News
Batal
KATEGORI
link has been copied
80
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2e2de6a7276820651b12a1/ibas-banggakan-ekonomi-era-sby-meroket-habiburokhman-meroketberlebihan
Jakarta -  Ketua Fraksi Partai Demokrat (PD) Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas menyoroti kondisi ekonomi Indonesia saat ini. Ibas menyebut ekonomi era Presiden SBY meroket. Ibas sebelumnya menyebut Indonesia saat ini banyak mendapat tantangan, dari pandemi, ekonomi, keuangan, pembangunan, hingga demokrasi dan hak-hak sipil. Dia menyebut rakyat saat ini membutuhkan bukti dan janji. "Terus
Lapor Hansip
08-08-2020 11:45

Ibas Banggakan Ekonomi Era SBY Meroket, Habiburokhman: Meroket?Berlebihan

Jakarta - 

Ketua Fraksi Partai Demokrat (PD) Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas menyoroti kondisi ekonomi Indonesia saat ini. Ibas menyebut ekonomi era Presiden SBY meroket.

Ibas sebelumnya menyebut Indonesia saat ini banyak mendapat tantangan, dari pandemi, ekonomi, keuangan, pembangunan, hingga demokrasi dan hak-hak sipil. Dia menyebut rakyat saat ini membutuhkan bukti dan janji.

"Terus terang rakyat perlu kepastian, rakyat perlu kepercayaan dan keyakinan, dan bukti, bukan janji. Alhamdulillah, kita pernah membuat itu, ketika zaman mentor kita Pak SBY selama 10 tahun, ekonomi kita meroket, APBN kita meningkat, utang dan defisit kita terjaga. Pendapatan rakyat naik dan lain-lain. Termasuk tentang persentase tingkat kemiskinan dan pengangguran," kata Ibas, Jumat (7/8/2020).

Ibas menyebut Demokrat hadir untuk negara. Dia mengklaim Demokrat hadir sebagai partai yang bisa mencegah negara ini masuk jurang.

"Ada negara sukses dan berhasil, sesungguhnya Demokrat justru hadir memberikan koreksi dan kritik dan solusi supaya negara tidak jatuh ke jurang. Kita ingin agar Demokrat menjadi partai yang cerdas dan tepat dalam berpikir," ucap Ibas.

"Ketika benar kita katakan benar, ketika tidak kita katakan tidak. biar ruang demokrasi ini tetap terjaga, jadikanlah Partai Demokrat tetap hadir agar demokrasi kita lebih berwarna dan terjaga," imbuh Ibas.

Partai  Gerindra mengkritik pernyataan Ibas soal ekonomi meroket era SBY. Juru bicara Gerindra Habiburokhman menilai diksi 'meroket' Ibas agak berlebihan.

"Kami menghormati Mas Ibas sebagai politisi yang mulai matang. Namanya politisi wajar klaim keberhasilan era kepemimpinan mereka walau istilah 'meroket' sedikit berlebihan karena rata-rata di bawah 6%," sebut Habiburokhman.

Baca juga:Ibas ke BUMN Pangan: Impor Jangan Serampangan!

Habiburokhman mengajak Ibas menatap masa depan. Dia menilai sudah seharusnya semua elemen ikut memajukan negara ini.

"Sebagai bangsa baiknya kita harus bicara ke depan, apa yang bisa kita lakukan bersama untuk memajukan bangsa ini," ucap dia.

Sementara itu, Politikus PDIP Hendrawan Supratikno menilai ekonomi era SBY cenderung stabil. Indonesia mengalami krisis tahun 2008 dan memang bisa keluar. Namun, kata dia, Indonesia saat itu masih tertinggal dari negara lain.

"Sementara kita tertinggal jauh dari negara-negara middle income dalam hal pembangunan infrastruktur sebagai basis pembangunan ekonomi yang lebih berorientasi produksi. Saya melihat pemerintahan Jokowi mengembangkan strategi pembangunan ekonomi yang lebih berorientasi produksi dengan membangun basis pembangunan fisik infrastruktur-infrastruktur dasar yang strategis dan pembangunan SDM pendidikan, termasuk pendidikan vokasi," ucap Hendrawan.

Dia balas menyindir adanya “cacat” dalam pemerintahan yang ditinggalkan SBY. Diantaranya adalah banyak proyek yang mangkrak hingga infrastruktur yang jauh ketinggalan.

”SBY meninggalkan ekonomi yang stabil, datar, namun tidak cukup untuk digenjot, diakselerasi, karena kendala infrastruktur yang sangat tertinggal,” kata Hendrawan seperti dilansir dari Detik, Jumat (7/8). “Banyak proyek yang mangkrak. Bayangkan, arus mudik-balik Lebaran saja baru terurai di era Jokowi.”

Hendrawan lantas menyayangkan era pemerintahan SBY yang justru tidak memaksimalkan pembangunan infrastruktur. Padahal, masa pemerintahan SBY cukup panjang, yakni selama 2 periode atau 10 tahun. Akibat banyak proyek yang terbengkalai, Hendrawan lantas menyebut ada sejumlah pihak yang menilai pemerintahan SBY sebagai the lost decade (dekade yang hilang).

”Pembangunan infrastruktur besar-besaran seharusnya terjadi di periode lalu,” papar Hendrawan. “Program MP3EI SBY harusnya sudah berjalan sejak 2005-2010, sehingga tidak menjadi beban pemerintahan berikutnya.”

”Ada yang menilai, dekade SBY adalah dekade yang datar,” sambungnya. “Bahkan, ada yang menyebut sebagai the lost decade, karena harusnya perbaikan infrastruktur dilakukan besar-besaran, sehingga kita lebih siap bersaing di tingkat global.”

Sementara soal pertumbuhan ekonomi yang tinggi di era SBY, Hendrawan menilai hal tersebut karena pengaruh perekonomian dunia. Di masa-masa itu, ekonomi dunia sedang menikmati the great moderation sehingga pertumbuhan ekonomi terus meroket tanpa adanya inflasi yang tinggi.

”Pada saat SBY memerintah, ekonomi dunia masih menikmati apa yang oleh Alan Greenspan disebut the great moderation,” jelas Hendrawan. “Situasi aman karena pertumbuhan ekonomi tinggi berjalan tanpa diikuti inflasi yang tinggi.

”Ketika terjadi krisis 2008, kebijakan Quantitative Easing (QE) AS juga berjalan efektif,” sambung Anggota Komisi XI DPR ini. “Harga-harga komoditas naik, sehingga ekspor naik signifikan. Kita didorong angin buritan.”

Sumur
https://m.detik.com/news/berita/d-51...owi-berlebihan

Cukup anjing jokowi si habiburokhman mantan kadron saja yg balas anak ingusan

Ibas Banggakan Ekonomi Era SBY Meroket, Habiburokhman: Meroket?Berlebihan



Gibran jadi walkot lho drun.. agus ibas mah lewat droon emoticon-Ngakak (S)



Ibas Banggakan Ekonomi Era SBY Meroket, Habiburokhman: Meroket?Berlebihan
Ibas Banggakan Ekonomi Era SBY Meroket, Habiburokhman: Meroket?Berlebihan

Ginian meroket? 8-10% baru meroket ibas dunguk, yg meroket era bpk loe itu korupsi, teroris fpi hti, inflasi sampai 8% , era jokowi cuma 3 %, bpjs, infrastruktur merookettt droon!
Diubah oleh ikardus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Ibas Banggakan Ekonomi Era SBY Meroket, Habiburokhman: Meroket?Berlebihan
08-08-2020 11:52
Yang ane kenang di jaman beye itu
Tiap tahun makan indomi telor di warmin naek 20%
Diubah oleh xrm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ibas Banggakan Ekonomi Era SBY Meroket, Habiburokhman: Meroket?Berlebihan
08-08-2020 12:00
jokowi blm ada apa2 kalo dibandingkan sby utk masalah ekonomi

sby kalah cuma di sektor infrastruktur doang

selebihnya sby menang kemana2..


jokowi banyak kelemahannya, diantaranya: kpk dilemahkan, nepotisme, kartu prakerja, petugas partai, bagi2 jabatan, dll banyak pokoknya

jauh banget dibanding sby yg meskipun ada kelemahannya tp sedikit ga sebanyak jokowi

ane ga suka dgn sby, tapi ane harus fair sby masih lebih baik dari jokowi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 18 lainnya memberi reputasi
19 0
19
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Ibas Banggakan Ekonomi Era SBY Meroket, Habiburokhman: Meroket?Berlebihan
08-08-2020 12:19
¹satu keluarga bisa kompak baperan
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan decodeca memberi reputasi
2 0
2
Ibas Banggakan Ekonomi Era SBY Meroket, Habiburokhman: Meroket?Berlebihan
08-08-2020 12:28
Ibas Banggakan Ekonomi Era SBY Meroket, Habiburokhman: Meroket?Berlebihan

profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Ibas Banggakan Ekonomi Era SBY Meroket, Habiburokhman: Meroket?Berlebihan
08-08-2020 12:37
Dalam pidato politik pada ulang tahun ke-17 Demokrat di Jakarta, Senin, 17 September 2018. SBY mengklaim bahwa banyak kemajuan di bidang perekonomian pada saat dirinya menjabat presiden selama dua periode, seperti pertumbuhan ekonomi yang rata² 6 persen, tingkat kemiskinan turun dari 16,7 persen menjadi 10,96 persen, pengangguran turun dari 9,9 persen menjadi 5,7 persen.

Menanggapi hal tersebut, ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira Adhinegara, mengatakan klaim SBY tidak apple to apple dengan kondisi perekonomian global saat ini. "Tidak bisa dilihat hanya dengan angka-angka pertumbuhan ekonomi," ujar Bhima kepada Tempo, Selasa, 18 September 2018.

Bhima menyebutkan, jika dilihat dari pertumbuhan ekonomi di era SBY yang mencapai 6 persen, lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan di era Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang tahun ini diperkirakan berada di level sekitar 5 persen. Akan tetapi, di era SBY inflasi begitu tinggi tapi angka itu dapat diredam di era Jokowi.

Di era SBY, kata Bhima, Indonesia mengalami commodity boom, yaitu harga minyak mentah mencapai puncaknya tahun 2011 di angka US$ 110 per barel, yang kemudian anjlok menjadi US$ 50 per barel pada 2015. "Jadi ekonomi Indonesia tergantung harga komoditas global," ucap dia.

Lebih jauh Bhima menjelaskan, di era SBY juga mengalami deindustrialisasi secara besar-besaran. Di mana porsi industri manufaktur di atas 27 persen terhadap PDB tahun 2009 kemudian merosot terus hingga 21 persen pada akhir masa SBY menjabat.

Oleh karena itu, Bhima menilai setiap presiden memiliki kelemahan masing-masing, terutama di bidang industri. "Era Jokowi pun hampir sama, infrastruktur jadi perhatian tapi industri manufakturnya loyo bahkan tumbuh hanya 3,9 persen pada kuartal II 2018," tutur dia.

Padahal, menurut Bhima, serapan tenaga kerja dan penyumbang ekonomi paling besar salah satunya dari industri. "Pengelolaan fiskalnya sama-sama bolong di era SBY dan Jokowi."

Saat periode SBY, pertumbuhan ekonomi memang lebih tinggi dari saat ini. Namun hal tersebut dinilai karena berkah meningkatnya harga komoditas global.

Berbeda dengan kondisi di zaman Jokowi, sejumlah harga komoditas anjlok. Tak hanya itu, kondisi juga diperparah dengan adanya perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China, serta ketidakpastian kebijakan Presiden AS Donald Trump.

"Zaman Pak SBY terjadi commodity boom, menyebabkan ekspor membaik, merambat ke sektor lain karena pendapatan juga naik, seperti konsumsi rumah tangga," ujar Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira kepada kumparan, Rabu (6/2).

Selama sepuluh tahun masa kepemimpinan SBY, pertumbuhan ekonomi melaju di kisaran 5-6 persen. Pencapaian tertinggi pada 2011 sebesar 6,5 persen dan terendah pada 2009 dengan pertumbuhan ekonomi 4,5 persen.

Menurut Bhima, di 2009 perekonomian melambat dipengaruhi tekanan ekonomi global yang berdampak pada pelemahan rupiah, sebagai buntut dari krisis ekonomi yang terjadi di kuartal akhir 2008.

"Hal tersebut mengakibatkan stabilitas moneter dan sistem keuangan pada kuartal I 2009 masih mengalami tekanan berat, ekspor barang dan jasa juga mengalami kontraksi yang cukup dalam," katanya.

Menurut dia, Kritik ekonomi untuk SBY selama menjabat ialah gagal membangun infrastruktur. Anggaran infrastruktur pada masa SBY kurang dari 8 persen dalam APBN. Sementara, anggaran cukup besar untuk pos subsidi energi, hingga 19 persen. Pada era pemerintahan SBY, harga minyak sempat menembus level tertinggi, yakni mencapai USD 146 per barrel pada Juli 2008. Sehingga fokus pemerintah saat itu adalah meningkatkan subsidi energi bagi masyarakat.

Penambahan anggaran infrastruktur dilakukan Presiden Jokowi. Sektor konstruksi terus menunjukkan tren meningkat. Selain itu, PDB juga didukung sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan; industri pengolahan; serta perdagangan besar dan eceran.

Pertumbuhan ekonomi tercatat 4,79 persen pada 2015. Tahun-tahun berikutnya, angka tersebut tidak naik terlalu signifikan. Tercatat pertumbuhan ekonomi pada 2016 sebesar 5,02 persen dan 2017 sebesar 5,07 persen.

Berdasarkan angka, pertumbuhan ekonomi di era Jokowi memang terlihat lebih rendah dibandingkan era SBY. Namun perlu dicatat, masa kepemimpinan Jokowi baru berlangsung kurang dari lima tahun dan belum bisa dibandingkan dengan era kepemimpinan sebelumnya yang selama sepuluh tahun.

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di tiap era berbeda sangat tergantung pada kebijakan sang presiden. Di era SBY, pemerintah memilih stabilisasi makroekonomi dan politik dengan subsidi energi yang besar.

Sedangkan masifnya pembangunan infrastruktur beberapa tahun terakhir, bisa menjadi penopang baru untuk geliat ekonomi di masa depan.

Di tahun 2018, perekonomian diproyeksikan tumbuh 5,1-5,2 persen. Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir mengatakan, konsumsi rumah tangga dan investasi masih menjadi pendorong utama perekonomian.

"Kalau 2018 antara 5,1-5,2 persen, karena di kuartal III 2018 saja sudah 5,17 persen. Dengan perkiraan pertumbuhan di kuartal IV 2018 sebesar 5,2 persen," ujar Iskandar. Untuk lebih jelasnya berikut data pertumbuhan ekonomi di era SBY dan Jokowi berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).

SBY Periode I 2005: 5,60 persen 2006: 5,50 persen 2007: 6,32 persen 2008: 6,10 persen 2009: 4,50 persen

SBY Periode II 2010: 6,10 persen 2011: 6,50 persen 2012: 6,23 persen 2013: 5,78 persen 2014: 5,02 persen

Jokowi 2015: 4,79 persen 2016: 5,02 persen 2017: 5,07 persen 2018: 5,1-5,2 persen (proyeksi) 2019: 5,2-5,3 persen (proyeksi)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nievmizzet dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ibas Banggakan Ekonomi Era SBY Meroket, Habiburokhman: Meroket?Berlebihan
08-08-2020 12:42
Kadrun kampret dungu pasti seneng dengan berita ini.
emoticon-Wakaka
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ibas Banggakan Ekonomi Era SBY Meroket, Habiburokhman: Meroket?Berlebihan
08-08-2020 12:52
yang pasti d era sby gak ada buzzerp2 tolol dipelihara negara.
sby gak butuh sampah masyarakat kyk gini. lol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
db84x3 dan 7 lainnya memberi reputasi
6 2
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ibas Banggakan Ekonomi Era SBY Meroket, Habiburokhman: Meroket?Berlebihan
08-08-2020 12:58
era beye konsumsi tinggi makanya pertumbuhanya tinggi
pertumbuhan industrinya juga jaman beye juga tinggi karna konsumsi itu
sekarang banyak alihkan ke pembangunan yang tadinya banyak subsidi orang jadi banyak belanja sekarang pada ngerem imbas ke pertumbuhan stagnan industri juga keluar
dasar industri diindon cuma buat pasar indon beda sama thai apa vietnam yang produksi gak cuma pasar dalam negeri tp ekspor
mana yang lebih enak jaman beye waktu jaman beye banyak okb baru yang idup berkembang dari subsidi2 itu
manusia gak usah munafik siapa yang menolak disubsidi
yang nolak subsidi sekarang aja jaman beye pada diem aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
db84x3 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Ibas Banggakan Ekonomi Era SBY Meroket, Habiburokhman: Meroket?Berlebihan
08-08-2020 12:58
puyono dan Habiburrohman itu attack dog nya gerindra

kalo istana punya punya jubir yg nyablak juga

ternyata sengaja diseting kyk gitu, biar oposisi pada sibuk ngelawan attack DOGnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ibas Banggakan Ekonomi Era SBY Meroket, Habiburokhman: Meroket?Berlebihan
08-08-2020 12:59
saatnya pepo keluarkan album baruemoticon-Ngakak
0 0
0
Ibas Banggakan Ekonomi Era SBY Meroket, Habiburokhman: Meroket?Berlebihan
08-08-2020 12:59
"Emang bangsad semua lu
gk siang gk malem yg dipikirin cuman toket"


Ibas Banggakan Ekonomi Era SBY Meroket, Habiburokhman: Meroket?Berlebihan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
otak.100cc dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Ibas Banggakan Ekonomi Era SBY Meroket, Habiburokhman: Meroket?Berlebihan
08-08-2020 13:29
KATAKAN TIDAK PADA KORUPSI,eh malah ampir semua.ya kenak, yg satu ini yg lolos.
profile-picture
qavir memberi reputasi
1 0
1
Ibas Banggakan Ekonomi Era SBY Meroket, Habiburokhman: Meroket?Berlebihan
08-08-2020 13:30
meroket sampai candi hambalang...

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
rajkapoor dan qavir memberi reputasi
2 0
2
Ibas Banggakan Ekonomi Era SBY Meroket, Habiburokhman: Meroket?Berlebihan
08-08-2020 13:39
jaman esbeye, peenes baru rencana kenaikan gaji harga sembako udah pada naek duluan, bbm mau naek 500 demo rusuh emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
db84x3 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ibas Banggakan Ekonomi Era SBY Meroket, Habiburokhman: Meroket?Berlebihan
08-08-2020 13:43
Salahkan pandemik emoticon-Leh Uga
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Ibas Banggakan Ekonomi Era SBY Meroket, Habiburokhman: Meroket?Berlebihan
08-08-2020 13:49
bedakan naik, turun dan diam di tempat, eranya si kebo, itu diem di tempat...emoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
nievmizzet dan qavir memberi reputasi
2 0
2
Ibas Banggakan Ekonomi Era SBY Meroket, Habiburokhman: Meroket?Berlebihan
08-08-2020 14:00
Quote:Original Posted By ikardus


Ibas Banggakan Ekonomi Era SBY Meroket, Habiburokhman: Meroket?Berlebihan
Ibas Banggakan Ekonomi Era SBY Meroket, Habiburokhman: Meroket?Berlebihan

Ginian meroket? 8-10% baru meroket ibas dunguk, yg meroket era bpk loe itu korupsi, teroris fpi hti, inflasi sampai 8% , era jokowi cuma 3 %, bpjs, infrastruktur merookettt droon!


Bandingin jangan cuma antar presiden, bandingkan juga dengan kondisi ekonomi negara lain pada tahun yg sama dong.....

Jaman SBY berapa pertumbuhan ekonomi China, Singapura, Malaysia.... ?

Sekarang berapa angka pertumbuhan mereka, masih positif atau sudah minus? emoticon-Cool

profile-picture
profile-picture
profile-picture
db84x3 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ibas Banggakan Ekonomi Era SBY Meroket, Habiburokhman: Meroket?Berlebihan
08-08-2020 15:23
yang satu lost decade, yang satu plonga plongo
emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
db84x3 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ibas Banggakan Ekonomi Era SBY Meroket, Habiburokhman: Meroket?Berlebihan
08-08-2020 15:35
dibandingin dgn negara lain dong terutama china. jaman sby 6%, tapi china belas2 persen. skrang jaman jkw 5%, tp china pun kisaran 6-7% aja. artinya jaman sby ekonomi dunia lagi bagus2nya, harga komoditas tinggi, tp knp gak bisa manfaatin. jmn jkw semua perang dagang, ekonomi semua negara protektif, disaat negara2 lain dibawah 3%, kita masih 5%.
dan yg terpenting inflasi jaman jkw sgtw rendah, ditekan di 2-3%, jaman sby inflasi paling tinggi pernah 9%.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qavir dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ibas Banggakan Ekonomi Era SBY Meroket, Habiburokhman: Meroket?Berlebihan
08-08-2020 15:41
maaf serius nanya...

prestasi ibas selama ini apa yaa ?!
profile-picture
profile-picture
westciss dan kakekane.cell memberi reputasi
1 1
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia