Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
95
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f5f1515a2d19551174fdd96/bagaimana-bersikap-dalam-hidup-di-masa-krisis-melanda-sendi-sendi-kehidupan
Halo dan apa kabar sekalian kaskuser, bagaimana rasanya hidup sekarang ini? Ketika pandemi melanda dunia dan tiap-tiap hari berita dan media sosial berisi jumlah korban yang terus bertambah. Bukan cuma disuguhi tentang ancaman kesehatan, tiap-tiap hari kita juga disuguhi dengan krisis dan ancaman ekonomi.
Lapor Hansip
14-09-2020 14:00

Bagaimana Bersikap Dalam Hidup Di Masa Krisis Melanda Sendi-Sendi Kehidupan?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Bagaimana Bersikap Dalam Hidup Di Masa Krisis Melanda Sendi-Sendi Kehidupan?

Halo dan apa kabar sekalian kaskuser, bagaimana rasanya hidup sekarang ini? Ketika pandemi melanda dunia dan tiap-tiap hari berita dan media sosial berisi jumlah korban yang terus bertambah. Bukan cuma disuguhi tentang ancaman kesehatan, tiap-tiap hari kita juga disuguhi dengan krisis dan ancaman ekonomi.

Masih kurang menakutkan?

Meskipun tidak banyak, tapi ada yang cukup kritis dan mengaitkan krisis ekonomi yang akan terjadi dengan gejolak sosial yang bisa berakhir dengan kerusuhan.

Jadi sudah ada krisis kesehatan, ada krisis ekonomi, ada juga krisis instabilitas sosial. Semuanya mengancam keselamatan diri kita dan orang-orang yang kita kasihi.

Stress? Tertekan?
Mungkin tidak juga ya? emoticon-Leh UgaSaya masih sering sih lihat orang-orang dengan santainya beraktivitas di luar rumah tanpa masker.

Sampai di titik ini, kalau anda nggak stress memikirkan krisis yang bisa terjadi, artinya tulisan ini tidak perlu dibaca.

emoticon-Shakehand2Selamat, kemungkinannya ada dua, anda termasuk orang yang ignorance, atau anda termasuk orang yang sudah menanggapi masa-masa krisis dengan tepat, dalam artian anda bisa mengelola sikap hidup yang tepat di masa krisis ini, sehingga tidak dilanda kecemasan yang berlebihan. Ada baiknya anda berbagi di trit ini, tentang bagaimana mengolah cara berpikir, merasa dan hidup yang dengan tepat dalam situasi saat ini.

Menurut saya ada beberapa hal yang perlu kita ingat dalam situasi seperti saat ini.

Hampir di tiap generasi, selalu ada krisis yang mengancam kehidupan kita.

Apalagi untuk negara yang masih muda seperti negara kita.

Coba ditanya orang tua, atau kakek-nenek kita, pasti mereka pernah mengalami masa krisis yang tidak kalah mengancam dibandingkan pandemi saat ini, meskipun bentuknya mungkin berbeda.

75 tahun yang lalu, kita baru saja merdeka, kemudian dalam hitungan tahun, negara kita masih balita, susul menyusul muncul Agresi Militer Belanda 1 dan 2. Pemberontakan terjadi di beberapa daerah.

Kira-kira 20 tahun setelah merdeka, terjadi pemberontakan terbesar dan paling mengguncang negara kita, pemberontakan PKI di tahun 1965, yang akhirnya menjadi pintu masuknya perubahan satu periode dalam negara kita, dari orde lama, menuju orde baru.

Order baru berjalan bukan tanpa melewati krisis-krisis kecil, meskipun secara umum bisa dikatakan cukup stabil. Berapa lama negara kita berjalan dengan tenang? Cuma 32 tahun, sebelum kemudian berhadapan dengan krisis lain yang menghantar kita ke periode ketiga dalam sejarah negara kita.

Jadi krisis itu bukan barang baru, bukan baru sekali ini saja terjadi, meskipun bentuk dan magnitudenya mungkin berbeda-beda.

Sebagai bangsa dan negara, kita sudah berhasil bertahan hidup melewati itu semua.

Sebagai individu, setidaknya kita kemungkinan sudah pernah melewati setidaknya satu masa krisis. Gunakan itu sebagai bekal untuk menghadapi krisis kali ini.

Bagi yang masih muda-muda, setidaknya orang tua dan kakek-nenek kita sudah pernah mengalami dan bertahan hidup melalui krisis itu. Gali dan resapi pengalaman mereka dalam melalui masa-masa krisis.

Saya pribadi, melihat ibu saya menghadapi pandemi ini, bukannya beliau meremehkan, tapi beliau bisa menghadapi tanpa rasa takut yang berlebihan. Ancaman corona sepertinya jauh lebih ringan, dibandingkan ancaman desingan peluru yang pernah beliau alami.
emoticon-Hammer2Bagaimana Bersikap Dalam Hidup Di Masa Krisis Melanda Sendi-Sendi Kehidupan?
Gbr diambil dr : indonesia-zaman-doeloe.blogspot.com

Krisis adalah bagian dari kehidupan.

Sakit, tua, miskin, dan sebagainya, krisis-krisis dalam kehidupan pribadi ini tidak terhindarkan. Kalau krisis yang luas seperti sebuah pandemi, atau mungkin bencana alam, masih ada kemungkinan kita bisa beruntung, hidup dari lahir sampai mati, tanpa harus melalui krisis-krisis tersebut.

Namun kalau krisis dalam kehidupan pribadi, siapa pun tidak mungkin luput.

Virus itu bukan cuma Corona, ancaman terhadap kesehatan itu bukan cuma jadi virus.

Ancaman dalam kehidupan juga bukan cuma kesehatan, tidak ada satu orang pun yang bisa melewati kehidupannya, tanpa harus melalui krisis.

----------------

Jadi? Tough it out! Suck it up! Atau kurang lebih, hadapi! Karena cuma itu satu-satunya pilihan.

Gembleng mental kita supaya menjadi mental yang tangguh, tidak mudah gemetar di hadapan sebuah krisis yang mengancam.

Jangan lari dari kenyataan, jangan menghibur diri dengan kebohongan (misalnya mengatakan virus Corona itu tidak nyata, ancaman krisis ekonomi itu cuma bualan, dsb).

Akan tetapi gunakan akal budi kita untuk menganalisa keadaan, menerima kenyataan, memikirkan solusi yang bisa kita lakukan, baik sebagai individu, maupun sebagai bagian dari masyarakat.

Dan yang terakhir, berlatih untuk memiliki rasa pasrah ketika usaha yang terbaik sudah diberikan dan hasilnya tidak memuaskan.

Bedakan antara memasrahkan diri dengan lari dari kenyataan. Bedakan juga antara memasrahkan diri dengan ignorance.

Pasrah yang "benar" adalah pasrah yang timbul dari pemahaman akan kenyataan, tahu membedakan antara yang bisa diubah dan yang harus diterima. Pasrah yang "benar" tidak lepas dari usaha semaksimal mungkin, sembari tetap mengakui keterbatasan kita sebagai manusia.

Pasrah yang "benar" juga bisa timbul karena kesadaran bahwa ada yang lebih penting dari sekedar hidup.

Atau istilah yang bisa menjadi makanan empuk buat dinyinyiri adalah "berdamai" dengan realita kehidupan, di mana krisis adalah salah satu bagian darinya.

Bagaimana Bersikap Dalam Hidup Di Masa Krisis Melanda Sendi-Sendi Kehidupan?

Salam.....
emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hendrikchunz dan 29 lainnya memberi reputasi
30
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Bagaimana Bersikap Dalam Hidup Di Masa Krisis Melanda Sendi-Sendi Kehidupan?
16-09-2020 12:03
Trit bagus nih... manusia harus bisa tegar dan beradaptasi di semua situasi. emoticon-thumbsup



Hai, agan sista, sekarang ada Whatsapp Kaskus H2H buat ngobrol santai dan curhat. Boleh PM atau klik:
Whatsapp Kaskus unofficial Grup H2H ๐ŸŒˆ๐Ÿ’–๐ŸŽ‰
Diubah oleh Sahabat.pena.01
profile-picture
profile-picture
Guciano08 dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Bagaimana Bersikap Dalam Hidup Di Masa Krisis Melanda Sendi-Sendi Kehidupan?
16-09-2020 12:04
Sabar dan berhemat
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Bagaimana Bersikap Dalam Hidup Di Masa Krisis Melanda Sendi-Sendi Kehidupan?
16-09-2020 12:06
Yg penting tetaplah hidup walau tidak berguna
profile-picture
profile-picture
radorada dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Bagaimana Bersikap Dalam Hidup Di Masa Krisis Melanda Sendi-Sendi Kehidupan?
16-09-2020 12:06
Hanya yg tough yg bisa surviveemoticon-Cool
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Bagaimana Bersikap Dalam Hidup Di Masa Krisis Melanda Sendi-Sendi Kehidupan?
16-09-2020 12:07
Tetap sans aja. Udah terlatih makan nasi sama gula..
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Bagaimana Bersikap Dalam Hidup Di Masa Krisis Melanda Sendi-Sendi Kehidupan?
16-09-2020 12:11
kuncinya ikhlas, motornya usaha, pasti ada jalan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
turkusuma dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bagaimana Bersikap Dalam Hidup Di Masa Krisis Melanda Sendi-Sendi Kehidupan?
16-09-2020 12:12
yups.. setuju bgt ama pendapat ts.. mau gak mau kondisi kaya gini emang bagian dr siklus kehidupan.. seberapa besar usaha kita buat lari dari kenyataan, tetep aja kenyataan akan menyadarkan kita kalo semua ini memang akan dan harus terjadi.. semua bisa dihadapi tinggal gimana kita bersikap aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
richardus96 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Bagaimana Bersikap Dalam Hidup Di Masa Krisis Melanda Sendi-Sendi Kehidupan?
16-09-2020 12:15
ibarat warna, hdup itu gak selalu hitam dan putih aja gan,, ada warna warni yg menjadikan hdup semakin berwarna, tergantung bagaimana kita melukis dlm lembaran kehidupan,,emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Donwori69 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bagaimana Bersikap Dalam Hidup Di Masa Krisis Melanda Sendi-Sendi Kehidupan?
16-09-2020 12:16
Kalo orang kaya raya bergaya hidup mewah jadi mendadak miskin karena pandemi bisa stress berat bray...

Ane sih sejak kecil udah diajarin hidup susah, berhemat, dan gak bermental cengeng... Jadi kalo ane kehabisan duit, ane selalu cari cara halal buat cari duit sambil tetep berhemat, jadi gak terlalu stress2 amat...



emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan albian21 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Bagaimana Bersikap Dalam Hidup Di Masa Krisis Melanda Sendi-Sendi Kehidupan?
16-09-2020 12:18
Setuju gan , hidup ini kita di uji dengan berbagai cobaan,

Klo ga mau di uji ya jangan idup gan ...

profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Bagaimana Bersikap Dalam Hidup Di Masa Krisis Melanda Sendi-Sendi Kehidupan?
16-09-2020 12:19
Banyak yg stres ya ?
profile-picture
profile-picture
setiapmenit dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Bagaimana Bersikap Dalam Hidup Di Masa Krisis Melanda Sendi-Sendi Kehidupan?
16-09-2020 12:34
Sabar, berusaha dan sllu berdoa sma tuhan smoga permasalahan yg dihadapi cepat slsi
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan setiapmenit memberi reputasi
2 0
2
Bagaimana Bersikap Dalam Hidup Di Masa Krisis Melanda Sendi-Sendi Kehidupan?
16-09-2020 12:38
cara menghadapi nya adalah berpikir waras kalo sebenarnya krisis itu hanya rekayasa...
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Bagaimana Bersikap Dalam Hidup Di Masa Krisis Melanda Sendi-Sendi Kehidupan?
16-09-2020 12:39
Nikmatin aja. Yg masih bekerja walau di potong sana sini pendapatannya, ya di syukuri masih bisa bekerja. Jaga imun tubuh dengan konsumsi sayuran dan buah2an. Buah dada untuk nutrisi batin. Ikuti semua protokol kesehatan yg di keluarkan oleh pemerintah. Gak usah ngeyel !!

Mau bilang covid rekayasa cina, mamarika, dll, konspirasi illuminati kek. Sudah bamyak yg MATI!!. lindungi diri dan kel. Masing2. Gak usah banyak ngeluyur kl gak perlu. Gak usah beli barang yg gak penting di e-commerce biarpun banyak promo. Mereka promo krn gak laku. Simpan uang untuk kebutuhan pokok. Hp baru apa beli beras? Sesuaikan dengan kebutuhan. Apalagi yg kere gak usah gesek2 kartu. Nanti di gesek sama kolektor baru tau rasa sampean.

Gak usah panik. Ikuti prosedur yg berlaku sekarang. Hidup hemat. Krn semua jg sama. Sama2 susah sekarang. Tinggalin gengsi.
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan setiapmenit memberi reputasi
2 0
2
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Bagaimana Bersikap Dalam Hidup Di Masa Krisis Melanda Sendi-Sendi Kehidupan?
16-09-2020 12:47
Hidup ini memang berputar gan..hari ini mungkin kita lg di bawah.. sementara sebagian orang mungkin ada yang lg di atas..yg di bawah masih punya harapan untuk menjadi untuk kembali keatas asal selalu bersemangat untuk berikhtiar & berdoa, yang sudah diatas ingatlah waktu susah/dibawah sehingga kita tdk sombong,menghambur2kan uang. Berhemat adalah pilihan yang paling bijak disaat pandemi seperti ini. Untuk yang lagi dibawah hendaklah selalu bersabar & berdoa dan berusaha. dalam situasi seperti skrg ini .. bersyukur adalah pilihan yang paling tepat, bersyukur masih diberikan kesehatan, bertemu dengan orang yang kita sayangi, bersyukur msh ketemu makan, bersyukur masih bernafas. #KeepTheSpirit.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Bagaimana Bersikap Dalam Hidup Di Masa Krisis Melanda Sendi-Sendi Kehidupan?
16-09-2020 12:49
Terima kasih motivasinya gan
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bagaimana Bersikap Dalam Hidup Di Masa Krisis Melanda Sendi-Sendi Kehidupan?
16-09-2020 12:54
Sikap yang sulit juga yang harus diterapkan dalam situasi pandemii seperti ini..
Dengan adanya masa sulit seperti ini ya kita cuma bisa bersikap sesuai dengan apa yang telah diperintahkan oleh pemerintah aja,
profile-picture
profile-picture
setiapmenit dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Bagaimana Bersikap Dalam Hidup Di Masa Krisis Melanda Sendi-Sendi Kehidupan?
16-09-2020 13:05
Hadapi ...

Dan kembali kepada diri kita sendiri
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Bagaimana Bersikap Dalam Hidup Di Masa Krisis Melanda Sendi-Sendi Kehidupan?
16-09-2020 13:15
Selama masih bisa menghisap rokok, blum bsa dikatakan krisis. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia