Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
134
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f345fe668cc9543aa26e5c4/fakta-menakutkan-seputar-tragedi-kereta-api-di-bintaro
Bintaro adalah nama dari sebuah daerah di Jakarta Selatan. Jika mendengar nama Bintaro, maka orang-orang akan langsung membayangkan hal-hal yang menyeramkan. Pasalnya di daerah itulah, pernah terjadi kecelakaan kereta api yang menewaskan ratusan orang pada tahun 1987.
Lapor Hansip
13-08-2020 04:32

Fakta Menakutkan Seputar Tragedi Kereta Api di Bintaro

Past Hot Thread
Bintaro adalah nama dari sebuah daerah di Jakarta Selatan. Jika mendengar nama Bintaro, maka orang-orang akan langsung membayangkan hal-hal yang menyeramkan. Pasalnya di daerah itulah, pernah terjadi kecelakaan kereta api yang menewaskan ratusan orang pada tahun 1987. Namun cerita angker seputar kecelakaan Bintaro belum berhenti sampai dan sana. Berikut ini adalah 4 fakta mencengangkan seputar Tragedi Bintaro.


Kecelakaan Kereta Api Paling Berdarah di Indonesia

Fakta Menakutkan Seputar Tragedi Kereta Api di Bintaro
peristiwa Tragedi kereta Bintaro


Walaupun peristiwanya sudah terjadi lebih dari 30 tahun yang lalu, peristiwa Tragedi Bintaro masih banyak diingat hingga sekarang. Pasalnya dalam sejarah panjang perkereta apian Indonesia, tidak ada tragedi kecelakaan kereta api merenggut korban jiwa lebih banyak selain tragedi di Bintaro pada tahun 1987. Sebanyak 139 orang diketahui menjadi korban tewas dalam insiden naas ini.


Insiden ini bermula ketika pada hari naas tersebut, kereta 220 berangkat meninggalkan Stasiun Kebayoran. Padahal seharusnya kereta tersebut menunggu terlebih dahulu hingga kereta 225 tiba di Stasiun Kebayoran. Namun karena kereta 225 terlambat tiba di Stasiun Sudimara, kereta 220 pun kemudian tetap diberangkatkan.


Sementara itu di Stasiun Sudimara, begitu menerima informasi kalau kereta 220 sudah pergi meninggalkan Stasiun Kebayoran, kepala stasiun lantas meminta kepada juru langsir untuk memberitahukan masinis atau pengemudi kereta 225 sudah dirinya berangkat di jalur yang berbeda.


Namun sebelum juru langsir sempat memberikan aba-aba, kereta 225 keburu berangkat lebih dulu sesuai dengan jadwal awal. Terlebih lagi kondisi kereta saat itu sudah semakin penuh dan penumpang sudah ada yang meluber hingga ke atap serta lokomotif kereta. 


Juru langsir Stasiun Sudimara yang melihat hal tersebut jelas merasa kaget bukan kepalang. Dengan susah payah, ia pun turun berlari ke atas rel sambil mencoba menghentikan kereta, namun usahanya sia-sia karena terlalu banyaknya penumpang menyebabkan masinis tidak bisa melihat keberadaan juru langsir.


Di tengah-tengah perjalanan itulah, kereta 225 berpapasan dengan kereta 220 yang melaju kencang dari arah berlawanan. Masinis kereta 225 mencoba menghentikan kereta dengan memakai rem darurat. 


Namun karena masing-masing kereta sudah berjarak terlalu dekat, kereta tidak sempat berhenti dan terjadilah tabrakan yang amat dahsyat. Saking kerasnya tabrakan tersebut, gerbong-gerbong kereta sampai terguling hingga keluar rel.


Nasib Masinis Kereta 225

Fakta Menakutkan Seputar Tragedi Kereta Api di Bintaro
pengemudi kereta 225 adalah Slamet Suradio


Saat kecelakaan ini terjadi, yang menjadi masinis atau pengemudi kereta 225 adalah Slamet Suradio. Salah satu koran lokal sempat mengabarkan kalau Slamet mencoba kabur seusai tabrakan terjadi, namun ia membantahnya dan menyatakan kalau ia mengalami pincang akibat tabrakan ini.


Karena tubuhnya terjepit oleh badan lokomotif yang penyok, Slamet terpaksa merangkak keluar lokomotif melalui jendela dalam kondisi bersimbah darah. Namun derita Slamet yang sebenarnya baru dimulai. 


Slamet dianggap bersalah karena membawa kereta melaju meninggalkan Stasiun Sudimara tanpa izin. Namun Slamet balik membela diri dengan menyatakan bahwa ia tidak melakukan kesalahan karena ia sudah mengantongi izin pemindahan tempat persilangan. Ia balik menyalahkan pihak Stasiun Kebayoran yang memberikan izin kepada kereta 220 untuk berangkat.


Meskipun Slamet bersikeras kalau dirinya tidak bersalah, ia tetap dinyatakan bersalah atas insiden ini. Slamet pun kemudian dijatuhi hukuman penjara 4 tahun. Sudah jatuh tertimpa tangga, saat Slamet tengah menjalani hukuman penjara, istrinya kemudian malah menikah dengan pria lain.


Saat Slamet sudah selesai menjalani masa hukumannya, Slamet kemudian dipecat dari lembaga kereta api tempatnya bekerja. Akibatnya, Slamet pun tidak berhak menerima uang pensiun dan harus terlunta-lunta di sisa hidupnya. Sekarang Slamet bekerja sebagai penjual rokok di stasiun kereta Purworejo yang juga merupakan kampung halamannya dengan pendapatan seadanya.


Ada Tragedi Kereta Lain yang Pernah Terjadi di Bintaro


Fakta Menakutkan Seputar Tragedi Kereta Api di Bintaro
Tragedi Kereta Pernah Terjadi di Bintaro Pada tahun 2013


Kecelakaan kereta api yang terjadi pada tahun 1987 merupakan peristiwa yang paling diingat jika seseorang diminta menyebutkan tragedi kereta api yang pernah terjadi di Bintaro. Namun peristiwa tersebut ternyata bukanlah satu-satunya peristiwa di Bintaro yang melibatkan kereta api dan merenggut korban jiwa.


Pada tahun 2013, peristiwa kecelakaan fatal yang melibatkan kereta api juga pernah terjadi di Bintaro. Kecelakaan ini terjadi ketika kereta penumpang bertabrakan dengan truk tangki yang sedang berada di tengah-tengah rel. Akibat kecelakaan ini, sebanyak 4 orang dilaporkan menjadi korban tewas.


Kecelakaan ini seharusnya bisa dihindari jika truk pembawa muatan BBM tersebut tidak nekat menerobos palang rel kereta yang sudah tertutup. Padahal dari arah lain, ada kereta yang sedang melaju kencang dengan kecepatan 70 km/jam. Tabrakan maut antara kereta dengan truk tangki pun tak terhindarkan.


Karena truk tersebut mengangkut muatan BBM sebanyak ribuan liter yang notabene mudah terbakar, tabrakan ini kemudian diikuti dengan munculnya ledakan besar sebanyak 3 kali. Selain kereta dan truk tangki, sejumlah motor dan warung nasi Padang yang berada tepat di dekat rel juga ikut terbakar. 


Jika kita mundur lagi ke belakang, ternyata pada tahun 1948 juga pernah ada peristiwa berdarah yang mengambil tempat di Bintaro. Tepatnya saat Indonesia masih dilanda konflik antara tentara kemerdekaan Indonesia melawan pasukan Belanda.


Menurut salah seorang warga setempat yang bernama Mahfud kepada wartawan suatu media lokal, peristiwa tersebut terjadi ketika kereta yang dinaiki para tentara Indonesia bertolak dari arah Banten menuju Kebayoran Lama. Saat itu, Kobayoran Lama masih menjadi lokasi markas Belanda.


Saat di tengah perjalanan, para tentara Indonesia tadi ternyata malah ditembaki oleh tentara Belanda. Akibatnya, sejumlah tentara Indonesia harus kehilangan nyawanya. Karena kondisi pada masa itu yang masih belum kondusif, mayat-mayat mereka pada waktu itu tidak langsung dimakamkan dan sempat dibiarkan tergeletak di sepanjang rel.


Banyak Kasus Penampakan di Sekitar Rel Bintaro

Fakta Menakutkan Seputar Tragedi Kereta Api di Bintaro
Banyak Kasus Penampakan di Sekitar Rel Bintaro via magazine.job-like.com


Meskipun Tragedi Bintaro 1987 sudah lama berlalu, reputasi angker yang membayangi bekas lokasi kecelakaan masih tetap terasa hingga sekarang. Warga setempat mengaku kalau saat hari sudah gelap, mereka kerap mendengar suara tangisan anak-anak di dekat bekas lokasi kecelakaan. 


Padahal saat itu tidak anak-anak yang sedang berada di lokasi. Bahkan ada yang mengaku pernah melihat sosok anak-anak dalam kondisi bersimbah darah dan anggota badannya sudah tidak utuh.


Cerita mistis seputar bekas lokasi Tragedi Bintaro masih belum berhenti sampai di sana. Menurut saksi mata lain, sering ada hantu tanpa kepala yang menampakkan diri di dekat rel. Selain menampakkan diri, hantu tersebut konon juga kerap mengusik pengemudi kendaraan bermotor di sekitar lokasi sehingga daerah sekitar Bintaro kerap menjadi lokasi kecelakaan lalu lintas.


Dalam cerita lain, ada fenomena aneh yang kerap dikenal sebagai Kereta Hantu Bintaro. Menurut pengakuan sejumlah korban yang pernah mengalami sendiri peristiwa ini, pada awalnya mereka menaiki kereta dari Tanah Abang. Namun saat sudah menaiki kereta, ternyata kereta yang mereka naiki tidak pernah sampai ke tujuan.


Saat berada di jalur tempat terjadinya Tragedi Bintaro, kereta tersebut kemudian berhenti supaya penumpang turun. Padahal di lokasi tersebut, tidak ada tempat pemberhentian kereta. Yang lebih membingungkannya lagi adalah saat penumpang benar-benar turun di Bintaro, warga setempat mengaku tidak melihat ada kereta yang berhenti hanya di sana. Mereka justru berkat kalau penumpang yang mengaku naik kereta sebenarnya sedang berjalan kaki sambil melamun di atas rel.


Sumber :

profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 29 lainnya memberi reputasi
30
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Fakta Menakutkan Seputar Tragedi Kereta Api di Bintaro
13-08-2020 06:34
Pas pilm nya tayang, gw masih ingusan.
Yang masih diingat pas penumpang yang duduk di depan lokomotif nya, pada berlompatan waktu liat dari depan ada kereta meluncur satu rel.
emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Lalalalala000 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Fakta Menakutkan Seputar Tragedi Kereta Api di Bintaro
13-08-2020 07:58
Keknya ada gambar gerbong keretanya melengkung ke atas deh.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan nomorelies memberi reputasi
2 0
2
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Fakta Menakutkan Seputar Tragedi Kereta Api di Bintaro
13-08-2020 08:25
Kesian yaa..
Yg disalahin yg ga punya power
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Lalalalala000 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Fakta Menakutkan Seputar Tragedi Kereta Api di Bintaro
13-08-2020 08:40
profile-picture
profile-picture
profile-picture
achmad526 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Fakta Menakutkan Seputar Tragedi Kereta Api di Bintaro
13-08-2020 11:17
Tragedi kelam yang buat korban menjadi trauma.
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan nomorelies memberi reputasi
2 0
2
Fakta Menakutkan Seputar Tragedi Kereta Api di Bintaro
13-08-2020 12:20
Kalo gak salah ingat katanya ada para penumpang terjepit menumpuk dan gak sengaja minum darah dari orang yg meninggal karena terjepit tadi...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Lalalalala000 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fakta Menakutkan Seputar Tragedi Kereta Api di Bintaro
13-08-2020 12:27
Untungnya sekarang sudah double track, mudah-mudahan tidak ada insiden lagi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Fakta Menakutkan Seputar Tragedi Kereta Api di Bintaro
13-08-2020 12:56
Udh brp kali trit yg bahas soal ini, tp ttp ane jabanin bt baca... Soalnya ane kepo ttg nih kejadian....

Dr mulai unsur teknis, sampai unsur mistis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
achmad526 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Fakta Menakutkan Seputar Tragedi Kereta Api di Bintaro
13-08-2020 13:13
Ampe ada pilem nya nih jaman dulu emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Post ini telah dihapus oleh KS06
Fakta Menakutkan Seputar Tragedi Kereta Api di Bintaro
14-08-2020 08:17
harusnya ambil data dari sumber lain jg om yg terkait, misal kepala stasiun yg saat itu, sama saksi2 disekitar, atau mungkin penumpang korban hidup, kalau alur cerita dari pak slamet y dimana2 akan sama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
parydis dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Fakta Menakutkan Seputar Tragedi Kereta Api di Bintaro
14-08-2020 09:20
ini serem beud kayanya
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan nomorelies memberi reputasi
2 0
2
Fakta Menakutkan Seputar Tragedi Kereta Api di Bintaro
14-08-2020 09:38
Bayanginnya ngeri
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan nomorelies memberi reputasi
2 0
2
Post ini telah dihapus oleh KS06
Fakta Menakutkan Seputar Tragedi Kereta Api di Bintaro
14-08-2020 10:11
temen ane korban juga tuh di tragedi krl bintaro tahun 2013emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Fakta Menakutkan Seputar Tragedi Kereta Api di Bintaro
14-08-2020 16:12
Ane dulu SMA di 86 yang persis di dekat belokan tempat tabrakan kereta. Dan rumah lokasinya gak jauh dari lokasi tragedi Bintaro juga.

Bahkan di sepanjang pinggir rel kereta di lokasi tersebut, sekarang ada jalan raya namanya rawa papan yang kalau malam sering di jadikan lokasi pasar kaget. dari jualan sayur, ikan hias, pakaian sampai batu akik dan odong-odong ada juga gan.

Kalau yang warga situ mah udah biasa aja gan, gak ngerasa serem lagi. Cuman media dan youtuber aja yang suka angkat topik di lokasi tersebut masih horror.

eh ada sih yang serem gan di situ. jadi tuh di ujung jalan rawa papan sebelum fly over. suka ada pak ogah yang bantu ngatur jalan secara bergantian karena jalannya sempit cuman muat 1 mobil. kalau ente udah lewat situ tapi gak ngasih duit receh ke dia. itu pak ogah suka ngomel. ane pernah di teriakin katanya "semoga kecelakaan ya". emoticon-Frown
Diubah oleh Mandalorian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Lalalalala000 dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Fakta Menakutkan Seputar Tragedi Kereta Api di Bintaro
14-08-2020 16:13
Ngebayanginnya aja serem kalo kreta sampe adu banteng gitu
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan nomorelies memberi reputasi
2 0
2
Fakta Menakutkan Seputar Tragedi Kereta Api di Bintaro
14-08-2020 16:18
Bintaro sekarang masuk kedalam Tangerang selatan.

Btw sebenernya pernah kejadian tabrakan kereta juga di deket sudimara, sekitar akhir 90an atau awal 2000an. Itu juga cukup lumayan parah, ada korban yang kepalanya hilang sampai ga ketemu kok. Gw heran berita kecelekaan yang ini kok kesannya hilang ya.
itu kecelakaan kereta bintaro terakhir sebelum relnya jadi dua jalur, semenjak itu langsung digas pembuatan rel dua jalur/arah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Fakta Menakutkan Seputar Tragedi Kereta Api di Bintaro
14-08-2020 16:18
Udah dibangun flyover buat nutup perlintasan

Waduh dulu macernya luar biasa ada angkot C05, S14, C14, C09, D18 papasan di perlintasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Fakta Menakutkan Seputar Tragedi Kereta Api di Bintaro
14-08-2020 16:22
Ngeri juga ya

emoticon-Takut

profile-picture
profile-picture
nomorelies dan emineminna memberi reputasi
2 0
2
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia