others
Batal
link has been copied
256
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f60b4e1c0cad702cb28bda0/coc-reg-cirebon-sirup-tjampolay-si-cairan-manis-khas-cirebon-yang-legendaris
Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Cirebon hanya menikmati makanan khasnya saja. Seharusnya Agan Sista juga mencicipi minuman sirup yang sangat legendaris dari Cirebon ini.
Lapor Hansip
15-09-2020 19:34

[COC Reg. Cirebon] Sirup Tjampolay, Si Cairan Manis Khas Cirebon yang Legendaris

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Sirup legendaris yang laris manis

[COC Reg. Cirebon] Sirup Tjampolay, Si Cairan Manis Khas Cirebon yang Legendaris


Assalaamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh. Selamat datang Agan Sista di thread ane kali ini.


Siapa sih yang gak suka minuman menyehatkan dengan rasa yang manis? Pasti sebagian besar sahabat kaskus menyukainya bahkan takkan terlewat sehari saja untuk tidak meminumnya. Seperti halnya ane.

Dari berbagai minuman yang berasa manis, salah satunya adalah sirup. Jadi bukan hanya obat saja yang berbentuk sirup ya, GanSist. Banyak aneka macam sirup yang diproduksi di pabrik ataupun UMKM. Dari yang berasa manis, asam bahkan pedas beraroma mint.

Berbicara tentang minuman sirup, tahukah Agan Sista tentang sirup yang terkenal dari Cirebon? Daerah Cirebon selain terkenal dengan julukannya kota udang yang menghasilkan terasi terbaik, ternyata juga mempunyai makanan khas berupa nasi jamblang dan masakan empal gentong.

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Cirebon hanya menikmati makanan khasnya saja. Seharusnya Agan Sista juga mencicipi minuman sirup yang sangat legendaris dari Cirebon ini.

Sirup legendaris yang ane maksud di sini adalah sirup Tjampolay. Si cairan manis yang menjadi salah satu minuman khas Cirebon ini merupakan oleh-oleh wajib bagi wisatawan yang berkunjung ke kota udang ini.

[COC Reg. Cirebon] Sirup Tjampolay, Si Cairan Manis Khas Cirebon yang Legendaris[COC Reg. Cirebon] Sirup Tjampolay, Si Cairan Manis Khas Cirebon yang Legendaris


Sirup Tjampolay terbuat dari bahan alami berupa buah campolay, yang lebih dikenal masyarakat dengan sebutan sawo belanda. Dalam pembuatannya sendiri, syrop tjampolay tanpa menambahkan bahan pengawet apapun. Jadi Agan Sista tidak cemas jika mengkonsumsinya, justru sirup ini berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

[COC Reg. Cirebon] Sirup Tjampolay, Si Cairan Manis Khas Cirebon yang Legendaris


Ane sedikit bercerita tentang minuman sirup tjampolay ini, menurut pengalaman ane pribadi. Dulu, saat tinggal di Bekasi ane mempunyai tetangga yang berasal dari Cirebon. Di sinilah awal ane mengenal sirup tjampolay yang legendaris ini karena selalu mendapatkan oleh-oleh dari tetangga tersebut. Tak hanya satu rasa sirup tjampolay, melainkan ada beberapa rasa yang pernah ane konsumsi. Seperti rasa pisang susu, rossen, asam jeruk, nanas, melon, leci, mangga gedong, jeruk nipis dan kopi moka. Di antara varian itu, ane sih suka yang rasa pisang susu, GanSist. Rasanya tuh khas banget, beda dengan sirup merk lainnya. GanSist wajib coba, deh!

Quote:Sejarah singkat Sirup Tjampolay
Menurut sejarawan Cirebon, sirup campolay awalnya merupakan minuman betbahan dasar buah campolay, atau masyarakat lebih familiar menyebutnya sawo belanda.

Seorang warga Cirebon keturunan Tionghoa bernama Tan Tjek Tiu menemukan sawo belanda yang memiliki rasa yang cocok untuk dijadikan minuman. Ternyata ide membuat sirup ini berawal dari mimpi sedang menikmati minuman sirup dengan rasa buah campolay.

Setelah sirup sudah jadi, lantas Tan Tjek Tiu mengenalkannya pada masyarakat sekitar tempat tinggalnya. Pada tahun 1963 ia berhasil menjual hingga ke daerah sekitar Cirebon. Kemudian pada tahun 1980 produksi sirup kembali dijalankan setelah sempat terhenti. Pabrik pun dipindahkan ke kawasan Lawanggada, Pulasaren, Pekalipan, Cirebon.
Sumber


Nah, bagaimana GanSist? Jangan lupa jika berkunjung ke Cirebon wajib memborong minuman sirup legendaris ini untuk dijadikan oleh-oleh atau dinikmati bersama keluarga di rumah.

Ane berdoa semoga pandemi ini segera berlalu, sehingga kita bisa berkunjung ke mana saja. Khususnya ke Cirebon, si kota udang yang bikin mabuk kepayang, karena sirup tjampolay yang legendaris dan laris manis.

Yuk tetap ikutan protokol kesehatan dan pastinya terapkan pola hidup sehat, Gan Sist. Semoga kita semua dijauhkan dari virus ini.

Cukup sekian thread ane kali ini. Sampai jumpa lagi dan wassalam.

Terima kasih

Belajar Bersama Bisa


Sumber dan Gambar : Opini pribadi, pixabay, pinterest dan referensi di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ceuhetty dan 53 lainnya memberi reputasi
52
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
[COC Reg. Cirebon] Sirup Tjampolay, Si Cairan Manis Khas Cirebon yang Legendaris
15-09-2020 19:35
Pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uliyatis dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
[COC Reg. Cirebon] Sirup Tjampolay, Si Cairan Manis Khas Cirebon yang Legendaris
15-09-2020 19:35
Singgah yuk, GanSist! Ikut meramaikan nih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uliyatis dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
[COC Reg. Cirebon] Sirup Tjampolay, Si Cairan Manis Khas Cirebon yang Legendaris
15-09-2020 19:55
Penasaran sama rasanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
[COC Reg. Cirebon] Sirup Tjampolay, Si Cairan Manis Khas Cirebon yang Legendaris
15-09-2020 20:01
Gak pernah liat sebelum jadi pengen nyoba🍹di kasih es batu tambah seger😋
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
[COC Reg. Cirebon] Sirup Tjampolay, Si Cairan Manis Khas Cirebon yang Legendaris
15-09-2020 20:02
Kayaknya enah nik, sirupnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
[COC Reg. Cirebon] Sirup Tjampolay, Si Cairan Manis Khas Cirebon yang Legendaris
15-09-2020 20:08
Sukak bgt ni sama yg rasa pisang susu. Kalo pingin sekarang mah ga usah ke Cirebon disini jg udah ada. emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
[COC Reg. Cirebon] Sirup Tjampolay, Si Cairan Manis Khas Cirebon yang Legendaris
15-09-2020 20:12
Wah baru tahu sirup ini. Mantab punya minuman khas.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Cirebon] Sirup Tjampolay, Si Cairan Manis Khas Cirebon yang Legendaris
15-09-2020 20:21
Kek nya syeger itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Cirebon] Sirup Tjampolay, Si Cairan Manis Khas Cirebon yang Legendaris
15-09-2020 21:01
Wuiih jadi pengin dah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
[COC Reg. Cirebon] Sirup Tjampolay, Si Cairan Manis Khas Cirebon yang Legendaris
15-09-2020 21:08
penasaran sama buahnya. sawo belanda, kayak pernah lihat tapi lupa dimana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TaraAnggara dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Cirebon] Sirup Tjampolay, Si Cairan Manis Khas Cirebon yang Legendaris
15-09-2020 21:34
Gercep. Keren euy dan informasi lengkap
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Cirebon] Sirup Tjampolay, Si Cairan Manis Khas Cirebon yang Legendaris
15-09-2020 22:04
ini sirup legendaris sih, gak kalah sama yang brand" gede emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Cirebon] Sirup Tjampolay, Si Cairan Manis Khas Cirebon yang Legendaris
15-09-2020 22:12
unik ya sist
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Cirebon] Sirup Tjampolay, Si Cairan Manis Khas Cirebon yang Legendaris
15-09-2020 22:14
TJAMPOLAY PISANG SUSU!!! tidak ada lawannya!!!

dan ...

SIRUP KAWISTA
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Cirebon] Sirup Tjampolay, Si Cairan Manis Khas Cirebon yang Legendaris
16-09-2020 01:13
Penasaran sama rasanya, ditambahin es batu terus diminumnya pas tengah hari, mantap dsn segar 👍
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Cirebon] Sirup Tjampolay, Si Cairan Manis Khas Cirebon yang Legendaris
16-09-2020 05:09
Tiap ke cirebon, pasti beli ini sama kerupuk melarat 🤣
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
[COC Reg. Cirebon] Sirup Tjampolay, Si Cairan Manis Khas Cirebon yang Legendaris
16-09-2020 05:23
Tjampolay itu merknya...emoticon-Big Grin

bahannya gak ada buah campolay (liat komposisi bahan di labelnya)
[COC Reg. Cirebon] Sirup Tjampolay, Si Cairan Manis Khas Cirebon yang Legendaris

sama kayak kopi Luw*k sachetan...
luwaknya gak ikut dicemplungin di kopi..emoticon-Big Grin
Diubah oleh jagotorpedo
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
1 0
1
[COC Reg. Cirebon] Sirup Tjampolay, Si Cairan Manis Khas Cirebon yang Legendaris
16-09-2020 07:05
Ane baru tahu klo asalnya dari cirebon. Rasanya memang mantab, dan beda....
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Cirebon] Sirup Tjampolay, Si Cairan Manis Khas Cirebon yang Legendaris
16-09-2020 08:04
Quote:Original Posted By miniadila
Sawo ini mudah dijumpai kok, Gan.


Hu-um, mungkin di daerah ane juga ada, cuma beda nama aja
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Cirebon] Sirup Tjampolay, Si Cairan Manis Khas Cirebon yang Legendaris
16-09-2020 08:54
Rasanya seperti odading emoticon-anjing banget emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia