Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
285
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f4a4287b840883b1f34cf95/gunung-ungaran-punya-jalur-baru--catper-ungaran-via-perantunan-27-28-agustus-2020
Menutup bulan Agustus ini, aku pergi ke gunung Ungaran. Gunung paling utara yang ada di area gunung di Kedu Utara. Gunung ungaran merupakan gunung berketinggian 2050 mdpl yang berada di Kabupaten Semarang. Gunung ungaran ini sebenarnya memiliki banyak jalur, namun saat pandemi ini hanya jalur ini yang bukaa lhooo. Yuhuuuu, saya mendaki gunung Ungaran melalui jalur Perantunan, sebuah jalur baru
Lapor Hansip
29-08-2020 18:56

GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Quote:Jangan Naik Gunung Kalo Sampahnya Gk Dibawa Turun emoticon-Big Grin
Yuk Kita Jaga Keindahan Alam Indonesia


GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020

Menutup bulan Agustus ini, aku pergi ke gunung Ungaran. Gunung paling utara yang ada di area gunung di Kedu Utara. Gunung ungaran merupakan gunung berketinggian 2050 mdpl yang berada di Kabupaten Semarang. Gunung ungaran ini sebenarnya memiliki banyak jalur, namun saat pandemi ini hanya jalur ini yang bukaa lhooo.

Yuhuuuu, saya mendaki gunung Ungaran melalui jalur Perantunan, sebuah jalur baru gn. Ungaran di sisi selatannya dan baru dibuka pada tahun 2019 lalu. emoticon-Traveller

Basecamp Perantunan sendiri berada di wisata alam perantunan, Jl. Gintungan Utara Jl. Gintungan Sel., Legowo, Duren, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614. Berikut Link Google Maps Basecampnya : https://goo.gl/maps/pUCK9bKYQiUAgZ1y8

GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020

GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020

Basecamp ungaran via perantunan ini ternyata merupakan tempat wisata jugaa lhoo, disini ada rumah pohon, tempat camping ceria, rumah liliput juga lhoo. Jadinya basecampnya bagus bgtt dan suasana alamnya terasa lhoo dengan view gunung Merbabu, merapi, andong, telomoyo ketika melihat ke selatan. Basecampnya ini berada di ketinggian ± 1280 an mdpl ya gesss. Berikut foto-foto suasana di basecampnya yang juga merupakan tempat wisata :

GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020

Harga retribusi pendakiannya juga cukup murah kok 15 ribu untuk 1 orang dan untuk parkir motornya 5 ribu per orangnya. Basecamp ini walau baru tapi udah terdaftar di Perhutani kok jadi dateng aja suasanya syahdu dan sepi cocok untuk mencari ketenangan emoticon-Matabelo Sebelum cerita tentang jalurnya, berikut peta pendakian yang didapat dari pihak basecamp emoticon-Toast

GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020

Catatan Waktu Tiap Pos ada di Akhir ya Gan emoticon-Shakehand2


Secara umum, jalur baru perantunan ini tidak memiliki mata air di jalurnya dan hanya bisa mendirikan tenda di puncak bondolan dan puncak tugu. Di awal pendakian seperti biasa ya mas di kanan dan kiri jalur ada ladang milik warga sekitar ya gan. Setelah 5 menit berjalan kita akan sampai di gerbang rimba yang disampingnya ada pos perizinan.
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020

Setelah itu kita mulai masuk ke jalur tanah, vegetasi pohonnya masih pendek dan belum terlalu rapat ya gann. Kemiringan jalurnya juga masih bersahabat dan belum ada tanjakan yang menguras tenaga. Pos 1 yang bernama Watu Omah Tengkuleh ditandai tengan sebuah shelter dan plang penunjuk pos. Lanjut lagi yuk gan emoticon-Traveller
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
Jalur menuju pos 2

Perjalanan menuju pos 2 (Watu Sejajar Tengkuleh) maka kita mulai masuk ke hutan, vegetasinya sudah mulai rapat dan suara burung dimana-mana menjadi peneman kita. Pada pos 2 juga terdapat shelter dengan petunjuk plang. 
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
Jalur menuju pos 3

Menuju pos 3, kemiringan jalur berubah sedikit lebih terjal. Di sekitar sini kami bertemu dengan burung rangkong dengan suaranya yang sangat khas. Sungguh indah bisa menemui satwa yang terancam puncah ini emoticon-Mewek
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
Pos 3 (Watu Srumpuk)

Perjalanan menuju pos 4 kemiringannya lebih terjal lagi, butuh tenaga ekstra dan kehati-hatian karena jalurnya banyak debunya gann emoticon-Ngakak jangan lupa pakai maskernya yaa. Sebelum pos 4 kita akan sampai di ondo rante, sebuah tanjakan yang cukup panjang jadi persiapkan tenagamuu
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
Jalur menuju pos 4

GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
Ondo Rante
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
Pohon berwarna coklat (tandanya sudah dekat pos 4)
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
Pos 4 (Kolo Keciko)

Sampai di pos 4 ini ada persimpangan ya mas, Rute 1 belok kanan menuju puncak tugu (2030 mdpl) melewati pos 5 dan lembah hantu, ada juga rute 2 belok kiri menuju puncak bondolan (1930 mdpl) dan puncak botak (2051 mdpl). Kami memutuskan untuk belok kiri dengan rute 2, tujuannya ke puncak botak emoticon-Malu

Nah disini banyak yang salah lhooo, jadi kebanyakan dari orang-orang itu mikirnya bahwa puncak Tugu (Banteng Raiders) merupakan puncak tertinggi Gn. Ungaran lhooo, padahal aslinya yang paling tinggi yakni puncak botak yaa emoticon-Traveller. Di puncak bondolan dan puncak botak juga belum ada plakat puncaknya sangking sepi jalurnya dan masih sangat asri dengan banyak suara hewan di sepanjang jalurnya. Puncaknya ditandai dengan bendera merah putih yang berkibar dengan kayu pohon sebagai tiangnya. Foto-foto puncaknya ada di bawah emoticon-Keep Posting Gan

GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
Pertigaan di Pos 4 (Kami Belok Kiri untuk Menuju Puncak Tertinggi (Botak 2051 mdpl)
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
Tanjakan menuju puncak bondolan
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
Dibeberapa titik kita akan menemui plang penunjuk arah 

Menuju puncak bondolan, tanjakan-tanjakan dengan kemiringan cukup terjal menghajar fisik kami. Tapi kita mah semangat terussss emoticon-Wink. Nanti kita akan keluar dari hutan dan masuk ke vegetasi rumput ilalang berwarna hijau kekuningan yang sangat banyak. Angin disini mulai bertiup kencang dan membuat suasana menjadi dingin emoticon-Malu

GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
Track Menuju Puncak Bondolan
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
Melihat keindahan gunung Merbabu, Merapi, Andong, Telomoyo di Selatan
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
Track Ilalang Menuju Puncak Bondolan
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
Puncak Bondolan

Puncak bondolan ditandai dengan bendera merah putih yang berkibar disini. Tidak ada plakat puncak disini karena jalur ini masih baru dan sedikit pendaki yang lewat sini. Disini bisa muat sekitar 5-6 tenda dengan catatan tenda yang dipasang harus benar-benar aman posisi dan pemasangan guyline dan pengaman lainnya karena vegerasi sekitarnya tanaman yang tidak tinggi sehingga angin akan menerjang tenda kita.emoticon-Mewek

Dari puncak bondolan kita bisa melihat punggungan menuju puncak sesungguhnya (Puncak Botak 2051 mdpl), kami menungunjunginya keesokan harinya.

GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
Punggungan menuju puncak botak difoto dari puncak bondolan

Paginya badai hingga jam 7 pagi dan kami menunggu kabut menghilang untuk bisa maju ke puncak botak. Safety First ya gan karena track ke puncak botak itu kirinya jurang dalem bgtt emoticon-Mewek

GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
Menunggu Kabut Berakhir

GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
Track menuju puncak botak, Syahdu banget bukan ?? emoticon-Mewek
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
Tanaman yg berumur sangat tua di kanan jalur (saya gk tau tanaman apaan, yg tau boleh kasih tau ane ya gan emoticon-Big Grin
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
Track jalur difoto dari puncak botak

Puncak botak ditandai dengan bendera merah putih lagi dan tidak ada plakat ya gan. Puncak sesungguhnya ini sangat sepi dan tidak ada orang lain disini e, jadi serasa milik kami wkwkwkemoticon-Ngakak
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
Berfoto sek di Puncak Botak

GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
Turunn dari puncak botak

Setelah foto-foto kami turun dengan cepat ke basecamp dan Alhamdulillah kembali dengan selamatttt yuhuuuu. emoticon-Mewekemoticon-Cendol Ganemoticon-Toast

CATATAN WAKTU

13.05 - 13.48 pos 1

13.59 - 14.20 pos 2
14.26 - 14.44 pos 2-3
14.53 - ondo rante 15.09
15.30 - tiba di Pos 4
15.43 - 16.34 puncak bondolan
8.00 - 8.38 tiba di puncak botak
9.30-10.30 turun dan sampai basecamp

BONUS PETA DIGITAL JALUR (Bisa Dipakai Offline untuk Mengetahui Posisi Kita Pas di Gunung), SIlahkan DIsebar dan Didownload

GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
https://drive.google.com/drive/u/1/f...d-bde2-jC9aC3
Disitu juga banyak kok gunung lain seperti merbabu sumbing sindoro lawu pakuwaja burangrang telomoyo nglanggeran.

Sampai Jumpa di Threadku yang Lain !




Kenalan dengan TS ?
Boleh Kok emoticon-Mewek

Penulis bernama Alif Kurniawan, bekerja sebagai pemandu dan porter gunung Jawa Tengah. Apabila berminat menggunakan jasanya bisa dm ke Instagram atau Whatsapp ke 085716859116

Mari Berteman di Instagram Gan !emoticon-Travelleremoticon-Cendol Gan

Wassalamualaikum 
Diubah oleh pejalansantai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 47 lainnya memberi reputasi
48
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
29-08-2020 23:20
Akhirnya jadi jiga threadnya.
Bikin ngiler aja. Pemandangannya cakep bener.

Layak naik HT nih thread. Penjelasannya singkat dan detail, ditambah ada tracklog gps. Mantul sekali suhuemoticon-Kaskus Banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ukhtyfit81 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
30-08-2020 14:57
gunung ungaran!! indah juga ternyata, dr dulu ngeliat dr kejauhan terus dan emg bagooos huhu jd pgn tp takut
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan pejalansantai memberi reputasi
2 0
2
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
01-09-2020 16:59
Waalaikum salam wr wb.
Boleh dicoba nih
Kebetulan saya tinggal disemarang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reinaldo69600 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
02-09-2020 12:40
Udah lama ga nemu tulisan Catper yang bagus kayak gini dari segi informasi dan kelengkapan foto


Ditunggu catper2 berikutnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
JuStupiD dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
05-09-2020 12:18
Quote:Original Posted By ashoka407
Waalaikum salam wr wb.
Boleh dicoba nih
Kebetulan saya tinggal disemarang


Coba Aja Mas Selamat Bepetualang emoticon-Toast

Quote:Original Posted By 7june
Udah lama ga nemu tulisan Catper yang bagus kayak gini dari segi informasi dan kelengkapan foto


Ditunggu catper2 berikutnya


Makasih banyak nggih suhuuuuu emoticon-Malu emoticon-Traveller
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
27-11-2020 15:08
otewee
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan pejalansantai memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
27-11-2020 16:30
Pengen banget nih jalan2 ke gunung lembah, lewat2 jalan setapak, sungai /kali kecil..seruuu, udah lama nih diem di rumah aja, jenuh..tanpa tahu kapan nih pandemi berakhir.
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan pejalansantai memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
27-11-2020 16:57
wah mungkin kalau elwat jalur baru, mereka ynga udah pernah naik juga bakal merasa kaya pertama kali naik situ gak sih haha keren
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan pejalansantai memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
28-11-2020 12:19
Belum pernah ndaki di ungaran.. Padahal kaga jauh dari rumah wkwkwk
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan pejalansantai memberi reputasi
2 0
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
28-11-2020 12:37
deket nih sama rumah eyang ane, emangnya udah safe ya buat naik gunung?
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan pejalansantai memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
28-11-2020 20:30
Ada jalur baru ya... cus lah ndaki
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan pejalansantai memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
28-11-2020 22:15
Seksrang ada jalur baru yaa? Cuma tau camp mawar ajaa.. sering malem2 gabut ke camp mawar cuma untuk makan indomie hahaha kalo naik ke gunungnya sih blm pernah.. terus pernah juga ngecamp di mawar
profile-picture
pejalansantai memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
28-11-2020 22:16
Btw jalur baru ini kaya deket sama tempat kkn ane deh.. tempat kkn ane di kaki gunung ungaran jugaa terus katanya ada jalur yg khusus warga kampung situ
profile-picture
profile-picture
pejalansantai dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
28-11-2020 22:16
Salah satu hobby hue kalau melepas penat yaitu mendaki, denger ungaran ada jalaur baru rasanya ingin menginjakkan kaki kesana
profile-picture
profile-picture
pejalansantai dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
28-11-2020 23:03
Gunung Ungaran jalurnya lumayan landai ya bre emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
pejalansantai dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
28-11-2020 23:08
Keren pemandangannya...jauh dari hiruk pikuk dan kebisingan di kota...disana udaranya pasti segar dan dingin ya...Gan emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
dieq41 dan pejalansantai memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
28-11-2020 23:09
jalur mawar buka kok gan
profile-picture
pejalansantai memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
28-11-2020 23:09
Cedak omahku Kuwi boss.
profile-picture
pejalansantai memberi reputasi
1 0
1
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 17 balasan
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
28-11-2020 23:14
Jadi pengen ndaki ke ungaran lagi nih, terakhir kayae 3 tahun yg lalu via mawar..
profile-picture
pejalansantai memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
GUNUNG UNGARAN PUNYA JALUR BARU ! CATPER UNGARAN via Perantunan 27-28 Agustus 2020
28-11-2020 23:28
Dulu nanjak ungaran lewat mawar, pas di kolam renang ngeliat ada orang berdiri pas disamperin ilang wkwwkkw
profile-picture
pejalansantai memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
Outdoor Adventure & Nature Clubs
10-alasan-mengapa-kamu-harus-mendaki-gunung
The Rest of the World (International Food)
cara-membuat-cookies-n-cream-baked-alaska-mudah-kok
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Outdoor Adventure & Nature Clubs
10-alasan-mengapa-kamu-harus-mendaki-gunung
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia