Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
152
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f363c6668cc9504500b1f6e/muhasabah-jenis-jenis-kematian-yang-syahid-seorang-muslim
ASSALAMUALAIKUM. WR. WB. SALAM KESELAMATAN dan SALAM KESEJAHTERAAN utk KITA SEMUA Artikel kali ini adalah sebuah hal dari penasaran saya terhadap sebagian kita yang terlalu mencari-cari ihwal akhir dari kematian sebagian kita. Apakah jelek, husnul khatimah ataupun syahid. Oke, gak usah berpanjang lebar, langsung saja dibawah ini..... PENDAHULUAN Syahid : Adalah kondisi kematian seorang muslim dan
Lapor Hansip
14-08-2020 14:25

[Muhasabah] Jenis-jenis Kematian yang Syahid Sebagai Seorang Muslim

ASSALAMUALAIKUM. WR. WB.

SALAM KESELAMATAN dan SALAM KESEJAHTERAAN

utk KITA SEMUA



Artikel kali ini adalah sebuah hal dari penasaran saya terhadap sebagian kita yang terlalu mencari-cari ihwal akhir dari kematian sebagian kita. Apakah jelek, husnul khatimah ataupun syahid. Oke, gak usah berpanjang lebar, langsung saja dibawah ini.....

[Muhasabah] Jenis-jenis Kematian yang Syahid Seorang Muslim

PENDAHULUAN


Syahid : Adalah kondisi kematian seorang muslim dan akan ber-hak untuk memasuki Surga tanpa hisab (perhitungan amal baik dan buruk).

Husnul Khatimah : Adalah kondisi kematian seorang muslim dan akan ber-hak untuk memasuki Surga tanpa hisab dan atau dihisab dulu.

Su'ul Khatimah : Adalah kondisi kematian seorang muslim dan akan dihisab terlebih dahulu, kemungkinan besar akan masuk Neraka.

KEMATIAN-KEMATIAN YANG TERMASUK SYAHID



1. Kematian akibat penyakit / wabah.
Orang-orang muslim yang wafat akibat penyakit dan atau wabah dapat dikategorikan Syahid. Dan mudah-mudahan dapat memasuki Surga tanpa hisab. 

2. Kematian akibat melahirkan.
Seorang muslim yang wafat akibat melahirkan seorang bayi dapat digolongkan Syahid. Dan mudah-mudahan dapat memasuki Surga tanpa hisab.

3. Kematian akibat membela hak dan nyawa
Seorang muslim yang wafat akibat membela nyawa mereka dapat digolongkan Syahid. Dan mudah-mudahan dapat memasuki Surga tanpa hisab.

4. Kematian akibat tenggelam.
Seorang muslim yang wafat akibat tenggelam dalam rangka ketaatan di jalan Allah. Dan mudah-mudahan dapat memasuki Surga tanpa hisab.

5. Kematian akibat luka di perut atau lambung.
Seorang muslim yang wafat akibat luka di perut atau lambung dalam. Dan mudah-mudahan dapat memasuki Surga tanpa hisab.

6. Kematian akibat terbakar.
Seorang muslim yang wafat akibat terbakar. Dan mudah-mudahan dapat memasuki Surga tanpa hisab.

7. Kematian akibat tertimpa reruntuhan.
Seorang muslim yang wafat akibat tertimpa reruntuhan dalam rangka ketaatan di jalan Allah. Dan mudah-mudahan dapat memasuki Surga tanpa hisab.

PENUTUP


Sekian dari artikel tentang Muslim-muslim yang Syahid. Mudah-mudahan dapat membantu untuk semua. Dan mudah-mudahan dapat menjadi pahala jariyah saya.

...Sekian dan Semoga Bermanfaat...

.....Aamiin YRA.....



SUMBER KE-1  -  SUMBER Ke-2  -  SUMBER Ke-3  - SUMBER Ke-4
Diubah oleh rifki.albasyuni
profile-picture
profile-picture
kinkyforlyfe dan .rawk. memberi reputasi
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
[Muhasabah] Jenis-jenis Kematian yang Syahid Seorang Muslim
14-08-2020 14:27

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
[Muhasabah] Jenis-jenis Kematian yang Syahid Seorang Muslim
14-08-2020 14:31
YANG MATI SAJA. GAK BISA KASIH BUKTI NYATA LANGSUNG HALU BANGET emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Di bawah ini FILOSOFI HIDUP&AGAMA SEBENARNYA=
7 Ajaran Utama Buddha, Agama Paling Damai di Dunia

Buddha diagungkan bukan karena kekayaan, keindahan, atau lainnya. Beliau diagungkan karen kebaikan, kebijaksanaan, dan pencerahanNya. Inilah alasan mengapa kita, seorang Buddhis, menganggap ajaran Buddha sebagai jalan hidup tertinggi.

Apa sajakah keunggulan-keunggulan yang menumbuhkan kekaguman kita terhadap ajaran Buddha?

1. Ajaran Buddha tidak membedakan kelas / kasta
Buddha mengajarkan bahwa manusia menjadi baik atau jahat bukan karena kasta atau status sosial, bukan pula karena percaya atau menganut suatu kepercayaan. Seseorang baik atau jahat karena perbuatannya. Dengan berbuat jahat, seseorang menjadi jahat, dan dengan berbuat baik, seseorang menjadi baik. Setiap orang, apakah ia raja, orang miskin atau pun orang kaya, bisa masuk surga atau neraka, atau mencapai Nibbana, dan hal itu bukan karena kelas atau pun kepercayaannya.

2. Ajaran Buddha mengajarkan belas kasih yang universal
Buddha mengajarkan kita untuk memancarkan metta (kasih sayang dan cinta kasih) kepada semua makhluk tanpa kecuali. Terhadap manusia, janganlah membedakan bangsa. Terhadap hewan, janganlah membedakan jenisnya. Metta harus dipancarkan kepada semua hewan termasuk yang terkecil seperti serangga.

3. Dalam ajaran Buddha, tidak seorang pun diperintahkan untuk percaya
Sang Buddha tidak pernah memaksa seseorang untuk mempercayai ajaranNya. Semua adalah pilihan sendiri, tergantung pada hasil kajian masing-masing individu. Buddha bahkan menyarankan, “Jangan percaya apa yang Kukatakan kepadamu sampai kamu mengkaji dengan kebijaksanaanmu sendiri secara cermat dan teliti apa yang Kukatakan.” Ajaran Buddha tidak terlalu dipengaruhi oleh perbedaan-perbedaan dan kritik-kritik terhadap ajaranNya. Jelaslah bagi kita bahwa ajaran Buddha memberikan kemerdekaan atau kebebasan berpikir.

4. Agama Buddha mengajarkan diri sendiri sebagai pelindung
Buddha bersabda, “Jadikanlah dirimu pelindung bagi dirimu sendiri. Siapa lagi yang menjadi pelindungmu? Bagi orang yang telah berlatih dengan sempurna, maka dia telah mencapai perlindungan terbaik.”

Ini bisa dibandingkan dengan pepatah bahasa Inggris, “God helps those who help themselves” –Tuhan menolong mereka yang menolong dirinya sendiri. Inilah ajaran Buddha yang menyebabkan umat Buddha mencintai kebebasan dan kemerdekaan, dan menentang segala bentuk perbudakan dan penjajahan.

Buddha tidak pernah mengutuk seseorang ke neraka atau pun menjanjikan seseorang ke surga, atau Nibbana; karena semua itu tergantung akibat dari perbuatan tiap-tiap orang, sementara Buddha hanyalah guru atau pemimpin. Seperti tertulis dalam Dhammapada, “Semua Buddha, termasuk Saya, hanyalah penunjuk jalan.” Pilihan untuk mengikuti jalanNya atau tidak, tergantung pada orang yang bersangkutan.

5. Ajaran Buddha adalah ajaran yang suci
Yang dimaksudkan di sini adalah ajaran tanpa pertumpahan darah.
Dari awal perkembangannya sampai sekarang, lebih dari 2500 tahun –ajaran Buddha tidak pernah menyebabkan peperangan. Bahkan, Buddha sendiri melarang penyebaran ajaranNya melalui senjata dan kekerasan.

6. Ajaran Buddha adalah ajaran yang damai dan tanpa monopoli kedudukan
Dalam Dhammapada, Buddha bersabda, “Seseorang yang membuang pikiran untuk menaklukkan orang lain akan merasakan kedamaian.” Pada saat yang sama, Beliau memuji upaya menaklukkan diri sendiri. Beliau berkata, “Seseorang yang menaklukkan ribuan orang dalam perang bukanlah penakluk sejati. Tetapi seseorang yang hanya menaklukkan seorang saja yaitu dirinya sendiri, dialah pemenang tertinggi.”

Di sini, menaklukkan diri sendiri terletak pada bagaimana mengatasi kilesa (kekotoran batin). Andaikan semua orang menjadi umat Buddha, maka diharapkan manusia akan beroleh perdamaian dan kebahagiaan. Buddha mengatakan bahwa semua makhluk harus dianggap sebagai sahabat atau saudara dalam kelahiran, usia tua, penyakit, dan kematian. Beliau juga mengajarkan semua umat Buddha untuk tidak menjadi musuh orang-orang tidak satu keyakinan atau pun menganggap mereka sebagai orang yang berdosa. Beliau mengatakan bahwa siapa saja yang hidup dengan benar, tak peduli kepercayaan apapun yang dianutnya, mempunyai harapan yang sama untuk memperoleh kebahagiaan di kehidupan sekarang dan kehidupan yang akan datang. Sebaliknya, siapapun yang menganut ajaran Buddha tetapi tidak mempraktikkannya, hanya akan memperoleh sedikit harapan akan pembebasan dan kebahagiaan.

Dalam ajaran Buddha, setiap orang memiliki hak yang sama untuk mencapai kedudukan yang tinggi. Dengan kata lain, setiap orang dapat mencapai Kebuddhaan.

7. Ajaran Buddha mengajarkan hukum sebab dan akibat
Buddha mengajarkan bahwa segala sesuatu muncul dari suatu sebab. Tiada suatu apapun yang muncul tanpa alasan.

Kebodohan, ketamakan, keuntungan, kedudukan, pujian, kegembiraan, kerugian, penghinaan, celaan, penderitaan –semua adalah akibat dari keadaan-keadaan yang memiliki sebab.

Akibat-akibat baik muncul dari keadaan-keadaan yang baik, dan akibat buruk muncul dari penyebab-penyebab buruk pula. Kita sendiri yang menyebabkan keberuntungan dan ketidakberuntungan kita sendiri. Tidak ada Tuhan atau siapapun yang dapat melakukannya untuk kita. Oleh karena itu, kita harus mencari keberuntungan kita sendiri, bukan membuang-buang waktu menunggu orang lain melakukannya untuk kita. Jika seseorang mengharapkan kebaikan, maka dia hanya akan berbuat kebaikan dan berusaha menghindari pikiran dan perbuatan jahat.

Prinsip-prinsip sebab dan akibat; suatu kondisi yang pada mulanya sebagai akibat akan menjadi sebab dari kondisi yang lain, dan seterusnya seperti mata rantai. Prinsip ini sejalan dengan pengetahuan modern yang membuat ajaran Buddha tidak ketinggalan zaman daripada kepercayaan-kepercayaan lain di dunia.

“Dhamma itu indah pada awalnya, indah pada pertengahannya dan indah pada akhirnya”

Sumber: [url]https://indonesianbuddhistsociety.wo...aran-buddha-2/[/url]
Bonus: 
0 0
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
[Muhasabah] Jenis-jenis Kematian yang Syahid Seorang Muslim
14-08-2020 14:32
عن عائشة زوج النبي صلى الله عليه وسلم أنها أخبرتنا أنها سألت رسول الله صلى الله عليه وسلم عن الطاعون فأخبرها نبي الله صلى الله عليه وسلم أنه كان عذابا يبعثه الله على من يشاء فجعله الله رحمة للمؤمنين فليس من عبد يقع الطاعون فيمكث في بلده صابرا يعلم أنه لن يصيبه إلا ما كتب الله له إلا كان له مثل أجر الشهيد


“Dari Siti Aisyah RA, ia berkata, Aku bertanya kepada Rasulullah SAW perihal tha‘un, lalu Rasulullah SAW memberitahukanku, dahulu, tha’un adalah azab yang Allah kirimkan kepada siapa saja yang Dia kehendaki, tetapi Allah menjadikannya sebagai rahmat bagi orang beriman. Maka tiada seorang pun yang tertimpa tha’un, kemudian ia menahan diri di rumah dengan sabar serta mengharapkan ridha-Nya seraya menyadari bahwa tha’un tidak akan menimpanya selain telah menjadi ketentuan Allah untuknya, niscaya ia akan memperoleh ganjaran seperti pahala orang yang mati syahid” (HR. Bukhari, Nasa’i dan Ahmad).
Diubah oleh anakjahanam722
profile-picture
stop.lgbt memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
[Muhasabah] Jenis-jenis Kematian yang Syahid Seorang Muslim
14-08-2020 14:35

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
[Muhasabah] Jenis-jenis Kematian yang Syahid Seorang Muslim
14-08-2020 14:36

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
[Muhasabah] Jenis-jenis Kematian yang Syahid Seorang Muslim
14-08-2020 14:51
TS nih akunnya cuma 1 atau banyak?
profile-picture
anakjahanam722 memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 118 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 118 balasan
[Muhasabah] Jenis-jenis Kematian yang Syahid Seorang Muslim
14-08-2020 15:06
Bener sekali ini..
Nyimak dolo.. emoticon-Smilie
profile-picture
stop.lgbt memberi reputasi
1 0
1
[Muhasabah] Jenis-jenis Kematian yang Syahid Seorang Muslim
14-08-2020 15:32
Mati karena di jalan kebenaran membela kebenaran mana nih?
0 0
0
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
[Muhasabah] Jenis-jenis Kematian yang Syahid Seorang Muslim
14-08-2020 18:36
Kalau kematian karena penyakit kanker? Itu termasuk mati syahid atau nggak? emoticon-Bingung (S)
0 0
0
[Muhasabah] Jenis-jenis Kematian yang Syahid Seorang Muslim
14-08-2020 20:38
ane baru tau ada beberapa kematian yg masuk ke dalam mati syahid.. yg ane tau cuma meninggal krna melahirkan dan meninggal di medan perang
makasih gan infonya 😁
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia