Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
97
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f5ad83828c99157c36a1618/yakin-ente-poligami-karena-sunnah
🌏🌏🌏 Hai Agan dan Sista! 🌏🌏🌏 Dewasa ini obrolan tentang poligami kian menghangat. Kelompok pembenci dan duta-duta penolak poligami bertebaran di mana-mana. Akan tetapi, perwakilan pendukung poligami kian hari juga kian bertambah. Sehingga tak jarang, debat pro dan kontra dari kedua kubu ini sering terjadi dan memanas. Menurut pandangan saya, ada yang salah dengan sunnah poligami m
Lapor Hansip
11-09-2020 08:51

Yakin, Ente Poligami Karena Sunnah?

🌏🌏🌏

Hai Agan dan Sista!

🌏🌏🌏


Yakin, Ente Poligami Karena Sunnah?

Dewasa ini obrolan tentang poligami kian menghangat. Kelompok pembenci dan duta-duta penolak poligami bertebaran di mana-mana. Akan tetapi, perwakilan pendukung poligami kian hari juga kian bertambah. Sehingga tak jarang, debat pro dan kontra dari kedua kubu ini sering terjadi dan memanas.

Menurut pandangan saya, ada yang salah dengan sunnah poligami masa kini. Di mana para pelakunya melakukan poligami tanpa dasar.

Tanpa dasar bagaimana?

Ya, tanpa ilmu dan pengetahuan! Tanpa berkaca bagaimana jalannya poligami ala Rasulullah dahulu. Sebab, jika kita berbicara dalam konteks poligami itu sunnah, maka sangat dianjurkan untuk melihat poligaminya Rasulullah.

Pertama, Rasulullah berpoligami dalam tujuan kelancaran dakwah.

Yup! Ini tujuan utamanya. Dakwah. Coba kita lihat, berapa banyak hadis-hadis atau kebiasaan Nabi yang kemudian diriwayatkan oleh para istri Nabi ini?

Semenjak Rasulullah wafat, kepada istri-istri Rasulullah inilah umat-umat bertanya perkara ini dan itu. Sebab, para Ummul Mukminin inilah yang tahu bagaimana kebiasaan Nabi semasa hidupnya.

Kedua, Rasulullah menikah lagi setelah istri pertamanya wafat.

Hei, jangan kira Rasulullah berpoligami ketika Siti Khadijah radiallahu'anha masih hidup. Sebab, Rasulullah amat mencintai dan menyayangi istri pertamanya ini.

25 tahun berumah tangga, Siti Khadijah akhirnya wafat. Berbarengan dengan wafatnya Abu Thalib, pamannya Rasulullah. Di mana, kepergian dua orang terkasih ini membuat Rasulullah galau dan bermuram hati. Bahkan dalam suatu riwayat, tangisan Rasulullah sampai mengguncang Arsy.

Hal inilah kemudian yang membuat Allah Subhanahu Wa Ta'ala menghibur Rasulullah dengan mengutus Jibril menjemput Rasulullah untuk melakukan perjalanan Israj dan Miraj.

Nah, dalam konteks ini Rasulullah amat mencintai istrinya. Bahkan setelah itu ia tidak menikah lagi, hingga sampai di mana Khaulah binti Hakim Al-Auqash menyarankan beliau untuk menikah lagi. Waktu itu, Khaulah menyarankan agar Rasulullah menikahi Aisyah bint Abu Bakr (dari kalangan gadis) dan Saudah bint Zam'ah (dari kalangan janda).

Akhirnya, terlebih dahulu Rasulullah menikah dengan Sayyidah Saudah, tersebab beliau ini beserta mantan suaminya yang syahid di medan perang, termasuk dalam golongan orang-orang pertama yang masuk Islam. Sejauh ini pun, tak ada pula riwayat yang mengatakan bahwa Saudah adalah janda cantik dan kaya raya.

Tujuan Rasulullah menikahi Sayyidah Saudah pun terlebih utama adalah untuk mengangkat derajat dan melindunginya.

Selain Sayyidah Aisyah, istri Rasulullah adalah janda

Yakin, Ente Poligami Karena Sunnah?

Riwayat menyebutkan, bahwa Rasulullah berpoligami bukan untuk tujuan syahwat, apalagi untuk menumpuk istri muda. Melainkan ada tujuan dakwah dan silaturahmi yang mulia yang ia emban. Itulah sebabnya Rasulullah tak menikahi janda atau gadis cantik yang kaya, melainkan janda-janda yang tidak muda dan suaminya pun gugur di medan perang. Bahkan di antaranya ada yang anaknya sudah banyak.

Sebut saja Ummu Salamah, yang di pernikahan sebelumnya dengan Abu Salamah ia sudah memiliki banyak anak. Akan tetapi, Rasulullah tetap menikahi wanita mulia ini karena Abu Salamah wafat akibat luka setelah perang Uhud. Sempat ditolak, tapi akhirnya diterima oleh Ummu Salamah, sebab Rasulullah ingin anak-anak Ummu Salamah dirawat dalam pengawasannya.

Ada pula Ummu Zainab binti Khuzaimah. Beliau adalah janda tua dan miskin. Suaminya Ubaidah bin Harist syahid di perang Badar. Zainab juga tidak cantik, tetapi Rasulullah memilih menikahinya karena kebaikan wanita mulia ini. Beliau terkenal gemar menolong orang-orang miskin, sehingga Ummu Zainab dikenal sebagai Ummu Masakin (ibunya orang miskin).

Rasulullah berpoligami demi memperkuat hubungan antar kabilah.

Seperti halnya pernikahan Rasulullah dengan Sayyidah Aisyah dan Hafsah Bint Umar. Keduanya dinikahi bukan karena jatuh cinta seperti di novel-novel. Melainkan demi Mempererat hubungan silaturahmi antara beliau dengan kedua sahabatnya Abu Bakar dan Umar bin Khatab.

***

Mungkin itu sedikit tentang kisah pernikahan poligami Rasulullah, yang mana di baliknya ada tujuan mulia demi keberlangsungan Islam.

Pernikahannya dengan para janda yang suaminya meninggal setelah perang, sebagai isyarat bahwa wanita yang janda karena suaminya syahid tidak akan diterlantarkan. Sebab, para laki-laki muslim yang lain akan menikahi, menjaga, dan mengangkat derajatnya seperti yang Rasulullah lakukan.

Yakin, Ente Poligami Karena Sunnah?

Cinta? Hampir semuanya dinikahi bukan karena Rasulullah tiba-tiba jatuh cinta pada pandangan pertama. Melainkan karena tujuan-tujuan mulia. Perkara cinta, ia tumbuh setelah pernikahan berjalan beberapa lama.

Bahkan kepada Sayyidah Aisyah yang dinikahi ketika usia 6 tahun dan sebagian riwayat menyatakan 7 dan 9 tahun, Rasulullah menikahinya semata-mata karena beliau bermimpi Jibril tiga kali datang datang padanya dan membawa lukisan yang terlukis wajah Sayyidah Aisyah, juga karena saran dari Khaulah.

Bahkan Umar bin Khatab pernah berkata kepada Hafsah ketika putrinya itu pernah berkonflik dengan Rasulullah, "Aku peringatkan, jika bukan karena engkau adalah putriku, maka Rasulullah sudah menceraikanmu!"

Namun, biarpun begitu, Rasulullah selalu memperlakukan istrinya dengan baik dan terhormat.

***

Yakin, Ente Poligami Karena Sunnah?

Kembali ke konteks poligami di masa kini. Di mana poligami dilakukan semata-mata untuk melepas syahwat, tetapi berkedok sunnah.

Tak ada lagi poligami sunnah itu terlihat sekarang. Mungkin, dari 10 yang berpoligami, hanya 1 yang niatnya murni karena sunnah. Sementara sisanya hanyalah demi nafsu semata. Menumpuk para istri muda nan cantik dan rupawan. Baik dari kalangan gadis atau janda.

Mungkin akan ada yang keberatan dengan statement saya ini.

Kalau begitu, coba saya tanya. Jika Anda disuruh menikahi janda tua, banyak anaknya, dan sulit ekonominya, apakah Anda bersedia?

Alhamdulillah jika bersedia. Namun, bila keberatan, itu membuktikan kalau Anda berpoligami hanya sekadar keinginan syahwat tapi bertopeng sunnah.

Sejatinya poligami adalah jalan sunnah nan mulia. Akan tetapi, umat-umat zaman sekarang malah mengubah posisi poligami menjadi sunnah yang binal, karena mereka melakukan poligami tanpa dasar yang sesuai syariat.

Ada yang berpoligami dengan memaksa istri pertamanya. Ada yang menikah diam-diam. Ada yang kepincut di sosmed lalu meminta menikah lagi.

Ya, semacam itu alasannya! Sama sekali tidak ada tujuan yang sesuai dengan sunnah nabi itu.

Sekarang jika tujuan Anda berpoligami karena syahwat, ya sudah, mengaku saja! Tak perlu munafik dengan mengatakan poligami sunnah sedangkan yang Anda lakukan sendiri jauh dari alasan sunnah.

Sungguh sifat munafik para pelaku poligami ini sudah mencoreng nama poligami di mata dunia. Doktrin buta tentang poligami yang mereka tebarkan membuat dunia memandang kalau poligami adalah sunnah yang melecehkan dan sewenang-wenang terhadap wanita. Padahal asal-usulnya tidak seperti itu!

Sekarang saya tanya lagi. Yakin, tujuan Anda berpoligami karena sunnah?

Jika karena syahwat, terang-terangan saja mengaku. Tak perlu atas namakan sunnah terhadap nafsu Anda yang tidak teredam!

****
Diubah oleh serbaserbi.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ANAKqutu dan 5 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Yakin, Ente Poligami Karena Sunnah?
11-09-2020 09:31
Yakin, Ente Poligami Karena Sunnah?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MendiManikung dan 3 lainnya memberi reputasi
1 3
-2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yakin, Ente Poligami Karena Sunnah?
11-09-2020 09:59
ane muslim tapi jujur saja ane tolak keras poligami, buat ane poligami itu hanya budaya / sunnah / kebiasaan muhamad saw sebagai orang arab bukan sebagai seorang rasul atau nabi
dalil yg ane pegang adalah dalil aqli bukan naqli, alasannya simple sejauh tercium ada ketidak adilan disana maka itu bukan turunan langsung dari Allah SWT
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i.macintosh dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Yakin, Ente Poligami Karena Sunnah?
11-09-2020 10:15
Quote:ane muslim tapi jujur saja ane tolak keras poligami, buat ane poligami itu hanya budaya / sunnah / kebiasaan muhamad saw sebagai orang arab bukan sebagai seorang rasul atau nabi

KAPIR ENTE...!!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Yakin, Ente Poligami Karena Sunnah?
11-09-2020 10:21
wow isu sensitif. semoga bisa tercerahkan saja..
profile-picture
junaedi1982new memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yakin, Ente Poligami Karena Sunnah?
11-09-2020 10:28
Quote:"Dan jika kamu khawatir tidak akan mampu berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu menikahinya), maka nikahilah perempuan (lain) yang kamu senangi. dua, tiga, atau empat. Tetapi jika kamu khawatir tidak akan mampu berlaku adil, maka (nikahilah) seorang saja atau hamba sahaya perempuan yang kamu miliki.Yang demikian itu lebih dekat agar kamu tidak berbuat zalim." [QS 4 - 3 ]


Lagian kagak wajib? Oke lah.
Ane muslim dan ane laki, gw anti poligami. Sebanyak apapun duit gw ga bkalan poligami. Tak sedikit wanita yg dipoligami mudah depresi.

Di lain waktu pernah gw denger orang bicara β€œkalau wanita beragama pasti mau dipoligami, kalau gak mau berarti rendah ilmu agamanya”

Gobl. Bodo amat lah, kadar keimanan bukan dilihat dari nerima volleygame atau nggaknya.

**
Hayoo klean yg poligamih karena sunnah atau napsu utk menikmati 4 kerang bulu sekaligus?
Diubah oleh anakjahanam722
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i.macintosh dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Yakin, Ente Poligami Karena Sunnah?
11-09-2020 10:31
Sudah lah kalo gk setuju ya sudah..
kalo setuju ya silahkan poligami (itu juga kalo ada yg mau)
biasa nya jones yg ngimpi bisa poligami padahal realita nya 1 ajh belum punya..
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yakin, Ente Poligami Karena Sunnah?
11-09-2020 11:06
Materi diskusi sensitif seperti ini membuat ane sulit berpendapat, berusaha sekuat otak mini ane biar gak SARA

Yakin istri ente mau diajak poligami ? Ane yakin sih jarang seorang wanita mau suaminya poligami

Kalau istri ente mau diajak poligami sih silakan saja dan sah-sah saja, tapi kalau hanya menuruti syahwat dengan embel-embel religi mendingan gak usah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i.macintosh dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Yakin, Ente Poligami Karena Sunnah?
11-09-2020 12:09
Karena sange tapi bawa agama supaya ada bahan justifikasi

There, I fixed it for ya.
Diubah oleh bahanlawakan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i.macintosh dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yakin, Ente Poligami Karena Sunnah?
11-09-2020 12:31
pokoknya ngentot itu enak
emoticon-No Sara Please
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Yakin, Ente Poligami Karena Sunnah?
11-09-2020 12:52
Kalo gw belon bisa.. ngeue nya kuat.. tapi belon bisa adil.. emoticon-Smilie
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yakin, Ente Poligami Karena Sunnah?
11-09-2020 13:29
Antum-antum sekalean klo mo poligami karna napcu ato sunah? emoticon-Big Grin
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yakin, Ente Poligami Karena Sunnah?
11-09-2020 14:35
Poligami atas nama sunnah adalah totally bullshit, apa yg dicari?
Surga? Ridho Allah?

Jika itu yg dicari, masih banyak sunnah2 lain yg mudah, bisa dilakukan sendiri, tidak ada yg dikorbankan
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reep1000 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yakin, Ente Poligami Karena Sunnah?
11-09-2020 15:13
Numpang lewat yak om om sekalian
profile-picture
bijingondoy memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yakin, Ente Poligami Karena Sunnah?
11-09-2020 16:21
kalo poligami pertanggungjawabannya di akhirat gimana ya, buat diri sendiri atau satu istri aja bakal ditanya banyak, apalagi kalo 4 istri dan anaknya banyak juga emoticon-Takut (S)

0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yakin, Ente Poligami Karena Sunnah?
11-09-2020 16:36
logic aja, nanti laki2 ini kan pas metong bakal d tanyain hartanya, kerjaannya, anak2nya, d tmbah bini. itu yg normal. kalo bini 4? atu2 d tanya apa kagak capek jawapin malaikat atu2 tuh orang?belom lagi kalo istri2 kagak ridho. kepeleset dikit malaikat malik auto nengok.emoticon-Ngakak

pdahal bnyak bgt cara meraih surga yg lebih gampang d banding poligami. mau meraih surga kok cari jalannya yg susah toh ndookkkk ndoookkk....
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yakin, Ente Poligami Karena Sunnah?
11-09-2020 16:38
kalo org skrg poligami bininya bening semua. .emoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yakin, Ente Poligami Karena Sunnah?
11-09-2020 17:27
Karena enak mungkin juga gan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yakin, Ente Poligami Karena Sunnah?
11-09-2020 17:45
Quote:Kembali ke konteks poligami di masa kini. Di mana poligami dilakukan semata-mata untuk melepas syahwat, tetapi berkedok sunnah.


emoticon-Smilie
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yakin, Ente Poligami Karena Sunnah?
11-09-2020 18:34
syahwat Vs religi... hmm... ikut nyimak aja deh emoticon-2 Jempol
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yakin, Ente Poligami Karena Sunnah?
11-09-2020 18:50
Setuju sama pendapat Ts, suka kesel liat ustad2 poligami dengan alasan mcm2..
Nafsu sih nafsu aja, ga usah bawa2 alasan sunah segala.
________
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia