Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
47
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6a3396365c4f4cf92b0060/gw-gamau-munafik
Gw ngerasa sendiri bgt.. Bokap gw, gamau minum obat lagi, kalo udah kyk gini pasti kambuh gangguan jiwanya.. gw gatau musti ngapain.. gw dari dulu ga deket sama bokap karna bokap kyk gini nih sejak gw masih kecil, dari dulu gw anggep beliau cuma mayat hidup aja... Semenjak gw kuliah, beliau dijemput balik ke kampung halamannya, dirawat kakek nenek gw dan sodaranya.. udah mendingan karna rutin minu
Lapor Hansip
23-09-2020 00:25

Gw Gamau Munafik

Gw ngerasa sendiri bgt..
Bokap gw, gamau minum obat lagi, kalo udah kyk gini pasti kambuh gangguan jiwanya.. gw gatau musti ngapain.. gw dari dulu ga deket sama bokap karna bokap kyk gini nih sejak gw masih kecil, dari dulu gw anggep beliau cuma mayat hidup aja...
Semenjak gw kuliah, beliau dijemput balik ke kampung halamannya, dirawat kakek nenek gw dan sodaranya.. udah mendingan karna rutin minum obat, walau gw ttp gabisa ngobrol H2H dg beliau, gw gapernah punya sosok ayah yg melindungi atau apalah itu..

3 th lalu nenek gw meninggal, skg kakek gw udah sakit2an, dan bokap udh gamau minum obat lagi... jangan bilang gw dan yg lain gapernah bujuk, udah berbagai upaya dilakuin.. akhir2 ini gw udah diwanti2 sama kakek, kalo gw udah kerja/nikah, bokap harus gw rawat, ajak tinggal sama gw.. ga munafik, dalam hati gw ada perasaan marah... kenapa gw harus dibebankan dg hal kayak gini pdhl gw gapernah dpt kasih sayang bokap, tapi sekali lagi,, emg bokap cuma punya gw aja,, walau sejujurnya kalo boleh milih gw mending ga dilahirkan di dunia ini drpd nanggung beban kek gini... gw sayang bokap, tp gw juga manusia biasa...

Nyokap gw.. hmm.. jgn ditanya.. malam ini aja gw liat story whatsappnya, isinya beliau cuma tiktok an.. entah, mungkin ada beban lain yg beliau tanggung shg menghibur diri dg hal kyk gitu.. nyokap dah nikah lagi, gw selalu berdoa ttg kebahagiaan nyokap karna udah banyak hal yg nyokap tanggung sendirian selama ini.. tapi lagi2 gw gamau munafik.. gw kecewa, knp harus tiktokan joget2 gajelas gitu.. belum hilang rasa malu gw sama keadaan bokap, nyokap gw malah bikin gw ngelus dada jg... gw jg ga terbiasa curhat sama nyokap karna dari dulu beliau sibuk kerja, jadi kebawa aja kebiasaan untuk ga cerita ttg perasaan gw.. ngobrol cm masalah duit, sekolah, dah itu aja..

Gw gatau lg harus ngadu sama siapa.. jangan bilang sama tuhan, karna udh sering dari gw kecil, tp gprnah dpt jawaban apa2.. gw sedih, kecewa, marah, tapi sekua ini diluar kendali gw..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Rpggamer dan 10 lainnya memberi reputasi
11
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 2
Gw Gamau Munafik
23-09-2020 01:00
GIF

Dengan nulis apa mengurangi beban pikiran ente, Gan/Sis? Kalau iya, bikin blog personal mungkin bisa membantu.

Tentang orangtua, kita ga bisa mengubah orang lain, apalagi orang yang sudah berpuluh tahun sifatnya seperti itu. Mengenai bokap ente, memang bakal ga gampang ngerawatnya, tapi biar segimanapun, orangtua tetep orangtua.

Tentang mendengar Tuhan, waktu 25 th lalu ane juga mengalami kayak ente. Berdoa dan tunggu Tuhan ngomong, tapi ga ada jawaban. Sampai 5 tahun kemudian, perlahan-lahan ane baru mulai ngerti, jawaban Tuhan ga mesti kayak di film: Tuhan ngomong langsung dan kita denger. Tuhan bisa ngasih jawaban lewat banyak cara, termasuk lewat masalah. Jadi coba sekarang diubah cara mikirnya. Bukan lagi mikir, udah cerita ke Tuhan, tapi ga dijawab. Sekarang coba mikirnya, lewat situasi/masalah yang ada, kira-kira apa yang bisa dipelajari? Apa pesan yang mungkin Tuhan kasih?

Cara Tuhan ngomong itu bisa lewat isi kitab suci, bisa lewat masalah, bisa lewat hal-hal biasa sehari-hari, termasuk lewat nasihat/saran/teguran orang ke kita, itu juga bisa. Memang bisa juga Tuhan kasih pesan khusus yang kita tangkap/mengerti, entah dalam bentuk ide/inspirasi/bunyi, lewat kesan khusus/mendalam di hati, atau bahkan lewat mimpi (walau ga semua mimpi adalah pesan dari Tuhan).

Ane doakan supaya ente bisa mengerti maksud Tuhan dan semoga melewati situasi yang dihadapi sekarang, ente bisa lebih kuat, lebih sabar, karena kedua hal itu susah. Bisa jadi lebih kuat dan lebih sabar itu juga berkat walau sering ga disadari🤗❤️.
Diubah oleh archaengela
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Gw Gamau Munafik
23-09-2020 03:54
Yah jelas bokap dalam tanggunganmu, bukan karena dia berjasa atau nggak tapi tanggung jawab moril, akan sangat jahat kalau ditinggalin, ada hukum karmanya. Kalau kita ingin hidup kita baik, kita mulai dari sikap kita terlebih dahulu.

Gue juga gak percaya tuhan, dari pengalamanku apa² gue usahain sendiri. Mau lu udah hampir mati juga gak ada yang peduli, dan untungnya elu udah tahu ini duluan. Usaha sekuatnya aja, bray... semua tergantung kita, dimulai dari tingkah laku yang baik, nanti kehidupan akan lebih baik. Semangat deh... emoticon-Smilie emoticon-thumbsup
Diubah oleh Sahabat.pena.02
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan pulaukapok memberi reputasi
2 0
2
Gw Gamau Munafik
23-09-2020 04:52
Semangat gan...emang berat banget kalau harus nanggung orang yg ga pernah beri kita kasih sayang dari kecil walau ortu sekalipun...tapi beliau sakit juga bukan kemauan beliau, beliau jg struggle dengan kesakitannya sendiri....siapa sih org di dunia ini yg mau sakit...emoticon-norose

Mungkin Tuhan YME memberikan km jalan/kesempatan untuk memperbanyak pahala ke surga nantinya, jd dibebankan tanggungjawab itu...kalaupun km ga mau merawat langsung, km bisa bekerja lebih keras sehingga bisa menyewa suster/perawat untuk merawat beliau...ya at least km ga meninggalkan beliau...kasian juga kan beliau udah ga ada siapa2 lg selain km...

Semangat ya gan...semoga kebaikanmu dibalas sama Tuhan YME dengan memudahkan jalan km nantinya untuk sukses, jadi murah rezeki, selalu diberi nikmat kesehatan dan kebahagiaan...emoticon-roseemoticon-Angkat Beer
0 0
0
Gw Gamau Munafik
23-09-2020 05:00
selalu percaya tuhan ada untuk ente gan,. mungkin ente akhirnya curhat disini itu rencana dri tuhan juga.. semoga abis curhat disini diri ente jdi lebih tenang.. ambil hikmah nya..
0 0
0
Gw Gamau Munafik
23-09-2020 05:47
Ada jalan lain kok. Gak usah urusin bokap kamu. Lagipula calon istri mana yang mau terbebani ngurusin mertua gila. Apalagi nanti punya bayi, bahaya sekali berada di dekat orang gila. Itulah kenapa di desa orang gila di pasung, karena kalau tidak bisa membahayakan orang di sekitarnya. Kasus orang gila bunuh keluarga hingga ke anak bayi, banyak silakan cari. Apalagi orang gila gak mau minum obat.

Jika kamu punya duit berlebih ya kamu masukin ayah kamu ke RSJ, tengokin setahun 2-3 kali. Percuma ditengokin sering2, namanya orang gila. Jika duit pas-pasan abaikan saja ayah kamu, kuatkan kuping sama omongan saudara. Kejar kebahagiaan kamu sendiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
migicat dan 4 lainnya memberi reputasi
1 4
-3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Gw Gamau Munafik
23-09-2020 07:46
Berbuat bagi kepala orang lain itu sebenarnya kita sedang berbuat baik kepada diri kita sendiri gan atau ya setidaknya tabungan pahala kita di masa depan

Intinya
Mau tidak mau ya ente harus merawat ayah ente
Ajak untuk rutin minum obat gan
Rawatlah dengan baik ayah ente
Itu solusi terbaik gan
Emang susah gan
Tapi ya begitulah hidup ini
Dijalani dengan semangat aja ya gan
Semoga ente selalu diberikan kekuatan
emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Gw Gamau Munafik
23-09-2020 07:54
lantas apakah dengan curcol masalah ente bisa clear? Jangan pernah melupakan untuk selalu berdoa dan berikhtiar...anda sudah sabar sesabar apa? Banyak manusia yang lebih buruk dari ente di luaran sana. Namun mereka masih mampu menegadahkan tangannya dan tidak putus dalam doa...

mungkin ente berdoa hanya sekedar berdoa. Namun tanpa keyakinan. Karena setau dan sepengalaman aye, hanya keyakinan sajalan yang membuat energi positif dalam tubuh manusia menjadi lebih baik dan bahkan bisa stabil...

so jangan pernah mengatakan letih meminta kepada Allah satu-satunya zat yang mampu membolak-balikkan segalanya. ya SEGALANYA.

kau tau tak? Energi positif itu baik untuk kesehatan. Maka jangan sampai hilang dari kita kalau tidak mau lebih mengerikan oh nooooooooooo...

menurut gue entuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Gw Gamau Munafik
23-09-2020 08:33
Berdoa & berikhtiar dia bilang. Ikhtiar = usaha.

Klo ane udah lama gak ibadah. Ibadah gak ibadah sama aja. Mending ane usaha sendiri, aman lancar aja... Tuhan ada di hati ane aja (iye ane agnostik). emoticon-Smilie
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
1 0
1
Gw Gamau Munafik
23-09-2020 09:25
jgn lembek lu bro, masalah org yg lebih besar dari lu tuh byk bgt, survive lah jadi org jangan kebanyakan ngeluh, klo lu dah berusaha tp hasilnya ga sesuai harapan ya udah, lu terima aja, cari solusi lagi, harus sabar krn HIDUP ITU GA MUNGKIN TANPA MASALAH, SEMUA ORG PASTI PUNYA MASALAH SANGAT BERAT YANG MEREKA PIKUL, TERMASUK GW.
0 0
0
Gw Gamau Munafik
23-09-2020 10:00
Quote:Original Posted By akunbaik
Jadi intinya apa del
Dia cukup berdoa aja
Biar yang diatas ya rawat ayahnya dia?
emoticon-Bingung


Bukan maksudku entuh berdoa penuh keyakinan agar semua doa dikabulkan. Jika kita berdoa tanpa keyakinan pan gak manjur ... dikabulkannya pasti lama....hehheh


Selain entuh mengalirkan energi positif dalam dirinya biar dia gak kebanyakan benalu dihatinya..lepas dan hempasan...jalani aja arahnya mau kemana dengan keyakinan penuh semua akan baik-baik saja
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gw Gamau Munafik
23-09-2020 10:04
Semua benar
0 0
0
Gw Gamau Munafik
23-09-2020 11:02
Yup, ente mungkin susah untuk dikabulin doanya bila ente sendiri ga ikhlas ngejalaninnya.

Jujur, ane sendiri pun ga percaya dengan konsep ini. Soalnya, ane juga punya masalah yang sama dengan ente. Memang ane sendiri ga percaya dengan konsep ini soalnya sudah berkali-kali ane ngadu emang ga ada hasilnya.

Pada akhirnya ane ditemukan oleh orang-orang yang punya masalah yang sama. 3 orang malahan dimana masalah mereka malah lebih berat dari ane semua. Bedanya mereka survive menjalain hidup dengan masalah-masalah tersebut.

Terserah ente mau percaya atau tidak. Ketiga orang temen ane hanya menjalani hidup dengan ayah-ayah mereka yang gendeng itu. Mereka ikhlas berbakti walaupun tau, orang tua mereka pernah menyakiti di masa lalu mereka sampai hampir ada yang mengancam ngebunuh mereka. Hasilnya temen ane malah semakin sukses di kerjaan dan dimudahkan dalam hidup kok.

Kuncinya nih gan, kalau ente berbakti dan ikhlas pasti dimudahkan kok doanya.

Masalah ente ga berat-berat amat kok, ada tuh temen ane yang bapaknya tiba-tiba ngilang ga ada kabar. Pulang setelah si ibu meninggal sambil membawa utang yang banyak pula. Tapi temen ane mau aja ngurus ntu orang ditambah harus ngelunasin utang-utang bapaknya. Malah sukses kok, nikah juga ditemenin bapaknya.

*Catatan
Ane seorang introvert, kalau ane nemu 3 orang yang punya masalah gini di kehidupan ane. Ente bisa simpulkan berapa banyak orang yang punya masalah yang sama dengan ente atau malah bisa lebih berat malah.
Diubah oleh monto12
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan embunsuci memberi reputasi
2 0
2
Gw Gamau Munafik
23-09-2020 11:42
Quote:Original Posted By akunbaik
Kalau gak yakin ya ngapain berdoa..
Ini kayak elu nyuruh ateis percaya mujizat aje
Lagian mana cukup cuma berdoa
Emang langsung tiba2 sembuh ayah nya cuma berdoa aja?
emoticon-Bingung


Ya makanyaaa pan gakda hasilnya dia entuh punya doa dicurhatnya, nyang nampak kalau dia gan mau lagi berdoa. Maka dari entuh aye suruh mengalirkan energi positif dalam dirinya agar semua nyang negatif hilang darinya dan membuat kepercayaan entuh balik.

Sebeb dia mau melakukan apapun jika gakda energi positif dalam dirinya semuanya bisa Gatot pan? Gakda hasil. Jadi dalam dirinya dulu dibetulkan agar semuanya kembali membentuk positif...
0 0
0
Gw Gamau Munafik
23-09-2020 11:52
Bro.....

Menjadi dewasa dan bijak itu pilhan bro,,,,,

Bokap sakit jiwa....pasti ada sebabnya....mungkin karena stress ngga mampu otak dan fikirannya, terganggu mahluk kasat mata dll. Lalu siapa yang peduli ? kalau ngga keluarganya ya siapa lagi? mong bokap saja ngga ngerti / ngga peduli dengan dirinya sendiri.

Penyembuhannya gimana ? ya mungkin dengan obat....kalau minum ngga mau ya dicampurkan dengan makanan / minuman...
atau pengobatan alternatif lainnya.

Nyokap....sudahlah...mungkin butuh hiburan.
Lalu kamu bagaimana.....ya tugas secara pribadi ya selesaikan kuliah dan segera bekerja atau keduanya langsung.

Semua orang diberi cobaan , ya ini cobaan untuk dirimu. Kamu kalau mau cuek ngga ngurusin bokap juga pilihanmu . Tapi dibalik itu, bila kamu tua, hal tersebut kembali / kamu alami sendiri bagaimana ?

Kalau ngga mampu ngurusin secara langsung , ya cari pihak ketiga yang bisa membantu....
0 0
0
Gw Gamau Munafik
23-09-2020 12:31
jadi orang kaya lalu titipin bokap lu di rumah sakit jiwa
0 0
0
Gw Gamau Munafik
23-09-2020 15:15
Pikiran orang tua(lebih banyak manis pait) jadi sebage anak itu gak bisa ato belum bisa ngertiin perasaan mereka. Ya bisa dibilang pengalaman kita kurang ato masih minim

Aku ngomong gini karna aku ngalamin gan
Bebas aku ngomong ato mbatin gak suka ama kelakuan seseorang sesuka hati, orang tua itu gini orang tua itu gitu, ato tetanggamu yang bapak bapak gini gitu ibu ibu gini gitu, tante itu gini gitu, tante genit gini gitu, janda gini gitu, itu dulu. Karna aku gak tau

Pas udah nikah baru kerasa, tombol di otak dan hati tu kek saklar, tadinya off jadi on, dunia kita jadi beda dan pola pikir jadi beda, apalagi pas anak lahir, itu ada hidden power source dan bikin nyala lampu lebih terang

Bingung ya njelasinnya tapi, yang pasti pola pikir orang yang masih lajang can yang udah berkeluarga itu beda, berjalan waktu semakin beda pola pikirmu, sesuai ama psikologis yang kamu lalui

Apa yang kamu anggap jelek pada orangtuamu kemungkinan akan berbeda dengan pikiran awalmu saat kamu nikah kelak, jangan sampe nyesel saat orang tuamu udah gak ada gan

Itu sakit banget rasanya, kehilangan orang tua, biarpun menurutmu mereka mungkin kurang baik, tapi hidup mereka gak sesederhana dari yang terlihat.......
profile-picture
mang.tap memberi reputasi
1 0
1
Gw Gamau Munafik
23-09-2020 15:35
Kalo gak mau ngurus pilihanya cuma kasih sodaranya sama panti rehabilitasi sis
0 0
0
Gw Gamau Munafik
23-09-2020 16:18
Obatnya rasanya pahit banget atau 'gimana ? Tanya ke dokter apa bisa diganti dengan yang jenis puyer dan tak berasa ...
Atau kalau memang tidak bisa, tanyain, apa bisa kalau dicampur dengan teh manis atau semacamnya ...
Asal jangan minuman bersoda ...

...

Kalau agan pengin curhat ke bokap agan ..., curhat aja ...
Karena itu merupakan terapi juga bagi bokap agan.
BTW itu sampe 'gitu itu karena stress-depresi atau karena strooke atau semacamnya ?
Terpisah dari penyebabnya, dimungkinkan ... orang dalam kondisi seperti itu, pikirannya sedang mengembara ke "alam lain". ===> Bukan diartikan dunia gaib, yah. emoticon-Big Grin Tapi alam yang terbentuk dari berbagai memori yang ada dalam pikirannya, dimana jalan yang menghubungkan antara alam pemikirannya dan kondisi riil telah terputus entah mengapa. Itu sebetulnya hampir seperti kasus koma. Dan mungkin pada beberapa kasus pikun juga.

Lha, terapi berupa curhat agan itu mungkin bisa memperbaiki jalan penghubung itu. Dan tidak selalu pula itu harus dirupakan dengan curhat, yah. Cerita mengenai kondisi up to date (tapi kiranya jangan yang sedih-sedih atau bisa membangkitkan amarah) mengenai apa yang ada di dunia sekarang, juga bisa.
Dalam proses "terapi" itu, bukan cuma bokap agan aja yang harus mendengar. Agan sendiri juga harus mendengar, semisal bokap agan mengatakan sesuatu. Bila kiranya agan mengetahui apa yang diomongkan oleh bokap agan, beri respon seperlunya. Ini juga bertujuan untuk membangun kembali sistim memori bokap agan, agar aktif lagi. ===> Terkait ini, maka yang melakukan proses "terapi" itu, haruslah orang yang dekat, dan bukan orang luar. ===> Cuma sekali lagi, konsultasikan dengan dokter lah ...

Cuma jangan terlalu berharap akan terjadi keajaiban, karena dengan ilmu yang ada saat ini pun, sulit sekali untuk bisa mengetahui, sampai seberapa jauh/dalam ... seseorang itu "terperangkap" dalam alam pikirannya. Tapi, kiranya juga jangan kemudian cepat berputus asa.

Diubah oleh bingsunyata
0 0
0
Gw Gamau Munafik
23-09-2020 18:19
Quote:Original Posted By .rawk.
@akunbaik

Bukan cukup doa doang goblok.

Kan dia bilang " Jangan pernah melupakan untuk selalu berdoa dan berikhtiar "
Gw Gamau Munafik

Dan ikhtiar artinya adalah usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan dalam hidupnya, baik material, spiritual, kesehatan, dan masa depannya.

Intinya. Berdoa dengan sungguh² sesuai kepercayaan masing², dann usaha.

Makanya baca yang bener..


Waduh makasih om hehehhe... Aye jugaan dah lupa dah komen apaan tadian entuh dah
0 0
0
Gw Gamau Munafik
23-09-2020 18:20
Quote:Original Posted By kabalisme
Saran yg sangat mengesankanemoticon-Matabelo


Wkwkwkwkw ade ade aje pan elo mah om hehehe
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
accidentally-you
Stories from the Heart
senandung-black-n-blue
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia