News
Batal
KATEGORI
link has been copied
218
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f343e339a972e7f2859bf80/baru-5-hari-dibuka-pemerintah-sekolah-munculkan-berbagai-klaster-corona
LaporanCovid19 mendapat data ini dari laporan warga. Namun, LaporCovid19 belum memverifikasi data tersebut. "Saat PBM tatap muka dimulai, bermunculan klaster-klaster baru penularan Covid dari sekolah dari berbagai daerah. Konsekuensi serius dari kebijakan @Kemdikbud_RI !!Apa tindakanmu Kak @Nadiem_Makarim?" cuit akun Laporcovid19, yang dikutip kumparan, Rabu (12/8).
Lapor Hansip
13-08-2020 02:08

Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona

Past Hot Thread


Laporcovid19 melaporkan adanya 6 klaster sekolah. Setidaknya dalam periode Agustus 2020.

LaporanCovid19 mendapat data ini dari laporan warga. Namun, LaporCovid19 belum memverifikasi data tersebut.
"Saat PBM tatap muka dimulai, bermunculan klaster-klaster baru penularan Covid dari sekolah dari berbagai daerah. Konsekuensi serius dari kebijakan @Kemdikbud_RI !!Apa tindakanmu Kak @Nadiem_Makarim?" cuit akun Laporcovid19, yang dikutip kumparan, Rabu (12/8).
Inisiator Laporcovid19 Irma Hidayana telah mengizinkan kumparan untuk mengutip dan menyadur data mereka.

Berikut 6 klaster sekolah di seluruh Indonesia:

Klaster Sekolah Tulungagung

Siswa 9 tahun menulari 5 siswa lainnya dan 2 guru. Peristiwa ini tercatat pada Selasa (11/8).

Klaster Sekolah Kalimantan Barat

14 siswa dan 8 guru di Provinsi Kalbar terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka berasal dari:

3.SMA 1 Ketapang,
SMA 1 Ngabang,
SMA 1 Pontianak,
SMPN 1 Pontianak,
SMAN 2 Pontianak
SMAN 3 Pontianak
Klaster Sekolah di Tegal

Siswa SD dari Kecamatan Pangkah, Tegal, positif corona tertular dari kakeknya. Ia sempat masuk sekolah. Akibatnya guru dan teman sekelasnya harus menjalani tes swab.

Klaster Sekolah di Cilegon

Seorang siswa SMPN 7 Cilegon positif COVID-19 di masa uji coba KBM tatap muka di 53 sekolah yang dihelat mulai 3 Agustus 2020.
Pemerintah Daerah Cirebon langsung membatalkan kebijakan sekolah tatap muka pada 5 Agustus.

Klaster Sekolah Sumedang

Pelajar (6 tahun) di Kecamatan Situraja & pelajar (9 tahun) dari Kecamatan Sumedang Utara tertular corona dari pedagang Pasar Situraja. Keduanya tertular saat perjalanan ke/dari sekolah.

Klaster Sekolah Pati

26 santri Pondok Pesantren di Kajen, Kecamatan Margoyoso, Pati dinyatakan positif COVID-19. Pesantren itu langsung 'lockdown'. Ini tercatat sebelum pesantren dibuka pada 10 Agustus.

Sebelumnya, pemerintah mengizinkan sekolah di zona kuning dan hijau corona untuk belajar tatap muka. Mendikbud Nadiem Makarim menegaskan pemda bisa menutup kembali sekolah bila muncul kasus baru virus corona.
"Kalau pun zona itu berubah status dari kuning ke oranye, maka tatap muka tidak boleh dilanjutkan lagi. Kalau ada yang terbukti terpapar, sekolah itu tidak boleh tatap muka sampai kondisinya aman," ujar Nadiem dalam program To The Point kumparan, Selasa (11/8).

https://m.kumparan.com/kumparannews/...zDa64JIGY/full

Keputusan fatal,nadiem lama2 begonya kayak aniesemoticon-Cape d... (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reduzumaki dan 26 lainnya memberi reputasi
17
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 02:47
gak boleh sekolah nadiem disuruh mundur. Dibolehin sekolah nadiem disuruh mundur. Apasih mau lo? emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ossoth dan 40 lainnya memberi reputasi
41 0
41
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 03:30
Jaman ane sekolah
Bukannya ngeremehin guru
Tapi bagi ane menuntut ilmu akademis itu
95% ya hasil dari kita belajar sendiri
Misal ya baca buku
Jd kita sebagai pelajar cukup disodorin buku dan kita pelajari
Kalo ada yg belum jelas, tanya!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 18 lainnya memberi reputasi
19 0
19
Lihat 34 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 34 balasan
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 04:53
Klaster pesantren ada ga ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 05:03
Serba salah, nama nya murid yah mereka pasti bergerombol apalagi jam istirahat, meskipun pihak sekolah sudah menerapkan aturan protokol kesehatan... Giliran kelamaan belajar dirumah pada protes, giliran dibuka muncul klaster baru ,sekolah sampai pusat disalah salahin...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 05:21
yang diatas bingung, yang dibawah bingung emoticon-Ngacir Tubrukan
profile-picture
profile-picture
entop dan teror.itu.kamu memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 05:44
Sekolah daring org tua marah2 karna "ga bisa" ngajarin anak2nya.
Beberapa org tua jdiin sekolah tempat penitipan anak
Sekolah tatap muka org tua teriak2 karna anaknya kena covid.
Anak2 itu susah bwt diatur disiplin protokol kesehatan.
Yg dewasa aja bebalnya minta ampun apalagi anak2.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 25 lainnya memberi reputasi
26 0
26
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 06:00
Sekolah daring diprotes, jadi klaster baru krn dibolehin masuk di protes juga. Gitu trus aja sampe bibib pulang dri arabemoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indra.irawans dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 06:04
Sekolah tatap muka itu keputusan kepala daerahnya
Ada yang dilarang ama gugus tugas tapi kepala daerahnya tetep bandel mo ngadain tatap muka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 06:14
lagian berpatokan zona hijau kuning... orang test rapid/swab nya aj belum menyeluruh kok udah bisa nentuin zona hijau kuning dsb..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xinq dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 06:22
emoticon-Leh Uga

mana tu rakyat Egois bilang belajar online ga guna, kemarin2 bully mendikbudnya.

1. orang tua enggan urus anaknya dirumah dan sudah membudaya belajar seharian sekolah. ortu2 sekarang mikirnya udah bayar sekolah anak titip disana, sekarang ini sekolah dianggap panti asuhan.

ehh ada covid, ortu kelabakan dah semua, kebiasaan anak dilepas ke guru sekarang disuruh urus sendiri. emoticon-Leh Uga

2. kemendikbud sejak dulukala bikin sistem pendidikan kelamaan belajar disekolah, kurang belajar dirumah dan sosialisasi dimasyarakat.

ada covid keblinger sama sistem yang lu buat sendiri.

3. pihak institusi pendidikan juga masih ada yang dableg kagak mau nurunin biaya pendidikan, maunya untung mulu.

pihak institusi pendidikan selalu nyinyir mengajar itu pengabdian sementara soal duit kagak mau rugi juga, nasehatin guru tapi ga berlaku buat institusi. vangke emoticon-Ngakak

4. pihak provider internet juga sama aja, lagi pandemic ga ada rasa sosial dan memperluas dan memperkuat bandwith. tetep aja mahal.

emoticon-Leh Uga
Diubah oleh rajin.meremas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zenzeiokta dan 23 lainnya memberi reputasi
24 0
24
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 06:36
belajar daring itu bukan soal guna gak guna, tapi soal ada akses atau gak.
gak semua orang tua punya gawai, gak semua lokasi terjangkau jaringan internet, gak semua orang tua punya akses internet unlimited.
d saat susah gini, orang tua ya lebih mikirin kebutuhan primer lah.
banyak kluster baru d sekolah, itu berarti protokol kesehatannya gak jalan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 06:38
TS tolol. itu sudah emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 06:52
KBM mau tatap muka ataupun PJJ dikembalikan lagi ke kepala daerah, pihak sekolah dan ortu masing²
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 07:02
Kmrn2 yg minta belajar di sekolah siapa?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 07:07
Udahlah. Ikut afrika selatan atau australia aja. pemerintahnya tegas bilang kalau 2020 ini sebagai "tahun yang hilang" untuk sekolah.

Ini akibatnya maksain new (ab)normal saat virus belum dikendalikan. Di awal pageblug lockdown gak mau, tes dan isolasi massal gak mampu, akhirnya pakek herd immunity.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 07:17
Hahaha, tae tae
Ini pelajaran bagi bocah bocah sok kritis kemaren yang bilang sekolah daring ga efektif

Sekolah daring bukan masalah efektif ga efektif nya
Tapi nyelamatin elo pada, lu anak anak muda yg masa depan nya masih panjang

Banyak yang mengeluh masalah kuota, hp, dan sinyal. Solusi nya adalah, perintahkan tv tv swasta atau negri bikin acara khusus yang acara nya tentang mata pelajaran di sekolah, itu ruang guru yang sering nge hack tv tv, coba di hack lagi bikin acara khusus tentang edukasi
Diubah oleh Cikklancang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 12 lainnya memberi reputasi
12 1
11
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 07:23
sekolah pisang
banana stress hard correct
profile-picture
profile-picture
entop dan teror.itu.kamu memberi reputasi
2 0
2
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 07:43
2020 bakal ngasilin byk generasi bego krn ga sekolah nih... emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 08:18
Quote:Original Posted By potrek
Klaster pesantren ada ga ?



Klaster Sekolah Pati

26 santri Pondok Pesantren di Kajen, Kecamatan Margoyoso, Pati dinyatakan positif COVID-19. Pesantren itu langsung 'lockdown'. Ini tercatat sebelum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Baru 5 Hari Dibuka Pemerintah, Sekolah Munculkan Berbagai Klaster Corona
13-08-2020 08:21
ibarat bom waktu yg menular
profile-picture
profile-picture
entop dan teror.itu.kamu memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia