agnarraAvatar border
TS
agnarra
Pandemi COVID-19 & Peningkatan Kegiatan Belanja Online Versi Ane


Halo Agan Sista,
Ane balik lagi nih dengan membagikan cerita yang menurut ane bisa dikorelasikan dengan banyak kehidupannya Gan Sist akhir-akhir ini. Oke, ane sudah bekerja dari rumah dari Maret 2020, ane gak ke kantor kecuali dibutuhkan aja. Alhasil, ane banyak menghabiskan waktu di rumah, dari berkegiatan bekerja pada umumnya, sampai hal-hal seperti olahraga, bercocok tanam, dsb. Nah, satu benda yang paling sering ane pegang adalah handphone, kebayang gak, sebelum pandemi, kita udah sering banget megang handphone kan? Apalagi ketika pandemi kemarin, ketika PSBB masih ketat dan kita harus #dirumahaja. Otomatis, kita banyak mencari hiburan lewat handphone.


Sumber gambar: link

Salah satu buktinya adalah, contoh ya.. Netflix. Seperti dilansir dari The Verge sejak Maret 2020 lalu, subscribers Netflix meningkat drastis dari ekspektasinya. Tercatat sebanyak 15,8 juta orang mendaftar Netflix dalam periode dari Maret 2020 Gan Sist! Nah selain streaming platform, ada lagi nih, satu platform yang mengalami peningkatan secara drastis ketika pandemi, apa coba? Marketplace alias Online Shopping Platform!


Sumber gambar: link

Seperti kita tahu, pandemi bikin kita gak bisa kemana-mana karena harus PSBB. Sehingga, keperluan atau kebutuhan rumah dan pribadi, sampai makanan pun, kita pesan melalui platform online. Ane sempat baca artikel dari KabarBisnis, menurut data yang ada, kegiatan belanja online melonjak drastis loh Gan Sist di April 2020 sebesar berapa coba? 480% !!!! Mangstab ya?

Lalu, perubahan di diri Agan apa?
1. Ane beli apa-apa sekarang online
Ane selalu rutin belanja bulanan macem kebutuhan pribadi kayak sabun, shampo, odol, dsb di supermarket deket rumah. Nah, ketika pandemi ini, ane selalu belanjanya online. Ane juga ngerasain efeknya adalah, ane bisa tau dan catet "Oh harga odol segini, harga shampo segini", jadi bisa budgeting buat bulan depan spendingnya berapa buat kebutuhan-kebutuhan tersebut. Dan ini kayaknya ane akan jadiin rutinitas karena lebih praktis, bisa komparasi harga juga antara platform marketplace satu ke yang lainnya, plus promonya itu loh gak nanggung-nanggung emoticon-Wowcantik

2. Jadi ada budget khusus order makanan online
Percaya atau enggak, reward ane lewat belanja makanan online itu banyak banget karena ane dikit-dikit jajan. Kalau di kantor, ane kan jamnya terbatas ya, jam istirahat 12-1 doang, jadi bisa jajan di waktu itu aja. Sekarang pas di rumah aja, ane bisa kapanpun order makanan online via ojol. Karena ane butuh kopi, seneng ngasih penghargaan ke diri sendiri dengan beliin makanan enak sehabis hectic dan pusing kerjaan, dan ane bosenan sama makanan dirumah jadi jajan aja. Dan, perubahannya adalah, sejak Mei, ane harus sisihin budget sendiri buat order makanan online emoticon-Frown

3. Belanjain hampers buat orang sebagai bentuk silahturahmi
Agan Sista sempat sadar enggak, kalau selama Ramadan atau pandemi ini, di media sosial Agan Sista, ada kegiatan yang cukup marak selain TikTok-an, yaitu orang-orang pada saling mengirim makanan dan hampers? Yup! Itu tuh. Ane jujur aja nerima cukup banyak hampers makanan dan karena ane orangnya gak enakan, jadi ane balas kirim juga. Ternyata, ane baru sadar, cara itu cukup praktis sebagai bentuk silahturahmi ketika kita belum sempat bertemu secara langsung, apalagi kalau lokasi masing-masing beda kota. Makanya, kayaknya kalau ada yang ulang tahun atau special occasion, ane akan kirimin hampers atau beliin makanan secara online langsung kirim ke rumahnya deh.

Nah, itu beberapa yang bisa ane ceritain ke Agan Sista. Kali aja ada yang sama pengalamannya kayak ane? Yuk share di komen!

tetap sehat dan bahagia ya Gan Sist! emoticon-Toast


0
336
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan Keuangan
icon
9.1KThread5.6KAnggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.