinan SBY dan Jokowi.

"Jadilah pak JK Menkokesra, terus melanjutkan perjuangan politiknya jadi Wakil Presiden bersama Pak SBY. Pak kalau memilih dua kali jadi Pakil Presiden lebih enak zaman Pak SBY atau Pak Jokowi?" tanya Helmi lagi.

Mendengar itu, JK mengatakan jika SBY dan Jokowi sama saja, hanya beda kepemimpinannya.

"Ya sama lah, cuma beda kepemimpinan," kata Jusuf Kalla.

"Gayanya beda?" tanya Helmy Yahya.

JK lantas mengatakan jika di era SBY, semua masalah ekonomi diserahkan padanya.

"Kalau zaman Pak SBY semua masalah ekonomi diserahkan ke saya," kata JK.

Sementara di era Jokowi, JK mengatakan jika semua permasalah dirapatkan.

"Kalau zaman Jokowi semua soal dirapatkan," kata Jusuf Kalla.

"Oh," timpal Helmy Yahya.

"Semua soal," tekan JK.

Bahkan JK mengatakan jika rapat bisa digelar 4-5 kali.

"Senang sekali rapat Pak Jokowi," timpal Helmy.

JK lalu mengatakan jika di era SBY semua ringkas karena keputusan diambil dengan cepat.

"Lebih ringkas, lebih terarah lebih cepat kita ambil keputusan," kata Jusuf Kalla.

"Makanya bapak bilang lebih cepat lebih baik yah," kata Helmy Yahya.

"Ya begitu," cetus JK.

https://jatimtimes.com/baca/224404/2...rapat-4-5-kali



Bukannya pak jokowi tidak suka ropat rapet emoticon-Imlek
Perbedaan Era SBY dan Jokowi, JK: SBY Cepat Ambil Keputusan, Jokowi Rapat 4-5 Kali!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Adamfachrizal dan 33 lainnya memberi reputasi
30
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Perbedaan Era SBY dan Jokowi, JK: SBY Cepat Ambil Keputusan, Jokowi Rapat 4-5 Kali!
23-09-2020 10:54
wow sesuatu sekali yah...semua langsung eksekusi gak pake rapat,makanya dana operasional gak kepantau,masuk bui deh menteri2nyaemoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 31 lainnya memberi reputasi
31 1
30
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Perbedaan Era SBY dan Jokowi, JK: SBY Cepat Ambil Keputusan, Jokowi Rapat 4-5 Kali!
23-09-2020 10:55
Enakan meeting terus dapat kue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nonoralas dan 10 lainnya memberi reputasi
8 3
5
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Perbedaan Era SBY dan Jokowi, JK: SBY Cepat Ambil Keputusan, Jokowi Rapat 4-5 Kali!
23-09-2020 10:57
Itu kata JK sendiri yak : klo jaman SBY semua masalah ekonomi d serahkan ke JK. Klo jaman Jokowi semua d putuskan bareng alias rapat

Pantes jaman SBY jk strong bngt
emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lontongpecell dan 16 lainnya memberi reputasi
15 2
13
Lihat 71 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 71 balasan
Perbedaan Era SBY dan Jokowi, JK: SBY Cepat Ambil Keputusan, Jokowi Rapat 4-5 Kali!
23-09-2020 11:01
menang banyak dong jk yah...^^^

tapi masih minta sumbangan ke pengusaha buat PMI....^^^
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jazarja dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Perbedaan Era SBY dan Jokowi, JK: SBY Cepat Ambil Keputusan, Jokowi Rapat 4-5 Kali!
23-09-2020 11:01
Maksudnya kalo ada proyek2 langsung diserahkan Jk gitu? Gak pake rapat.. wajar pd mangkrak semua..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Perbedaan Era SBY dan Jokowi, JK: SBY Cepat Ambil Keputusan, Jokowi Rapat 4-5 Kali!
23-09-2020 11:06
batara Kala, perusak indonesia emoticon-Cool

Perbedaan Era SBY dan Jokowi, JK: SBY Cepat Ambil Keputusan, Jokowi Rapat 4-5 Kali!

Perbedaan Era SBY dan Jokowi, JK: SBY Cepat Ambil Keputusan, Jokowi Rapat 4-5 Kali!
Diubah oleh PsiKOPET.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perbedaan Era SBY dan Jokowi, JK: SBY Cepat Ambil Keputusan, Jokowi Rapat 4-5 Kali!
23-09-2020 11:11
kok aga beda ya...bukannya dari dulu sby terkenal karena super lambat dalam ambil decision?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Perbedaan Era SBY dan Jokowi, JK: SBY Cepat Ambil Keputusan, Jokowi Rapat 4-5 Kali!
23-09-2020 11:16
Keliatan Kan Aslinya sekarang Pak kalla ini, Pantes NV Kalla pas jaman SBY Proyeknya dimana2, sementara pas Jaman Jokowi agak2 tertahan, Karena Jaman SBY semua urusan diserahin ma die....Pantesan ajah....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
broer_ipen dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Perbedaan Era SBY dan Jokowi, JK: SBY Cepat Ambil Keputusan, Jokowi Rapat 4-5 Kali!
23-09-2020 11:17
soalnya jokowi bukan pimpinan tertinggi jd terkesan rapat ama atasannya dulu sebelum ngambil keputusan

pantesan ekonomi bagusan jaman SBY
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sang Pembantai dan 13 lainnya memberi reputasi
10 4
6
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Perbedaan Era SBY dan Jokowi, JK: SBY Cepat Ambil Keputusan, Jokowi Rapat 4-5 Kali!
23-09-2020 11:22
Loh loh.. bukannya pak SBY lamban, peragu, tukang curhat, tukang bikin lagu, dan auto pilot?
kalau bapak Presiden Jokowi kan tanpa ragu2.. meeting2 itu cuman kamuflase saja. Kan panggil programmer semua masalah selesai dalam 2 minggu. Dan bapak Jokowi ini ahli dalam foreshadowing, ahli dalam nabok nyilih tangan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 11 lainnya memberi reputasi
10 2
8
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Perbedaan Era SBY dan Jokowi, JK: SBY Cepat Ambil Keputusan, Jokowi Rapat 4-5 Kali!
23-09-2020 11:26
Lambat asal selamat, sisi lain kepemimpinan SBY
Kamis, 1 November 2012 02:21
Reporter : Wayan Anantara


Merdeka.com - Presiden SBY merupakan pemimpin yang tergolong lamban dalam mengambil keputusan atas suatu persoalan. Namun sikap itu diambil demi mengakomodasi beragam kepentingan.

Hal itu terungkap dalam diskusi "Sisi Lain Kepemimpinan SBY" di Denpasar, Rabu (31/10). "Banyak yang bilang SBY lamban. Padahal, dalam mengambil keputusan SBY mempertimbangkan beragam kepentingan," ungkap Asisten Staf Khusus Presiden Bidang Publikasi dan Dokumentasi A Bakir Ihsan yang menjadi pembicara dalam diskusi itu.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Perbedaan Era SBY dan Jokowi, JK: SBY Cepat Ambil Keputusan, Jokowi Rapat 4-5 Kali!
23-09-2020 11:28
bukaka grup si kakek tua ini banjir duit dari jaman sby sampai jokowi adalah fakta emoticon-Big Grin
clannya dia udah enak tujuh turunan sultan macam orkay di parasite itu lah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perbedaan Era SBY dan Jokowi, JK: SBY Cepat Ambil Keputusan, Jokowi Rapat 4-5 Kali!
23-09-2020 11:30
Njir 4-5 kali ( dalam seminggu kali ya ) dan hasilnya sangat tepat dan terarah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Perbedaan Era SBY dan Jokowi, JK: SBY Cepat Ambil Keputusan, Jokowi Rapat 4-5 Kali!
23-09-2020 11:39
Masalah ekonomi maksudnya, diserahin beye ke jk, jadi opa JK seneng.

Klo wiwi ngasih kerjaan jk yg seremonial Cem ke pbb Dan pidato2, jadi opa jk kebagian tepok jidat.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Perbedaan Era SBY dan Jokowi, JK: SBY Cepat Ambil Keputusan, Jokowi Rapat 4-5 Kali!
23-09-2020 11:39


Sebenarnya dua2nya sama2 lambat

SBY lambat karna harus mengakomodir berbagai kepentingan politik (partai dia bukan partai nomor 1, jd butuh dukungan suara partai yg lebih besar untuk melawan oposisi yg besar suaranya, yaitu PDIP)

JKW juga lambat krna dia bukan penguasa partai. Kalau mau ambil keputusan harus dapet sinyal persetujuan dulu dari para penguasa partai, terutama partai merah yg jd King Maker nya dia.

Ingat kasus cicak vs buaya jaman JKW dulu?
Waktu BG dijadiin tersangka sama KPK n dibalas 2 Ketua KPK dijadiin tersangka sama Polri. Dimana butuh waktu lebih dari 1 minggu untuk JKW mengambil keputusan dari sejak memanasnya situasi.




profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Perbedaan Era SBY dan Jokowi, JK: SBY Cepat Ambil Keputusan, Jokowi Rapat 4-5 Kali!
23-09-2020 11:42
Jadi klo sby itu lgsung ambil tindakan tanpa koordinasi dl, jokowi koordinasi dl bru ambil tindakan.

Diliat dri latar belakang nya, wajar sih. Sby, dgn background militer, hrs ambil keputusan dgn cpt saat di medan perang, klo gak bakal tewas anak buahnya. Jokowi, dgn background pengusaha, mang biasanya rapat dl sblm ambil keputusan. Klo gak rapat, bisa jadi keputusannya berbuah pailit buat perusahaan yg dipimpin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Perbedaan Era SBY dan Jokowi, JK: SBY Cepat Ambil Keputusan, Jokowi Rapat 4-5 Kali!
23-09-2020 11:44
tp opa jk periode kedua pusing2 karena byk perusahaanny anjlok gara2 colorna emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Perbedaan Era SBY dan Jokowi, JK: SBY Cepat Ambil Keputusan, Jokowi Rapat 4-5 Kali!
23-09-2020 11:57
Sama2 lamak ngambil keputusan.

Takut kena protes.
Yang satu takut diprotes koalisi yg satu takut diprotes partai sendiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Perbedaan Era SBY dan Jokowi, JK: SBY Cepat Ambil Keputusan, Jokowi Rapat 4-5 Kali!
23-09-2020 12:09

Jaman sby rizieq langsung masuk penjara, jaman jkw mesti dibuang dlu ke arab emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Perbedaan Era SBY dan Jokowi, JK: SBY Cepat Ambil Keputusan, Jokowi Rapat 4-5 Kali!
23-09-2020 12:14
Jejak digital itu kejam lho.. emoticon-Malu (S)

Quote:..
Berdasarkan pengalaman sebagai wapres di dua periode kepemimpinan berbeda, JK menceritakan ada perbedaan signifikan dalam tugasnya mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono (2004-2009) dan Joko Widodo (2014-2019).

"Kalau saya, zaman Pak SBY ada persetujuan bersama. Kalau sekarang dengan Pak Jokowi itu fleksibel, jadi saya sering punya insting 'Pak, begini sebaiknya. Saya akan kerjakan', seperti itu," ujarnya.
..

https://nasional.republika.co.id/ber...sby-menurut-jk


Quote:..
Namun, sistem pembagian tugas itu tidak diterapkan oleh Jokowi. Mantan Wali Kota Solo itu, kata JK, cenderung kolektif dalam bekerja. Semua hal harus dirapatkan dan keputusan diambil secara bersama-sama.

"Jadi apa pun isu-isu dari besar sampai kecil, itu dirapatkan. Jadi kita ambil keputusan bersama-sama. Mulai dari masalah ekonomi besar, sampai urusan sampah," kata JK.

..
https://www.medcom.id/nasional/polit...jokowi-berbeda


Quote:..
JK lantas menjawab. Ia mengatakan masing-masing pemimpin memiliki gaya kempemimpinan sendiri. Ia menuturkan SBY merupakan tipikal pemimpin yang selalu ingin perform. Sedangkan Jokowi lebih ingin tahu terkait detail. "Sama baiknya," kata JK yang menjabat sebagai Dewan Pembina Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi - Ma'ruf Amin.

Saat memasuki tahapan pertanyaan jawab cepat, JK dihadapkan pada pilihan Jokowi atau SBY. Tanpa pikir panjang, JK pun langsung menjawab, "Jokowi. Karena (ia menjabat) sekarang. Kalau SBY kita tidak sebut, dia sudah tidak marah lagi," kata JK yang diiringi sorakan dari penonton.
..
https://nasional.tempo.co/read/11879...y/full&view=ok



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr7
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia