Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
232
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f4b27cbc8393a4d51525f32/polemik-anjay-ini-opini-ane-tentang-penggunaan-kata-anjay
Akhir-akhir ini kata 'anjay' lagi viral di jagad maya, disebabkan opini Lutfi Agizal S.Psi yang menyatakan bahwa 'anjay' adalah kata kasar, yang kata dasarnya adalah 'anjing', yang menurut beliau itu sangat kasar sekali.
Lapor Hansip
30-08-2020 11:15

Polemik Anjay, Ini Opini Ane Tentang Penggunaan Kata Anjay

Past Hot Thread
icon-verified-thread
✏️✏️✏️

Hai Agan dan Sista!

✏️✏️✏️


Polemik Anjay, Ini Opini Ane Tentang Penggunaan Kata Anjay
Foto: Pilar Times

Akhir-akhir ini kata 'anjay' lagi viral di jagad maya, disebabkan opini Lutfi Agizal S.Psi yang menyatakan bahwa 'anjay' adalah kata kasar, yang kata dasarnya adalah 'anjing', yang menurut beliau itu sangat kasar sekali.

Udah lumayan lama juga kasus ini, tapi masih viral sampai hari ini. Terakhir ane ketahui kalau perihal anjay ini bahkan sudah dilaporkan ke Komnas Perlindungan Anak.

Nah, jika Lutfi--ralat--Prof. Lutfi bisa berargumen tentu ane juga bebas dong, ya? Berargumen dengan santuy dan santun tentunya.

Oiya, buat Gansis yang penasaran kenapa ane sebut Prof. Lutfi, sebab berawal dari komentar ini.

Polemik Anjay, Ini Opini Ane Tentang Penggunaan Kata Anjay
(Screenshot di komentar postingan IG Prof. Lutfi)

Nah, paham 'kan? Karena beliau (Lutfi) begitu ahli dalam hal ini, sarjana yang baru lulus tahun ini-- begitu mendalami bidang 'anjay' ini.

Oke, balik ke konteks.

Menurut ane pribadi, suatu kata, kalimat, atau ucapan bisa menjadi kasar atau biasa saja berdasarkan sikondom (situasi, kondisi, dan domisili atau tempat) di mana kalimat tersebut dilontarkan. Jadi, gak serta-merta kata dengan makna ambigu dicap kasar atau tidak, melainkan kita lihat dulu di mana, kapan, siapa, dan pada siapa kata tersebut diucapkan.

Menurut ane, kata 'anjay' ini samalah konteksnya kayak bahasa gaul 'lu dan gue' bahkan kata 'aku' sekalipun. Kata-kata tersebut jika diucapkan di waktu yang tak tepat, maka bisa lain maknanya. Bisa menunjukkan bahwa seseorang itu sombong, bahkan kasar.

Contoh saja. 'Gue dan Lu' kalau diucapkan antar sesama besar atau teman seumuran, itu bisa menjadi biasa saja nilainya. Malah kalo ke temen ngomong aku-kamuan atau bahkan saya-anda bakal kaku kesannya. Nah, dengan menggunakan panggilan lu-gue ini, suasananya jadi lebih cair, santai, dan akrab, kadang.

Akan tetapi beda lagi kalau Lu-Gue diucapkan ke orang tua. Ini kesan bisa jadi kata kasar dan gak sopan. Masa iya ke Emak manggil Lu? Kan gak ngotak jadinya?

Quote:"Lu mau gue beliin apa, Jon?" ucap Adi pada Jono.

"Lu manggil gue, Mak?" tanya Parto ke emaknya.


Begitu pun kata 'Aku'. Jika berbicara dengan orang yang lebih tua dan disegani, misal dosen, guru, dokter, atau siapa saja jika menggunakan kata 'Aku' kesannya menjadi tak sopan dan tak menghargai. Akan tetapi beda konteks kalau memakai kata 'Saya'.

Sama halnya dengan anjay. Anjay kalau diucapkan ke sesama besar atau seumuran, menurut ane sah-sah saja. Toh, tak ada yang salah. Kecuali kalau anjay diucapkan ke Emak, Bapak, Guru, atau ke orang yang lebih tua, baru ini salah. Salah banget malah!

Kalau masih belum paham, kita pakai kata lain. Contohnya 'murah'. Kata 'murah' maknanya bisa menjadi biasa dan bisa menghina bila diucapkan di situasi yang berbeda.

Coba bandingkan kalimat dengan kata 'murah' berikut!

Quote:"Wah, murah-murah banget baju di sini, ya. Jadi pen borong, deh!"

"Jadi cewek murah amat sih, Lo! Mau aja dipegang-pegang cowok!"

"Halah! Sepatu murah begitu bangga!"

Ane rasa Agan dan Sista bisa menilai bedanya dari kalimat-kalimat di atas.

Balik lagi ke kata 'anjay'. Nah, pemakaian anjay di kalangan anak muda biasanya ada di situasi santai, bahkan dalam keadaan seneng-seneng aja. Maksudnya, gak bermakna mencaci apalagi menghina.

Contoh:

Quote:"Anjayyy! Tumben datang pagi, Lu?! Biasanya juga telat."

"Keren banget, Anjay!"

"Wanjayy, bucin-bucinan jangan depan gue dong. Mentang-mentang punya pacar dan gue jomblo."

Nah, apakah itu menurut Agan dan Sista itu kasar?

Lagi pula, ane heran sama Prof. Lutfi ini. Kenapa baru bahas Anjay sekarang? Kenapa baru bahas ketika Rizky Billar--si Presiden Anjay--sering melontarkan kata ini? Padahal Anjay sudah terkenal cukup lama lewat lagunya Kemal Palevi, Young Lex, dkk dengan judul Anjay.

Kenapa baru bahas sekarang?

Itu yang bikin ane heran sebenarnya. Mungkin sama netizen lain. 'Kan kita jadi suuzhon nih, mengira kalau Prof. Lutfi pansos atau ada dendam pribadi dengan Rizky dan kawan-kawannya, soalnya di talk show di TV komentar orang-orang inilah yang sengaja di sorot oleh Prof. Lutfi.

Kan bikin tambah suuzhon, 'kan?

Namun, belakangan ini dalilnya udah beda lagi, Pemirsah! Kata Prof. Lutfi ini dilakukannya sebab prihatin dengan generasi masa depan khususnya anak-anak yang jadi gak bermoral karena setiap hari mendengar kata-kata kasar. Terutama anjay ini, yang menurut Prof. Lutfi amat sangat kasar sekali, sehingga yang mengucapkan kata Anjay ini (terkhusus Rizky Billar dkk) mesti minta maaf di hadapan publik.

Kadang ane agak lucu juga melihat Lutfi ini, Gansis. Di satu sisi ane setuju dengan niatnya yang ingin memperbaiki moral bangsa, akan tetapi caranya kok gini?

Saat ini, menurut ane yang merusak moral bangsa paling parah adalah budaya pacaran sejak dini. Liat aja, bocah SD udah gak ragu lagi posting foto pelukan sama pacarnya. Kok gak ini yang dibahas lebih dulu? Ane rasa ini lebih urgent ketimbang membahas anjay, yang entahlah.

Namun, gimana mau bahas tentang pacaran, ya, orang dia sendiri pun pacaran? Parahnya pacarnya pun kalau ngomong juga gak suka kontrol dulu. Ibu pacarnya pun lebih parah.

Namun, kita bisa apa, ya? Itu urusan dia.

Intinya, menurut ane anjay dan beberapa kata lain bisa menjadi kasar/tidak dilihat dari tempat, siapa, di mana, dan pada siapa kata/kalimat itu diucapkan. Jadi, anjay boleh jadi kasar/tidak tergantung yang ngucapin siapa dan diucapin ke siapa.

Sesimple itu aja menurut ane.

Untuk niat Prof. Lutfi yang ingin memperbaiki moral bangsa terutama generasi penerus bangsa ane setuju sih. Mulia banget ini niatnya. Cuma, mbok, ya gausah pansos gitulah. Kalo niatnya buat memperbaiki moral anak, yang dipublikasikan itu ya tentang anak-anak yang suka ngomong kasar itu, jangan malah nge-blow up nama artis-artis tertentu, kan sekarang ente jadi dimusuhin para artis?

Nah, kalo Anda (Prof. Lutfi) emang bener-bener niat buat memperbaiki moral bangsa, maka ane ada beberapa saran nih, semoga Anda bahas dengan sangat buas seperti sekarang, dan semoga diaplikasikan juga ke kehidupan pribadi. Jadi, yang mesti di bahas itu tentang:

Quote:1. Budaya pacaran sejak dini menggerototi moral cikal penerus bangsa. Ya, 'kan Prof. Lutfi liat kan, orang sekarang pacarannya ngelebihin suami istri.

2. Kata "mem*k', 'ngent*t', dan 'kont*l' yang menghilangkan budaya malu generasi bangsa.

3. Plesetan Astagfirullahul'adzim menjadi 'as-ta-jim' dan Assalamualaikum menjadi 'samlekom', adalah bukti buruknya etika generasi bangsa.


Kalo Anda betul-betul ingin memperbaiki generasi bangsa, maka ane tunggu pembahasan tentang ini, Prof. Nanggung sebenernya. Padahal tiga poin di atas jauh lebih parah menurut ane ketimbang sekadar melontarkan anjay.

Sekian opini ane, kalo ada yang gak sepaham, ane maklum. Wajar. Berbeda pendapat adalah sikap yang manusiawi. Hanya saja, kita tak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain.

Silakan berdiskusi di kolom komentar, kalau ada yang ingin berpendapat lain. Ingat, berpendapatlah dengan santai dan santun.

Sekian.


✏️✏️✏️

Terima kasih sudah mampir di thread ini. Mohon kritik, saran, komentar, dan cendolnya.

✏️✏️✏️
Diubah oleh serbaserbi.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusrezapratam4 dan 27 lainnya memberi reputasi
26
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Polemik Anjay, Ini Opini Ane Tentang Penggunaan Kata Anjay
30-08-2020 12:10
Jangan terlalu banyak alasan sana sini gan
Dasar bocah
Emang anjay itu kata kasar
Anjay itu kan kayak kata pengganti anjing
Masa anjing dipakai untuk manggil manusia
Kenapa sih suka pakai kata kasar?
Kan dosa
Lebih baik gunakan kata-kata yang sopan
Bisa jadi pahala
Kayak Alhamdulillah, Syalom, Salam, Assalamualaikum, Antum, Amitabha, Hallo, Hai dll
emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gembalaanjing dan 5 lainnya memberi reputasi
3 3
0
Lihat 28 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 28 balasan
Polemik Anjay, Ini Opini Ane Tentang Penggunaan Kata Anjay
30-08-2020 12:19
Serba salah sih emoticon-Big Grin
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Polemik Anjay, Ini Opini Ane Tentang Penggunaan Kata Anjay
30-08-2020 13:50
Polemik Anjay, Ini Opini Ane Tentang Penggunaan Kata Anjay
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Polemik Anjay, Ini Opini Ane Tentang Penggunaan Kata Anjay
30-08-2020 15:37
Ah itu mah cuma pribadi yg benci kata "anjay"..

Kaya ane yg benci kata
-Bucin
-Kayak jadi "kek"
-Kayaknya jadi "keknya"
-Cuk

Cuma karna ngeselin aja..emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
citra1717 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Polemik Anjay, Ini Opini Ane Tentang Penggunaan Kata Anjay
30-08-2020 16:39
anak baru kemaren sore ngomong anjay, itu salah.

tapi.

sarjana baru kemaren sore ngelarang ngomong anjay, itu lebih salah.

karena, dalam hukum positif (ius positum), tidak ada yang namanya larangan mengucapkan kata-kata kasar. jika ada, maka itu absurd. sebab, hukum positif telah mengatur tindakan-tindakan ofensif secara verbal lebih spesifik, misalnya pencemaran nama baik, penghinaan, penistaan, dll. dan itu perspektifnya luas. tidak serta-merta satu dua kata aja. jika seandainya ada orang yang menghina orang lain, sekalipun tanpa menggunakan kata-kata kasar seperti anjay, anjing, anjrit, bgst, dll, orang tsb kan secara hukum positif sudah kena delik. oleh sebab itu, jika larangan mengucapkan anjay, anjing, anjrit, bgst, dll sebagai hukum positif, maka akan menjadi hukum yang absurd dan berpotensi jadi pasal karet untuk menjerat orang lain yang belum tentu bermaksud ofensif.

kalo cuma bahas sisi psikologis, maka bahaslah di sisi psikologis. gausah sampe nyerempet ke masalah hukum segala, alih-alih atas nama penyelamatan anak bangsa. yang ada malah lu itu menyesatkan anak bangsa, karena hukum absurd dipaksakan diterapkan menjadi hukum positif tidak lain adalah hukum yang otoritarian.

justru seharusnya peranan orang tua lah yang harus bisa memberikan pengawasan terhadap anaknya dari setiap hal yang memiliki unsur negatif. alih-alih dikatakan orang tua tidak bisa 100% mengawasi anak, lalu dengan serta merta diberikan larangan pengucapan anjay, maka secara alam bawah sadar kolektif, orang tua dibebaskan dari tanggung-jawabnya dalam hal pengawasan anaknya sendiri. akhirnya yang kayak gini akan jadi bumerang sendiri buat orang tuanya yang merasa tidak bertanggung-jawab jika anak-anaknya tumbuh menjadi anak yang kasar.

lutfi, kamu itu masih bocah, gausah sok pinter tentang psikologi. gausah sok pinter tentang hukum. dan gausah sok pinter tentang moral.
Diubah oleh tyrodinthor
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 17 lainnya memberi reputasi
18 0
18
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Polemik Anjay, Ini Opini Ane Tentang Penggunaan Kata Anjay
30-08-2020 17:44
ANJAYYYYY
profile-picture
profile-picture
profile-picture
berakalbaik dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Polemik Anjay, Ini Opini Ane Tentang Penggunaan Kata Anjay
30-08-2020 19:12
Ane tau kata ini malah dari kuliah ekekekkeke dan turunannya banyak sekaliwww
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan serbaserbi.com memberi reputasi
2 0
2
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Polemik Anjay, Ini Opini Ane Tentang Penggunaan Kata Anjay
30-08-2020 20:24
Hi lihhh qun tuL
emoticon-Lempar Bata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
berakalbaik dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Polemik Anjay, Ini Opini Ane Tentang Penggunaan Kata Anjay
30-08-2020 23:50
Menurut ane isu ini tuh isu-isu yang dibuat-buat untuk mendistraksi sih, keknya negara ngga mungkin se selaw itu buat ngurusin kata-kata anjay doang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
citra1717 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Polemik Anjay, Ini Opini Ane Tentang Penggunaan Kata Anjay
31-08-2020 06:06
hadehh ga hidup kayaknya kalo ga pansos
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Polemik Anjay, Ini Opini Ane Tentang Penggunaan Kata Anjay
31-08-2020 09:33
Padahal kalo kita ngatain temen anjay tapi dia malah ketawa kan berarti kita malah ngehibur temen kita
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Polemik Anjay, Ini Opini Ane Tentang Penggunaan Kata Anjay
31-08-2020 16:01
Quote:Original Posted By akunbaik
Jangan terlalu banyak alasan sana sini gan
Dasar bocah
Emang anjay itu kata kasar
Anjay itu kan kayak kata pengganti anjing
Masa anjing dipakai untuk manggil manusia
Kenapa sih suka pakai kata kasar?
Kan dosa
Lebih baik gunakan kata-kata yang sopan
Bisa jadi pahala
Kayak Alhamdulillah, Syalom, Salam, Assalamualaikum, Antum, Amitabha, Hallo, Hai dll
emoticon-Cape deeehh


Sanchay²... emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fat.max dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Polemik Anjay, Ini Opini Ane Tentang Penggunaan Kata Anjay
31-08-2020 16:04
pansos antimainstream
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Polemik Anjay, Ini Opini Ane Tentang Penggunaan Kata Anjay
31-08-2020 16:05
Perlu panggil si ipentur vijay
emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Polemik Anjay, Ini Opini Ane Tentang Penggunaan Kata Anjay
31-08-2020 16:06
mantap gan. ane setuju banget sama isi thread di atas.. kata 'anjay' menurut ane ga kasar. justru ane sering ngucapin kata 'anjay' ketika kagum sama sesuatu. kayak "anjay mantep banget ip lu semester ini"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gomamon. dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Polemik Anjay, Ini Opini Ane Tentang Penggunaan Kata Anjay
31-08-2020 16:06
Oh jadi menurut opini Lutfi Agizal S.Psi bahwa 'anjay' adalah kata kasar, yang kata dasarnya adalah 'anjing', yang menurut beliau itu sangat kasar sekali.
profile-picture
profile-picture
serbaserbi.com dan citra1717 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Polemik Anjay, Ini Opini Ane Tentang Penggunaan Kata Anjay
31-08-2020 16:07
ga habiss pikir ane yang kayak gini aja sampe dibikin peraturan. sampe seserius itu dibawa ke ranah hukum. daridulu banyak anak muda ngomong 'anj*ng', atau kata kotor lainnya yang jauh lebih kasar dari 'anjay' kok ga diapa2in
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Polemik Anjay, Ini Opini Ane Tentang Penggunaan Kata Anjay
31-08-2020 16:07
Sebagai orang yang lama tinggal di surabaya ane penasaran dengan pendapat sang professor tentang kata Jancuk. Di surabaya jancuk sudah menjadi bahasa sehari2. Apa seharusnya orang surabaya juga harus dipidana karena bilang cuk di setiap kalimat?
profile-picture
gomamon. memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Polemik Anjay, Ini Opini Ane Tentang Penggunaan Kata Anjay
31-08-2020 16:13
Ice bear mau tau anjay sebenarnya itu apa ?
Diubah oleh awan.pagi
profile-picture
supermellone memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Polemik Anjay, Ini Opini Ane Tentang Penggunaan Kata Anjay
31-08-2020 16:14
Gw : Anjayy mabarr
lutfi and geng be like : i'm gonna stop you right there
🤣🤣🤣
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia