News
Batal
KATEGORI
link has been copied
194
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6968577414f56d21153534/tengku-vs-netizen-soal-sejarah-nkri-anda-kok-nalarnya-lemah-sekali
Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia Tengku Zulkarnain menekankan bahwa pelajaran sejarah penting bagi pembentukan karakter anak bangsa. Tengku menambahkan hanya mereka pengkhianat bangsa dan bermental kaum penjajah saja yang anti terhadap sejarah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Lapor Hansip
22-09-2020 09:58

Tengku Vs Netizen Soal Sejarah NKRI: Anda Kok Nalarnya Lemah Sekali?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Tengku Vs Netizen Soal Sejarah NKRI: Anda Kok Nalarnya Lemah Sekali?

Tengku Vs Netizen Soal Sejarah NKRI: Anda Kok Nalarnya Lemah Sekali?

Suara.com - Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia Tengku Zulkarnain menekankan bahwa pelajaran sejarah penting bagi pembentukan karakter anak bangsa.

Tengku menambahkan hanya mereka pengkhianat bangsa dan bermental kaum penjajah saja yang anti terhadap sejarah Negara Kesatuan Republik Indonesia.


"Bagaimanapun berdirinya bangsa ini tidak terlepas dari jasa muslimin yang 90 persen dan pribumi lainnya. Mereka yang dulu pro penjajah malu?" kata Tengku.

Tetapi pandangan Tengku, mendapat tanggapan kritis dari sejumlah pihak, di antaranya Ahmad Japra.

"Narasi seperti ini, maaf kurang pas ustad. Sudah jelas Muslim mayoritas. Tapi Indonesia adalah negara heterogen, bermacam suku, agama, dan budaya. Jadikanlah Islam dengan substansi kemanusiaan dan kedamaian, maka Islam akan dipandang lebih terhormat. Bukan hanya jumawa mayoritas," katanya.

Mendapatkan tanggapan demikian, Tengku menekankan kembali maksudnya dan berharap Ahmad Japra membaca statement lebih teliti.

"Makanya kamu baca twit eja satu satu. 90 persen Muslim dan pribumi lainnya," kata Tengku.

Tanggapan kritis juga disampaikan oleh Mat Galer dengan merujuk pada sejarah kerajaan-kerajaan di Nusantara jauh sebelum terbentuk NKRI.

"Lihat sejarah NKRI dari kerajaan Tarumanegara, Sriwijaya dan Majapahit, bukan hanya saat kemerdekaan saja... Bahwa negara ini di bentuk oleh elemen masyarakat dengan berbagai agama, suku, dan ras bukan diklaim milik agama pak ustad sendiri..." katanya.

Menurut Tengku sejarah tersebut pun akan dihapuskan.

"Itu semua pun kan dihapuskan. Paham? Semua agama mereka benci. Walau Buddha, Hindu apalagi Islam... Anda kok nalarnya lemah sekali...?" kata Tengku.

Isu mata pelajaran sejarah akan dihapus

Dalam beberapa pekan terakhir muncul polemik tentang isu mata pelajaran sekolah menengah akan dihapuskan.

Pengurus Pusat Masyarakat Sejarawan Indonesia mengikuti terus wacana penyederhanaan kurikulum, yang antara lain menyebutkan mata pelajaran sejarah akan dihilangkan dari kurikulum.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah memberikan keterangan resmi bahwa pemerintah sama sekali tidak berencana menghilangkan pelajaran sejarah dari kurikulum.

Pengurus Pusat Masyarakat Sejarawan Indonesia menyambut baik sikap kementerian, tapi juga memberikan apresiasi terhadap kritik dan penolakan yang sempat berkembang karena menunjukkan perhatian dan kepedulian masyarakat terhadap arti penting sejarah dalam membentuk identitas dan karakter bangsa.

Pengurus Pusat Masyarakat Sejarawan Indonesia mendukung seruan para guru sejarah bahwa pelajaran sejarah berperan penting dalam memberikan arah dan inspirasi bagi penyelesaian masalah kebangsaan, memberikan rujukan nyata dan teladan bagi generasi muda, meningkatkan apresiasi terhadap karya para pendahulu, memberikan perspektif dan ukuran untuk menilai perjalanan bangsa. Dalam hal itu pelajaran sejarah memang sangat menentukan dalam proses pendidikan secara keseluruhan.

Pengurus Pusat Masyarakat Sejarawan Indonesia meminta agar pelajaran sejarah tetap dipertahankan sebagai pelajaran wajib di sekolah menengah karena merupakan instrumen strategis untuk membentuk identitas dan karakter siswa.

Mereka juga meminta setiap siswa di setiap jenjang pendidikan, baik yang bersifat umum maupun kejuruan, mendapatkan pendidikan sejarah dengan kualitas yang sama;

Penyederhanaan kurikulum hendaknya dilakukan dengan orientasi peningkatan mutu pelajaran dan disertai peningkatan kompetensi guru, kata Ketua Umum Masyarakat Sejarawan Indonesia Hilmar Farid.
sumber

***********

Jas Merah.
Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah. Begitu kata Bung Karno dalam salah satu pidatonya.

Sejarah adalah bukti perjalanan manusia atau sebuah bangsa. Dengan sejarah, sebuah bangsa bisa melihat kemajuan yang telah dicapai, dan seharusnya dengan sejarah tersebut, sebuah bangsa bisa memperbaiki diri, membuang hal-hal yang buruk, serta menjadikan pencapaian yang pernah ada sebagai penyemangat untuk lebih maju mengikuti perkembangan jaman.

Jika didalam perjalanan sejarah bangsa ini, kita sebagai bangsa yang besar pernah mempunyai wilayah yang sangat luas. Maka dimasa sekarang ini kita harus bisa mempertahankan wilayah NKRI dalam satu kesatuan yang utuh, jangan sampai runtuh.

Jika dalam perjalanan sejarah bangsa.ini, kita sebagai bangsa pernah dipecah belah, maka hindari itu, jangan sampai kita hancur lebur diadu domba.

Namun, sejarah terkadang ditulis oleh pemenang. Dimanapun masa yang ada, peninggalan yang tersisa adalah dari penguasa, bukan pecundang. Dan penguasa, tak selalu sejalan dengan rakyatnya, apalagi pihak yang dikalahkan. Disinilah perlu adanya sejarah pembanding agar sejarah itu sendiri tidak menjadi semu, mengaburkan kenyataan yang ada. Yang tidak ada diada-adakan, yang ada ditiadakan.

Jika ada pelaku sejarah itu pembunuh dan pelakor istri orang, menyuruh orang membuat keris tapi tidak bayar, malah membunuh, ya tulis apa adanya. Tak perlu dipoles dan dijadikan contoh manusia sekarang.

Jika ada pelaku sejarah berbusana dengan rambut terbuka, ya tulis apa adanya. Tak perlu malu untuk mengatakan hingga harus digugat tertutup, padahal hidupnya dulu adalah perjuangan dan kehormatan, bukan kehinaan.

Jika ada seorang patih mempunyai dua suku kata yang jelas, tak perlu digeser namanya sehingga dimirip-miripkan dengan nama jazirah Arab sana.

Jika ada sebuah bangunan besar nan megah yang didirikan oleh seorang raja sebagai persembahan dan penghormatan kepada penciptanya, tak perlu dicari pembenaran bahwa bangunan tersebut dibangun oleh seorang Nabi. Dan yang ini jelas ngawur. Bagaimana ngawurnya? Di relief paling bawah bangunan tersebutlah yang membantahnya.

Lalu, jika sejarah bangsa ini penuh dengan pengkhianatan, maka bersiaplah. Jangan sampai bangsa ini mengalami lagi pengkhianatan. Lantas bagaimana agar bangsa ini tidak terpecah dan tak lagi mengalami pengkhianatan? Terbuka. Buka semuanya secara gamblang tak ada yang ditutupi. Buka dengan adil seterang-terangnya agar tak ada kecurigaan. Buka tanpa melihat hanya dari satu sisi, agar semua bisa belajar mana yang salah mana yang benar, agar semua berhenti dan menjadi pelajaran, bukan untuk dijadikan alat propaganda yang justru menimbulkan fitnah dan perpecahan bangsa ini. Dan ketahuilah, bahwa setiap nyawa itu berharga. Memanusiakan manusia pada harkat dan martabatnya.

Dan sehubungan dengan itu, isu mengenai penghapusan mata pelajaran sejarah hanyalah isu, tetapi selalu digoreng oleh pihak-pihak yang jelas-jelas punya tujuan buruk. Manusia-manusia yang katanya punya nalar lebih tetapi melanggar rambu-rambu, ibarat kendaraan yang punya CC besar tapi tak punya rem. Dan salah satunya adalah manusia yang mengatakan bahwa rudal itu hanya berjalan tegak lurus, tak bisa berbelok-belok. Manusia yang mabuk agama sehingga mengambil peran sebagai ahli militer. Manusia pembenci yang merasa selalu benar, kamulah yang salah. Manusia yang sekarang menyalahkan pihak lain sebagai pembenci padahal dialah pembenci sebenarnya.

Manusia lulusan sastra dan bisnis tetapi berani mengambil peran sebagai ahli agama. Manusia yang tahun ini purna tugas dalam sebuah Ormas keagamaan, Ormas yang merasa sebagai Lembaga Negara. Ormas yang rumah dan isinya seolah tanpa bisa tersentuh hukum.

Begitulah.
Diubah oleh i.am.legend.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sugengadina dan 65 lainnya memberi reputasi
62
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Tengku Vs Netizen Soal Sejarah NKRI: Anda Kok Nalarnya Lemah Sekali?
22-09-2020 10:02
Kau itu bidangnya agama, bicaralah tentang agama, jangan bicara sejarah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
46awang dan 26 lainnya memberi reputasi
26 1
25
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 15 balasan
Tengku Vs Netizen Soal Sejarah NKRI: Anda Kok Nalarnya Lemah Sekali?
22-09-2020 10:07
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Kalau ayah naen pengetahuannya kurang ya tolong gak usah dipaksakan
cukup ngomong yang tanpa butuh pengetahuan aja seperti:
"matamu ketutupan t**k"

gak usah memaksakan diri jadi ahli di segala bidang
kami maklum kok


emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
46awang dan 26 lainnya memberi reputasi
27 0
27
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tengku Vs Netizen Soal Sejarah NKRI: Anda Kok Nalarnya Lemah Sekali?
22-09-2020 10:07
Ustad segala urusan...

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
46awang dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Tengku Vs Netizen Soal Sejarah NKRI: Anda Kok Nalarnya Lemah Sekali?
22-09-2020 10:08
ustad ahli rudal
ustad ahli siswi sma
ustad ahli gitar
ustad ahli sejarah

emoticon-Wakaka
jagoan nih ustad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
46awang dan 16 lainnya memberi reputasi
17 0
17
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Tengku Vs Netizen Soal Sejarah NKRI: Anda Kok Nalarnya Lemah Sekali?
22-09-2020 10:09
Pengurus lsm koq sok2 an soal sejarah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
46awang dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Tengku Vs Netizen Soal Sejarah NKRI: Anda Kok Nalarnya Lemah Sekali?
22-09-2020 10:09
Udah dibilang si dengkul zul ustad abal2 mah skip aja kaga kompetenemoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
46awang dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tengku Vs Netizen Soal Sejarah NKRI: Anda Kok Nalarnya Lemah Sekali?
22-09-2020 10:14
Klo kena batunya ntar pake jurus kriminalisasi ulama..

profile-picture
profile-picture
profile-picture
46awang dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Tengku Vs Netizen Soal Sejarah NKRI: Anda Kok Nalarnya Lemah Sekali?
22-09-2020 10:16
Tolol ni, kebanyakan minum jus perahan onta ya begini, dia kira kalau jepang ga dibom sama mamarika kita bisa merdeka, kagak bakal..
Terus jasa 90 persen muslimin dan pribumi lainnya juga ga bakal ada kalau tu bom atom ga ngeledakin hiroshima nagasaki. Jadi yang berjasa tidak langsung ya bangsa kafir, mamarika..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 17 lainnya memberi reputasi
18 0
18
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Tengku Vs Netizen Soal Sejarah NKRI: Anda Kok Nalarnya Lemah Sekali?
22-09-2020 10:16
Stad ahlinya ahli
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Tengku Vs Netizen Soal Sejarah NKRI: Anda Kok Nalarnya Lemah Sekali?
22-09-2020 10:20
isu liar yang bergerak dari niat kemendiknas dalam hal penyesuaian mata pelajaran, malah nyebarnya kok jadi penghapusan mata pelajaran sejarah?

harusnya dilacak nih sumber yang bilang kalo sejarah bakal diapus.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Tengku Vs Netizen Soal Sejarah NKRI: Anda Kok Nalarnya Lemah Sekali?
22-09-2020 10:20
Tengku Vs Netizen Soal Sejarah NKRI: Anda Kok Nalarnya Lemah Sekali?

Kitabnya sendiri aja ga dihapal
Minimal crosschek dulu lah sebelum mosting. Kayak ga punya Al Qur'an aja

profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 22 lainnya memberi reputasi
22 1
21
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Tengku Vs Netizen Soal Sejarah NKRI: Anda Kok Nalarnya Lemah Sekali?
22-09-2020 10:22
Daripada sibuk belajar sejarah mending banyak in belajar agama, kan bentar lagi mo sertifikasi. Kalau sampai nggak lulus kan malu...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agus774 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Tengku Vs Netizen Soal Sejarah NKRI: Anda Kok Nalarnya Lemah Sekali?
22-09-2020 10:22
Maklum emoticon-Leh Uga yg mimpin diktat pendidikan lagi delusi.
Mereka pan macem peranakan kucing liar, entah kenapa bisa ada jg bingung asal nya darimana?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Tengku Vs Netizen Soal Sejarah NKRI: Anda Kok Nalarnya Lemah Sekali?
22-09-2020 10:22
Salah satu ustad panutan kadrun dalam beragama emoticon-Belo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Tengku Vs Netizen Soal Sejarah NKRI: Anda Kok Nalarnya Lemah Sekali?
22-09-2020 10:23
Onta goblok ngomong sejarah

Ngoahaha emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tukangbeling7 dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Tengku Vs Netizen Soal Sejarah NKRI: Anda Kok Nalarnya Lemah Sekali?
22-09-2020 10:26
Nih orang biang gaduh negara sama dengan yg kabur ke arab......gangguan jiwa nih orang.

Pengertian Kepribadian Narsistik

Narsistik adalah kondisi gangguan kepribadian dimana seseorang akan menganggap dirinya sangat penting dan harus dikagumi. Pengertian akan kepribadian narsistik sendiri berasal dari Yunani, ketika seseorang pemuda bernama Narcissus jatuh cinta pada bayangannya sendiri ketika tidak sengaja melihat dirinya pada kolam air.

Pengidap kepribadian narsistik biasanya merasa bahwa dirinya memiliki pencapaian yang luar biasa dan lebih baik dari orang lain dan merasa bangga secara berlebihan pada dirinya. Hal tersebut terjadi meskipun pencapaian yang dimiliki biasa saja. Pengidap narsistik juga biasanya memiliki tingkat empati yang rendah kepada orang lain, dan menganggap dirinya memiliki kepentingan yang lebih tinggi dari orang lain. Pengidap gangguan kepribadian narsistik memiliki perasaan yang mudah tersinggung dan bisa dengan mudah merasakan depresi ketika mereka di kritik oleh orang lain, meskipun mereka memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi.
emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
46awang dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Tengku Vs Netizen Soal Sejarah NKRI: Anda Kok Nalarnya Lemah Sekali?
22-09-2020 10:28
Udah suruh milih aja, mau pelajaran sejarah atau pelajaran agama yang dihapus gitu.. jangan dua duanya... alesannya jam pelajaran padat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Tengku Vs Netizen Soal Sejarah NKRI: Anda Kok Nalarnya Lemah Sekali?
22-09-2020 10:28
Ustadz Jack-of-all-trade
Master of nothing

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Tengku Vs Netizen Soal Sejarah NKRI: Anda Kok Nalarnya Lemah Sekali?
22-09-2020 10:29
Ustad Dengkul, personil organ tunggal yg biasa suka manggung di RRI medan, sekarang jadi anggota LSM dengan pangkat wasekjen LSM muik-muik emoticon-Request

GIF
Diubah oleh jedotinpala
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ahmadindra411 dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Tengku Vs Netizen Soal Sejarah NKRI: Anda Kok Nalarnya Lemah Sekali?
22-09-2020 10:30
ayah naen makin hari makin galak aja..


jd pengen gw gamparin rasanya emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia