News
Batal
KATEGORI
link has been copied
166
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f617391af7e9335c816f152/tunjuk-luhut-urusi-covid-19-di-9-provinsi-pengamat-presiden-tak-percaya-terawan
Langkah Presiden Joko Widodo menunjuk Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan untuk mengendalikan penularan COVID-19 di sembilan provinsi dianggap karena dia tak lagi mempercayai Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto.
Lapor Hansip
16-09-2020 09:08

Tunjuk Luhut Urusi COVID-19 di 9 Provinsi, Pengamat: Presiden Tak Percaya Terawan

Past Hot Thread
Tunjuk Luhut Urusi COVID-19 di 9 Provinsi, Pengamat: Presiden Tak Percaya Terawan

JAKARTA - Langkah Presiden Joko Widodo menunjuk Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan untuk mengendalikan penularan COVID-19 di sembilan provinsi dianggap karena dia tak lagi mempercayai Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto.

Penilaian ini disampaikan oleh Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurniasyah. Dia mengatakan, Presiden juga beberapa terkesan tidak mempercayai Terawan untuk menghadapi pandemi COVID-19. Sehingga, dia kemudian membuat banyak tim terkait penanganan virus ini.

"Dari keputusan presiden memecah tim penanganan hingga hari ini, makin menegaskan jika Terawan tidak lagi ada dalam hitungan tim penanganan pandemi. Tentu itu bisa ditafsir presiden tidak lagi percaya pada kapasitas Terawan," kata Dedi saat berbincang dengan VOI, Rabu, 15 September.

Selain menunjukkan ketidakpercayaan terhadap Terawan, perintah Jokowi agar Luhut menurunkan angka COVID-19 meski itu bukan bidang yang diatur dalam kementeriannya menandakan eks Gubernur DKI Jakarta itu sudah kehilangan kesabarannya dan putus asa dalam menangani masalah pandemi ini.

Ketidaksabaran ini makin tampak ketika dia membentuk tim penanganan yang berbeda dan dikhawatirkan satuan tugas ini akan tumpang tindih dan memperumit koordinasi dan saling adu legitimasi.

Selain adu legitimasi, tim baru ini juga membuat konsistensi dari tim yang sebelumnya sudah ada kemudian hilang. Hal inilah yang kemudian membuat penanganan COVID-19 di Indonesia berjalan lamban.

Lebih lanjut Dedi mengatakan, Jokowi harusnya benar-benar menghitung ketika meminta Luhut menyelesaikan masalah pandemi. Sebab, penunjukkan tersebut dianggap berpotensi menghadirkan konflik birokrasi yang ujungnya membuat penanganan pandemi tak produktif.

Padahal, saat ini, Jokowi membutuhkan konsistensi agar penanganan COVID-19 di Indonesia dapat berjalan dengan baik dengan hasil yang signifikan. "Tanpa itu kebijakan penanganan pandemi akan terseok-seok," tegasnya.

Adapun sembilan provinsi yang dimaksud adalah  DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Bali, Sumatera Utara, dan Papua.

"Bapak Luhut diminta oleh Presiden agar target dapat dicapai dalam waktu 2 minggu ke depan. Untuk mencapai sasaran, ada beberapa langkah-langkah yang akan dilakukan," kata Wiku dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Selasa, 15 September.

Dia mengatakan, Luhut punya empat langkah dalam mengendalikan angka COVID-19 di provinsi tersebut. Pertama, Luhut akan menyamakan data antara pusat dan daerah dalam rangka untuk pengambilan keputusan cepat. Sebab, selama ini, pembaharuan data kasus COVID-19 antara pemerintah pusat selalu berbeda dengan tiap provinsi.

"Yang kedua adalah melakukan operasi yustisi untuk penegakan disiplin protokol kesehatan dengan menggunakan peraturan untuk pidana yang menindak untuk menindak yang melanggar peraturan," kata Wiku.

Ketiga, Luhut akan meningkatkan manajemen perawatan pasien COVID-19 untuk menurunkan angka kematian dan meningkatkan angka kesembuhan.

Keempat adalah penanganan COVID-19 secara klaster di setiap provinsi ini. "Jadi, penanganannya harus lebih spesifik pada daerah-daerah tertentu di provinsi tersebut," tutur Wiku. Sumur


Wadaw, opung luhut turun gunung? emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hendrikchunz dan 17 lainnya memberi reputasi
14
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Tunjuk Luhut Urusi COVID-19 di 9 Provinsi, Pengamat: Presiden Tak Percaya Terawan
16-09-2020 09:13
turunin aja jumlah test nya, yang positif juga turun. emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gantarIDWS dan 22 lainnya memberi reputasi
23 0
23
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Tunjuk Luhut Urusi COVID-19 di 9 Provinsi, Pengamat: Presiden Tak Percaya Terawan
16-09-2020 09:15
Bukan tak percaya, tapi soal penegakan aturan di lapangan ya bukan bidang Terawan lha.. emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Tunjuk Luhut Urusi COVID-19 di 9 Provinsi, Pengamat: Presiden Tak Percaya Terawan
16-09-2020 09:16
Makin ga jelas aja ni mikih mentrinya

Kualitas nya ga beda jauh sama yg d jkt
profile-picture
profile-picture
profile-picture
griezmannn dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tunjuk Luhut Urusi COVID-19 di 9 Provinsi, Pengamat: Presiden Tak Percaya Terawan
16-09-2020 09:20
gak percaya ya diganti. jangan sikit sikit luhut, sikit sikit luhut

goblog kowe jok emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
petikdawai dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Tunjuk Luhut Urusi COVID-19 di 9 Provinsi, Pengamat: Presiden Tak Percaya Terawan
16-09-2020 09:22
"nanti juga sembuh sendiri" emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
balineseryuu dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Tunjuk Luhut Urusi COVID-19 di 9 Provinsi, Pengamat: Presiden Tak Percaya Terawan
16-09-2020 09:28
Kekurangan (ane perhalus dari kesalahan) mendasar Mr Cloud awal2 pandemic ini adalah MEREMEHKAN efek nya. Terkesan anggap enteng. Lalu hari2 selanjutnya spt tak ada koordinasi dgn bidang2 terkait. konpres yg justru menjadi bumerang buat beliau. Antara beliau dgn IDI aja spt silang pendapat.
Opung di tunjuk pak Jokowi mgk di anggap mampu sbg koordinator. Tp entahlah..takut di buldozer opung... emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
setiapmenit dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Tunjuk Luhut Urusi COVID-19 di 9 Provinsi, Pengamat: Presiden Tak Percaya Terawan
16-09-2020 09:28
kalo bukan ahlinya jangan berani2 menangani covid

profile-picture
balineseryuu memberi reputasi
1 0
1
Tunjuk Luhut Urusi COVID-19 di 9 Provinsi, Pengamat: Presiden Tak Percaya Terawan
16-09-2020 09:29
Dibutuhkan sosok yang tegas buat mengatur sembilan kepala di sembilan provinsi biar kerja bener dalam menekan penyebaran covid
Diubah oleh 54m5u4d183
profile-picture
doc1989 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Tunjuk Luhut Urusi COVID-19 di 9 Provinsi, Pengamat: Presiden Tak Percaya Terawan
16-09-2020 09:35
beh, jembut maning emoticon-Najis
yg pleciden sih siapa sebenarnya? emoticon-Busa:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GehuRisol dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Tunjuk Luhut Urusi COVID-19 di 9 Provinsi, Pengamat: Presiden Tak Percaya Terawan
16-09-2020 09:37
apa yang bisa diharafkan selain turunkan jumlah tes otomatis ya berkurang
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1 0
1
Tunjuk Luhut Urusi COVID-19 di 9 Provinsi, Pengamat: Presiden Tak Percaya Terawan
16-09-2020 09:44
Quote:Original Posted By pemukapemuja
Kekurangan (ane perhalus dari kesalahan) mendasar Mr Cloud awal2 pandemic ini adalah MEREMEHKAN efek nya. Terkesan anggap enteng. Lalu hari2 selanjutnya spt tak ada koordinasi dgn bidang2 terkait. konpres yg justru menjadi bumerang buat beliau. Antara beliau dgn IDI aja spt silang pendapat.
Opung di tunjuk pak Jokowi mgk di anggap mampu sbg koordinator. Tp entahlah..takut di buldozer opung... emoticon-Takut


Bukan semata kesalahan Terawan, melainkan dapat data dan inputan zonk dari WHO. Dan di belakang WHO ada PKC China yg mengatur semuanya. Termasuk Jokowi sendiri kelihatannya mendapat inputan awal yg salah dari WHO/China ini.

Mulai awalnya katanya tidak menular dari manusia ke manusia, yg sakit saja pakai masker, sampai ke penularan airborne dst... Semua informasi yg berubah2 itu dari WHO. Indonesia dalam hal ini Terawan tinggal manut saja sama WHO.
emoticon-No Hope


Quote:Original Posted By 54m5u4d183
Dibutuhkan sosok yang tegas buat mengatur sembilan kepala di sembilan provinsi biar kerja bener dalam menekan penyebaran covid


Kenapa diperlukan Luhut, karena penanganan dianggap perlu melibatkan lintas departemen lintas instansi dan komando kepala daerah (gubernur). Sedangkan kewenangan Terawan sebagai Menkes terbatas hanya di kementrian saja.

Si Pengamat terkesan mengadu domba antar menteri Jokowi dan Jokowi sendiri, padahal alasan logisnya ya seperti yg ane tulis di atas.
emoticon-Cape d...
Diubah oleh qavir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Tunjuk Luhut Urusi COVID-19 di 9 Provinsi, Pengamat: Presiden Tak Percaya Terawan
16-09-2020 09:49
dua2nya sama aja padahal

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka emoticon-Ngakak

&t=160s
Diubah oleh rajin.meremas
profile-picture
profile-picture
didit.d dan Cupu1971 memberi reputasi
1 1
0
Tunjuk Luhut Urusi COVID-19 di 9 Provinsi, Pengamat: Presiden Tak Percaya Terawan
16-09-2020 09:53
Mestinya di pecat dari lama ini terawan..
Omongan nya aja beda sama kenyataan..

Sikon nya gak tepat mungkin buat pecat pecatan ..
0 0
0
Tunjuk Luhut Urusi COVID-19 di 9 Provinsi, Pengamat: Presiden Tak Percaya Terawan
16-09-2020 09:58
bisa di tafsir
terkesan

dg dua kalimat itu kadrun anjing udah......














































COLIIIIIIII
COLIIIIII JURAGAAAAAANNN SIKKKAAAATTTT!!!! emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan 3 lainnya memberi reputasi
0 4
-4
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Tunjuk Luhut Urusi COVID-19 di 9 Provinsi, Pengamat: Presiden Tak Percaya Terawan
16-09-2020 10:00
Di ganti..dg orang2..yg sama2..anggap remeh corona..?
Ino dagelan lagi
0 0
0
Tunjuk Luhut Urusi COVID-19 di 9 Provinsi, Pengamat: Presiden Tak Percaya Terawan
16-09-2020 10:00
si opung kn dari kemaren anggap remeh nih virus kok malah dia yg skrg ngurusin
emoticon-No Hope


semua urusan solusinya opung seorang
emoticon-Hammer2
Diubah oleh hantupuskom
profile-picture
profile-picture
balineseryuu dan kaiserwalzer memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tunjuk Luhut Urusi COVID-19 di 9 Provinsi, Pengamat: Presiden Tak Percaya Terawan
16-09-2020 10:06
jabatan sama kerjaan gak nyambung
maritim dan investasi kok ngurusin covid ???
asli tuh terawan udah ilang urat malu nya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tunjuk Luhut Urusi COVID-19 di 9 Provinsi, Pengamat: Presiden Tak Percaya Terawan
16-09-2020 10:43
gak jelas siapa presidennya... emoticon-No Hope emoticon-No Hope emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
didit.d dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Tunjuk Luhut Urusi COVID-19 di 9 Provinsi, Pengamat: Presiden Tak Percaya Terawan
16-09-2020 10:51
in luhut we trust
emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
balineseryuu dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Tunjuk Luhut Urusi COVID-19 di 9 Provinsi, Pengamat: Presiden Tak Percaya Terawan
16-09-2020 11:08
Bukan ga percaya tapi takut ame luhut
profile-picture
profile-picture
MemoryExpress dan JhonnyKemod memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia