Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
117
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f32935565b24d3a141d4293/mertuaku-kini-menjadi-ibu-tiriku-pernikahan-antar-mertua-boleh-ga-sih
Viral kisah cinta dua mertua, yang memberikan efek Mertuaku Menjadi Ibu Tiriku. Ganjilkah hal ini? Buat gw sih sah-sah aja, asal pasangan ini saling suka ya gapapa daripada harus berzina.
Lapor Hansip
11-08-2020 19:47

Mertuaku Kini Menjadi Ibu Tiriku, Pernikahan Antar Mertua Boleh Ga Sih?

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Mertuaku Kini Menjadi Ibu Tiriku, Pernikahan Antar Mertua Boleh Ga Sih?

Viral kisah cinta dua mertua, yang memberikan efek Mertuaku Menjadi Ibu Tiriku. Ganjilkah hal ini? Buat gw sih sah-sah aja, asal pasangan ini saling suka ya gapapa daripada harus berzina.

Mertua laki sama mertua bini menikah, memang jarang ada tapi ga heran sih banyak kok sebenarnya dari dulu udah ada, cuma ga kayak sekarang dikit-dikit share tiktok viral, share IG viral, share twit dan FB viral, share kaskus ga ada yang viral 😁

Mertuaku Kini Menjadi Ibu Tiriku, Pernikahan Antar Mertua Boleh Ga Sih?

Yah begitulah saat ini dikit-dikit viral, semua serba senang dengan viral. Pernikahan antar mertua saja langsung di viralkan sampai di undang ke salah satu stasiun televisi. Anjay, receh amat konten sekarang. Sama kayak thread gw yang ga berfaedah ini gan.

Tapi pastinya lo penasarankan, emang boleh gitu sesama mertua nikah? Apakah itu dilarang? Anjay pertanyaan kaya gini susah buat gw jawab, berhubung yang lagi viral-viral ini nikahnya dalam agama Islam biarkan gw kutip pak ustadz aja dah yang menjawab.

Biar ga salah langkah, biar ga disangka gw sok tau. Wong thread gw aja banyak yang ga bener sok-sok nasehatin orang ya ga sih! Nah, ini kutipannya gan.

Mertuaku Kini Menjadi Ibu Tiriku, Pernikahan Antar Mertua Boleh Ga Sih?

Quote:

Allah berfirman, ’’Dan janganlah kamu kimpoii perempuan-perempuan yang telah dikimpoii oleh ayahmu, terkecuali pada masa yang telah lampau. Sesungguhnya perbuatan itu amat keji dan dibenci Allah dan seburuk-buruk jalan (yang ditempuh). Diharamkan atas kamu (mengawini) ibu-ibumu; anak-anakmu yang perempuan; saudara-saudaramu yang perempuan, saudara-saudara bapakmu yang perempuan; saudara-saudara ibumu yang perempuan; anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang laki-laki; anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang perempuan; ibu-ibumu yang menyusui kamu; saudara perempuan sepersusuan; ibu-ibu istrimu (mertua); anak-anak istrimu yang dalam pemeliharaanmu dari istri yang telah kamu campuri, tetapi jika kamu belum campur dengan istrimu itu (dan sudah kamu ceraikan), maka tidak berdosa kamu mengawininya; (dan diharamkan bagimu) istri-istri anak kandungmu (menantu); dan menghimpunkan (dalam perkimpoian) dua perempuan yang bersaudara, kecuali yang telah terjadi pada masa lampau; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS an-Nisa` [4]: 23).

Mertuaku Kini Menjadi Ibu Tiriku, Pernikahan Antar Mertua Boleh Ga Sih?

Ayat tersebut menjelaskan secara perinci perempuan-perempuan yang haram dinikahi seorang laki-laki, yaitu mantan istri bapak, ibu yang melahirkannya, anak perempuannya sendiri, saudara perempuannya sendiri, saudara perempuan bapaknya (bibi dari pihak bapak), saudara perempuan ibunya (bibi dari pihak ibu), dan anak perempuan dari saudara laki-laki (keponakan dari jalur saudara laki-laki).

Mertuaku Kini Menjadi Ibu Tiriku, Pernikahan Antar Mertua Boleh Ga Sih?

Lainnya adalah anak perempuan dari saudara perempuan (keponakan dari jalur saudara perempuan), perempuan yang pernah menyusuinya (ibu susuan), saudara perempuan sepersusuan, ibu dari istri (mertua), anak tiri yang ibunya sudah dicampuri olehnya, istri anaknya sendiri, dan saudara istri, jika masih menjadi istrinya (mengumpulkan dua wanita bersaudara sekaligus dalam hubungan pernikahan).

Dalam ayat setelahnya Allah menegaskan, ’’Dan (diharamkan juga kamu mengawini) wanita yang bersuami, kecuali budak-budak yang kamu miliki (Allah telah menetapkan hukum itu) sebagai ketetapan-Nya atas kamu. Dan dihalalkan bagi kamu selain yang demikian (yaitu) mencari istri-istri dengan hartamu untuk dikimpoii bukan untuk berzina.’’ (QS an-Nisa` [4]: 24).

Dalam ayat ini, Allah juga mengharamkan menikah dengan perempuan yang masih bersuami (masih menjadi istri orang). Kemudian, Allah menegaskan, selain yang disebutkan dalam ayat-ayat di atas maka boleh dinikahi. Rasulullah  menjelaskan, hubungan sepersusuan itu juga mengharamkan sebagaimana hubungan nasab.

Dan, dalam semua yang diharamkan itu tidak disebutkan mertua dari anak atau besan, maka boleh hukumnya bagi mereka untuk menikah karena itu termasuk ke dalam apa yang dibolehkan oleh Allah dalam firman-Nya. ‘’Dan dihalalkan bagi kamu selain yang demikian.’’ (QS an-Nisa` [4]: 24).

Wallahu a’lam bish shawab.

Ustaz Bachtiar Nasir



sumber kutipan





Gimana? Jelas, gamblang, tanpa ada rekayasa bukan. Sudah detil juga apa yang dijabarkan, jadi buat lo yang masih bingung kok itu sesama mertua nikah gimana hukumnya?

Lalu kalau mertua punya anak gimana? Ya jadi adek anak mereka yang menikah sebelumnya, terutama nasabnya lekat ke mertua laki-laki. Terus gimana dengan anak-anak mereka yang sudah menikah sebelumnya? Apakah itu menikahi saudaranya sendiri dan masuk mahram? Jelas itu bukan saudaranya baik kandung maupun sepersusuan, hanya saudara tiri.



Video Hukum Menikahi Saudara Tiri

Ini tidak mengapa, lalu kenapa saat ini heboh? Padahal dulu gw pernah liat watu gawai belum ada pernikahan antar mertua santai aja loh, masyarakat yang menganjurkan karena Ibu mertua si anak wanita sering nginap dirumah mantunya sedangkan dirumah itu bapaknya sudah duda.

Daripada terjadi hal-hal yang mengecrotkan mereka akhirnya nikah, itu atas saran masyarakat setempat waktu itu. Berhubung mereka berdua sudah setengah baya ya mau saja demi menghindari fitnah yang lebih besar.

Sayang dulu cuma ada nokia pisang kayaknya gw juga masih unyu-unyu, boro-boro update status. Yang ada buat lempar duda mata keranjang biar pingsan kayaknya lebih seru.

emoticon-Leh Uga

Sumber 1
Gambar google

Diubah oleh .Boyo.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anton2019827 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Mertuaku Kini Menjadi Ibu Tiriku, Pernikahan Antar Mertua Boleh Ga Sih?
11-08-2020 19:49
Bonus

{thread_title}
profile-picture
falin182 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Mertuaku Kini Menjadi Ibu Tiriku, Pernikahan Antar Mertua Boleh Ga Sih?
11-08-2020 19:58
Jauh sebelum pernikahan seperti ini heboh, temen Ane udah duluan melakukan, bahkan nikahnya bersamaan. Jadi bokapnya duda, calon mertua janda..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
penyukabiru dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mertuaku Kini Menjadi Ibu Tiriku, Pernikahan Antar Mertua Boleh Ga Sih?
11-08-2020 20:09
Ya gapapa sih sebenernya wkwk ,tapi ntar kalo mereka punya anak ,anaknya bingung kok kakak2nya bisa menikah wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mantelbulu dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Mertuaku Kini Menjadi Ibu Tiriku, Pernikahan Antar Mertua Boleh Ga Sih?
11-08-2020 20:17
Congratulations.
emoticon-Baby Boy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
penyukabiru dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mertuaku Kini Menjadi Ibu Tiriku, Pernikahan Antar Mertua Boleh Ga Sih?
11-08-2020 20:38
Mertuaku Kini Menjadi Ibu Tiriku, Pernikahan Antar Mertua Boleh Ga Sih?
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan .Boyo. memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mertuaku Kini Menjadi Ibu Tiriku, Pernikahan Antar Mertua Boleh Ga Sih?
11-08-2020 20:54
Quote:Original Posted By .Boyo.
Bobo cana cuki kaki molol


Mo docok didi duyu om. emoticon-Ngacir
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mertuaku Kini Menjadi Ibu Tiriku, Pernikahan Antar Mertua Boleh Ga Sih?
11-08-2020 20:57
Quote:Original Posted By .Boyo.
Iya jangan lupa minum listerine


Kan bukan buat di minum om.
:gagalpaham
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Mertuaku Kini Menjadi Ibu Tiriku, Pernikahan Antar Mertua Boleh Ga Sih?
11-08-2020 20:59
selamat ya gan, semoga agan rukun sama mertua plus ibu tirinya
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Mertuaku Kini Menjadi Ibu Tiriku, Pernikahan Antar Mertua Boleh Ga Sih?
11-08-2020 21:00
Wkwkkwkwkwkw udah berasa judul sinetron ditipi yak itu wkwkkwkw
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mertuaku Kini Menjadi Ibu Tiriku, Pernikahan Antar Mertua Boleh Ga Sih?
11-08-2020 22:04
Mertuaku Kini Menjadi Ibu Tiriku, Pernikahan Antar Mertua Boleh Ga Sih?
Sah sah aja
Palingan anaknya / cucunya bingung
Macem sinetron ntar ini jadinya


Mertuaku Kini Menjadi Ibu Tiriku, Pernikahan Antar Mertua Boleh Ga Sih? Mertuaku Kini Menjadi Ibu Tiriku, Pernikahan Antar Mertua Boleh Ga Sih?
0 0
0
Mertuaku Kini Menjadi Ibu Tiriku, Pernikahan Antar Mertua Boleh Ga Sih?
12-08-2020 02:46
Terserah mereka donk emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan .Boyo. memberi reputasi
2 0
2
Mertuaku Kini Menjadi Ibu Tiriku, Pernikahan Antar Mertua Boleh Ga Sih?
12-08-2020 05:34
Dalam hal ini memang perlu disimak betul agar tidak terjadi kesalahan gan. Dan memang bisa terjadi dalam hal ini, kondisikan saja dengan baik agar tidak melanggar ketentuan syariat.
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Mertuaku Kini Menjadi Ibu Tiriku, Pernikahan Antar Mertua Boleh Ga Sih?
12-08-2020 06:50
ya selama saling suka ya gasss aja 😆😆😆
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Mertuaku Kini Menjadi Ibu Tiriku, Pernikahan Antar Mertua Boleh Ga Sih?
12-08-2020 08:23
wadaauw.. ada thread lanjutannya emoticon-Frown

otak ane cidera lagi.. emoticon-Frown
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Mertuaku Kini Menjadi Ibu Tiriku, Pernikahan Antar Mertua Boleh Ga Sih?
12-08-2020 09:52
tergantung hukum yg d anut oleh mempelai. kalo hukum agama boleh ya karena bukan muhrim.

tapi klo d tempat ane ada hukum adat sistemnya itu silsilah. jadi meskipun bukan muhrim tapi menurut silsilah nanti jadi ruwet dan tidak pantas maka tidak d perbolehkan. klo misal d lanjutkan maka dapat memutus tali silsilah.

contoh misal cwo nikah sama cewek anak dari kakak kandung bapak/ibu si cwo, alias sepupu tapi status cwe dalam silsilah itu dari keluarga yg lebih tua dari cowo maka dilarang. klo misal nikah maka si cwe manggil mas/kakang pada cwonya. dan silsilah persaudaraan bpak/ibu yg bersaudara jadi berubah harusnya yg muda harusnya manggil yg tua kakak/mbak malah jadi kebalik.

dan yg kejadian kyak gtu ada dan daripada ribet maka di anggap keluarga bapak/ibu cwe n cwo bukan bersaudara.

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
.Boyo. dan kaiharis memberi reputasi
2 0
2
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Mertuaku Kini Menjadi Ibu Tiriku, Pernikahan Antar Mertua Boleh Ga Sih?
12-08-2020 09:58
padahal kita semua ya tau bahwa kita manusia dalam perkimpoian ada aturannya untuk dapat memposisikan diri dalam lingkungan keluarga dan masyarakat.

kalo main asal suka/cinta/sayang tak pakai aturan jadi ayam aja, jantan ketemu betina asal ngencuk gk pakai tanya bapak loe siapa, nenek loe siapa,
profile-picture
profile-picture
.Boyo. dan kaiharis memberi reputasi
2 0
2
Mertuaku Kini Menjadi Ibu Tiriku, Pernikahan Antar Mertua Boleh Ga Sih?
12-08-2020 10:08
ane salfok sama bonus nya gan emoticon-Ngakak emoticon-Hammer2
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Mertuaku Kini Menjadi Ibu Tiriku, Pernikahan Antar Mertua Boleh Ga Sih?
12-08-2020 17:02
samawa
profile-picture
profile-picture
alanaf98 dan .Boyo. memberi reputasi
2 0
2
Mertuaku Kini Menjadi Ibu Tiriku, Pernikahan Antar Mertua Boleh Ga Sih?
12-08-2020 17:04
Kaya sinetron indosyair
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Mertuaku Kini Menjadi Ibu Tiriku, Pernikahan Antar Mertua Boleh Ga Sih?
12-08-2020 17:07
Ini epic sih. Trus nanti kimpoi dan kalau andaikata nih ya, punya anak

Anaknya binggung bakal. Kakak adek kok nikah 🤣🤣


_______________________________________________________

Yg kasi cendol mudah²an dipertemukan jodohnya dan yang udah ada jodohnya semoga di permudah ke pelaminan


emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)

emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
.Boyo. dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia