others
Batal
link has been copied
277
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6476f465b24d731d1d263f/coc-reg-tasikmalaya-mendong-tanaman-kebanggaan-purbaratu-yang-kini-telah-langka
Apakah GanSis tahu atau setidaknya pernah mendengar kata Mendong? Jujur, kalau buat ane, kata itu terdengar asing di telinga. Ane enggak terbayang sama sekali bentuknya seperti apa mendong itu, kegunaannya untuk apa.
Lapor Hansip
18-09-2020 15:59

[Coc. Reg. Tasikmalaya] Mendong, Tanaman Kebanggaan Purbaratu Yang Kini Telah Langka

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Bismillahirrohmanirrohiim,

Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarokaatuuh ....

Hai, hai ....

🎈Selamat datang di thread terbaru ane🎈
πŸ€—

Kumaha kabarna, GanSist? Damang?
Ane doakan, semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT, aamiin ...

Bahasa sundanya segitu aja, ya? Soalnya ane enggak bisa bahasa sunda meskipun sudah puluhan tahun tinggal di Bekasi. Di samping itu, kebetulan ane merupakan keturunan Jawa. So, harap dimaklumi, ya .... 😁


Kalau nama kota Tasikmalaya ini disebut, ingatan ane langsung tertuju kepada dua hal, yakni penyanyi dangdut dan seni bordirnya. Namun, thread ane kali ini tidak akan mengangkat tema-tema tersebut. Ane menduga, pasti GanSis banyak yang akan membahas semua itu. So, ane googling-googlingdeh tuh, Gan/Sis, sampai akhirnya ketemu ide yang kayaknya enggak kepikiran oleh orang lain. Semoga bener, ya .... 😁

Apakah GanSis tahu atau setidaknya pernah mendengar kata Mendong? Jujur, kalau buat ane, kata itu terdengar asing di telinga. Ane enggak terbayang sama sekali bentuknya seperti apa mendong itu, kegunaannya untuk apa.

Lalu, ane mencoba browsing, nih, GanSis. Setelah membaca dari beberapa sumber di internet, sepertinya serba-serbi mendong ini cocok ane angkat di event Coc Tasikmalaya.


[Coc. Reg. Tasikmalaya] Mendong, Tanaman Kebanggaan Purbaratu Yang Kini Telah Langka
Sumber gambar: selku.files.wordpress.com

Mendong adalah salah satu tumbuhan yang hidup di rawa atau daerah yang berlumpur dan memiliki air yang cukup. Tumbuhan ini merupakan sejenis rumput yang biasanya memiliki panjang lebih kurang dari 100cm.

Tanaman yang dulunya pernah menjadi primadona bagi masyarakat Kecamatan Purbaratu ini merupakan bahan dasar untuk membuat berbagai macam kerajinan tangan. Di antaranya: tikar, tas, dompet, tali, sandal kamar, toples, dan masih banyak lagi. Namun, tahukah kalian, kalau Tasikmalaya pernah menjadi salah satu kota penghasil mendong terbesar di Indonesia yang mampu menyuplai hingga 50% kebutuhan mendong di Jawa Barat?

Wow! Keren, 'kan?


[Coc. Reg. Tasikmalaya] Mendong, Tanaman Kebanggaan Purbaratu Yang Kini Telah Langka
Sumber gambar: kulinertasikmalaya.blogspot.com

Kerajinan dibuat dengan cara menganyam batang mendong yang terlebih dahulu telah dikeringkan. Yang dipakai haruslah batang yang memiliki kualitas terbaik, ya, GanSis. Batang mendong yang kering ini nanti akan membentuk lembaran yang pipih, kenyal, dan lembut. Nah, lembaran inilah yang nantinya akan dianyam dan dibentuk sesuai keinginan.

Menurut yang ane baca di Wikipedia, kabarnya, kualitas anyaman mendong ini jauh lebih baik dari anyaman tanaman sejenis lainnya, Gaes.

Tanaman yang memiliki nama latin Fimbristylis Umbellarisatau disebut juga Purun Tikus ini rupanya dibudidayakan juga di beberapa daerah di bumi tercinta kita ini. Di setiap daerah memiliki nama yang berbeda, GanSis. Ada yang menyebutnya SiΓ© (Simeulue, Aceh), Lai, Mansiang Mancik (Sumatra Barat), Purun Tikus (Lampung & Banjar), Daun Tikar (Manado & Minahasa), Nanaiang (Sangihe, Sulut), Tiohu (Gorontalo), dan masih banyak lagi sebutan berbeda.


[Coc. Reg. Tasikmalaya] Mendong, Tanaman Kebanggaan Purbaratu Yang Kini Telah Langka
Sumber gambar: buneko.com

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, kerajinan mendong mulai tergeser dengan produk lain dikarenakan design-nya yang kurang modern dan juga dinilai tidak tahan lama. Di samping itu, bahan baku mendong kini sangat sulit diperoleh. Hal ini menyebabkan banyak pengrajin yang memilih untuk gulung tikar padahal kerajinan tangan ini memiliki potensi yang cukup besar untuk pasar ekspor.

Kejayaan kota Tasikmalaya sebagai pusat penghasil mendong yang terkenal di Nusantara kini tinggalah sejarah. Menurut data dari Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, luas lahan mendong di Jawa Barat terus menurun sejak tahun 2013 sampai dengan 2017. Untuk saat ini, bila membutuhkan mendong, pengrajin harus membeli dari kota lain. Sayang sekali, ya, GanSis. πŸ˜”


[Coc. Reg. Tasikmalaya] Mendong, Tanaman Kebanggaan Purbaratu Yang Kini Telah Langka
Sumber gambar: amp.antarafoto.com

Well, GanSis, itulah sedikit ulasan mengenai tanaman jenis rumput yang batangnya dapat digunakan sebagai bahan utama berbagai kerajinan tangan yang mana kota Tasikmalaya pernah menjadi sentranya. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan ane di atas.


Mari kita terus memohon kepada Yang Maha Kuasa agar pandemi yang kini tengah menyelimuti dunia segera cepat berakhir.

Terus patuhi protokol kesehatan, ya, GanSis. Ingat selalu 3M; memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Sebelum GanSis beranjak ke thread lain, ulah poho tinggalin komentar, kasih rate, atau beliin ane cendol, ya ... πŸ˜‰

Terima kasih sudah berkenan singgah.

Belajar Bersama Bisa dan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarokaatuuh. 😊


Jakarta, 18 September 2020
@rainydwi

Sumber: opini pribadi
Referensi: wikipedia, republika.co.id, trans7.co.id, rizkiabdillah.wordpress.com
Diubah oleh rainydwi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
godz3 dan 36 lainnya memberi reputasi
35
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
[Coc. Reg. Tasikmalaya] Mendong, Tanaman Kebanggaan Purbaratu Yang Kini Telah Langka
18-09-2020 15:59
[Coc. Reg. Tasikmalaya] Mendong, Tanaman Kebanggaan Purbaratu Yang Kini Telah Langka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
[Coc. Reg. Tasikmalaya] Mendong, Tanaman Kebanggaan Purbaratu Yang Kini Telah Langka
18-09-2020 16:00
Pejawan 😊
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
[Coc. Reg. Tasikmalaya] Mendong, Tanaman Kebanggaan Purbaratu Yang Kini Telah Langka
18-09-2020 16:25
Keren banget pemandangannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
[Coc. Reg. Tasikmalaya] Mendong, Tanaman Kebanggaan Purbaratu Yang Kini Telah Langka
18-09-2020 17:37
Sayang ya kalo udah langka gini. Padahal bisa dibuat kreatifitas.
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan rainydwi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 15 balasan
[Coc. Reg. Tasikmalaya] Mendong, Tanaman Kebanggaan Purbaratu Yang Kini Telah Langka
18-09-2020 18:29
Sayang banget, ya sekarang ini tanamannya sudah langka
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan rainydwi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
[Coc. Reg. Tasikmalaya] Mendong, Tanaman Kebanggaan Purbaratu Yang Kini Telah Langka
19-09-2020 17:20
kayak di buat tikar gitu ya sis? Semoga saja bisa tetap lestari
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
[Coc. Reg. Tasikmalaya] Mendong, Tanaman Kebanggaan Purbaratu Yang Kini Telah Langka
19-09-2020 19:44
wah ini mah daerah kelahiran bapa aku sis. asli kerajinan mendong nya bagus2
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan rainydwi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
[Coc. Reg. Tasikmalaya] Mendong, Tanaman Kebanggaan Purbaratu Yang Kini Telah Langka
19-09-2020 22:27
Kerajinan tangan dari bahan mendong ini memang bagus-bagus
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan rainydwi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
[Coc. Reg. Tasikmalaya] Mendong, Tanaman Kebanggaan Purbaratu Yang Kini Telah Langka
20-09-2020 08:18
Keren setelah jadi kerajinan
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan rainydwi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
[Coc. Reg. Tasikmalaya] Mendong, Tanaman Kebanggaan Purbaratu Yang Kini Telah Langka
27-09-2020 16:16
Wah mantapp inih bundaa 😁
Diubah oleh Richy211
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan rainydwi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Coc. Reg. Tasikmalaya] Mendong, Tanaman Kebanggaan Purbaratu Yang Kini Telah Langka
27-09-2020 16:27
Hujau, menyejukan mata
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan rainydwi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Coc. Reg. Tasikmalaya] Mendong, Tanaman Kebanggaan Purbaratu Yang Kini Telah Langka
27-09-2020 16:27
Mendong yg buat tiker itu sekarang langka?
Sumpeh loh? emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan rainydwi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
[Coc. Reg. Tasikmalaya] Mendong, Tanaman Kebanggaan Purbaratu Yang Kini Telah Langka
27-09-2020 16:41
Kalo kerjainannya ane beberapa kali pernah punya tuh cuma gatau kalo itu tuh asalnya dari taneman yg namanya mendong
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan rainydwi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[Coc. Reg. Tasikmalaya] Mendong, Tanaman Kebanggaan Purbaratu Yang Kini Telah Langka
27-09-2020 16:41
gua dulu sering liat ni tanaman ini, ga nyangka kalo sekarang malah langka tanemannya
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan rainydwi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Coc. Reg. Tasikmalaya] Mendong, Tanaman Kebanggaan Purbaratu Yang Kini Telah Langka
27-09-2020 16:43
Bener kah tanaman itu udh langka?? Terus kalo udh langka nanti kerajinan sejenis itu jg jadi langka dong huhu
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan rainydwi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
[Coc. Reg. Tasikmalaya] Mendong, Tanaman Kebanggaan Purbaratu Yang Kini Telah Langka
27-09-2020 16:45
Kalau di jawa tengah namanya lingi
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan rainydwi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
[Coc. Reg. Tasikmalaya] Mendong, Tanaman Kebanggaan Purbaratu Yang Kini Telah Langka
27-09-2020 17:28
disawah ane banyak deh, ndak mati mati, dah tak cabutin, ternyata berguna banyak ya
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan rainydwi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
[Coc. Reg. Tasikmalaya] Mendong, Tanaman Kebanggaan Purbaratu Yang Kini Telah Langka
27-09-2020 17:32
Baru tahu nih tumbuhan mendong buat anyaman tikar, jujur ya ane sebenernya ga tahu, baru tahu di thread ini doang.
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan rainydwi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
[Coc. Reg. Tasikmalaya] Mendong, Tanaman Kebanggaan Purbaratu Yang Kini Telah Langka
27-09-2020 18:03
Bsa dibuat kerajinan bgus2.klau bsa mendong dibudidayakan.biar kerajinan dri mendong g hlang.
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan rainydwi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
[Coc. Reg. Tasikmalaya] Mendong, Tanaman Kebanggaan Purbaratu Yang Kini Telah Langka
27-09-2020 18:18
Di daerah ane melimpah gan ini mendong atau purun. Sering dijadikan kerajinan sama msyarakat sekitar.
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan rainydwi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia