Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
21
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f69be95a2d19537c57809ac/cara-mudah-menanam-pepaya-california-di-lahan-sempit-versi-ane
Pandemi covid19 ini membuat keluarga agan dan sista di rumah menjadi tambah kreatif dan inovatif. Salah satu hikmahnya adalah belajar berkebun baik secara biasa maupun secara hidroponik.  Kebetulan ane pindahan rumah pada bulan Pebruari awal sebelum covid19 ramai dan diberlakukan psbb di daerah-daerah.  Rumah yang ane tinggali memiliki space tanah yang lumayan untuk belajar bercocok tanam.  Keb
Lapor Hansip
22-09-2020 16:06

Cara Mudah Menanam Pepaya California di Lahan Sempit Versi Ane

icon-verified-thread
Cara Mudah Menanam Pepaya California di Lahan Sempit Versi Ane
Pandemi covid19 ini membuat keluarga agan dan sista di rumah menjadi tambah kreatif dan inovatif. Salah satu hikmahnya adalah belajar berkebun baik secara biasa maupun secara hidroponik. 
Cara Mudah Menanam Pepaya California di Lahan Sempit Versi Ane
Kebetulan ane pindahan rumah pada bulan Pebruari awal sebelum covid19 ramai dan diberlakukan psbb di daerah-daerah.  Rumah yang ane tinggali memiliki space tanah yang lumayan untuk belajar bercocok tanam. 

Kebetulan ane dan keluarga di rumah suka buah pepaya california, maka muncullah keinginan untuk menanamnya di lahan rumah ane yang seadanya.

Kenapa california?

karena rasanya yang manis bila dimakan dibandingkan dengan varietas pepaya lainnya, warna jingga yang memiliki kandungan gizi seperti vitamin A, vitamin C, B1, B5, B3, K,E, serat, kalsium, asam folat dan magnesium.
Cara Mudah Menanam Pepaya California di Lahan Sempit Versi Ane

Bercocok tanam seadanya dengan hasil mengupas pepaya california yang rasanya manis dan menyehatkan ini akhirnya ane pisahkan biji-bijinya. Setelah itu ane keringkan beberapa hari (2-3 hari) dengan dijemur di sinar matahahari. 

Penyiapan semai biji pepayanya juga mudah banget loh. Agan sista semai biji di dalam polybag yang berukuran 20cm ruang terbuka namun tidak terkena sinar matahari langsung. 
Cara Mudah Menanam Pepaya California di Lahan Sempit Versi Ane
Tanah yang di dalam polibag bisa dicampur dengan arang sekam dan pupuk kandang perbandingan 3: 2:1. Waktu itu karena di tempat ane tidak ada sekam dan pupuk kandang ane menggunakan tanah gembur dekat sawah. Kriteria nya itu tidak basah dan juga tidak kering hanya lembab.

Setelah waktu kira-kira 2 minggu maka akan muncul kecambah benih pepaya, dan bisa dipindahkan semaiannya ketika usia pohon 40-50 hari. 

Setelah usia itu maka semaian sudah bisa dipindah ke tempat yang agak luas. Lahan yang disiapkan harus diberikan pupuk kandang kalau tidak ada bisa dengan tanah aliran air dari sawah atau (got).  

Untuk pemindahan, gansis harus memberikan jarak per pohon idealnya adalah 1-1.5 meter yah. Penanaman dilakukan pada sore hari.

Perawatan pohon pepaya juga gampang loh, hanya disiram dua kali tiap pagi dan sore hari. 

Penyiangan dilakukan secara manual saja yaitu dengan menyabut rumput liar di sekitar pohon. Karena menghindari pemakaian pupuk kimia ane melakukan perawatan hanya dengan menggunakan pupuk kompos saja. Tinggal tunggu panen saja. 

Ini adalah pohon pepaya california belakang rumah yang sudah berusia 5bulan sudah keluar bunga pepaya itu cirinya sebentar lagi akan berbuah. 
Cara Mudah Menanam Pepaya California di Lahan Sempit Versi Ane
Manfaat buah pepaya banyak banget loh diantaranya:
1. Melancarkan pencernaan
2. BIsa menjaga kesehatan mata
3. Melindungi kesehatan kulit
4. Mengurangi resiko kanker
Dan masih banyak lagi manfaatnya.

Selain pepaya california ane juga menanam buah mangga, alpukat mentega, juga sayur-sayuran guna memanfaatkan lahan yang masih tersisa.
Cara Mudah Menanam Pepaya California di Lahan Sempit Versi AneCara Mudah Menanam Pepaya California di Lahan Sempit Versi Ane

Sekian thread ane kali ini. Semoga bermanfaat buat kaskuser semua. Yuk belajar bercocok tanam.

Penulis: @mamaproduktif
Referensi gambar: dokumentasi pribadi dan dimarih

profile-picture
profile-picture
profile-picture
BasboyTetsuno dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Cara Mudah Menanam Pepaya California di Lahan Sempit Versi Ane
22-09-2020 16:06
Reserved
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Cara Mudah Menanam Pepaya California di Lahan Sempit Versi Ane
22-09-2020 16:07
Yuk mampir dimarih
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Cara Mudah Menanam Pepaya California di Lahan Sempit Versi Ane
22-09-2020 16:07
Gampang loh bercocok tanam pepaya California
0 0
0
Cara Mudah Menanam Pepaya California di Lahan Sempit Versi Ane
22-09-2020 16:23
Gak suka makan pepaya
Baunya kayak tai emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan mamaproduktif memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Mudah Menanam Pepaya California di Lahan Sempit Versi Ane
23-09-2020 13:09
Wah samaan kita mam.. ane juga suka banget pepaya california tapi sayang ane nggak punya lahan, pekarangan rumah aja cuma kecil, paling bisa menanam dengan pot, jadi nggak bisa deh nanem sendiri pohon pepaya californianya.
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Mudah Menanam Pepaya California di Lahan Sempit Versi Ane
23-09-2020 13:15
Quote:Original Posted By mamaproduktif
Reserved


Quote:Original Posted By mamaproduktif
Yuk mampir dimarih


Makan papaya enak yang ada renyah2nya gitu, apalagi yg dirujak, jadi pengin makan rujak

Quote:Original Posted By akunbaik
Gak suka makan pepaya
Baunya kayak tai emoticon-DP


Galfok sama avanyaemoticon-Mewek
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cara Mudah Menanam Pepaya California di Lahan Sempit Versi Ane
23-09-2020 15:37
Aku juga nanam,
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cara Mudah Menanam Pepaya California di Lahan Sempit Versi Ane
23-09-2020 18:27
cara semaiannya gimna
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Cara Mudah Menanam Pepaya California di Lahan Sempit Versi Ane
23-09-2020 23:58
Quote:Original Posted By akunbaik
Gak suka makan pepaya
Baunya kayak tai emoticon-DP


Lu makan pepaya jenis apa?

pepaya burung emang baunya gak enak dagingnya lembek. Biasa buat dikasih makan burung

Tapi kalo pepaya yg ini beda
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Mudah Menanam Pepaya California di Lahan Sempit Versi Ane
24-09-2020 00:37
Wow naise gans
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gangster.desa dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Daun Naik Daun
daun-naik-daun
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia