News
Batal
KATEGORI
link has been copied
133
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f300451eaab253f507b0d69/massa-bubarkan-midodareni-dikira-adat-syiah-setara-institute-hukum-harus-tegak
TEMPO.CO , Jakarta - Setara Institute, lembaga yang peduli Hak Asasi Manusia menyesalkan penyerangan terhadap rumah penganut Syiah di Solo. Ratusan massa intoleran datang membubarkan sebuah acara doa di Mertodranan, Pasarkliwon, Solo, hingga menyebabkan tiga orang terluka Sabtu malam 8 Agustus 2020. "Kami menuntut aparat kepolisian setempat untuk melakuan penegakan hukum secara adil atas tind
Lapor Hansip
09-08-2020 21:12

Massa Bubarkan Midodareni Dikira Adat Syiah, Setara Institute: Hukum Harus Tegak

Massa Bubarkan Midodareni Dikira Adat Syiah, Setara Institute: Hukum Harus Tegak


TEMPO.CO , Jakarta - Setara Institute, lembaga yang peduli Hak Asasi Manusia menyesalkan penyerangan terhadap rumah penganut Syiah di Solo. Ratusan massa intoleran datang membubarkan sebuah acara doa di Mertodranan, Pasarkliwon, Solo, hingga menyebabkan tiga orang terluka Sabtu malam 8 Agustus 2020.

"Kami menuntut aparat kepolisian setempat untuk melakuan penegakan hukum secara adil atas tindak pidana serius yang tadi malam dilakukan oleh laskar-laskar intoleran. Selain itu, kepolisian harus memobilisi sumber daya yang memadai untuk mencegah terulangnya peristiwa-peristiwa serupa," kata Halili Hasan, Direktur Riset SETARA Institute dalam keterangan tertulisnya, Minggu 9 Agustus 2020.

Berdasarkan informasi, acara yang digelar malam itu adalah kegiatan midodareni atau doa sebelum pernikahan yang diikuti oleh sekitar 20 orang. Penyerangan ini terjadi di rumah keluarga Umar Assegaf, di Mertodranan, Pasar Kliwon, Surakarta. Sekitar 100 orang menyerah rumah itu karena menduga bahwa acara doa itu adalah ada kegiatan yang berbau syiah.

Setara meminta pemerintah dan kepolisian mengambil tindakan tepat. "Pemerintah dan pemerintah daerah mesti mengambil tindakan presisi untuk mencegah penjalaran intoleransi di tengah pandemi," katanya. Tak hanya itu, lanjut dia, kepolisian harus memobilisi sumber daya yang memadai untuk mencegah terulangnya peristiwa-peristiwa serupa.

Kepala Polresta Surakarta Komisaris Besar Andy Rifai sempat berusaha mengamankan korban penyerangan.
Bahkan, Andy juga sempat kena pukul saat berusaha melindungi tiga warga itu. "Kena pukul beberapa kali, tapi tidak luka," katanya. Massa yang mengeruduk tempat itu lantas pergi setelah ada korban yang terluka.

Menurut Andy, saat ini polisi tengah berada di lapangan untuk melakukan pengejaran terhadap para pelaku. "Kami akan menindak tegas," katanya. Dia mengaku mendapat dukungan dari sejumlah pihak untuk mengusut kasus intoleran itu hingga tuntas.

Salah satu tokoh masyarakat Pasarkliwon, Habib Novel Alaydrus menyebut kasus intoleran itu sangat mencoreng nama Kota Solo. "Malam itu saya langsung ke lokasi untuk memberikan dukungan kepada polisi agar bekerja secara profesional," katanya.

Menurut tokoh di Solo ini, warga sekitar justru tidak pernah mempermasalahkan kegiatan yang sering digelar di rumah korban meski berbeda aliran. Dia menganggap semua warga berhak menggelar acara apapun di dalam rumah sepanjang tidak melanggar hukum.
"Yang jelas perbuatan anarkistis (itu) yang salah," katanya mengecam penyerangan tersebut.


https://nasional.tempo.co/read/13741...um-harus-tegak

profile-picture
profile-picture
profile-picture
bossgabah dan 16 lainnya memberi reputasi
17
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Massa Bubarkan Midodareni Dikira Adat Syiah, Setara Institute: Hukum Harus Tegak
09-08-2020 21:15
nunggu koment habib yg lain....

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Yeontan dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Post ini telah dihapus oleh KS06
Massa Bubarkan Midodareni Dikira Adat Syiah, Setara Institute: Hukum Harus Tegak
09-08-2020 21:17
Kira kira pelaku nya siapa ya ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Massa Bubarkan Midodareni Dikira Adat Syiah, Setara Institute: Hukum Harus Tegak
09-08-2020 21:19
Kapolresnya kan ada disitu, lah knp dia ga minta semua anggota polres datang buat nyergap nih gerombolan... Kalau udah pergi, trus skr bilang bakal melakukan pegejaran mah kayaknya....................
You know lah kelanjutannya..
Diubah oleh chimax andi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Massa Bubarkan Midodareni Dikira Adat Syiah, Setara Institute: Hukum Harus Tegak
09-08-2020 21:22
Bikin tensi d solo naik...

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Massa Bubarkan Midodareni Dikira Adat Syiah, Setara Institute: Hukum Harus Tegak
09-08-2020 21:23
Untukku agamaku untukmu aturan agamaku!!!!!!!!!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
moggey dan 15 lainnya memberi reputasi
15 1
14
Massa Bubarkan Midodareni Dikira Adat Syiah, Setara Institute: Hukum Harus Tegak
09-08-2020 21:24
Goblok lah kalo bilang midodareni tradisi syiah.
Midodareni itu adat jawa. Malam sebelum akad
Diubah oleh anti.suap
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Massa Bubarkan Midodareni Dikira Adat Syiah, Setara Institute: Hukum Harus Tegak
09-08-2020 21:26
Ketika agama import merasa jauh lebih berhak untuk menindas dan menumpas terhadap ajaran agama pribumi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bongklang dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Massa Bubarkan Midodareni Dikira Adat Syiah, Setara Institute: Hukum Harus Tegak
09-08-2020 21:30
onta gurun udah pasti kebal hukum
emang berani polisi sama tukang racik petasan panci? emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mengandang dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
Massa Bubarkan Midodareni Dikira Adat Syiah, Setara Institute: Hukum Harus Tegak
09-08-2020 21:35
Salah jokowi dan partai2 nasionalis....emoticon-Cool

Terlalu lembek dengan ormas 212 akhirnya menyebar kemana2.
Mereka berani dgn hukum karna hukum sendiri lembek ke mereka atas nama umat.
Indonesia sedang menuju perpecahan.
Semakin di biarkan akan semakin menjalar hingga kemana2.

Ingat api kecil kalau dibiarkan akan besar dan membakar semuanya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 33 lainnya memberi reputasi
34 0
34
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 17 balasan
Massa Bubarkan Midodareni Dikira Adat Syiah, Setara Institute: Hukum Harus Tegak
09-08-2020 21:35
From the Past Comes the Storms emoticon-Metal



profile-picture
profile-picture
profile-picture
batakolonjong dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Massa Bubarkan Midodareni Dikira Adat Syiah, Setara Institute: Hukum Harus Tegak
09-08-2020 21:36
Pasti pelakunya ateis nih

Pki sudah mulai berani menargetkan habib habib


emoticon-Mewekemoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
klepon.islami dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Massa Bubarkan Midodareni Dikira Adat Syiah, Setara Institute: Hukum Harus Tegak
09-08-2020 21:42
Kaum damai lah yang paling menjunjung tinggi toleransi di Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reep1000 dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Massa Bubarkan Midodareni Dikira Adat Syiah, Setara Institute: Hukum Harus Tegak
09-08-2020 21:44
civil war ... emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Massa Bubarkan Midodareni Dikira Adat Syiah, Setara Institute: Hukum Harus Tegak
09-08-2020 21:55
Dunia ga aman krn ado "oknum" seperti ini

Terkutukla lu drunemoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Massa Bubarkan Midodareni Dikira Adat Syiah, Setara Institute: Hukum Harus Tegak
09-08-2020 21:55
literally implementasi kedamaian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Massa Bubarkan Midodareni Dikira Adat Syiah, Setara Institute: Hukum Harus Tegak
09-08-2020 21:57
Kalo baca beritanya kayanya yg bogem KAPOLRES Surakarta bakal jadi Oknum yg ditumbalkan Kelompoknya emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Massa Bubarkan Midodareni Dikira Adat Syiah, Setara Institute: Hukum Harus Tegak
09-08-2020 21:58
Aduh sayang
Harusnya ada polisi tembak ditempat aja tuh perusuh intoleran
Bosan kalo ga ada tindak tegas
Tuman
Merasa paling benar orang2 spt itu
Sayang harusnya ditembak
Sayang kesempatan itu
Rakyat sdh muak sama intoleransi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Massa Bubarkan Midodareni Dikira Adat Syiah, Setara Institute: Hukum Harus Tegak
09-08-2020 21:58
Pelakunya bukan tetangga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia