News
Batal
KATEGORI
link has been copied
153
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f3d8868af7e9368f90a4d0b/hidayat-nur-wahid-menentang-rencana-menag-terapkan-sertifikasi-penceramah
Suara.com - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid mengkritisi rencana Kementerian Agama yang akan menerapkan sertifikasi penceramah hanya untuk umat Islam, karena kebijakan tersebut dinilai tidak adil dan diskriminatif. Hidayat mengingatkan agar Kemenag tidak memberi kado buruk bagi umat Islam pada momen peringatan HUT Kemerdekaan RI dan Tahun Baru Islam/1442 Hijriah. "Padahal sesuai fakta sej
Lapor Hansip
20-08-2020 03:15

Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah

Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah

Suara.com - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid mengkritisi rencana Kementerian Agama yang akan menerapkan sertifikasi penceramah hanya untuk umat Islam, karena kebijakan tersebut dinilai tidak adil dan diskriminatif. Hidayat mengingatkan agar Kemenag tidak memberi kado buruk bagi umat Islam pada momen peringatan HUT Kemerdekaan RI dan Tahun Baru Islam/1442 Hijriah.

"Padahal sesuai fakta sejarah, umat Islam sangat berjasa dalam menyelamatkan keutuhan NKRI. Khususnya ketika umat Islam mau berkorban, untuk memenuhi tuntutan mengubah sila pertama Pancasila menjadi Ketuhanan Yang Maha Esa, sehingga selamatlah keutuhan RI yang baru saja diproklamasikan tanggal 17-8-1945," kata Hidayat dalam keterangan tertulis seperti dikabarkan Antara, Rabu (19/8/2020).


Menurut dia, rencana Kemenag akan melakukan sertifikasi bagi penceramah agama Islam telah ditolak dan dikritisi tokoh non-muslim seperti Christ Wamena. Politikus PKS itu menuturkan meski sertifikasi diadakan, penerapannya harus ditujukan untuk penceramah dari semua agama supaya adil, tidak saling mencurigai, dan prinsip beragama yang moderat, toleran, inklusif betul-betul menjadi komitmen bagi semua penceramah dari semua agama.

“Menteri Agama jangan diskriminatif terhadap umat Islam, dan harus berlaku adil sesuai sila ke-2 dan ke-5 Pancasila. Bila program sertifikasi itu akan dilaksanakan juga, harus profesional, amanah, adil dan tidak diskriminatif apalagi dengan politisasi," ujarnya.

Anggota Komisi VIII DPR RI itu menilai, program pemerintah seharusnya untuk penceramah semua agama secara adil dan amanah. Apalagi Menteri Agama pernah menyatakan bahwa dirinya bukan Menteri Agama Islam, melainkan Menteri semua agama.

Hidayat menyampaikan bahwa sekali pun dirinya mendukung Islam wasathiyah (moderat), tasamuh (toleran), dan menolak radikalisme, wacana sertifikasi dai yang diskriminatif dan tidak profesional dan sudah bergulir sejak 2015 adalah wacana yang berlebihan. Kebijakan tersebut, menurutnya justru bisa menjadi tidak moderat dan tidak toleran.

"Kalau pun program tersebut hendak diterapkan, maka aturan tersebut harus diberlakukan kepada juru dakwah dari semua agama. Seleksinya dilakukan secara transparan, menggunakan ukuran-ukuran yang dibenarkan oleh ajaran masing-masing agama, serta ketentuan hukum yang berlaku di NKRI," katanya.

Hidayat mengaku heran dengan sikap 'ngotot' Kemenag karena program sertifikasi penceramah tidak ada dalam janji kampanye Presiden Jokowi, dan juga tidak menjadi kegiatan Prioritas Rencana Kerja Pemerintah/Kemenag 2020 seperti yang sudah disampaikan ke DPR pada akhir 2019 maupun April 2020 setelah "refocusing" kegiatan akibat COVID-19.

Dia justru khawatir program yang diskriminatif itu bisa menimbulkan kecurigaan kepada pemerintah, saling curiga di kalangan penyebar agama, meresahkan kalangan dai Islam. Apalagi bila program itu bisa ditunggangi untuk menyulitkan dai dan umat Islam.

"Padahal mereka dahulu justru sangat berjasa untuk memperjuangkan kemerdekaan RI sekalipun dituduh sebagai kelompok radikal oleh penjajah Belanda. Umat Islam bahkan sangat toleran, memenuhi tuntutan kalangan minoritas, dengan persetujuan mengubah sila ke-1 menjadi Ketuhanan Yang Maha Esa," pungkasnya.

https://www.suara.com/news/2020/08/1...asi-penceramah

Mari kita bicara pakai logika....emoticon-Hai

Tentang keadilan bolehlah di samaratakan semua agama, di beri wadah tempat filter agama masing2 .....emoticon-Hai

Tentang serifikasi....arab,malaysia dan mesir melakukan itu karena tuk mengontrol dai dkk.
Kenapa bapak ini kebakaran jenggot...emoticon-Ngakak
Ane buat perumpamaan....

SIM....surat izin mengemudi
Polantas saja wajib punya sim padahal mereka yang sering merazia kendaraan lalu lintas.
Back to topik....
Sekarang ini banyak bermunculan ustad2 dadakan yang kagak jelas darimana dan pernah belajar di pesantren mana.
Isi ceramahnya lebih ke arah provokatip di banding membahas inti sari ajaran agama.
Lalu anda yang koar2 menentang sertifikasi ini,selama ini ente tlah melakukan apa agar umat muslim selamat dari guru2 sesat berilmu.
Ente cuman diam padahal tau,banyak bermunculan ulama abal2 cenderung menyesatkan.

Jangan selalu koar2 bawa2 umat muslim paling berjasa dalam kemerdekaan Indonesia.
Itu pikiran sangat egois dan dungu.
Mereka berjuang demi kemerdekaan tanpa sekat agama.
Stop jadi kang kompor.
Yang perang itu atas nama negara sendiri.






profile-picture
profile-picture
profile-picture
akubebe dan 40 lainnya memberi reputasi
39
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 03:42
Satu kata lawan... Allahhuakbar. Rejim kodok... Antek cina ... Pelan namun pasti akan mengebiri umat islam ... Mengebiri pemuka agama islam dalam berdhakwa... Sudah kayak kompetini londo ireng
profile-picture
profile-picture
profile-picture
1punchman dan 8 lainnya memberi reputasi
2 7
-5
Lihat 33 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 33 balasan
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 03:44
Ketauan yg pasang badan itu orang2 yg memainkan peran dgn menyimpang kan agama....

Pelacur agama yg jualan agama dgn agenda politik. Orang2nya ada d tubuh PKS, muhammadiyah, MUI, FPI, dan kaum rohaniawan yg ga kompeten cm cari popularitas....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akubebe dan 24 lainnya memberi reputasi
25 0
25
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 04:03
Yang ngomong kader par-tai sapi???
Ya wajar laah......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 04:28
di sertifikasi kgk mau, ada ustad isi ceramah sampah dr si somad si tukang nista tuhan server sebelah mpe yg abal2 ngaku lulusan S3 vatikan pd mingkem
maunya apa sih lu pd? di sertifikasi ngamuk tp ada sejawat sampah kyk diatas pd ga mau negur

server yg lain kl ada kelakuan pemuka agamanya kyk oknum lu di atas sblm di sertifikasi jg yg ada udh mampus duluan diamuk massa sesudah ngebacot agama lu+nabi lu pelsong,taw ngaku S3 mekkah trus jelekin server lu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akubebe dan 16 lainnya memberi reputasi
17 0
17
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 04:33
Paling kesel nih dikit² ungkit masa lalu kek umat islam paling berjasa atas kemerdekaan dsb. emoticon-Big Grin Bawa-bawa pancasila pulak pdhl dah ketahuan arah tujuan mereka pengen bikin negara syariah.

Bukan diskriminasi sih tp namanya prioritas, selama ini kan yg acap kali nyebarin paham radikalisme datang dr pemuka agama islam, mau dia lulusan hadramaut kek mesir kek gak jaminan isi kajiannya baik. Belum lagi ulama-ulama dadakan gak jelas asal usul belajarnya dimana gurunya siapa semalam berbuat apa? bnyk yg bersleweran dpt jamaah kek jualan kacang goreng, pokoknya goreng isu kebencian dah jaminan dpt 100rb subscriber sekali tampil.

Apalagi mereka diatas tadi join kelompok tertentu yg jelas haluan dan arahnya kemana beuuhh kompak tu, misalnya teroris, selama ini kalo ketangkep denial dg bilang "wah mereka bukan islam dll." Disatu sisi mereka mendukung diam-diam bak seorang pahlawan, ato biasa disebut "Mujahidin" matinya jaminan sorga, syahid syahid & syahid dpt bidadari 72+1 begitu isi ceramahnya rata-rata. Syahid biji pleeerr.. :fuck emoticon-fuck

Sekelas UAS aja dateng ke kota saya tahun lalu tepatnya, sempet²nya selipin syahid-syahid dg menarasikan seolah kemerdekaan hnya datang dr perjuangan para umat islam dan diamini oleh jamaahnya yg dateng.



Bungul !! emoticon-Army (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akubebe dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 04:57
Pemerintah penakut

Pake rok aja klo takut mulu ni pemerintah
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan apollion memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 05:05
sama dengan dayat dalam soal ini, nggak setuju, tapi beda alasan. agama nggak usah diurusi negara. kalau mau ada sertifikasi, biar organisasi agama masing2 yang lakukan, jangan dilakukan oleh negara, apalagi pakai dana APBN/APBD. sebaiknya tempat ibadah pun wajib ada penanggung jawab yang jelas, jadi kalau ada penceramah yang ngaco, dia harus tanggung jawab.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 05:07
soal sertifikasi penceramah bukan isu baru tetapi dari dulu para sapi pasti kebakaran cembut kalo mendengar sertifikasi penceramah. pantas di curiagi ada apa apanya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 05:10
Semua komen sodara-sodara di atas adalah benerr.
emoticon-Shakehand2

Kecuali komen yang pertamax. Ndak perlu diajak adu argumen lagi karena sesungguhnya orang-orang berotak teroris hanya pantas dimampuskan. emoticon-Embarrassment
Diubah oleh Fireznaya
profile-picture
profile-picture
wen12691 dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 05:23
Muungkin beliau kasihan sama beberapa ustad yang nama ustadnya didapatkan dari hassil youtube. Kalau dari segi keilmuan kan memang masih sangta amat diragukan gans kemampuannya
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 05:26
Y klo mmg ahli y wajib d sertifikasi... Grtis atau segaknya d subsidi, murah dan terjangkau.
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 05:27
Y klo mmg ahli y wajib d sertifikasi... Grtis atau segaknya d subsidi, murah dan terjangkau.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 05:30
Bagus tuh di terapkan Sertifikasi Penceramah biar nggak ada penceramah yang radikal
profile-picture
ogahruwet memberi reputasi
1 0
1
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 05:38
Klo dilakukan sertifikasi bakal byk dai yg kena tangkap emoticon-Wkwkwk

Yg buat indonesia merdeka bukan cuma dri 1 golongan aja, tapi seluruh rakyat Indonesia. Mereka gak cuma beragama islam, ada Kristen, Hindu, Buddha juga. Jgn propaganda seakan umat islam paling berjasa, belajar dl sejarah yg bnr
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 06:03
Agar mudah dimonitor, yg radikal provokatif dll bisa mudah ditangkap emoticon-Ngakak (S)
Tapi harus berlaku untuk pemuka agama lainnya. Atau tidak sama sekali.
Biar keadilan yg adil dan beradab emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 06:10
terapin aja ke semua agama emoticon-I Love Indonesia (S)

kl udh gitu entah apalagi alesannya emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 06:10
Tenang aja nih recana ga bakalan jadi koq...

Ini cuma hangat hangat .... ayam...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
p.star7 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 06:12
Apa hubungannya agama dengan kemerdekaan..

emoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Hidayat Nur Wahid Menentang Rencana Menag Terapkan Sertifikasi Penceramah
20-08-2020 06:24
Kalo bener, kenapa takut
Kalo takut itu tandanya ......
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan qavir memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia