Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
121
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f34cf5582d49559063e1ed2/kelaparan-batin-perasaan-hampa-akibat-kebutuhan-psikologis-yang-tak-terpenuhi
Sebagaiamana yang kita tau bahwa manusia yang hidup pasti punya kebutuhan. Selain kebutuhan makan minum, tidur dan sex yang bersifat fisik, ada juga yang namanya kebutuhan psikologis. Jika hal - hal tersebut tidak terpenuhi, kalian akan sering merasa hampa.
Lapor Hansip
13-08-2020 12:27

Kelaparan Batin, Perasaan Hampa Akibat Kebutuhan Psikologis yang Tak Terpenuhi!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Sering Merasa Hampa? Mungkin Kebutuhan Psikologismu Ini Belum Terpenuhi!

Sebagaiamana yang kita tau bahwa manusia yang hidup pasti punya kebutuhan. Selain kebutuhan makan minum, tidur dan sex yang bersifat fisik, ada juga yang namanya kebutuhan psikologis. Jika hal - hal tersebut tidak terpenuhi, kalian akan sering merasa hampa. Bingung dengan kehidupan kalian sendiri. Namanya juga kebutuhan yang tidak terpenuhi, kalian akan merasakan "kelaparan" secara psikologis. Ketika agan dan sista mengalami lapar karena belum makan, tubuh bisa memberi sinyal berupa lambung perih, perut keroncongan sampai badan lemas namun kondisinya akan berbeda jika sudah menyangkut tentang kebutuhan psikologis.
Bedanya tidak ada alarm yang jelas ketika kalian mengalami "kelaparan" batin ini.

Kelaparan Batin, Perasaan Hampa Akibat Kebutuhan Psikologis yang Tak Terpenuhi!


Sebelum membahas ke topik yang lebih jauh, kita perlu pahami dulu apa saja kebutuhan dasar kita sebagai manusia melalui ilustrasi di bawah ini :



Pertama kebutuhan fisik (makan, tidur, dll), Kedua kebutuhan untuk merasa aman (tidak berada dalam kondisi terancam dan ketakutan), Ketiga kebutuhan untuk merasa dicintai, Keempat adalah kebutuhan untuk diakui dan dihargai dan yang terakhir berupa kebutuhan untuk aktualisasi diri. Menurut penjelasan tersebut, kebutuhan psikologis ada empat poin yakni di lapisan kedua hingga kelima pada gambar piramida di atas.

Kondisi tidak terpenuhinya salah satu dari kebutuhan psikologis tersebut mengakibatkan banyak orang merasakan kesepian dan kekosongan dalam hidupnya. Beberapa orang secara tidak sadar memenuhi kebutuhan akan penghargaan dan penghormatan lewat hal ekstrim dan negatif seperti mencari perhatian, melakukan pencitraan hingga mengarang cerita yang menghebatkan dirinya demi bisa dihargai. Memang kenyataan yang menyedihkan, namun di balik itu ada alasan yang logis dari tindakannya tersebut, yaitu hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan psikologisnya.

Jika gansist menemui orang yang haus dengan penghargaan, bantu penuhi kelaparan batin mereka dengan pujian. Setidaknya satu kata yang meninggikannya dapat "memberi makan" ego mereka dan membuat mereka merasa dihormati, dihargai dan dicintai. Mereka sebenarnya adalah orang - orang yang kurang perhatian. Namun jangan terlalu sering ya agar sifat narsistik dan sombongnya tidak semakin menggila!

Meskipun penghargaan dan penghormatan adalah kebutuhan psikologis manusia, bukan berarti kita harus jadi gila hormat dan meninggikan diri sendiri. Sebab tidak semua lingkungan bisa mengakui keberadaan kita dan memenuhi kebutuhan psikologis itu. Akan ada masanya agan berada di tengah lingkungan yang mungkin dipenuhi dengan orang - orang yang meremehkan dan tidak menganggapmu ada.

Jika diri gansist sendiri yang merasakan kelaparan batin, coba tinjau ulang apa yang kurang dan belum terpenuhi. Lalu penuhilah kebutuhan psikologis itu dengan cara yang baik. Bukan dengan hal negatif seperti yang sudah ane sebutkan di atas. Misalnya saja dengan menelurkan prestasi, membuat sesuatu yang membanggakan atau mengupgrade kualitas diri agan. Hal tersebut akan dengan sendirinya mendatangkan penghormatan dari orang lain tanpa agan minta.

Baiklah sekian thread dari ane. Ane @adnanami pamit, jangan lupa follow akun ini untuk mendapatkan update thread inspiratif lainnya. Kalian juga bisa berkunjung ke halaman kaskus ane dengan klik gambar di bawah ini! Sampai jumpa kembali di thread selanjutnya.

Kelaparan Batin, Perasaan Hampa Akibat Kebutuhan Psikologis yang Tak Terpenuhi!

Sumber referensi: pijarpsikologi.com
Sumber gambar : disini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Junmai92 dan 33 lainnya memberi reputasi
34
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Kelaparan Batin, Perasaan Hampa Akibat Kebutuhan Psikologis yang Tak Terpenuhi!
13-08-2020 12:28
emoticon-Pertamax emoticon-Pertamax
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1 0
1
Kelaparan Batin, Perasaan Hampa Akibat Kebutuhan Psikologis yang Tak Terpenuhi!
13-08-2020 12:28
emoticon-Pertamax emoticon-Pertamax
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1 0
1
Kelaparan Batin, Perasaan Hampa Akibat Kebutuhan Psikologis yang Tak Terpenuhi!
13-08-2020 12:37
nanti malem dipenuhi emoticon-Big Grin
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kelaparan Batin, Perasaan Hampa Akibat Kebutuhan Psikologis yang Tak Terpenuhi!
13-08-2020 12:51
pernahkah kau merasa, jeng jeng jeng
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Kelaparan Batin, Perasaan Hampa Akibat Kebutuhan Psikologis yang Tak Terpenuhi!
13-08-2020 14:55
emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol
profile-picture
adnanami memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kelaparan Batin, Perasaan Hampa Akibat Kebutuhan Psikologis yang Tak Terpenuhi!
13-08-2020 15:36
bilang aja kebutuhan sandang, pangan, papan

susah amat nyebut safety needsemoticon-Ngakak (S)

BATA!emoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kepalaember dan 2 lainnya memberi reputasi
0 3
-3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kelaparan Batin, Perasaan Hampa Akibat Kebutuhan Psikologis yang Tak Terpenuhi!
13-08-2020 16:45
Wuih ..., bahasanya coy ... "Kelaparan batin" .... emoticon-Big Grin
...
Kalo dari yang diutarakan, mungkin itu timbul dari aspek "manusia sebagai mahluk sosial". Dimana kita ingin mendapat harga-nilai tertentu, agar bisa dianggap ada di lingkup sosial yang bersangkutan.
'Nggak jauh beda dengan seseorang yang mendapat perlakuan-tugas khusus ketika ingin masuk pada sebuah geng/kelompok.
Dimana ketika hal tersebut(harga/nilai) tidak bisa didapat, timbul rasa rendah diri segala macam ... ===> "Termasuk kelaparan batin" itu

Padahal 'nggak perlu segitu juga nya lah ...

Disini ungkapan "semakin tinggi seseorang, akan semakin terasa sakit ketika jatuh" atau semacamnya, berlaku. Bahwa, semakin kita merasa rendah (karena tidak bisa dapat harga/nilai), maka sebetulnya ego diri kita .. juga/telah sedemikian tingginya. emoticon-Big Grin
===> Terkait masalah pengharapan/ekspetasi ===> terkait imajinasi, angan ===> Otak sebelah kanan ===> Dan tidak dicross check-an dengan realita. ===> Kelogisan, otak sebelah kiri. ===> Rasionalnya kurang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
teeblackswit dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Kelaparan Batin, Perasaan Hampa Akibat Kebutuhan Psikologis yang Tak Terpenuhi!
13-08-2020 17:01
Batinku nggak pernah lapar tapi perut iyaaa emoticon-Goyang
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan adnanami memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kelaparan Batin, Perasaan Hampa Akibat Kebutuhan Psikologis yang Tak Terpenuhi!
14-08-2020 18:04
kek pernah belajar materi ini dah waktu training leadership emoticon-Matabelo
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kelaparan Batin, Perasaan Hampa Akibat Kebutuhan Psikologis yang Tak Terpenuhi!
14-08-2020 18:06
jomblo merupakan salah satu kelaparan batin...jangan ngerasa bisa hidup sendiri
profile-picture
joki.ngepot memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kelaparan Batin, Perasaan Hampa Akibat Kebutuhan Psikologis yang Tak Terpenuhi!
14-08-2020 18:07
Ane udah baca sampe selesai dan menurut opini ane,nama asli ts adalah : Ananda
profile-picture
joki.ngepot memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Kelaparan Batin, Perasaan Hampa Akibat Kebutuhan Psikologis yang Tak Terpenuhi!
14-08-2020 18:08
Rijik emoticon-Kagets
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kelaparan Batin, Perasaan Hampa Akibat Kebutuhan Psikologis yang Tak Terpenuhi!
14-08-2020 18:12
Sepi itu indah, tapi kesepian amat menyedihkan gan.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kelaparan Batin, Perasaan Hampa Akibat Kebutuhan Psikologis yang Tak Terpenuhi!
14-08-2020 18:21
wah kayak film julian eyes.
mencekam yah emoticon-Smilie
profile-picture
emineminna memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kelaparan Batin, Perasaan Hampa Akibat Kebutuhan Psikologis yang Tak Terpenuhi!
14-08-2020 18:23
Kalo ane, yang penting seks gan.

Ane sangat haus akan seks, karena seks membuat ane jadi sehat walafiat.
profile-picture
profile-picture
strangekl dan joki.ngepot memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kelaparan Batin, Perasaan Hampa Akibat Kebutuhan Psikologis yang Tak Terpenuhi!
14-08-2020 18:28
Yg kelaparan akut pasti jadi gila sama psikopatemoticon-Leh Ugaemoticon-Ngakak
0 0
0
Kelaparan Batin, Perasaan Hampa Akibat Kebutuhan Psikologis yang Tak Terpenuhi!
14-08-2020 18:32
Hampa psikolog? Hmmm kurang dapet perhatian. Cengeng ddan gk mandiri.. suka ngeluh dan pesimis. Klw jantan, pikir pikir lgi jadi pejantan. Cintai dirimu dulu. Baru yg lain.
profile-picture
profile-picture
strangekl dan adnanami memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kelaparan Batin, Perasaan Hampa Akibat Kebutuhan Psikologis yang Tak Terpenuhi!
14-08-2020 18:33
yang suka dikasih pujian, sekali duakali okee, asal jangan keseringan tuh,,, tar besar kepala , merasa diri lebih tinggi emoticon-Shakehand2
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kelaparan Batin, Perasaan Hampa Akibat Kebutuhan Psikologis yang Tak Terpenuhi!
14-08-2020 18:34
Kalo kesepian gitu itu bisa ngakibatin kelaparan batin gak sih gan?heheheh
profile-picture
strangekl memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia