News
Batal
KATEGORI
link has been copied
202
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f697959c8393a0334625dd0/benarkah-masker-scuba-dilarang-karena-alasan-politik
Belakangan ini di dunia maya sedang hangat pembicaraan mengenai larangan penggunaan masker scuba. Netizen mengklaim jika masker jenis scuba dilarang penggunaannya karena alasan politik.
Lapor Hansip
22-09-2020 11:11

Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?

Past Hot Thread
Quote:



Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?


Belakangan ini di dunia maya sedang hangat pembicaraan mengenai larangan penggunaan masker scuba. Netizen mengklaim jika masker jenis scuba dilarang penggunaannya karena alasan politik.

Klaim tersebut ramai di jejaring media sosial Facebook sesaat setelah klaim yang disebarkan oleh akun bernama Tommy Cen pada 16 September 2020. Dalam unggahannya, akun Facebook bernama Tommy Cen mengunggah foto beberapa tayangan berita tentang larangan penggunaan masker scuba.

Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?


Tidak sampai disitu, akun tersebut juga memuat narasi yang berisi klaim larangan penggunaan masker scuba karena politik. Berikut narasinya:

"ini politik perusahaan beneran...dl awal podemi masker di save harga di naikan selangit & kluar lah masker scuba produksi rmhan harga murah jg bisa di cuci pakai lagi...skrg di larang masker scuba krn masker mereka tdk laku jg mahal...bantu tdk mlh sll nyusahin masyarakat melulu...bila mau membantu stiap rumah di bagi masker 1 kotak/bln scr free n sosialisasi br jlnin larangan itu," tulis akun Facebook Tommy Cen.

Lantas benarkah klaim tersebut?


PEMERIKSAAN FAKTA
Berdasarkan penelusuran yang dilakukan Hansip Hoax, didapatkan fakta dari situs Liputan6.com bahwa larangan penggunaan masker scuba bukanlah karena alasan politik.

Sebenarnya, larangan penggunaan masker scuba adalah karena masker jenis tersebut tidak efektif dalam menangkal virus corona. Alasannya adalah karena masker scuba berbahan elastis dan berpori besar. Selain itu masker scuba mempunyai bahan yang tipis.

Kemudian masker scuba juga tidak memiliki kemampuan menyaring partikel yang lebih kecil. Dan, hal yang paling penting lagi adalah menurut Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Achmad Yurianto, bahwa scuba sebenarnya bukanlah termasuk kategori masker.



KESIMPULAN
Dari hasil pemeriksaan fakta tersebut, Hansip Hoax menyimpulkan bahwa klaim mengenai larangan penggunaan masker scuba yang dikarenakan alasan politik adalah klaim yang tidak benar alias hoaks. Klaim yang sebenarnya adalah larangan tersebut dikarenakan masker scuba tidak efektif dalam mencegah penyebaran virus corona.


Sebarkan ya informasi dan klarifikasi ini ke rekan dan keluarga kalian agar terhindar dari hoaks yang menyesatkan.



SUMBER:
Liputan6


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 32 lainnya memberi reputasi
33
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 11:16
memang masker kek kain sempak gitu kok, dari awal aja udah gak yakin sama itu masker
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 11:23
sing penting murah, apa2 dah mahal, masker yg bagus itu kebutuhan nomer sekian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulungrinjani dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 11:23
Sejak awal memang utk melindungi seadanya saja daripada ga pake masker sama sekali. Tp berhubung makin byk yg positif corona jadinya dilarang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 11:23
pernah make sekali, beh rasanya malah ga enak, nafas susah banget tapi ketika keluarin nafas bisa keluar dari celah celah sambungan, bahan ga enak buat dipake juga bikin risih..

menidng pake surgery mask atau N95 atau respirator mask sekalian jelas sepadan dengan susah makenya.
profile-picture
48y24rd memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 11:29
Logikanya simpel aja. .
Kenapa baru dikeluarkan sekarang pernyataan bahwa Scuba ga efektif?
Dulu warga dilarang pakai masker bedah dan N95 karena untuk keperluan tenaga medis, lalu disuruhlah warga pakai masker kain. .
Tapi tidak diatur masker kain yang seperti apa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kuminitsu dan 12 lainnya memberi reputasi
12 1
11
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 11:30
Kenapa hanya scuba padahal masker 3 lapis curah yang beriklan "seperti sensi/kualitas sensi/model sensi" (bukan sensi) juga banyak dipakai meskipun kualitasnya amjay sangat rendah
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 11:33
Kalo yang ini masker scuba bukan oi

Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kuminitsu dan 9 lainnya memberi reputasi
8 2
6
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 11:42
Dari awal gk pernah pake scuba..
jijay sama model dan bahan nya..
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 11:53
orang indonesia kebanyakan waktu luang jadi suka halu mikir cocoklogi, konspirasi dkk...

emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
balineseryuu dan Mbegoos memberi reputasi
2 0
2
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 12:00
Emang kurang kayanya bahan tipis

0 0
0
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 12:01
byk penjual masker scuba yang rugi ?
profile-picture
profile-picture
sagutumbuk dan PneumonoCyclone memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 12:54
Dilapis lagi lah pake kain lain. Susah amat. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
bdgkotakembang dan Egi2020 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 13:27
dari awal emang pemerintah ngeluarin aturan ngasal. Dulu nyuruh pake masker, giliran udah pake masker, sekarang dilarang yg model scuba. Knp dulu gak bilang kalo scuba gak efektif ? Banyak usaha gulung tikar pada banting stir usaha masker scuba. Makanya kalo mau ngasih aturan, perlu kajian sama ahlinya, gak ngasal emoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
balineseryuu dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 13:36
Emang serba salah cuk tinggal di negara bobrok ini emoticon-Hammer2
profile-picture
nullbanana memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 14:36
pada saat covid 19 baru di temukan,pemerintah negara taiwan langsung mengambil alih paksa perusaan pembuat masker dan alkohol untuk menstabilkan harga masker dan handsanitizer di pasaran,dan membatasi setiap orang cuma boleh beli bbrp masker aja setiap hari nya,dan menangkap manusia-manusia yang menimbun masker..

taiwan adalah negara yang berhasil menghadapi pandemi covid 19,dan sampai saat ini masker scuba masih boleh di pakai disana...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 15:05
Kayaknya nasib atau kebetukan fisik lemah. Alhamdulillah saya pakai masker scuba aman² saja, insya Allah aman terus sampai covid-19 lenyap di bumi hingga tak perlu pakai masker lagi. emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
ryuseven dan celkuvit memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 15:33
Mungkin supaya masker medis laku lagi
profile-picture
profile-picture
ryuseven dan king.aslan memberi reputasi
2 0
2
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 15:33
Yg nyuruh pake scuba dulu emang pemerintah yak?gak update ane...soalnya dr awal pandemi pake masker kain kasih filter pm2.5 smnggu sekli ganti filter. Murah kok filternya.
0 0
0
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 15:34
Ane masih pake nih
0 0
0
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 15:38
Saya ada neh masker
profile-picture
aldonistic memberi reputasi
0 1
-1
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
HANSIP HOAX
hansip-hoax
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia