Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
87
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2e214882d4953e5d5ab0f5/info-prosedur-dan-denda-tilang-serta-jenis-pelanggarannya-secara-lengkap
Kali ini gw mau ngasih info nih gan, lo tau kan kalau di jalan raya banyak banget peraturannya. Maka kalau SIM lo kagak nembak, pasti di suruh isi tuh masalah rambu jalan. Gara-gara banyak yang punya SIM tapi lewat jalur belakang, otomatis buta deh membaca rambu lalu lintas.
Lapor Hansip
08-08-2020 10:51

Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.

Kali ini gw mau ngasih info nih gan, lo tau kan kalau di jalan raya banyak banget peraturannya. Maka kalau SIM lo kagak nembak, pasti di suruh isi tuh masalah rambu jalan. Gara-gara banyak yang punya SIM tapi lewat jalur belakang, otomatis buta deh membaca rambu lalu lintas.

Nah walau Polisi lalu lintas sudah sering beroperasi razia di jalan raya, namun tiap hari banyak banget deh pengendara yang masih melanggar. Lo tau sendirilah, berapa banyak kendaraan di kota-kota besar saat ini. Wajar kalau disana sini macetnya ga nahan, pertambahan kendaraan tidak di ikuti oleh pertumbuhan jalan raya yang ada.

Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.

Buat lo yang suka bawa kendaraan, gw cuma ingin menginfokan harus hati-hati di jalan pahami rambu-rambu lalu lintas jangan asal selonong boy. Dan juga harus tahu juga marka jalan, namanya pengendara itu harus pinter. Jangan kalau salah malah ngegas gak merasa bersalah, memang peraturan dibuat untuk masyarakat agar tertib berlalu lintas.

Bayangkan kalau semua masyarakat tidak tertib, ugal-ugalan, merasa jalan yang bikin hak pribadi gara-gara sudah bayar pajak. Maka, tingkat kecelakaan akan tinggi yang rugi siapa?

Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.

Tentu saja pengguna jalan lainnya dan agan sendiri yang mungkin kehilangan nyawa atau cidera luka baik ringan maupun parah. Kalau sudah begini, siapa yang mau disalahkan "Polisi" ngawur aja sampean. Polisi akan menilang mereka yang tidak tertib hukum dalam berlalu lintas.

Kalau cari-cari kesalahan juga sulit, zaman sekarang bisa tinggal lihat berita informasi di internet. Seperti thread ini yang ingin mengajak agan sadar diri, berkendara itu bukan buat gaya dan gengsi tapi sebagai sarana agar agan sampai di tempat tujuan lebih cepat dan yang terpenting selamat.

Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.

Nah, untuk itu sebelum berkendara pastikan kendaraan yang agan gunakan sehat baik dari mesin, kelistrikan, terutama dibagian rem dan juga tekanan ban. Jangan lupa membawa surat-surat, seperti SIM dan STNK. Pastikan perlengkapan berkendara terutama roda dua dipakai dengan standard SNI, yang logonya timbul di sebelah kiri.

Bila betemu razia, pastikan prosedur polisi yang ingin memeriksa kelengkapan kendaraan agan sesuai SOP yang sesuai.

Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.

Polisi wajib menyapa dengan sopan, dan menunjukkan jati diri seperti tag name dengan jelas. Bila agan melanggar, maka Polisi akan menerangkan kesalahan agan dengan jelas. Pasal apa saja yang dilanggar, lalu besaran jumlah denda yang agan harus bayar. Dan bila agan ingin sidang karena merasa tak bersalah biasanya diberi tempo 5-10 hari dari tanggal pelanggaran.

Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.

Bila agan mengakui kesalahan bisa langsung membayar denda di BRI, dan mengambil dokumen yang disita di Polsek wilayah kejadian.

Untuk lebih jelasnya gw kutip dari situs website resmi Kepolisian Indonesia, besaran denda tilang yang harus agan bayar.

Quote:

Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.

Sanksi pelanggaran lalu lintas di jalan raya semakin berat. Dalam undang-undang tentang lalu lintas yang terbaru, sanksi denda atau tilang naik sekitar 10 kali lipat dengan kisaran Rp 250 ribu hingga Rp 1 juta. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yang disahkan DPR pada 22 Juni 2009. Berikut daftar tilang untuk kendaraan bermotor terhadap pelanggaran lalu lintas:

Setiap pengendara kendaraan bermotor yang tidak memiliki SIM dipidana dengan pidana kurungan paling lama 4 bulan atau denda paling banyak Rp 1 juta (Pasal 281).

Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.

Setiap pengendara kendaraan bermotor yang memiliki SIM namun tak dapat menunjukkannya saat razia dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 288 ayat 2).


Setiap pengendara kendaraan bermotor yang tak dipasangi Tanda Nomor Kendaraan dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu (Pasal 280).

Setiap pengendara sepeda motor yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan seperti spion, lampu utama, lampu rem, klakson, pengukur kecepatan, dan knalpot dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 285 ayat 1).

Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.

Setiap pengendara mobil yang tidak memenuhi persyaratan teknis seperti spion, klakson, lampu utama, lampu mundur, lampu rem, kaca depan, bumper, penghapus kaca dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu (Pasal 285 ayat 2).

Setiap pengendara mobil yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan berupa ban cadangan, segitiga pengaman, dongkrak, pembuka roda, dan peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 278).

Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.

Setiap pengendara yang melanggar rambu lalu lintas dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu (Pasal 287 ayat 1).

Setiap pengendara yang melanggar aturan batas kecepatan paling tinggi atau paling rendah dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu (Pasal 287 ayat 5).

Setiap pengendara yang tidak dilengkapi Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu (Pasal 288 ayat 1).

Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.

Setiap pengemudi atau penumpang yang duduk disamping pengemudi mobil tak mengenakan sabuk keselamatan dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 289).

Setiap pengendara atau penumpang sepeda motor yang tak mengenakan helm standar nasional dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 291 ayat 1).

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan tanpa menyalakan lampu utama pada malam hari dan kondisi tertentu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 107 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah). (Pasal 293 ayat 1)

Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.

Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari sebagaimana dimaksud dalam Pasal 107 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 15 (lima belas) hari atau denda paling banyak Rp100.000,00 (seratus ribu rupiah). (Pasal 293 ayat 2)

Setiap pengendara sepeda motor yang akan berbelok atau balik arah tanpa memberi isyarat lampu dipidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 294).

########

Tilang Elektronik

Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.

Bila ada tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (E-TLE) untuk mobil dan sepeda motor. Bila kalian kedapatan melanggar tilang elektronik, bisa saja dikenai denda maksimal sebesar Rp500 ribu.

Melalui sistem E-TLE ini, pihak kepolisian memang tidak menyita surat-surat kendaraan seperti SIM atau STNK sebagaimana tilang manual. Hukuman yang akan diberikan kepada pengendara yang tidak membayar denda yaitu akan dilakukan pemblokiran data STNK. STNK akan diblokir untuk sementara apabila tidak membayar pada waktu yang ditentukan.

Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.

************

Ada sebagian pelanggar peraturan memilih untuk menyuap polisi dengan uang berlipat-lipat dari denda yang akan dijatuhkan karena adanya anggapan bahwa mengurus tilang itu sangatlah sulit. Ada pula kalanya polisilah yang meminta uang kepada pelanggar agar pelanggar bisa segera pergi dari lokasi pelanggaran tanpa mengikuti prosedur hukum. Bila penyuapan ini terbukti maka bisa membuat polisi dan penyuap dihukum penjara karena menyuap polisi/pegawai negeri adalah sebuah perbuatan melanggar hukum.

Sumber Kutipan,1




Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.

Nah semoga agan selamat sampai tujuan, jangan sampai udah tahu salah malah marah-marah sok jagoan. Terlebih buat emak-emak yang suka bawa kendaraan, ingat mak kalau terjadi celaka yang rugi siapa?

Pesan TS hormatilah tata tertib berlalu lintas untuk kenyamanan kita sendiri, awas kalau lagi di jalan jangan lirak lirik janda muda ya gan.

emoticon-Leh Uga

Sumber 1, 2, 3

Gambar google

Diubah oleh .Boyo.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayan285 dan 28 lainnya memberi reputasi
29
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.
08-08-2020 10:54
Bonus.

0 0
0
Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.
08-08-2020 11:00
Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.
0 0
0
Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.
08-08-2020 13:21
Njir trit sepi....
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.
08-08-2020 22:21
Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.
profile-picture
profile-picture
salmanalfatih dan .Boyo. memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.
10-08-2020 15:02
Quote:Original Posted By .Boyo.
Njir trit sepi....


Kagak mampir ke Bening Inside lagi gan?
profile-picture
profile-picture
salmanalfatih dan .Boyo. memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.
10-08-2020 15:04
Penting banget ini untuk menambah pengetahuan tentang info prosedur dan denda tilang.

Ane bantu jadikan hot thread dulu deh, biar makin banyak yang tahu.






Processing. . .



Hot thread done!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
salmanalfatih dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.
10-08-2020 15:06
Kalo pengendara knalpot plong, ditilang ato dihakimi masa....? emoticon-Ngacir

Solar
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.
10-08-2020 15:06
Tpi ane dulu pernah ketilang waktu smp, dan cuma denda dikit ga ditawari buat damai... tpi juga ada orang dalem ngapain sidangemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
salmanalfatih dan .Boyo. memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.
10-08-2020 15:07
Seharusnya waktu perpanjangan sim kasih ujian lagi tentang rambu2 lalin...

Bukan malah tes psikotes bayar 60ribu pula emoticon-Najis
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.
10-08-2020 15:07
dikasih tau atau engga kalo niatnya emang mau melanggar pasti bakal melanggar juga.. kesadaran berlalu lintas masyarakat kita emang masih rendah sih
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.
10-08-2020 15:07
Bakal.legend.kaya thread iwak kah tentang tilang juga, kita tunggu
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.
10-08-2020 15:11
Wah...
Cukup
Lembar
Biru
Atau
Merah
profile-picture
profile-picture
salmanalfatih dan .Boyo. memberi reputasi
2 0
2
Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.
10-08-2020 15:15
4 Tahun lalu kena tilang gara gara gapunya SIM kena 60rban, sekarang udah 250 ribu uyy emoticon-Frown
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.
10-08-2020 15:22
Secara teori bener.... Secara fakta salah... emoticon-Big Grin
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.
10-08-2020 15:22
burung kutilang bernyanyi
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.
10-08-2020 15:27
Gw dulu ketilang di jakarta.
Gw samperin ke pengadilan,ujung2nya bayar calo jg 30rb+denda nya karna males mondar mandir ke bank,


Kirain kayak tahun silam gw ketilang di bekasi,pagi ambil nomer antrian-proses sidang-bayar di kasir,,balik dah tuh sim

emoticon-Leh Uga
Diubah oleh dscreamer
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.
10-08-2020 15:28
selama ane hidup ane gk pernah ke tilangemoticon-Cool
aish
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.
10-08-2020 15:33
jangan melanggar kalo ndak mau di tilang
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.
10-08-2020 15:36
Nais empoh. Btw mayan masi di pekiwan

_______________________________________________________

Yg kasi cendol mudah²an dipertemukan jodohnya dan yang udah ada jodohnya semoga di permudah ke pelaminan


emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)

emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast
Diubah oleh ria.andini
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Info Prosedur Dan Denda Tilang, Serta Jenis Pelanggarannya Secara Lengkap.
10-08-2020 15:37
ya elah gan ane kemaren pernah di tilang dan minta sidang, pas dateng disuruh langsung bayar kalo nggak salah 250k. kesalahan ane cuma nggak ngidupin lampu depan emoticon-Ngacir Tubrukan

edit :
gembok dulu emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2
Diubah oleh farhan.kzsr
profile-picture
.Boyo. memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia